Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENJAGA KESEHATAN DENGAN TERAPI HORTIKULTURA


Berkebun memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, sosial, fisik dan psikologis. Berkebun juga membuat Anda panjang umur. Kebiasaan ini membawa Anda ke keadaan kesadaran yang berubah, mirip dengan yang meditasi rutin.

Beberapa studi menunjukkan bahwa berkebun terkait dengan usaha untuk bisa hidup lebih lama. Sebuah studi 1988 yang diterbitkan menegaskan bahwa berkebun memiliki banyak manfaat terapeutik untuk orang tua.

Tidak hanya itu, konsep yang muncul dari 'terapi hortikultura' terbukti sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Terapi ini berfokus pada keterlibatan langsung dengan alam untuk rehabilitasi mental dan fisik. 

Hal ini menengahi emosi, kognitif dan atau motorik sensorik, perbaikan fungsional, peningkatan partisipasi sosial, kesehatan dan kesejahteraan, serta kepuasan hidup. 

BACA JUGA :



MENJAGA KESEHATAN DENGAN TERAPI HORTIKULTURA

Mengurangi stres

Menghilangkan stres adalah efek langsung dari berkebun. Bahkan, tidak ada aktivitas rekreasi santai lainnya yang membantu menghilangkan stres sebaik berkebun. Bau bunga dan tanaman mempromosikan relaksasi dan ketenangan pikiran. Suara daun memiliki efek terapi, yang membawa Anda lebih dekat dengan pikiran bebas stres dan kemudian bahagia. 

Paparan sinar matahari
Saat berkebun meningkatkan sekresi serotonin (antidepresan alami) dan melatonin (hormon tidur) di otak, sehingga menjaga otak seimbang, bebas stres dan mendorong siklus tidur yang sehat dengan mempertahankan ritme sirkadian (otak jam biologis internal).


Melawan depresi

Berkebun membantu mengurangi gejala depresi. Aktivitas berkebun membantu mengurangi sekresi kortisol dan bantuan pemulihan dari depresi. Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Neuroscience menyimpulkan bahwa jenis tertentu dari bakteri yang ditemukan di tanah mampu membantu dalam meningkatkan metabolisme serotonin di otak. Hal ini pada gilirannya membantu meningkatkan mood Anda dan mengurangi depresi.


Meningkatkan kesehatan kognitif

Beberapa studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik terkait dengan berkebun membantu dalam menurunkan risiko mengembangkan demensia. Dalam studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Medical Journal of Australia, peneliti menganalisis 115 kasus demensia di 1.233 pria dan 170 kasus di 1572 wanita. Setelah analisis yang berkepanjangan, peneliti menemukan berkebun membantu mengurangi timbulnya demensia sebesar 36 persen.


Menambahkan aktivitas fisik
Berkebun adalah baik untuk Anda selain berenang atau jogging. Berkebun membuat Anda
bergerak dan membuat Anda keluar sehingga terkena di bawah sinar matahari, serta menghirup udara segar. Berkebun menjadi prediktor untuk memimpin gaya hidup aktif secara fisik dan kepuasan hidup yang tinggi pada orang dewasa yang lebih tua.


Menyediakan produk organik

Manfaat terbaik dari berkebun adalah mempunyai buah-buahan dan sayuran berkualitas tinggi, bebas pestisida. Makanan yang Anda tanam sendiri adalah segar dan sehat. Tidak ada racun, tidak ada pestisida, tanpa pengawet. 

Berkebun juga memberikan Anda kesempatan untuk memanen makanan saat memang benar-benar sudah matang, sehingga Anda dapat mempertahankan semua nutrisi mereka.


Membakar kalori

Berkebun adalah kegiatan fisik yang melibatkan penggunaan tubuh bagian atas dan bawah dalam berbagai tugas, seperti menggali, menyapu, memutar kompos, penyiangan, pencampuran tanah, menabur bibit dan banyak lagi. Kegiatan ini berkisar dari latihan fisik intensitas sedang dengan sering berdiri atau jongkok.


Meningkatkan kesehatan jantung
Berkebun adalah bentuk yang sangat baik dari latihan yang membantu menjaga terhindar dari serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit serius lainnya. Berkebun membutuhkan paparan sinar matahari, yang memenuhi kebutuhan tubuh Anda dari vitamin D, sehingga mengurangi risiko beberapa penyakit. 

Para ahli merekomendasikan mendapatkan setidaknya 2,5 jam aktivitas fisik intensitas sedang untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Dan berkebun adalah cara yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.


Melawan osteoporosis
Berkebun adalah salah satu latihan terbaik untuk memerangi osteoporosis. Berkebun menawarkan berbagai gerakan menahan beban seperti menggali, penyiangan dan mendorong mesin pemotong, yang langsung berhubungan dengan menjaga kepadatan tulang. Osteoporosis adalah suatu kondisi yang ditandai oleh tulang lemah dan rapuh. 

Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya aktivitas fisik pada orang dewasa yang lebih berusia lebih dari 50 tahun. Berkebun adalah salah satu cara yang efektif untuk melawan penyakit ini.


Imunitas yang lebih baik
Berkebun juga bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Paparan sinar matahari selama berkebun membantu tubuh Anda dalam memproduksi vitamin D, yang memberikan dorongan untuk kekebalan Anda dan membantu Anda melawan pilek dan flu.


Meningkatkan kekuatan otot
Berkebun meningkatkan kesehatan dan kekuatan otot Anda dengan menjaga mereka aktif, kuat dan lincah. Melakukan tugas-tugas taman sangat baik untuk kekuatan dan fleksibilitas dari tangan Anda. Dan, hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang berusia di atas 60 yang mengalami ketangkasan berkurang dan tangan yang lemah dan ketidakstabilan pada kaki.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails