Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS HILANGKAN PANU TANPA OBAT

Panu dapat dicegah dan dihilangkan dengan mudah asal anda konsisten dalam proses penyembuhannya. Berikut cara-cara menghilangkan panu: 

Menggunakan obat herbal 

Gunakan lengkuas, bawang putih dan atau belimbing wuluh yang sudah dihaluskan maupun diiris dan oleskan ke daerah berpanu. Tunggu hingga kering dan oleskan lagi secara terus menerus. Ketiga bahan dapur tersebut berfungsi sebagai anti bakteri untuk membunuh jamur pada kulit. 

Mandi belerang 

Belerang atau sulfur memang terkenal khasiatnya untuk mneyembuhkan segala macam jenis penyakit kulit tak terkecuali panu. Berendam dalam kolam belerang dapat menghilangkan panu secara menyeluruh hingga di sela-sela sempit permukaan kulit. Biasanya kolam yang mengandung belerang terletak di dataran tinggi yang memiliki pemandian air panas alami. Selain mandi belerang, anda dapat menemukan belerang dalam produk sabun dan bubuk belerang. 

Rutin mencuci handuk 
Panu dapat ditularkan dan berkembang biak dengan cepat melalui handuk yang lembab dan jarang dicuci. Handuk yang setelah dipakai harus langsung dikeringkan di bawah paparan sinar matahari. Bila perlu, cuci handuk dengan air panas untuk membunuh kuman, jamur dan bakteri yang menempel pada handuk. 

Menguras bak mandi 

Rutinlah menguras bak mandi karena panu sangat mungkin ditularkan melalui percikan air saat penderita mandi. Selain itu, endapan kotoran di dasar bak mandi dapat memicu berkembangnya penyebab jamur. Lebih baik lagi bila kamar mandi menggunakan shower karena air yang mengalir mencegah penularan panu. 

Rajin membersihkan diri 
Tak dapat disangkal jika panu muncul tak hanya disebabkan karena penularan namun juga pola hidup yang kurang bersih. Rutin mandi 2 kali sehari dapat mencegah panu. Jangan merasa badan sudah bersih dengan mandi sekali karena merasa tidak berkeringat. Kuman, virus, dan bakteri dapat berkembang di tempat-tempat tak terduga di tubuh kita meskipun kita tidak berkeringat. 

Jaga diri agar tetap kering 
Setelah mandi, pastikan badan benar-benar kering sebelum memakai pakaian untuk menghindari kelembaban. Jamur tumbuh di daerah yang lembab. Selain itu, bila anda berkeringat, segera lap tubuh dan mengganti baju yang bersih. 

Pilih pakaian yang tepat 
Gunakan pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat atau pakaian yang memiliki sirkulasi memadai. Pakaian ketat dari bahan yang tidak menyerap keringat membuat keringat terjebak dalam kelembaban tinggi dan memicu tumbuhnya jamur. 

Kesimpulanya, cara menghilangkan panu dapat diawali dengan pola hidup yang lebih bersih dengan rajin membersihkan badan serta memperhatikan alat-alat yang memiliki kontak langsung dengan kulit. Selain menjaga kebersihan diri, anda harus memperhatikan kebersihan anggota keluarga lain agar tidak ada yang terjangkitpenyakit panu karena panu sangat mudah ditularkan.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails