Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

CARA-CARA PENYEMBUHAN ASAM LAMBUNG NAIK


Banyak obat yang bisa dibeli bebas untuk menyembuhkan asam lambung tinggi, namun anda juga perlu pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. hal ini karena tingkatan gejala asam lambung yang naik berbeda, ada sedang dan parah; dan dosis obat yang diberikan berbeda untuk mengurangi efek samping yang dapat ditimbulkan.

Jika kondisi asam lambung tak kunjung membaik, mungkin perlu dipertimbangkan pilihan endoskopi. Hal ini diperlukan untuk memeriksa kemungkinan peradangan, bakteri H.Pylori, dan kemungkinan kanker.

Pengobatan alami asam lambung

Belum banyak penelitian yang dilakukan untuk penyembuhan alami asam lambung. Meskipun mungkin tidak banyak diyakini masyarakat medis, namun hal ini setidaknya membantu meringankan gejala-gejala:
  • Baking soda setengah atau satu sendok teh baking soda yang di campur kedalam segelas air bisa membantu untuk menetralkan asam lambung
  • Minum jus lidah buaya mungkin meredakan sensasi rasa terbakar dari acid refluks
  • Teh jahe atau teh chamomile bisa mengurangi stres, meredakan mual, serta membantu pencernaan
  • Licorice dan jinten hitam adalah dua jenis herbal yang banyak diyakini membantu meringankan gejala asma lambung
Hindari peppermint dan susu

Peppermin dan susu banyak yang bilang bisa menurunkan asam lambung. Namun efek ini hanya sementara, dan bisa membuat tubuh memproduksi asam lambung berlebih kemudian.

Meningkatkan produksi air liur .

Studi menunjukkan bahwa air liur yang jumlahnya meningkat dapat menetralisir asam lambung. Anda bisa meningkatkan produksi air liur Anda dengan cara mengunyah permen karet . Namun pastikan yang bebas gula untuk mencegah kelebihan asupan kalori tinggi.

Terapi Akupuntur.

Akupunktur mungkin terdengar kurang menarik, namun penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur bisa menurunkan gejala mulas.

Makan dengan diet sehat dan seimbang

Secara umum, diet seimbang adalah diet yang memasukkan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan susu rendah lemak; termasuk protein rendah lemak, seperti ayam, ikan-ikanan , dan kacang-kacangan. Diet sehat juga harus rendah lemak jenuh dan lemak trans, kolesterol, natrium (garam), dan gula tambahan.

Mendapatkan atau mempertahankan indeks massa tubuh (BMI)yang sehat.

Berat badan yang sehat menurut istilah medis didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (BMI). BMI memperkirakan kisaran berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan dan gender.

Hindari makan dengan porsi yang banyak

Makan secara perlahan-lahan dengan gigitan sedikit demi sedikit dan mengunyah dengan baik efisiaen untuk pencernaan . Makan dengan gigitan yang besar akan menambah waktu yang diperlukan oleh perut Anda untuk memecah makanan. Makan dengan cara cepat juga bisa membuat Anda menelan terlalu banyak udara, yang dapat menyebabkan kembung.
Hindari makanan yang memperburuk gejala acid refluks

Ttidak ada makanan apapun yang telah terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan asam lambung naik/GERD. Namun menghindari makanan tertentu yang telah terbukti memperburuk kondisi adalah cara yang baik. Hindari makanan minuman berikut :
  • Minuman berkafein, termasuk kopi, teh, dan soda. Coklat dan peppermint juga mengandung kafein
  • Hindari minuman Alkhohol
  • Hindari makanan pedas termasuk cabai, lada, dll
  • Hindari makanan yang asam termasuk seperti buah jeruk, buah tomat, dan cuka.
  • Hindari makan- makanan yang menyebabkan kembung dan gas berlebihan seperti kubis, brokoli, kacang-kacangan, produk susu, dan makanan berlemak tinggi termasuk gorengan.
  • Hindari gula atau makanan tinggi gula
  • Berolahraga secara teratur.
baca juga artikel tentang asam lambung lainnya :
Berolahraga teratur yang direkomendasikan yaitu aktifitas moderat minimal 30 menit sehari setidaknya sebanyak 5 kali dalam seminggu. Atau bisa digabungkan menjadi 25 menit latihan aerobik yang keras perhari sebanyak 3 kali seminggu dan aktifitas intensitas menengah sampai tinggi latihan otot 2 kali seminggu.

Lakukan saja yang terbaik yang Anda bisa. Olahraga Berjalan kaki jarak pendek adalah lebih baik daripada hanya duduk-duduk dirumah.

Namun hiindarilah berolahraga terlalu keras terutama setelah makan. Tergantung kepada ukuran dan jenis makanan yang Anda makan, perut Anda mugkin memerlukan waktu sekitar 3 sampai 5 jam untuk mencerna makanan dan mengosongkannya. Untuk menghindari asam lambung naik, gunakan sebagian besar waktu yang 3 – 5 jam setelah makan besar itu berlalu atau hanya makan-makanan ringan sebelum beraktifitas fisik.

Menghindari kebiasaan yang bisa memperparah asam lambung tinggi

Berhentilah merokok secepat mungkin. Alkhhol juga bisa memperburuk penyakit asam lambung. Terakhir, hindari juga berbaring setelah makan. Jika Anda tidak dapat melakukan itu karena kondisi tertentu, cobalah untuk tidur dengan kepala yang ditinggikan dengan beberapa bantal.

loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails