Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MANFAAT TANAMAN LIAR KROKIT BAGI KESEHATAN

http://mypotik.blogspot.com/2016/12/manfaat-tanaman-liar-krokit-bagi.html

Krokot merupakan tanaman liar yang mudah tumbuh dimana saja baik diladang, tepi jalan, sawah, kebun, bahkan dihalaman rumah. Krokot yang memiliki nama latin Portulaca Oleracea L konon merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Latin yang juga mudah ditemukan di Indonesia. 


Krokot memiliki ciri tanaman dengan daun yang lunak dengan batang kemerahan namun ada pula yang berwarna kehijauan dan berukuran cukup kecil. Krokot biasa kita ketahui sering dijadikan makanan kelinci, jangkrik, tetapi krokot ini jaman dulu juga dikonsumsi sebagai sayuran. Namun kini saya sendiri juga masih menjumpai krokot dibuat sebagai sayuran untuk pecel namun itu sangat jarang sekali.

baca juga :


Bagi sebagian petani krokot dianggap sebagai tanaman gulma yang mengganggu, maka dari itu krokot sering dicabut dan dibuang. Tapi tahukah anda bahwa krokot yang merupakan tanaman liar yang dianggap sebagai tanaman penganggu memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. 

Pada daun krokot sendiri memiliki kandungan vitamin A,B komplek dan C, omega 3, tanin, I-noradrenalin, dopa, asam linoleat, KSO4, KCI, nicotinic acid, saponin, dopamin, noradrenalin, serta KNO3. Dengan banyaknya kandungan mineral dan vitamin yang ada dalam krokot jadi tak heran jika krokot memiliki manfaat yang sangat besar untuk membantu mengatasi masalah kesehatan dalam tubuh manusia. 

Seluruh anggota dari tanaman krokot dapat digunakan sebagai obat herbal baik itu daun, batang, bunga, hingga akarnya baik dalam keadaan masih segar ataupun sudah kering. 

Mengatasi penyakit maag

Krokot tanaman liar ini dapat membantu mengatasi penyakit maag yang anda derita. Cara meraciknya juga mudah yakni dengan menyiapkan krokot yang masih segar kemudian diuapkan selama 5 menit lalu dihaluskan dan diperas dan air perasannya bisa diminum 3 kali dalam sehari.

Mencegah penyakit jantung

Kandungan omega 3 pada daun krokot yang terbilang cukup tinggi dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner hingga sroke menyerang tubuh kita. Selain itu juga baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak autism untuk membantu perkembangan kecerdasan otak si anak. Cara mengkonsumsinya untuk mencegah penyakit jantung yakni seluruh bagian tanaman krokot dibersihkan ditumbuk halus dan beri air kemudian diperas dan disaring lalu untuk lebih segar bisa ditambah dengan madu dan minum sehari 2 kali.

Menyehatkan mata

Batang dan daun krokot memiliki kandungan vitamin A yang tinggi daripada sayuran berdaun hijau lainnya. Vitamin A adalah antioksidan yang sangat baik dan alami yang penting dalam membantu menyehatkan penglihatan kita selain itu vitamin A juga dapat menjaga selaput lendir. Jadi dengan mengkonsumsi krokot yang juga bisa dijadikan sayuran ini dapat membantu membuat mata tetap sehat. selain itu mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin A di dalamnya juga mampu membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker rongga mulut dan juga paru-paru.

Mengatasi radang usus

Memiliki masalah pada usus atau radang usus bisa diatasi dengan obat herba dari krokot ini. Cara membuat ramuannya cukup mudah yakni dengan mengambil semua bagian krokot batang, akar dan daun lalu ditumbuk hingga halus dan diperas jangan lupa disaring untuk mendapatkan air perasan yang bersih. Nah, air perasan tersebut tambah dengan air matang dan minumlah 3 kali dalam sehari.

Manfaat Krokot Untuk Kesehatan Tubuh lainnya yakni dapat mengobati disentri, diare akut, mengobati cacingan, sesak nafas, dan juga mengatasi badan yang nyeri atau pegal-pegal. Sebenarnya dalam mengkonsumsi ramuan ini hampir sama yakni dengan menghaluskan dan memeras airnya kemudian air perasannya diminum, bisa juga dikonsumsi sebagai sayuran setiap hari.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails