Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KANDUNGAN ALAMI UBI JALAR UNGU YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

http://mypotik.blogspot.com/2016/12/kandungan-alami-ubi-jalar-ungu-yang.html


Ubi jalar ini memiliki nama latin Ipomea Batatas Poiret. Ubi jalar ini ternyata juga banyak sekali dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat cemilan misalnya, kue, bakpao, minuman, bahkan eskrim. 

Kandungan ubi jalar ungu memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis umbi lain, yakni dari 100 gr ubi ungu mengandung vitamin A kurang lebih 7700 mg mengalahkan kandungan vitamin A pada buah tomat dan bit. Kandungan ubi jalar ungu yang lain diantaranya Zn, K, Mg, Cu, lisin, vitamin C, B1, mineral, lemak, protein, serat kasar, dan juga termasuk sumber karbohidrat yang tinggi.

baca juga postingan lain :
UBI ATAU SINGKONG DAPAT MENYEHATKAN JANTUNG


KANDUNGAN ALAMI UBI JALAR UNGU YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

Melancarkan aliran darah

Zat antosianin (pigmen warna ungu) pada ubi ungu ini merupakan zat anti-oksidan yang mampu menyerap polusi udara, serta mampu menghambat pembekuan darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

Mencegah Kanker

Kandungan betakaroten, vitamin C dan E dapat berfungsi sebagai anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskuler.

Melancarkan Pencernaan

Serat dan pektin yang ada dalam ubi ungu ini mampu melancarkan pencernaan sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir bisa diatasi

Anti-oksidan

Antosianin pada ubi ungu ini juga memiliki fungsi sebagai anti-oksidan, anti kanker, anti bakteri, serta melindungi terhadap kerusakan hati, serangan stroke, hingga penyakit jantung.

Anti Kanker

Zat selenium dan iodin dalam ubi ungu 20 kali lebih tinggi dari ubi lain sehingga bisa menjadi sel anti kanker.


Anti Bakteri

Aktivitas anti bakteri dalam ubi ungu 3,2 kali lebih tinggi dibanding dari berbagai varietas blueberry.

Sumber Karbohidrat

Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam ubi ungu ini bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi. Selain itu warna ungu ubi ini bisa dijadikan pewarna pada makanan.

Diabetes

Memang ubi ungu terasa ada rasa manis, tapi hal ini sangat mempengaruhi untuk pengobatan pada penderita penyakit diabetes. Dengan ubi ungu, penderita diabetes bisa menggantikan nasi atau karbohidrat dengan ubi.

Asma

Memang penyakit asma tidak bisa terobati dengan sembuh total, tapi setidaknya kita mengobati sehingga tidak sesering kambuh, asma biasanya hidung sering mampet, dan paru-paru sulit untuk memompa udara. Dengan mengkonsumsi ubi ungu, anda bisa menggunakan ubi untuk mengatasi penyakit asma.

Menambah Berat Badan

Dengan rasa manis dan karbohidrat kompleks serta vitamin yang terdapat pada ubu ungu bisa menambah berat badan anda. Selain itu dengan mengkonsumsi ubi ungu maka otot-otot pada tubuh anda akan terbentuk (dengan artian perlu latihan juga)

Sumber Vitamin A Terbaik

Ubi ungu memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A ini ditunjang karena adanya kandungan beta karoten yang cukup banyak. Didalam tubuh beta karoten akan diubah menjadi vitamin A dan menyediakan 200 % kebutuhan vitamin A dalam sehari untuk tubuh. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat beta karoten sangat banyak. Untuk beta karoten sendiri bisa didapatkan pula pada sayur dan buah-buahan yang berwarna orange, kuning , hijau dan ungu.

Itulah beberapa manfaat dari ubi ungu untuk kesehatan yang bisa anda gunakan untuk kehidupan anda sehari-hari. Ubi lebih cendrung ke makanan, dan tentunya makanan bisa menjadi masalah kegemukan.
Sumber : detiksehat.com
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails