Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT VASKULITIS

http://mypotik.blogspot.com/2017/07/gejala-dan-penyebab-penyakit-vaskulitis.html


Pengertian Vaskulitis

Vaskulitis adalah suatu kondisi dimana terjadi perubahan pada dinding pembuluh darah seperti penebalan, pelemahan, penyempitan, dan munculnya bekas luka yang diakibatkan karena adanya peradangan pada pembuluh darah.

Vaskulitis terjadi karena sistem kekebalan tubuh melakukan kesalahan dan menyerang pembuluh darah. Sel yang rusak akan menghasilkan zat kimia yang menyebabkan pembuluh darah membocorkan cairan ke jaringan dan serta menimbulkan pembengkakan.

Vaskulitis memiliki gejala yang cukup beragam dan biasanya dihubungkan dengan berkurangnya aliran darah ke tubuh. Beberapa gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita vaskulitis diantaranya yaitu, Berkeringat dimalam hari, Pegal-Pegal, Kelelahan, Demam, Munculnya ruam, Mengalami gangguan saraf seperti lemas atau kebas, Denyut nadi pada tungkai tubuh menghilang, Sakit kepala, serta Mengalami penurunanan berat badan.

Belum dapat diketahui secara pasti apa hal mendasar yang menjadi penyebab penyakit ini. Akan tetapi terdapat beberapa tipe vaskulitis yang berhubungan dengan faktor keturunan. Sedangkan vaskulitis jenis lain merupakan akibat kesalahan sistem kekebalan tubuh sehingga menyerang sel pembuluh darah.

Baca juga artikel lain tentang kesehatan PENYAKIT ALERGI KULIT TAK KUNJUNG SEMBUH

Beberapa faktor yang dapat memicu reaksi salah dari sistem kekebalan tubuh adalah 

* Reaksi tubuh terhadap obat-obatan tertentu.
* Infeksi, seperti hepatitis B dan hipatitis C.
* Penyakit autoimun.
* Kanker darah.

Pembuluh darah yang terkena vaskulitis akan melemah sehingga mudah berdarah atau meradang yang mana akan menyebabkan dindingnya dapat menebal sehingga rongga pembuluh darah akan menyempit. Akhirnya, kondisi ini akan mengurangi jumlah darah yang mencapai jaringan serta organ tubuh.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT VASKULITIS"

  1. Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner