Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

JENIS PENYAKIT YANG RENTAN PADA ORGAN REPRODUKSI WANITA


Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk: tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya, bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.


Organ Reproduksi Wanita 

Jika kita membicarakan tentang penyakit kanker yang bisa menyerang sistem reproduksi wanita, kita tentu akan langsung berpikir tentang penyakit kanker serviks yang memang sudah memakan banyak sekali korban. Namun, tahukah anda jika sebenarnya ada beberapa jenis kanker yang juga tidak kalah berbahayanya dan bisa menyerang sistem reproduksi wanita? Apa sajakah jenis kanker-kanker tersebut?

Berikut Organ Reproduksi Wanita Rentan Terkena Penyakit Kanker : 

Kanker serviks

Kanker serviks adalah kanker yang sangat mematikan. Kanker ini biasanya ditemukan pada leher rahim dan disebabkan oleh infeksi virus human papillomavirus atau yang disebut sebagai HPV. Virus ini sendiri bisa menular karena hubungan intim yang tidak aman. Beruntung, kaum hawa bisa mencegah munculnya kanker serviks ini dengan melakukan vaksinasi, pap smear, hingga metode IVA.

Baca juga artikel lain tentang kesehatan JENIS PENYAKIT YANG RENTAN PADA ORGAN REPRODUKSI WANITA

Kanker rahim
Sebagaimana namanya, kanker ini bisa menyerang lapisan dalam rahim namun juga bisa ditemukan di jaringan laur rahim. Biasanya, kanker ini disebut sebagai kanker endometrium, atau kanker yang tumbuh pada dinding rahim. Gejala dari kanker ini biasanya adalah munculnya pendarahan pada organ vital wanita yang muncul saat wanita tidak dalam fase haid atau fase menopause. Selain itu, penderitanya juga akan mengalami rasa nyeri pada panggul yang sangat hebat. Sayangnya, banyak penderita kanker rahim yang akhirnya harus merelakan rahimnya diangkat demi mencegah sel kanker ini tidak menyebar ke organ lainnya.

Kanker ovarium
Sel kanker ternyata juga bisa menyerang bagian ovarium atau indung telur wanita. Kanker ini sendiri termasuk dalam lima besar penyakit kanker paling mematikan di dunia. Penderita kanker ovarium biasanya akan mengalami gejala berupa masalah menstruasi, nyeri pada panggul, hingga sakit perut yang luar biasa. Sebagaimana pengobatan pada kanker rahim, bagian ovarium juga bisa saja diangkat untuk mencegah penyebaran sel kanker ini.

Kanker vagina
Kanker ini termasuk jarang terjadi pada wanita. Namun, andai muncul, penderitanya bisa mengalami pendarahan hebat pada vaginanya meskipun tidak sedang dalam fase haid. Sebagaimana kanker serviks, kanker vagina bisa disebabkan oleh virus HPV.

Kanker vulva
Kanker vulva bisa menyerang bagian bibir vagina dan diduga juga dipicu oleh infeksi virus HPV. Selain bisa memicu gatal-gatal dan benjolan pada vagina, kanker ini juga bisa memicu pendarahan dan jika tidak segera ditangani, maka penyakit ini bisa menjadi sangat berbahaya.

Sumber : doktersehat.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JENIS PENYAKIT YANG RENTAN PADA ORGAN REPRODUKSI WANITA"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner