Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYAKIT PENYAKIT YANG SERING MENYERANG SISTEM PENCERNAAN



Sistem pencernaan merupakan satu sistem organ yang sangat penting bagi manusia. Sistem pencernaan yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan berakhir di anus merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Fungsi utamanya sebagai pencernaan nutrisi tubuh. Namun bukan berarti sistem ini selalu aman karena adanya nutrisi yang banyak. Portal masuknya zat dari luar secara bebas ini mengakibatkan banyak penyakit pada sistem pencernaan yang mengancam manusia. Gangguan atau kelainan yang menyerang salah satu organ dari sistem pencernaan, maka fungsi sebagai penyerap pengolah makanan akan mengalami gangguan pula.
Penyakit Sistem Pencernaan Pada Manusia

Pencernaan manusia sangat rentan mendapatkan serangan dari benda asing, bakteri dan virus oleh karena sistem pencernaan merupakan port de entri atau tempat masuk segala ancaman tersebut. Meskipun telah terdapat sistem imun tubuh, asam lambung hingga enzim lain yang ditujukan untuk menghalau segala jenis ancaman, namun proteksi alami ini tidaklah cukup untuk melindunginya.

Diperlukan pengetahuan dan kewaspadaan pada beberapa hal untuk menghindari penyakit-penyakit yang mengancam. Beberapa hal tersebut seperti kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi, kebersihan mulut dan gigi sebagai portal pertama, mengkonsumsi makanan perawat kesehatan pencernaan, dan konsumsi makanan bergizi.

Pengetahuan mengenai penyebab, tanda gejala dan jenis penyakit sistem pencernaan pada manusia perlu disosialisasikan pada masyarakat terutama pada daerah yang miskin air dan bahan pangan, masalah sanitasi dan memiliki lingkungan yang kumuh. Beberapa daerah tersebut sangat tinggi resiko penyebaran penyakit pencernaan seperti diare, sariawan, radang tenggorokan, parotitis atau gondok, dan masih banyak lagi yang lain.

Inilah Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia

1. Gastritis. Yang pertama adalah gastritis. Gastritis merupakan penyakit yang menyebabkan peradangan akut ataupun kronis pada dindin g lambung. Penyebab utama dari penyakit ini adalah penderita mengonsumsi makanan yang mengandung kuman penyakit ataupun karena kadar asam pada lambung terlalu tinggi.


2. Diare. Semua orang pastinya sudah tahu dan pernah mengalami gangguan pencernaan yang satu ini. diare dapat terjadi karena adanya iritasi pada selaput dinding besar atau kolon. Umumnya feses seseorang yang menderita diare sangat encer hal ini dikarenakan penderita mengonsumsi makanan yang mengandung kuman dan penyakit. Akibatnya gerakan peristaltik dalam usus tidak terkontrol dan menyebabkan laju makanan meningkat dan usus tidak menyerap air.

3. Maag. Berikutnya adalah maag. Sama halnya dengan diare maag juga merupakan penyakit yang hampir pernah diderita oleh semua orang. Gejala maag paling umum adalah rasa perih pada lambung, mual, muntah dan juga perut menjadi kembung. Hal ini dikarenakan naiknya asam lambung yang disebabkan oleh pola makan tidak teratue, stres dan lainnya.

4. Tukak lambung. kelainan pada sistem pencernaan ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain karena kuman, toksin ataupun karena psikosomatis. Psikosomatis sendiri disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kelelahan, stres, kecemasan dan ketakutan. Beberapa hal tersebut dapat merangsang pengeluaran HCL di lambung. seperti yang Anda ketahui naiknya kadar HCL dapat merusak selaput lendir lambung. Hal inilah yang menyebabkan tukak lambung.

5. Konstipasi. Penyakit pada sistem pencernaan manusia berikutnya adalah konstipasi. Konstipasi atau sembelit merupakan sebuah kondisi dimana feses mengeras sehingga susah untuk dikeluarkan. Hal tersebut disebabkan karena adanya penyerapan air pada sisa makanan, akibatnya feses kekurangan air dan menjadi keras. Konstipasi juga dapat disebabkan karena sering menunda-nunda buang air besar. Selain itu, konstipasi juga disebabkan karena kurang mengonsumsi makanan berserat. Beberapa makanan kaya serat yang dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit ini adalah buah, sayur dan mencukupi kebutuhan air putih dalam setiap harinya.

6. Hemoroid atau wasir. Wasir merupakan gangguan pembengkakan pada pembuluh vena di sekitar anus. Wasir dapat disebabkan karena terlalu sering duduk.

Penyakit yang menyerang pencernaan memiliki beberapa gejala umum yakni nyeri perut, perubahan pola buang air besar, penurunan berat badan secara drastis, pengeluaran darah pada feses dan muntahan, mual dan muntah, ras terbakar, perih, penuh dan kembung pada lambung. Beberapa tanda gejala ini harus diwaspadai dengan penanganan yang cepat sebelum berakibat serius.

Gaya hidup yang berkaitan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi merupakan penyumbang terbesar masalah kesehatan yang tidak hanya merugikan sistem pencernaan. Pola hidup yang tidak sehat seperti konsumsi makanan kaleng, makanan cepat saji, makanan instan, junk food, dan makanan yang diawetkan merupakan pemicu masalah tersebut.

Masalah pencernaan yang seringkali dianggap remeh ini tetap memberikan dampak yang negatif bagi sistem kerja organ lain. Sebagaimana fungsi pada tubuh, jika terdapat masalah pada sistem pencernaan, maka sel dalam tubuh akan kekurangan nutrisi sehingga lama-kelamaan tubuh akan terasa lemas.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan agar tidak terserang penyakit-penyakit dalam sistem pencernaan adalah dengan konsumsi makanan yang bersih dan bergizi. Makanan seperti buah dan sayur yang kaya akan serat harus lebih ditingkatkan untuk memelihara kesehatan organ pencernaan. Makanan seperti yogurt dan minuman susu fermentasi juga baik untuk pencernaan. Selain itu olahraga dan konsumsi air putih juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit pada sistem pencernaan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENYAKIT PENYAKIT YANG SERING MENYERANG SISTEM PENCERNAAN"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner