Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

MAKANAN SEHAT UNTUK USIA DIATAS 40 TAHUN

Memasuki usia 40-an, mulai terjadi masalah dengan kepadatan tulang, persendian, hipertensi, dan lain-lain. Kondisi tubuh berubah, seharusnya diet Anda juga berubah.
Berikut ini makanan unggulan untuk Anda yang berusia 40+
A. Beras merah
Kenapa pilih beras merah? Untuk pasokan energi. Satu cangkir beras merah memasok 88 persen kebutuhan mangan dalam tubuh, mineral yang penting untuk mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi. Perlu diingat pula bahwa proses pengubahan beras merah jadi beras biasa merusak 67 persen vitamin B. 80 persen vitamin 81, 90 persen vitamin B6, 60 persen zat besi dan serat.
B. Telur
Kenapa? Untuk melindungi jantung dan pembuluh darah. Studi yang diterbitkan di Biological and Pharmaceutical Bulletin menemukan bahwa protein dalam kuning telur memperlambat waktu pembentukan fibrinogen, suatu protein dalam darah yang akan diubah menjadi fibrin. Fibrin inilah zat penting dalam pembekuan darah. Darah yang beku inilah awal dari serangan jantung dan stroke. Namun, harap hati-hati dengan jumlah kuning telur. Alih-alih kolesterol Anda malah meningkat!
C. Yoghurt
Kenapa? Untuk kesehatan pencernaan. Selain kaya kalsium, yoghurt juga makanan probiotik yang kaya dengan bakteri baik. Probiotik ini baik untuk wanita paruh baya yang sering mengalami sembelit. Probiotik juga baik untuk menambah kekebalan tubuh.
D. Bayam
Kenapa? Untuk mencegah katarak, Pandangan kabur di lensa karena katarak dapat memperburuk penglihatan. Menurut Asosiasi Optometris Australia, hampir setiap orang berusia di atas 60 tahun menderita katarak. Cara menghindarinya adalah makan sayuran hijau. Zat perlindungan itu terdapat pada lutein, sejenis karotenoid yang terdapat dalam bayam. Studi dari Harvard Medical School menemukan bahwa wanita yang cukup mengonsumsi lutein paling tidak 2 kali seminggu lebih sedikit menderita katarak.
E. Ikan
Kenapa? Karena kandungan zat anti pembengkakan. Nyeri dan sakit persendian cenderung mendera di usia 40+. Asam lemak omega 3 adalah zat perlindungan terhadap nyeri persendian itu. Ikan sumber asam lemakomega 3

Artikel Terkait

1 komentar:

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails