Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KANKER PADA SALURAN TELUR


Meski kanker ini termasuk dalam kategori tumor ganas, hingga kini penyebab kanker saluran telur belum diketahui. Kanker ini paling umum menyerang wanita yang telah menopause, meski dalam beberapa kasus juga remaja putri juga ada yang mengalaminya.

Adapun biasanya gejalanya Pada stadium I, kanker ini terbatas pada saluran telur saja. Namun, jika sudah mencapai stadium II, bisa menyerang sampai ke panggul. Bahkan jika sudah sampai stadium II dan IV, kanker saluran telur ini mencapai ke luar panggul dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pengobatan medis untuk penyakit kanker saluran telur ini adalah dengan pengangkatan kanker. Setelah diangkat baru bisa dilakukan penyinaran untuk membunuh akar kanker.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENALI KANKER LEHER RAHIM


Kanker leher rahim adalah tumor ganas yang tumbuh di daerah leher rahim (serviks), yaitu suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dan liang senggama (vagina).

Kanker lehar rahim terjadi jika sel-sel yang ada di daerah tersebut membelah secara tak terkendali dan menjadi abnormal. Jika sel-sel tersebut terus membelah, maka akan terbentuk suatu massa jaringan yang disebut tumor. “Tumor” dapat bersifat jinak atau ganas. Jika tumor tersebut menjadi ganas, maka keadaanya disebut sebagai kanker leher rahim.


Penyebab kanker leher rahim

Penyebab dari terjadinya kelainan pada sel-sel leher rahim tersebut tidak diketahui secara pasti, tetapi terdapat beberapa faktor resiko yang dapat berpengaruh terhadap terjadinya kanker serviks tersebut :


  • HPV (Human Papilloma Virus)HPV adalah suatu virus yang dapat menyebabkan terjadinya kutil pada daerah genital (kondiloma akuminata), yang ditularkan melalui hubungan seksual. HPV sering diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan yang abnormal dari sel-sel leher rahim.

  • MerokokTembakau dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi HPV pada serviks.

  • Hubungan seksual pertama dilakukan pada usia dini

  • Berganti-ganti pasangan seksual

  • Gangguan sistem kekebalan tubuh

  • Pemakaian pil KB

  • Infeksi herpes genitalis atau infeksi klamidia menahun

Gejala Kanker Leher Rahim

Pada awalnya perjalanan penyakit dari kanker leher rahim dapat berupa pembakal kanker atau lesi prakanker. Perubahan prekanker ini biasanya tidak menimbulkan gejala dan tidak terdeteksi kecuali jika wanita tersebut menjalani pemeriksaan panggul atau pap smear.

Gejala biasanya baru muncul ketika sel serviks yang abnormal berubah menjadi keganasan dan menyusup ke jaringan sekitarnya. Pada saat ini dapat timbul gejala seperti gangguan menstruasi, perdarahan vagina, serta keputihan.

Jika kanker berkembang makin lanjut maka dapat timbul gejala-gejala seperti:


• Berkurangnya nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan

• Nyeri panggul, punggung dan tungkai


• Keluar air kemih dan tinja dari vagina

• Patah tulang

Berdasarkan referensi faktor-faktor yang memicu kanker leher rahim ini adalah :

  • Ketidaktahuan kebiasaan yang sering dilakukan para wanita, misalnya karena ingin selalu tampil bersih, sehingga sering mencuci vaginanya dengan antiseptik. Padahal apa yang dilakukannya tanpa adanya saran atau anjuran dari dokter, contoh lain adalah Anda sering menaburkan bedak bubuk pada vagina Anda yang juga masuk dalam kategori kebiasaan yang yang memicu munculnya kanker rahim.
  • Merokok
    Pada prinsipnya nikotin mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau terangsang. Terutama pada tenggorokan, paru-paru dan leher rahim. Semakin banyak nikotin yang Anda hisap maka semakin banyak yang diserap oleh tenggorokan, akibatnya semakin besar kemungkinan tiga organ itu terkontaminasi.
  • Pembersihan vagina
    Berbagai merk antiseptik pembersih khusus vagina di pasaran dengan slogan iklan yang sangat menggoda. Padahal bahan kimia pada antiseptik tersebut akan menimbulkan iritasi pada leher rahim. Seringnya para wanita tergoda oleh label obat pencuci yang konon mampu membasmi kuman pada vagina. Padahal pada vagina terdapat kuman yang disebut Basillus Doderlain, penghasil asam laktat yang memang fungsinya menjaga kelembaban vagina.
  • Menaburi bedak pada vagina
    Kesegaran akan selalu membawa efek nyaman bagi kita. Begitu juga jika Anda memang selalu ingin menjaga vagina Anda segar, biasanya suka menaburinya dengan bedak. Namun ternyata di samping kesegaran yang diinginkan ada kemungkinan terkena kanker ovarium (indung telur). Karena jika ada satu butir dari bedak tersebut yang menempel, maka akan mengalami infeksi dan menimbulkan luka di ovarium.
  • Diet rendah lemak
    Lemak potensial memproduksi hormon estrogen, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak maka estrogen pun semakin banyak. Jika endometrium (badan rahim) terpapar oleh hormon ini maka akan cepat sekali berubah wujud menjadi kanker. Jadi pola makan pun berkaitan dengan kemungkinan Anda mengidap kanker.
  • Stabilkan asupan vitamin
    Karena terlena oleh makanan yang enak-enak, terkadang asupan vitamin jadi terlupakan. Vitamin yang sering terlupakan namun sangat penting untuk memperbaiki dan memperkuat mukosa, material dalam leher rahim adalah vitamin C, berat karotein dan asam folat. Jika Anda kekurangan vitamin-vitamin tersebut, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga akan terserang kanker leher rahim. Untuk itu perbanyaklah makan sayur-sayuran dan vitamin C.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT KANKER PADA TESTIS


Kanker Testis ini merupakan pertumbuhan sel-sel ganas di dalam testis (buah zakar), yang bisa menyebabkan testis membesar atau menyebabkan adanya benjolan di dalam skrotum (kantung zakar).

Kebanyakan dari kasus kanker testis terjadi pada usia di bawah 40 tahun. Penyebabnya pasti tidak diketahui.

Adapun GejalaKanker testis ditunjukan dengan testis membesar, benjolan pada penis, penderita mengeluhkan rasa nyeri di testis.

Sedangkan pengobatannya kepada jenis, stadium dan beratnya penyakit. Setelah kanker ditemukan, langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan jenis sel kankernya.

Selanjutnya ditentukan stadiumnya:
Stadium I : kanker belum menyebar ke luar testis
Stadium II : kanker menyebar ke kelenjar getah bening di perut
Stadium III : kanker menyebar ke luar kelenjar getah bening, sampai ke hati atau paru-paru.
READ MORE - Selengkapnya

GAMBAR TERINFEKSI PENYAKIT SIFILIS

Sebenarnya penyakit sifilis jika sudah didiagnosis atau sudah diketahui secara awal, sama sekali tidak sulit untuk menyembuhkan. Berbagai macam antibiotik (biasanya penisilin, tetrasiklin dan/atau doksisiklin) sudah dapat membasmi tepat pada sasaran.
Untuk itu jangan tunggu sampai penyakit ini terinfeksi sedemikian parah baru dilakukan pengobatan.

Beberapa gambar penyakit sifilis yang sudah terinfeksi parah dapat Anda lihat dibawah ini :

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4


Gambar 5





Gambar 6




Gambar 7



Gambar 8


Gambar 9

Gambar 10 . Virus Penyakit Sifilis

Oleh karena itu berhati-hatilah...lebih baik mencegah daripada mengobati

READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT HEPATITIS A



Penyakit Hapetitis A adalah penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (VHA). Transmisi VHA terjadi melalui penularan antar individu atau kontak langsung dan penularan melalui makanan dan minuman yang tercemar.

Meski penyakit hepatitis A memang tidak separah Hepatitis B dan Hepatitis C, namun tetap membawa dampak buruk bagi penderita dan masyarakat karena kehilangan masa produktifnya.

Untuk melakukan pencegahan perlu pengawasan terhadap kebersihan di lingkungan sekitar. Bila makan di luar seperti di warung makan pinggir jalan atau di kaki lima kebersihan warung juga harus diperhatikan. Sebab pada kenyataannya di warung kaki lima justru seringkali terlihat saat membersihkan piring atau gelas minuman hanya menggunakan dua ember air."Satu ember untuk mencuci yang kotor dan satu ember lagi untuk air bersih. Padahal piring atau gelas yang cuci banyak sekali," hal ini juga dapat menularkan penyakit tersebut.

Untuk mencegah penularan virus hepatisis A dianjurkan untuk mencuci semua perabotan makan dengan baik dan benar-benar bersih. Sebab hal itu adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya wabah hepatitis A. Kalau perlu air yang digunakan diberikan bubuk kaporit. Hepatits A juga dapat dicegah dengan perbaikan kebersihan sanitasi lingkungn serta melakukan pola hidup bersih dan sehat. Pola hidup bersih itu harus diterapkan baik untuk perorangan maupun keluarga seperti cuci tangan dengan sabun dan melakukan vaksinasi. Vaksin Hepatitis A saat ini merupakan cara pencegacahan yang paling efektif dalam menurunkan kasus hepatisis A.
READ MORE - Selengkapnya

Penyakit Hepatitis B

Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh "Virus Hepatitis B" (VHB), suatu anggota famili hepadnadvirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati.

Mula-mula dikenal sebagai "serum hepatitis" dan telah menjadi epidemi pada sebagian Asia dan Afrika. Hepatitis B telah menjadi endemik di Tiongkok dan berbagai negara Asia.

Penyebab Hepatitis ternyata tak semata-mata virus. Keracunan obat, dan paparan berbagai macam zat kimia seperti karbon tetraklorida, chlorpromazine, chloroform, arsen, fosfor, dan zat-zat lain yang digunakan sebagai obat dalam industri modern, bisa juga menyebabkan Hepatisis.
Zat-zat kimia ini mungkin saja tertelan, terhirup atau diserap melalui kulit penderita. Menetralkan suatu racun yang beredar di dalam darah adalah pekerjaan hati. Jika banyak sekali zat kimia beracun yang masuk ke dalam tubuh, hati bisa saja rusak sehingga tidak dapat lagi menetralkan racun-racun lain.

Diagnosis Penyakit Hepatitis B
Dibandingkan virus HIV, virus Hepatitis B (HBV) seratus kali lebih ganas (infectious), dan sepuluh kali lebih banyak (sering) menularkan. Kebanyakan gejala Hepatitis B tidak nyata.

Hepatitis B kronis merupakan penyakit nekroinflamasi kronis hati yang disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis B persisten. Hepatitis B kronis ditandai dengan HBsAg positif (> 6 bulan) di dalam serum, tingginya kadar HBV DNA dan berlangsungnya proses nekroinflamasi kronis hati. Carrier HBsAg inaktif diartikan sebagai infeksi HBV persisten hati tanpa nekroinflamasi.

Sedangkan Hepatitis B kronis eksaserbasi adalah keadaan klinis yang ditandai dengan peningkatan intermiten ALT>10 kali batas atas nilai normal (BANN). Diagnosis infeksi Hepatitis B kronis didasarkan pada pemeriksaan serologi, petanda virologi, biokimiawi dan histologi. Secara serologi, pemeriksaan yang dianjurkan untuk diagnosis dan evaluasi infeksi Hepatitis B kronis adalah : HBsAg, HBeAg, anti HBe dan HBV DNA (4,5).

Pemeriksaan virologi, dilakukan untuk mengukur jumlah HBV DNA serum sangat penting karena dapat menggambarkan tingkat replikasi virus. Pemeriksaan biokimiawi yang penting untuk menentukan keputusan terapi adalah kadar ALT. Peningkatan kadar ALT menggambarkan adanya aktivitas kroinflamasi. Oleh karena itu pemeriksaan ini dipertimbangkan sebagai prediksi gambaran histologi.

Pasien dengan kadar ALT yang menunjukkan proses nekroinflamasi yang lebih berat dibandingkan pada ALT yang normal. Pasien dengan kadar ALT normal memiliki respon serologi yang kurang baik pada terapi antiviral. Oleh sebab itu pasien dengan kadar ALT normal dipertimbangkan untuk tidak diterapi, kecuali bila hasil pemeriksaan histologi menunjukkan proses nekroinflamasi aktif.
Sedangkan tujuan pemeriksaan histologi adalah untuk menilai tingkat kerusakan hati, menyisihkan diagnosis penyakit hati lain, prognosis dan menentukan manajemen anti viral.

Pada umumnya, gejala penyakit Hepatitis B ringan. Gejala tersebut dapat berupa selera makan hilang, rasa tidak enak di perut, mual sampai muntah, demam ringan, kadang-kadang disertai nyeri sendi dan bengkak pada perut kanan atas. Setelah satu minggu akan timbul gejala utama seperti bagian putih pada mata tampak kuning, kulit seluruh tubuh tampak kuning dan air seni berwarna seperti teh.

Ada 3 kemungkinan tanggapan kekebalan yang diberikan oleh tubuh terhadap virus Hepatitis B pasca periode akut. Kemungkinan pertama, jika tanggapan kekebalan tubuh adekuat maka akan terjadi pembersihan virus, pasien sembuh. Kedua, jika tanggapan kekebalan tubuh lemah maka pasien tersebut akan menjadi carrier inaktif. Ketiga, jika tanggapan tubuh bersifat intermediate (antara dua hal di atas) maka penyakit terus berkembang menjadi hepatitis B kronis.

Penularan Penyakit Hepatitis B
Hepatitis B merupakan bentuk Hepatitis yang lebih serius dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Penderita Hepatitis B bisa terjadi pada setiap orang dari semua golongan umur. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan virus Hepatitis B ini menular. Secara vertikal, cara penularan vertikal terjadi dari Ibu yang mengidap virus Hepatitis B kepada bayi yang dilahirkan yaitu pada saat persalinan atau segera setelah persalinan. Secara horisontal, dapat terjadi akibat penggunaan alat suntik yang tercemar, tindik telinga, tusuk jarum, transfusi darah, penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersama-sama serta hubungan seksual dengan penderita. .

Sebagai antisipasi, biasanya terhadap darah-darah yang diterima dari pendonor akan di tes terlebih dulu apakah darah yang diterima reaktif terhadap Hepatitis, Sipilis dan HIV.
Sesungguhnya, tidak semua yang positif Hepatitis B perlu ditakuti. Dari hasil pemeriksaan darah, dapat terungkap apakah ada riwayat pernah kena dan sekarang sudah kebal, atau bahkan virusnya sudah tidak ada. Bagi pasangan yang hendak menikah, tidak ada salahnya untuk memeriksakan pasangannya untuk menenularan penyakit ini.

Perawatan Penyakit Hepatitis B
Hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus menyebabkan sel-sel hati mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pada umumnya, sel-sel hati dapat tumbuh kembali dengan sisa sedikit kerusakan, tetapi penyembuhannya memerlukan waktu berbulan-bulan dengan diet dan istirahat yang baik.

Hepatitis B akut umumnya sembuh, hanya 10% menjadi Hepatitis B kronik (menahun) dan dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati. Saat ini ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk Hepatitis B kronis yang dapat meningkatkan kesempatan bagi seorang penderita penyakit ini. Perawatannya tersedia dalam bentuk antiviral seperti lamivudine dan adefovir dan modulator sistem kebal seperti Interferon Alfa (Uniferon).

Pengobatan Tradisional Hepatitis B
Selain itu, ada juga pengobatan tradisional yang dapat dilakukan. Tumbuhan obat atau herbal yang dapat digunakan untuk mencegah dan membantu pengobatan Hepatitis diantaranya mempunyai efek sebagai hepatoprotektor, yaitu melindungi hati dari pengaruh zat toksik yang dapat merusak sel hati, juga bersifat anti radang, kolagogum dan khloretik, yaitu meningkatkan produksi empedu oleh hati.
Beberapa jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk pengobatan Hepatitis, antara lain yaitu temulawak (Curcuma xanthorrhiza), kunyit (Curcuma longa), sambiloto (Andrographis paniculata), meniran (Phyllanthus urinaria), daun serut/mirten, jamur kayu/lingzhi (Ganoderma lucidum), akar alang-alang (Imperata cyllindrica), rumput mutiara (Hedyotis corymbosa), pegagan (Centella asiatica), buah kacapiring (Gardenia augusta), buah mengkudu (Morinda citrifolia), jombang (Taraxacum officinale).


READ MORE - Selengkapnya

TANDA TANDA AWAL PENYAKIT KANKER


Membicarakan soal kanker tentu yang terpikirkan oleh kita adalah betapa mengerikannya penyakit ini. Penyakit yang belum ditemukan pengobatan secara mujarab ini sudah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sebagian orang. Kanker merupakan penyakit pembunuh nomor wahid diantara penyakit non infeksi yang lain, sehingga bila seseorang telah terdiagnosa menderita kanker maka kematianlah yang akan menghantuinya.


Sesungguhnya kanker bukanlah suatu penyakit yang sama sekali tidak bisa disembuhkan. Bila terdeteksi dengan cepat/dini dan diobati dengan tepat maka kanker bisa disembuhkan dengan sempurna. Sayangnya untuk mendeteksi kanker stadium dini tidaklah semudah membalikan telapak tangan karena tidak semua kanker memberikan gejala yang unik pada diri pasien sehingga mendorong pasien untuk berobat. Selain memang biaya deteksi dini/screening ini tidaklah bisa dibilang murah.Namun tidak perlu khawatir, sebuah penilitian di Eropa sudah meneliti sejumlah tanda awal yang bisa dijadikan pegangan untuk deteksi dini terjadinya kanker.


Walau tidak memberikan hasil 100%, tapi penelitian ini minimal membuka mata kita untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut bila ditemukan gejala berikut.Hematuri (Kencing Darah)Hematuri atau kencing darah adalah keluarnya darah dengan konsentrasi tertentu dalam urine/kencing baik yang bisa diamati dengan mata telanjang atau dengan bantuan mikroskopis. Sensitivitas dari gejala ini adalah 59% pada laki laki dan 52% pada wanita artinya 59% dari laki laki yang menderita gejala ini akan menderita kanker, sedangkan untuk wanita sebesar 52%.


Hemoptysis (Batuk Darah)Hemoptysis atau batuk darah adalah keluarnya darah dengan konsentrasi tertentu melalui saluran nafas baik yang bisa diamati langsung dengan mata telanjang atau dengan bantuan mikroskopis. Angka sensitivitasnya cukup rendah yaitu hanya 22% untuk laki laki dan 14% untuk perempuan. Gejala ini biasanya timbul pada kanker kanker yang menyerang saluran nafas baik saluran nafas bagian atas maupun bawah.


Dyspaghia (Gangguan Menelan)Dyspaghia atau gangguan menelan biasanya terjadi pada kanker kanker yang menyerang saluran pencernaan bagian atas. Nilai sensitivitasnya pun cukup tinggi yaitu 58% dari gejala ini kemungkinan akan menderita kanker pada laki laki dan 54% pada wanita.


Rectal Bleeding (Berak Darah)Rectal Bleeding atau berak darah adalah keluarnya darah dengan konsentrasi tertentu melalui saluran kotoran/anus yang bisa diamati langsung dengan mata telanjang atau dengan bantuan mikroskopis. Jenis kanker yang biasa menimbulkan gejala awal seperti ini adalah kanker pada usus besar. Sensitivitas dari gejala ini untuk terjadinya kanker berkisar di angka 33% untuk laki laki dan 25 % untuk perempuan.


Demikianlah tanda tanda awal kanker yang perlu kita waspadai sehingga penanganan kanker bisa lebih cepat dan tepat.
READ MORE - Selengkapnya

DEMENSIA (pikun)

Merupakan sindrom yang ditandai oleh berbagai gangguan fungsi kognitif tanpa gangguan kesadaran. Gangguan hanya terjadi pada inteligensia, daya ingat, bahasa, pemecahan masalah, orientasi, dan konsentrasi. Sebagian besar karena penyakit huntington, parkinson, HIV, dan trauma (kecelakaan) pada kepala. Pada stadium awal, pasien kesulitan mempertahankan kinerja mental.
Penurunan kinerja mental ini akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya stadium demensia yang dialami pasien. Dimensia biasanya menyerang orang usia 50-60 tahun. Gejala-gejala gangguan demensia ini biasanya tidak disadari oleh pasien maupun orang-orang di sekitarnya.
GejalaMerupakan sindrom yang ditandai oleh berbagai gangguan fungsi kognitif tanpa gangguan kesadaran.PengobatanJika tidak terlambat, dimensia bisa disembuhkan dengan terapi medis. Terapi medis yang diberikan yakni memberi dukungan emosional kepada pasien.
(Teguh Budi Santoso/tbs)
READ MORE - Selengkapnya

HAMIL ANGGUR (Mola Hidatidosa)

Kedokteran menyebut kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi akibat kegagalan pembentukan janin, "bakal janin" ini dengan istilah Mola hidatidosa. Bentuknya memang mirip gerombolan buah anggur, sehingga orang menyebutnya hamil anggur.
Tumor jinak mirip anggur tersebut asalnya dari trofoblas, yakni sel bagian tepi ovum atau sel telur, yang telah dibuahi, yang nantinya melekat di dinding rahim dan menjadi plasenta (tembuni) serta membran yang memberi makan hasil pembuahan.
Hamil anggur atau Mola hidatidosa dapat terjadi karena:
  1. Tidak ada buah kehamilan (agenesis) atau ada perubahan (degenerasi) sistem aliran darah terhadap buah kehamilan, pada usia kehamilan minggu ketiga sampai minggu keempat,
  2. Aliran (sirkulasi) darah yang terus berlangsung tanpa bakal janin, akibatnya terjadi peningkatan produksi cairan sel trofoblas (bagian tepi sel telur yang telah dibuahi),
  3. Kelainan substansi kromosom (kromatin) seks.Penyebab hamil anggur belum diketahui secara pasti. Tetapi diduga pencetusnya antara lain kekurangan gizi dan gangguan peredaran darah rahim.

Gejala

Gejala dari penyakit ini ditunjukan sebagaimana orang hamil normal, tanda awal persis kehamilan biasa, misalnya terlambat haid, keluhan mual, muntah. Hanya saja keluhan tersebut lebih hebat. Jika diperiksa tes kehamilan, hasilnya positif juga. Selain gejala umum di atas, tanda-tanda lain diantaranya: tidak ada tanda-tanda gerakan janin, rahim nampak lebih besar dari umur kehamilan, misalnya terlambat 2 bulan, rahim nampak seperti hamil 4 bulan, keluar gelembung cairan mirip buah anggur bersamaan dengan perdarahan.

Pengobatan

Jika penderita ingin punya anak maka bisa dilakukan pembersihan rahim. Jika tidak, maka penanganan medisnya dengan mengangkat rahim.(tbs/tbs)

READ MORE - Selengkapnya

GANGUAN PERKEMBANGAN OTAK AKIBAT AUTISMA


Autisma adalah gangguan perkembangan yang kompleks, yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada otak, sehingga mengakibatkan gangguan pada perkermbangan komunikasi, perilaku, kemampuan sosialisasi, sensoris dan belajar.
Seperti halnya anak-anak normal, penyandang autisma memiliki perbedaan dalam kemampuan dan perilaku mereka. Masing-masing anak memiliki sekumpulan ciri-ciri yang unik serta kelebihan dan kekurangan tersendiri.



Adapun karakteristik dari anak-anak autisma adalah sebagai berikut :

1. Hambatan dalam membentuk hubungan sosial:

  • Cenderung menyendiri dan tidak berinisiatif untuk melakukan kontak dengan orang lain maupun teman sebaya
  • Kesulitan dalam mengekspresikan emosi dan memahami perasaan orang lain
  • Kurang dapat bereaksi secara tepat terhadap perasaan dan emosi orang lain
  • Memperlakukan orang lain seperti obyek, hanya berinteraksi bila membutuhkan bantuan
  • Tidak mampu membentuk hubungan pertemanan clan berinteraksi sosial sesuai dengan usianya
  • Minat terbatas dan tidak dapat bermain secara akurat
  • Keterbatasan dalam ketrampilan sosial

2. Hambatan dalam komunikasi verbal maupun non verbal:

  • Keterlambatan atau kegagalan dalam perkembangan bahasa, yang mana tidak dikompensasikan dengan adanya penggunaan gesture
  • Kegagalan dalam merespon komunikasi orang lain, seperti misalnya tidak bereaksi bila dipanggil
  • Penggunaan bahasa yang repetitif dan stereotipi
  • Kebingungan dalam penggunaan kata ganti diri (saya menjadi kamu dan sebaliknya)
3. Pola-pola perilaku yang unik
  • Gerakan tubuh berulang-ulang yang mengganggu proses pelaksanaan tugas, seperti misalnya : mengepakkan tangan, menjentikkan jari, “rocking”, loncat-loncat, dsb.
  • Preokupasi pada bagian-bagian dari obyek atau keterikatan pada obyek tertentu
  • Tidak menyukai perubahan
  • Memaksakan untuk mengikuti rutinitas secara detil
  • Minat yang sangat sempit

Selain ketiga ciri utama tersebut, anak-anak autisme dapat memiliki beberapa ciri lain seperti :

- Respon terhadap rangsang sensoris yang abnormal
  • Perkembangan yang terhambat dan tidak seimbang diantara berbagai aspek
  • Tingkah laku agresif atau menyakiti diri sendiri
  • Gangguan dalam pola tidur, kebiasaan makan dan kemampuan bina diri

- Kesulitan dalam diskriminasi dan generalisasi

Sampai saat ini belum ditemukan penyebab yang pasti dari gangguan autisma ini. Namun dengan semakin berkembangnya ilmu kedokteran maka dapat dideteksi bahwa terdapat kelainan neurobiologis pada Susunan Syaraf Pusat yang berupa pertumbuhan sel otak yang tidak sempurna pada beberapa bagian otak. Gangguan ini terjadi selama kehamilan yang bisa disebabkan oleh infeksi virus (Toksoplasma, CMV, Rubela, Herpes) dan jamur (Candida).

Kecuali hal tersebut, faktor genetik juga memegang perananan penting dalam munculnya gejala-gejala autisma ini. Penelitian yang mutakhir juga menemukan adanya hubungan antara gangguan pencernaan dan autisma. Sebagian besar penyandang autisma ternyata tidak dapat mencernakan protein dari susu sapi (casein) dan tepung terigu (gluten) secara sempurna. Akibatnya terjadi gangguan pada fungsi otak yang akan memperburuk fungsi kognitif, perhatian dan perilaku.
READ MORE - Selengkapnya

GEJALA ADANYA GANGGUAN PANIK

Diskripsi
Gangguan yang ditandai dengan terjadinya rasa panik spontan dan tidak dapat diperkirakan kemunculannya. Gangguan ini biasanya menyerang anak usia remaja akhir atau masa dewasa awal dan biasanya bersifat kronik. Tiap penderita berbeda gejalanya. Penyebab dari gangguan seperti ini dimungkinkan karena faktor genetik, kegagalan mekanisme pertahanan terhadap impuls yang menyebabkan kecemasan, atau karena zat penyebab panik (panikogen) yang tidak seimbang.


Gejala

Gejala umum, pasien tidak mampu menyebutkan sumber ketakutannya. Jika sedang mengalami serangan seperti itu, pasien biasanya berkeringat, gemetaran perasaan tercekik, rasa sesak napas, pusing, rasa takut mati, mati rasa dan menggigil. Serangan itu biasanya terjadi selama 20-30 menit dan hilang dengan perlahan, terkadang juga cepat.PerawatanPerawatan dilakukan dengan terapi obat, psikologis, dan sosial pada penderita. Namun yang terbaik adalah perhatian dari orang di sekitar pasien.
READ MORE - Selengkapnya

PENGENALAN PENYAKIT TUBERKULOSIS

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang sebagian besar disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Kuman tersebut biasanya masuk ke dalam tubuh manusia melalui udara pernafasan ke dalam paru. Kemudian kuman tersebut menyebar dari paru ke bagian tubuh lainnya, melalui sistem peredaran darah, sistem saluran limfe, melalui saluran nafas (bronchus) atau penyebaran langsung ke bagian-bagian tubuh lainnya. TB dapat terjadi pada semua kelompok umur, baik di paru maupun di luar paru.
Gejala penyakit tuberkulosis
adalah batuk lebih dari 3 minggu, demam, berkeringat pada malam hari tanpa kegiatan, berat badan menurun. Penyakit ini dapat tertular kepada orang melalui udara yang mengandung kuman TBC. Bila masyarakat menjumpai anggota keluarga atau tetangga dilingkungan dengan gejala diatas segera dibawa ke Puskesmas untuk pemeriksaan dahak si penderita.
Gejala penyakit tuberkulosis
adalah batuk lebih dari 3 minggu, demam, berkeringat pada malam hari tanpa kegiatan, berat badan menurun. Penyakit ini dapat tertular kepada orang melalui udara yang mengandung kuman TBC. Bila masyarakat menjumpai anggota keluarga atau tetangga dilingkungan dengan gejala diatas segera dibawa ke Puskesmas untuk pemeriksaan dahak si penderita.
Pengobatan
Pengobatan tergantung kepada tipe penderita (baru, do, gagal dan kambuh). Pada pemeriksaan pertama kali di Puskesmas pasien dikenai biaya administrasi, tetapi setelah diketahui pasien positip tb maka penderita tidak dikenai biaya pengobatan dan obat gratis.
Sistem Kewaspadaan Dini
Penderita yang positip Tb setelah pemeriksaan dahak, akan dilakukan kunjungan ke rumah penderita untuk pemeriksaan kontak serumah.
READ MORE - Selengkapnya

TERJADINYA PENYAKIT GAGAL JANTUNG

Deskripsi
Pada keadaaan normal, jantung berfungsi sebagai pemompa darah. Pada gagal jantung, jantung tidak berfungsi secara normal.? Akibatnya, darah yang digunakan untuk kebutuhan metabolisme jaringan dalam tubuh menjadi terganggu. Terganggunya fungsi jantung ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, meningkatnya asupan garam, hipertensi, emboli, anemia, kehamilan, atau endokarditis infektif.

Gejala

Terjadi pengumpulan darah yang mengalir ke bagian kanan jantung jika yang mengalami gangguan adalah jantung kanan. Akibatnya, terjadi pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, tungkai, hati dan perut.
Gagal jantung kiri menyebabkan pengumpulan cairan di dalam paru-paru (edema pulmoner). Akibatnya, sesak nafas yang hebat. Pada awalnya sesak nafas hanya terjadi pada saat melakukan aktivitas; tetapi sejalan dengan memburuknya penyakit, sesak nafas juga akan timbul pada saat penderita tidak melakukan aktivitas.

Pengobatan

Pengobatan gagal jantung terdiri 3 macam, yaitu :
1) meningkatkan oksigenasi dan menurunkan konsumsi oksigen, melalui istirahat,
2) memperbaiki kontaktilitas otot jantung, dan
3) menurunkan beban jantung.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT ANEMIA


Anemia itu Apa?

Anemia terjadi ketika darah kita kekurangan hemoglobin (Hb) yang bertugas membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.


Apa Penyebabnya?

Anemia kekurangan zat besi:ini anemia yang sangat sering ditemui. Tubuh memerlukan zat besi untuk memproduksi Hb. Sumber-sumber besi pada makanan ada 2 bentuk, yang Heme dan yang non-Heme.

Yang Heme mudah sekali diserap seperti daging sapi, hati, telur, daging ayam dan daging merah. Sedangkan yang non-Heme terdapat pada sayuran-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, buncis dimana zat besi tersebut tidak dapat langsung diserap oleh tubuh dan harus diubah dulu oleh usus agar mudah diserap.


Anemia Megaloblastik (Kekurangan Vitamin)

Anemia ini terjadi jika tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B-12. Tubuh mempunyai sel darah merah yang tidak mengangkut oksigen dengan baik.


Akibat komplikasi

Beberapa penyakit bisa mengganggu produksi sel darah merah. Misalnya, penderita penyakit ginjal yang melakukan dialisis (membuang zat sisa dengan bantuan melakukannya). Ginjal mereka tidak mampu memproduksi cukup hormon untuk membuat sel darah merah, dan zat besi banyak terbuang dalam proses dialisis.


Penyakit darah turunan

Salah satu jenis penyakit turunan yang membuat anemia adalah kelalaian bentuk sel darah meraah (sickle cell anemia). Tubuh akan menghancurkan sel darah meraaah yang tidak normal ini namun tidak cukup cepat memproduksi sel baru sehingga anemia muncul. Thalasemia merupakan penyakit darah yang diturunkan yang akan mempengaruhi kemampuan tubuh memproduksi sel darah merah.


Anemia Aplastis

Ini penyakit yang jarang terjadi dimana sumsum tulang belakang tidak memproduksi sel darah merah yang cukup. Ini juga akan mempengaruhi jumlah sel darah putih sehingga akan rentan terhadap infeksi dan perdarahan yang tidak bisa dihentikan?


Apa gejala Anemia?

Gejala yang umum terjadi bisa kelihatan pucat pada bibir atau ujung jari tangan. Gejala lainnya adalah cepat lelah, tidak bisa berkonsentrasi lama, dan bahkan mudah lupa.


Bagaimana mendiagnosisnya?

Anemia didiagnosis melalui tes darah. Normalnya nilai Hb pada anak-anak 11-12 g/dl dan pada saat dewasa menjadi 13-14 g/dl.


Bagaimana mencegah anemia?

Untuk mencegah kekurangan zat besi, sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan asupan zat besi yang mencukupi. Sementara itu, mengatasi anemia yang penting adalah mencari dulu penyebabnya.


Bila penyebabnya telah diobati, penyakit anemia akan sembuh dengan sendirinya. Selain zat besi, konsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B-12. Perhatikan asupan kalsium, kopi dan teh yang berlebihan. Zat-zat ini menghalangi penyerapan zat besi.
READ MORE - Selengkapnya

HUBUNGAN KEMANDULAN DENGAN TOXOPLASMA


Berbicara mengenai kehamilan, tidak terlepas juga mengenai kemandulan. Ada pasangan yang baru menikah sudah mengandung tetapi ada pula yang sudah bertahun-tahun tapi belum dikarunia momongan. Akhirnya banyak pemikiran penyebab mandul. Ada yang mengatakan bahwa bulu kucing dapat menyebabkan mandul, dan sebagainya. Sebenarnya yang bisa menyebabkan kemandulan yaitu parasit yang dikenal sebagai Toxoplasma gondii. Parasit ini bisa menyebabkan penyakit toxoplasmosis. Toxoplasma adalah penyakit yang menyerang pada hewan dan manusia, lelaki maupun wanita.

Pada hewan, penyakit toxoplasma ini bisa menyerang hewan-hewan yang berdarah panas, seperti: anjing, kucing, ayam, burung, kuda, sapi, domba, tikus, domba, harimau, babi, dan lain-lain. Tetapi kucing selama ini dianggap sebagai penyebab toxoplasma, karena di dalam tubuh kucing, toxoplasma bisa berkembang biak dengan dua cara, yaitu seksual (mikro dan makro gamet) dan aseksual (membelah diri). Sedangkan pada binatang selain kucing, toxoplasma hanya bisa berkembang biak dengan cara aseksual.

Pada manusia yang terkena penyakit toxoplasmosis, kebanyakan tidak mengalami gejala klinis yang dominan. Gejala dapat timbul pada infeksi akut, yaitu berupa adanya pembesaran kelenjar getah bening di sekitar leher atau ketiak.

Tetapi lama-kelamaan, toxoplasma itu dapat menyebabkan kemandulan. Pada pria, kemandulan disebabkan toxoplasma dapat menginfeksi saluran sperma dan menyebabkan peradangan. Sehingga peradangan pada saluran sperma ini menyebabkan penyempitan atau penutupan saluran sperma dan pada pria itu tidak dapat mengeluarkan sperma untuk membuahi sel telur.

Sedangkan pada perempuan, efek yang ditimbulkan hampir sama dengan pria. Infeksi toxoplasma itu dapat mengebabkan peradangan dan penyempitan pada saluran telur. Sehingga ovarium tidak akan dapat sampai ke rahim dan tidak dapat dibuahi oleh sperma.

Toxoplasma juga dapat berpengaruh terhadap janin. Kista toxoplasma dapat masuk hingga kedalam otak janin dan menyebabkan cacat serta berbagai gangguan saraf lainnya. Selain itu, kepala janin bisa terisi oleh cairan sehingga kepalanya menjadi besar (hidrosefalus).

Sedangkan mengenai penularan toxoplasma pada manusia dapat diuraikan sbb :

didalam tubuh kucing bisa menyebarkan kista selama kira-kira 10 hari. Dan penyebaran ini biasa terjadi pada kucing muda yang kekebalan tubuhnya masih kurang baik. Manusia atau binatang berdarah panas lainnya bisa tertular jika menelan kista atau kista toxoplasma, hingga ‘menetas’ serta berkembang didalam tubuh binatang atau manusia.

Kista tersebut akan tinggal dalam otot manusia dan hewan sehingga penularannya bisa juga terjadi melalui makanan, yaitu jika manusia atau hewan memakan daging yang mentah atau daging setengah matang yang telah mengandung kista toxoplasma.

Kista dapat hidup di tanah selama beberapa waktu tertentu sehingga dapat menular kepada manusia atau binatang lain melalui kontak langsung dengan kista tersebut.

Pada kucing, kista dapat keluar melalui kotoran kucing atau feces. Jadi bulu kucing juga tidak ‘pasti’ menyebabkan mandul, bulu dan liur kucing dapat menyebabkan kemandulan hanya jika pada bulu dan liur tersebut terdapat kista toxoplasma
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT SEMBELIT

Deskripsi
Stress, depresi, kurang olahraga, dan usia yang kian lanjut menjadi pemicu sembelit. Sembelit berbahaya jika terjadi lebih dari tiga minggu, apalagi jika berat badan juga ikut turun. Kotoran yang seharusnya dibuang kemudian mengendap dalam perut. Kandungan air di dalam kotoran tersebut kemudian diserap usus. Jika dibiarkan lama-kelamaan akan terjadi kanker usus. GejalaSusah buang air besar, perut mulas, dan terkadang nyeri.
Pencegahan
Sembelit bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi air putih dan makanan berserat.
READ MORE - Selengkapnya

Pencegahan Dini Osteoporosis


Kata bijak “Mencegah lebih baik daripada mengobati” hal ini juga berlaku untuk pencegahan osteoporosis. Seperti kita ketahui bahwa banyak di antara kita yang belum menyadari bahwa dirinya bisa terancam osteoporosis. Karena muncul osteoporosis yang tidak disertai dengan gejala, resiko terkena osteoporosis semakin terbuka jika kurang memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk tulang sehingga semakin lama osteoporosis dapat menggerogoti massa tulang dan ancaman patah tulang pun dapat terjadi.


Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk tulang sehingga pencegahan dini osteoporosis bisa terjadi. Meskipun kita yang tinggal di wilayah garis khatulistiwa yang selalu mendapat sinar matahari sepanjang tahun tetapi kita tetap dapat beresiko mengalami kekurangan vitamin D.


Aktivitas yang sebagian besar waktunya dilakukan di ruangan tertutup, misalnya di gedung perkantoran atau pabrik yang kurang bahkan tidak mendapat sinar matahari langsung, merupakan salah satu penyebabnya. Kebiasaan menggunakan pakaian yang menutupi sebagian besar tubuh juga dapat berperan menghambat masuknya radiasi sinar ultraviolet ke kulit. Sehingga mengakibatkan berkurangnya sintesa vitamin D di kulit. Tetapi perlu diingat, bahwa sinar matahari juga berbahaya jika kita membiarkan tubuh berlama-lama di bawah sinar matahari, karena sinar matahari dapat meningkatkan resiko kanker kulit, membakar kulit, mempercepat proses penuaan, merusak mata, bahkan menyebabkan katarak.


Vitamin D berperan meningkatkan efisiensi penyerapan kalsium di usus. Vitamin D menolong darah untuk menghasilkan kalsium dan fosfor, yang membangun dan memperbaiki massa tulang. Tanpa vitamin D, usus manusia hanya mampu menyerap 10-15 persen kalsium dalam makanan. Apa bila vitamin D cukup, efisiensi penyerapan kalsium dapat mencapai 30 persen.


Terkait dengan gencarnya iklan susu yang mengandung kalsium, tidak sepenuhnya susu yang dipromosikan tersebut mampu memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh apalagi tulang. Sebab, jika terlalu banyak mengkonsumsi susu berkalsium, hal ini akan mempengaruhi batu ginjal. Karena, untuk memenuhi kebutuhan kalsium dari susu, minimal setiap hari harus minum susu sebanyak 16 gelas. Konsumsi susu sebanyak itu jelas tidak mungkin dilakukan.


Sayuran hijau, sayur-sayuran berdaun lebar, tahu, ikan sarden, dan salmon juga merupakan sumber makanan yang mengandung kalsium. Atau silahkan memakan pizza dan roti keju panggang karena di sana juga terdapat kalsium. Perlu pula mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan seperti vitamin A yang terdapat dalam wortel, kentang, pepaya, labu, bunga kol, kangkung, semangka. Vitamin C yang terdapat dalam jeruk, pepaya, kecambah brussels, kangkung, strawberry, atau vitamin E yang terdapat dalam minyak nabati, tauge, mineral selenium yang terdapat dalam bawang putih, kubis, wortel, lobak, bunga kol, salada, mentimun, ikan, mineral seng yang terdapat dalam hati clan daging hewani, kacang-kacangan dan lain-lain. Jadi, tidak ada salahnya memanjakan tulang Anda, demi tampil tegap di hari tua.


Osteoporosis sering ditandai dengan :

• Terjadinya patah tulang secara tiba-tiba karena trauma yang ringan atau tanpa trauma.

• Timbulnya rasa nyeri yang hebat sehingga penderita tidak dapat melakukan pergerakan.

• Tinggi badan berkurang clan bongkok


Cara-cara pencegahan osteoporosis :

• Rajin berolah raga

• Upayakan mencapai berat tubuh yang ideal

• Penuhi kebutuhan nutrisi tulang dengan menambah Kalsium clan vitamin D• Hilangkan kebiasaan seperti merokok, mengonsumsi alkohol clan kafein.

• Berjemur ± 15 menit di bawah sinar matahari pagi atau sore hari, membantu tubuh untuk mensintesa atau membuat vitamin D-nya sendiri

• Upayakan menghindari cedera (khususnya jatuh)
READ MORE - Selengkapnya

MENCEGAH OSTEOPOROSIS DENGAN HIDUP SEHAT

Tulang merupakan penyusun tubuh paling keras yang berfungsi sebagai kerangka yang mendukung dan melindungi jaringan tubuh. Proses pembentukan jaringan tulang baru dan penghancuran tulang terjadi secara terus menerus dalam tulang. Sampai sekitar usia 35 tahun pembentukan tulang baru terjadi terus menerus sehingga jumlah tulang baru yang dibentuk lebih besar daripada tulang tua yang dihancurkan.
Pada sekitar usia tersebut tulang-tulang mencapai kekuatan dan kepadatan yang maksimal. Setelah usia 35 tahun materi tulang yang hilang lebih banyak dibandingkan yang dibentuk. Proses pembentukan dan penghancuran tulang dilakukan oleh 2 jenis sel tulang, yaitu sel osteoblast yang membantu pembentukan jaringan tulang baru dengan menambah kalsium, dan sel osteoklast yang menghancurkan jaringan tulang serta melepaskan kalsium ke dalam darah. Pada proses osteoporosis, sel osteoklas bekerja lebih aktif dibandingkan sel osteoblast. Hormon juga mempengaruhi proses pembentukan dan penghancuran tulang. Oleh karena itu mari kita “cegah osteoporosis dengan pola hidup sehat”.

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan rendahnya masa tulang akibat kalsium dan elemen dari tulang berkurang secara abnormal sehingga tulang menjadi rapuh, keropos dan mudah patah. Osteoporosis bukan hanya berkurangnya kepadatan tulang tetapi juga penurunan kekuatan tulang. Pada osteoporosis kerusakan tulang lebih cepat daripada perbaikan yang dilakukan oleh tubuh. Osteoporosis sering disebut juga dengan keropos tulang. Tulang-tulang yang sering mengalami fraktur/patah yaitu : tulang ruas tulang belakang, tulang pinggul, tungkai dan pergelangan lengan bawah.

Osteoporosis lebih banyak dialami oleh usia lanjut terutama pada usia 70 tahun ke atas serta pada wanita yang telah menopause dan mengalami penurunan jumlah estrogen. Walaupun osteoporosis juga bisa menyerang laki-laki, namun pada wanita sekitar usia 50 tahun ke atas proses kerapuhan tulang lebih cepat terjadi. Hal ini karena selain memiliki kerangka tulang yang lebih kecil dibanding pria, wanita juga mengalami fase menopause dimana kadar hormon estrogen yang mempengaruhi kepadatan tulang menurun. Osteoporosis pada wanita 4 kali lebih tinggi dibandingkan pada laki-laki. Osteoporosis pada laki-laki kebanyakan karena faktor usia lanjut atau alkohol.

Osteoporosis merupakan penyakit yang tidak dapat diketahui dalam waktu singkat (silent disease). Pada fase dini, osteoporosis tidak menunjukan gejala sehingga penderita tidak menyadari gangguan yang dialaminya hingga akhirnya menjadi parah dan banyak massa tulang yang hilang sehingga menyebabkan patah-patah tulang. Osteoporosis yang terjadi pada ruas tulang belakang (vertebrae) mengakibatkan penderita menjadi lebih pendek karena tulang belakang hancur, tubuh juga menjadi bungkuk. Pada sekitar usia 70 tahun, massa tulang belakang/tulang punggung berkurang sampai sepertiga sehingga mengakibatkan bungkuk dan berkurangnya tinggi badan

Selain faktor usia lanjut dan menopause, osteoporosis dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang aktif bergerak atau tidak berolahraga, rendahnya konsumsi kalsium dan vitamin D, kebiasaan merokok dan minuman beralkohol, soft drink, minum kafein/kopi yang berlebihan dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Faktor risiko lainnya yaitu faktor keturunan, kerangka tulang yang kecil, terlalu kurus, kadar estrogen yang rendah pada wanita dan testosteron yang rendah pada laki-laki, menderita rematik sendi, dan wanita yang mengalami pengangkatan ovarium.

Kalsium berperan penting dalam mencegah osteoporosis karena merupakan faktor dominan terhadap asupan gizi untuk tulang. Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menyusun struktur tulang. Asupan kalsium yang cukup sejak dini dapat membantu memperkuat masa tulang dan mengurangi tingkat kehilangan masa tulang pada tahun-tahun selanjutnya ketika mulai menua.
Pada usia lanjut, kalsium yang hilang dari tubuh lebih besar daripada kalsium yang diproduksi. Pada penderita osteoporosis kehilangan sekitar 500 mg kalsium. Berdasarkan standar internasional, konsumsi kalsium yang disarankan adalah 1000-1500 mg perhari untuk orang dewasa.
Namun sangat disayangkan konsumsi kalsium di Indonesia sangat rendah, hanya sekitar 254 miligram per hari. Riset yang dilakukan Puslitbang Giji dan Makanan, Depkes, menyebutkan bahwa sekitar 41,7% masyarakat Indonesia mengalami osteoporosis dini, yang berarti setiap 2 orang dari 5 penduduk Indonesia mempunyai risiko terkena osteoporosis.Jumlah kalsium yang dibutuhkan menurut tingkat usia, yaitu :
  • Anak-anak usia 4-8 tahun membutuhkan 800 miligram kalsium per hari
  • usia 9-18 tahun membutuhkan 1300 miligram (mg) kalsium per hari
  • wanita dewasa (usia 19-50 tahun) membutuhkan 1000 mg kalsium per hari
  • wanita di atas 50 tahun membutuhkan 1200 mg kalsium per hari
  • wanita hamil atau menyusui membutuhkan 1000-1300 mg kalsium per hari

Keropos tulang tidak bisa disembuhkan total dan mengembalikan tulang seperti kondisi semula, yang dapat dilakukan adalah mengurangi faktor risikonya dengan upaya pencegahan sedini mungkin melalui pembudayaan pola hidup dan pola makan sehat

Pengaturan makanan sangat penting untuk mencegah osteoporosis, yaitu melalui pengkonsumsian makanan dengan gizi seimbang dan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan unsur kaya kalsium dan rendah lemak. Berikut ini pola makan dan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mencegah osteoporosis :

  • Konsumsi susu tinggi kalsium dan rendah lemak, yogurt, keju, brokoli, bayam, sarden kaleng, tiram, udang kecil/rebon, teri dan ikan yang dimakan dengan tulangnya, serta kedelai dan olahannya seperti tempe dan tahu sebagai sumber kalsium. Kedelai sangat baik terutama untuk wanita, karena mengandung estrogen alamiah (fitoestrogen) yang sangat dibutuhkan pada masa menopause.Konsumsikan juga kacang-kacangan lainnya sebagai sumber fosfor, makanan yang tinggi kandungan vitamin D seperti sayuran berdaun hijau gelap. Tubuh juga harus cukup mendapat sinar matahari pagi minimal 15 menit sebagai sumber vitamin D, karena vitamin ini dibutuhkan untuk penyerapan kalsium.
  • Hindari minum kopi secara berlebihan karena dapat mengeluarkan kalsium secara berlebihan. kurangi juga softdrink/minuman ringan karena dapat menghambat penyerapan kalsium.
  • Batasi pengkonsumsian daging merah dan garam atau makanan yang diasinkan
    hindari minuman beralkohol dan rokok karena dapat menyerap cadangan kalsium dalam tubuh.
  • Lakukan juga olahraga secara teratur untuk menguatkan tulang dan otot.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT BISUL

Diskripsi

Bisul merupakan radang pada daerah folikel rambut kulit dan sekitarnya. Penyebab tersering adalah bakteri staphylococcus aureus. Mulanya hanya folikel rambut yang terinfeksi, namun kemudian karena adanya gesekan, iristasi, dan kurang merawat tubuh infeksi tersebut dapat menyebar ke jaringan sekitarnya dan menjadi bisul. Penyebab lain bisa juga terjadi karena rambut yang tumbuh ke dalam yang menyebabkan luka sehingga benda asing masuk ke kulit.

Bisul berawal dari benjolan merah dan lunak di daerah kulit, yang lama-kelamaan menjadi keras. Kemudian di tengah benjolan itu terbentuk puncak berwarna putih-yang akan memecah atau harus dikeluarkan.



Ada beberapa jenis bisul; akne kista--biasanya terjadi di kulit wajah remaja, hidranetitis suppurativa--disebabkan radang lokal kalenjar keringat. Bisul jenis ini timbul lebih dari satu buah, lokasinya d daerah ketiak atau pangkal paha, kista pilonidal--biasanya tumbuh di lipatan pantat. Mulanya hanya berupa infeksi di folikel rambut, kemudian ditambah iritasi dari tekanan akibat duduk terlalu lama.

Tanda

Bisul ditandai oleh rasa sakit, radang dan pembengkakan.

Penyembuhan

Untuk mematangkan bisul agar cepat pecah dengan cara kompres panas selama 30 menit dilakukan 2 kali sehari. Bagi penderita disarankan utnuk tidak memencet bisul sendiri, untuk menghindari terjadinya infeksi.(tbs/tbs)
READ MORE - Selengkapnya

Manfaat Minum Susu Untuk Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Manfaat susu sudah tidak diragukan lagi. Hampir semua zat gizi yang terdapat dalam susu bermutu baik. Protein dan lemak susu memiliki sifat ketecernaan yang tinggi. Kandungan vitamin dan mineral susu juga relatif lengkap.

Susu dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Ada yang segar atau ada yang dalam bentuk terolah, seperti susu bubuk atau susu kental manis. Manusia juga mengonsumsi susu dari produk pangan yang mengandung susu, seperti keju, es krim, dan yogurt.

Namun, masih ada perbedaan pendapat tentang konsumsi susu ini. Ada kelompok yang menyatakan bahwa mengonsumsi susu setiap hari tidak baik bagi kesehatan, terutama penyakit vaskular seperti penyempitan pembuluh darah. Argumennya adalah, susu meningkatkan kadar kolesterol darah yang menjadi faktor risiko penyakit jantung. Kedua, adanya hubungan positif antara produksi susu rata-rata per kapita dengan kematian akibat penyakit jantung di sejumlah negara.

Kelompok lain mendukung peran susu pada penurunan risiko berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan kanker. Penelitian terbaru di Norwegia mendukung hal itu.

Hjartäker bersama koleganya dari Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, melalui publikasinya pada International Journal of Cancer, membuktikan bahwa mengonsumi tiga gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara pada wanita pramenopause.

Melalui penelitian kohort the Norwegian Women and Cancer Study, mereka meneliti 48.844 wanita selama enam tahun dua bulan. Konsumsi susu diukur dengan mengirimkan formulir riwayat konsumsi pangan kepada responden. Selama kurun waktu tersebut, tim Hjartäker menemukan 317 kasus penderita kanker payudara.

Ternyata konsumsi susu sejak masa kanak-kanak berkaitan negatif dengan kejadian kanker payudara pada saat mereka berumur 34-39 tahun (pramenopause). Itu berarti bahwa mengonsumsi susu sejak masa kanak-kanak dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Konsumsi susu pada masa dewasa juga menurunkan risiko kanker payudara setelah dikoreksi menurut faktor hormonal, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol. Wanita yang tidak mengonsumsi susu menghadapi risiko terkena kanker payudara 2 kali lebih besar daripada wanita yang mengonsumsi susu 3 gelas atau lebih susu setiap hari.
READ MORE - Selengkapnya

PENGENALAN PENYAKIT VARISES

Deskripsi

Varises adalah pelebaran vena permukaan di tungkai. Penyebab pasti dari varises vena tidak diketahui, tetapi kemungkinan penyebabnya adalah suatu kelemahan pada dinding vena permukaan. Ada juga yang mengatakan penyebabnya karena keturunan, kebanyakan berdiri, dan kehamilan.

Pelebaran vena menyebabkan terpisahnya daun-daun katup. Sebagai akibatnya, jika penderita berdiri, vena dengan cepat akan terisi oleh darah dan vena berdinding tipis yang berliku-liku ini akan semakin melebar.

Pelebaran vena juga mempengaruhi beberapa vena yang berhubungan, yang dalam keadaan normal mengalirkan darah hanya dari vena permukaan ke vena dalam. Jika katup-katup pada vena tersebut gagal, maka pada saat otot menekan vena dalam, darah akan menyembur kembali ke dalam vena permukaan, sehingga vena permukaan menjadi lebih teregang.

Gejala

Tampak vena yang membesar di tungkai. Terkadang varises terasa gatal.

Pengobatan

Tujuan utama pengobatan sebenarnya hanya untuk mengurangi gejala dan menghilangkannya sama sekali. Operasi ditujukan untuk mengangkat sebanyak mungkin varises vena.

Pada terapi suntikan, vena ditutup, sehingga tidak ada darah yang dapat melewatinya. Suatu larutan disuntikkan untuk mengiritasi vena dan menyebabkan terbentuknya gumpalan.
READ MORE - Selengkapnya

PEMICU TIMBULNYA KANKER PROSTAT


Buat para lelaki yang menjadi pekerja kantoran atau para blogger, yang sehari-hari menghabiskan waktu dengan duduk bekerja di belakang meja kerja berhati-hatilah karena Anda berisiko lebih tinggi untuk terkena kanker prostat dibandingkan dengan rekan-rekan Anda yang bekerja di outdoor/lapangan. Duduk berjam-jam di belakang meja ternyata dapat meningkatkan risiko kanker prostat, aktivitas fisik serta konsumsi buah-buahan dan sayur dapat membantu mengurangi risiko.

Hal tersebut didasarkan kesimpulan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Inggris. Tim peneliti the University of Athens mencoba untuk menganalisis keterkaitan antara level aktivitas fisik di tempat kerja dan tumbuhnya tumor. Peneliti menganalisa 320 pasien kanker prostat dan dibandingkan dengan kelompok para pria sehat. Seluruh partisipan kemudian ditanyai mengenai tipikal pekerjaan mereka. Terungkap bahwa pria yang bekerja sebagai pegawai, guru, atau pekerja kantoran berisiko lebih tinggi daripada mereka yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan berdiri atau bergerak ke sana kemari seperti buruh pabrik, tukang pos, tukang cukur dan tukang roti.

Temuan yang dipublikasikan didalam European Journal of Cancer Prevention itu juga mengungkapkan bahwa pria yang setiap hari bekerja menetap di dalam kantor dapat berisiko 30 persen lebih tinggi terkena kanker prostat dan 40 persen lebih tinggi dapat mengalami kondisi nonkanker yang disebut benign prostatic hyperflasia (BPH).

Setiap pria yang memasuki usia 45 tahun dapat berpeluang mengalami pembesaran kelenjar prostat. Jika pembesaran terjadi secara berlebihan hingga membengkak sebesar buah jeruk, efeknya dapat menekan aliran kemih yang melalui uretra, kondisi tersebut dikenal sebagai BPH.

Kasus BPH diperkirakan terjadi kepada sekitar 15 persen pria usia 40 tahunan dan 60 persen pria yang berusia 50 tahunan. Meskipun tidak mengancam jiwa, lazimnya pasien akan ditangani dengan pembedahan. Setiap tahun di Inggris terdapat 32.000 kasus kanker prostat yang menyebabkan kepada kematian sekitar 10.000 orang. Resiko ini meningkat seiring dengan pertambahan usia. Sebagai langkah pencegahan, para peneliti menyarankan agar olahraga teratur agar dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Kepala penelitian Dr Areti Lagiou mengungkapkan bahwa pada tahun 1997, aktivitas fisik tidak pernah masuk dalam kategori faktor pencegahan kanker prostat. “Bukti menunjukkan manfaat olahraga sebagai salah satu pelindung dari kanker prostat,” ujarnya.

Studi ilmiah yang dilakukan Britain’s Institute of Food Research menyarankan agar diet kaya brokoli yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel tumor dan penyakit kronis lainnya. Kesimpulan ini juga didukung oleh studi terbaru dari tim medis asal Jepang, yang melaporkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran dapat menurunkan risiko perkembangan kanker, khususnya kanker esophagus (kerongkongan).

Studi yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan Jepang tersebut menganalisis bahwa 39.000 pria usia 45-74 tahun. Setelah delapan tahun, 116 partisipan terdeteksi sebagai esophageal squamous cell carcinoma(SCC), suatu jenis kanker yang umum ditemui pada lelaki di Negeri Matahari Terbit itu.

Kepala Divisi Epedemiologi dan Pencegahan Penyakit di Pusat Kanker Nasional Jepang, Shoichiro Tsugane menduga bahwa kondisi tersebut terkait dengan kebiasaan merokok dan minum-minuman yang beralkohol. Didalam penelitian yang membagi partisipan pria dalam tiga grup tersebut, ditarik kesimpulan bahwa mereka yang makan buah dan sayuran paling banyak berisiko hampir separuh lebih rendah terkena esophageal SCC dibandingkan kelompok pria yang paling sedikit mengonsumsi sayuran.

Peneliti menyarankan peningkatan konsumsi buah dan sayur 100 gram per hari, yang bermanfaat menurunkan risiko kejadian esophageal SCC sebesar 11 persen. Adapun jenis sayuran yang dianjurkan adalah kubis dan kol.

Diet kaya buah dan sayuran dapat menurunkan hingga sepertiga risiko perkembangan esophageal SCC, meskipun pada pria perokok dan peminum. Akan tetapi, perlu di ingat bahwa sayur dan buah bukanlah ‘penetralisasi’ efek negatif dari rokok dan minuman beralkohol, biasakanlah untuk tidak merokok atau minum minuman beralkohol.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL KEPUTIHAN PADA WANITA

Keputihan terjadi jika vagina mengeluarkan semacam lendir atau cairan seperti nanah. Setiap wanita secara normal akan mengeluaran sedikit cairan vagina, yang jernih, menyerupai warna susu atau sedikit kekuningan.

Jika pengeluaran cairan ini tidak menimbulkan rasa gatal atau tidak berbau busuk, mungkin hal ini bukan merupakan masalah.

Sering kali seorang wanita, terutama selama masa kehamilan, mengalami keputihan yang disertai rasa gatal di dalam vagina.

Keputihan ini dapat disebabkan oleh berbagai macam infeksi. Sebagian besar diantaranya mengganggu, namun tidak berbahaya.

A. Keputihan yang cair dan berbusa,
berwarna kuning kehijauan atau keputih-putihan, berbau busuk dengan rasa gatal. Penyakit ini menimbulkan rasa seperti terbakar di daerah kemaluan saat buang air kecil. Kadang-kadang alat kelamin terasa sakit dan membengkak.
Pengobatan :
Menjaga kebersihan alat kelamin tidak pada saat sakit keputihan, tapi sepanjang hari.
Membasuh vagina, atau douche dengan air hangat yang telah ditambah larutan cuka sulingan. Penderita harus melakukan douche sebanyak satu atau tiga kali sehari sampai ia sembuh. Jika tidak ada larutan cuka, gunakan perasan jeruk nipis.
Pada kasus yang berat, gunakan tablet atau suppositorial (pil peluru) vagina yang berisi metronidazole atau obat lain yang dianjurkan untuk Trichomonas. Untuk kasus yang sangat berat, minumlah tablet metronidazole sebanyak 2 gram dosis tunggal.

B. Cairan keputihan yang berwarna putih seperti keju lembut atau dadih dan berbau seperti jamur atau ragi roti.
Keadaan ini menunjukkan adanya infeksi yang disebabkan jamur atau ragi di kemaluan seorang wanita. Penderita akan merasakan efek gatal yang hebat, bibir kemaluan sering terlihat merah terang dan terasa sangat sakit. Selain itu saat buang air kecil terasa seperti terbakar.
Pengobatan :
Lakukan douche dengan air yang mengandung cuka atau dengan gentian violet yang diencerkan. Atau bisa digunakan tablet vagina nystatin atau suppositoria vagina. Memasukkan yoghurt ke dalam vagina merupakan pengobatan rumah yang manjur untuk mengatasi infeksi jamur.
Peringatan:
Jangan sekali-sekali memakai antibiotik untuk mengobati infeksi semacam ini. Antibiotik akan membuat infeksi jamur semakin hebat.
C. Cairan keputihan yang kental seperti susu dengan bau yang amis/anyir.
Keadaan ini dimungkinkan karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri Hemophilus. Diperlukan pemeriksaan khusus untuk membedakan infeksi trichomonas.
Pengobatan:
Lakukan douche dengan larutan cuka dan gunakan pula tablet vagina yang berisi sulfanthiazole sebanyak dua kali sehari selam dua minggu.

D. Cairan keputihan yang encer seperti air,
berwarna cokelat atau keabu-abuan dengan bercak-bercak darah, berbau busuk.Merupakan tanda-tanda infeksi yang lebih parah, atau mungkin kanker. Jika timbul panas, gunakan antibiotik ampicillin. Mintalah segera pertolongan dokter.
Penting:
Jika keputihan berlangsung lama, atau tidak sembuh dengan cara pengobatan, segera temui petugas kesehatan.
Beberapa tip mengobati keputihan (secara umum)
  • Bersihkan vagina secara teratur dengan menggunakan produk pembersih yang berbahan dasar susu
  • Hindari penggunaan produk berbentuk bedak karena akan memicu pertumbuhan jamur
  • Memastikan vagina selalu dalam keadaan kering saat berpakaian
  • Gunakan celana dalam yang kering, celana dalam yang mudah menyerap keringat layak untuk dijadikan pilihan tepat
  • Sebisa mungkin hindari pemakain celana jins karena akan mengganggu masuknya udara ke organ vital
  • Teratur mengganti pembalut saat menstruasi
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT GIGI BERLUBANG

Deskripsi



Gigi berlubang disebabkan oleh kuman di gigi. Kuman tersebut menggerogoti lapisan gigi. Bakteri ini berasal dari sisa makanan yang tertinggal di mulut. Jika tidak segera disembuhkan, gigi berlubang dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang lebih berbahaya. Kuman yang bersarang di gigi berlubang dapat menembus ke pembuluh darah.


Gejala

Gigi berlubang ditandai dengan terdapat noda putih atau kecoklatan pada permukaan gigi. Tanda lain, permukaan gigi kasar. Gigi berlubang terkadang menimbulkan rasa sakit.


Pencegahan

Untuk itu sebelum keadaan lebih gawat perlu dilakukan beberapa pencegahan, diantaranya; membersihkan gigi, membersihkan sikat gigi, menyikat gigi sampai bagian belakang.(tbs/tbs)
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT YANG BERHUBUNGAN DENGAN LAMBUNG

Lambung memegang peranan amat vital dalam sistem pencernaan makanan. Organ yang terletak setelah kerongkongan ini merupakan tempat dihancurkannya makanan yang masuk ke dalam perut. Selanjutnya sari-sari makanan yang dihasilkan diteruskan ke proses selanjutnya.

Makanan yang masuk ke dalam lambung akan bercampur dengan getah lambung yang bersifat asam. Melalui gerakan kontraksi lambung, makanan akan dicerna hingga menjadi cair (chymus).

Enzim yang bekerja di lambung adalah pepsin, pencerna protein. Pepsin sendiri bertugas mencerna kolagen yang merupakan unsur utama dari jaringan penyambung interselluler daging.

Proses pencernaan protein di dalam lambung sekita 10 – 30% dari keseluruhan pencernaan protein di seluruh tubuh.

Karbohidrat tidak dicerna di dalam lambung. Sementara lemak dicerna di dalam lambung dengan menggunakan enzim lipase yang berasal dari kelenjar lidah bagian bawah.

A. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan lambung:

  1. Tukak lambung = Tukak lambung, ulkus, terjadi apabila dinding lambung rusak akibat mukus yang menyelimutinya rusak. Enzim yang dihasilkan di dalam mukus memakan bagian-bagian kecil pada lapisan permukaan lambung. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini menyebabkan dinding lambung berlubang sehingga isinya jatuh ke dalam rongga perut.
  2. Kolik = Rasa nyeri pada lambung diakibatkan salah mencerna makanan yang oleh lambung tidak bersahabat; cabe atau alkohol.
  3. Gastritis/Maag = Peradangan pada mukus lambung.

B. Hal-hal yang menyebabkan penyakit pada lambung:

Terinfeksi oleh virus atau bakteri yang masuk melalui makanan atau minuman. Pola makan yang tidak sehat, tidak teratur, sering terlambat makan, dan kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahanRitme kerja yang menekan, stres, dan diperparah dengan kondisi tubuh seseorang yang tidak fit.Tingkat kebisingan yang tinggi. Hal ini berakibat pada terjadinya malabsorbsi lemak, ketidakmampuan sistem pencernaan untuk mencerna dan menyerap lemak. Penggunaan obat-obatan terlarang atau narkoba

C. Pengobatan pada penyakit lambung

Banyak alternatif untuk menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan lambung. Mulai dari pengobatan medis kedokteran hingga obatan-obatan herbal. Pada intinya, semua pengobatan bermanfaat asal terkontrol dan tidak berlebihan.

Berikut hal yang harus diperhatikan bagi para penderita penyakit lambung:

  1. Memperbaiki pola makanan dan jenis asupan yang bergizi tinggi. Ini sangat baik agar sistem pencernaan kita selalu sehat dan bisa beraktivitas dengan semestinya
  2. Meminum air putih dalam jumlah yang banyak, minimal delapan gelas dalam sehari.
  3. Hindari makanan dan minuman yang bersifat merangsang; makanan pedas dan minuman besoda maupun beralkohol
  4. Hentikan merokok
  5. Kurangi kebiasaan memakan permen karet. Hal ini dikarenakan gas yang dihasilkan saat mengunyah permen karet tertahan di dalam perut
  6. Kurangi mengonsumsi goreng-gorengan. Banyak penjaja gorengan yang menggunakan minyak berulang kali. Ini menyebabkan minyak goreng telah jenuh dan berisiko memicu sel kanker.
  7. Hindari makan dalam posisi berbaring
  8. Beri jeda yang panjang antara jam makan malam dengan waktu tidur. Idealnya tiga jam. Ini untuk menghindari risiko terjadinya reflax/balik sehingga menyebabkan panas di bagian tengah dada. Asam di dalam lambung penuh dan berpotensi kembali ke kerongkongan.
  9. Jangan memaksakan diri untuk makan makanan berat
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT HERNIA PADA MANUSIA


Diskripsi


Hernia adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak.

Hernia yang terjadi pada anak-anak, lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Sementara pada orang dewasa, karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan karena faktor usia yang menyebabkan lemahnya otot dinding perut.

Penyakit hernia banyak diderita oleh orang yang tinggal didaerah perkotaan yang notabene yang penuh dengan aktivitas maupun kesibukan dimana aktivitas tersebut membutuhkan stamina yang tinggi. Jika stamina kurang bagus dan terus dipaksakan maka penyakit hernia akan segera menghinggapinya.

Gejala

Kebanyakan penderitanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif.

Pengobatan
Pengobatan medis untuk hernia masih dengan melakukan pembedahan. Seringkali hernia dapat didorong kembali ke dalam rongga perut.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT CACAR AIR (Chicken Pox)


Deskripsi
Cacar air yang disebabkan virus Varicella Zoster ini bersifat menular. Pada kulit penderita akan ditemukan sekumpulan bintik-bintik kecil, bersisi cairan, atau keropeng. Bintik-bintik tersebut membuat penderita merasa gatal.

Gejala
Gejala baru tampak setelah 10-21 hari terinfeksi. Penderita sering meneluhkan sakit kepala, demam, dan meriang.

Pengobatan
Pengobatan ditujukan untuk mencegah terjadinya komplikasi seperti peradangan jantung, peradangan sendi, dan peradangan hati. Lingkungan yang higienis di sekitar pasien termasuk tempat tidur kebersihan tangan dapat mengurangi timbulnya infeksi lanjutan.
READ MORE - Selengkapnya

APA ITU KEHAMILAN LEWAT WAKTU

Deskripsi
Disebut kehamilan lewat waktu jika usia kehamilan melewati 294 hari atau 42 minggu. Kemungkinan penyebabnya karena air ketuban kurang, infusiensi plasenta, atau stress.

Gejala
Gerakan janin jarang. Pada bayi yang sudah dilahirkan terdapat tanda seperti kulit rapuh, kering, dan mudah mengelupas, kulit kelihatan hijau, kekuningan pada kuku, kulit, dan tali pusat.

Perawatan
Induksi persalinan atau tunda pengakhiran kehamilan selama seminggu dengan menilai gerakan janin.(tbs/tbs)
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT PARU-PARU

Paru-paru adalah salah satu organ pada sistem pernapasan yang berfungsi sebagai tempat bertukarnya oksigen dari udara yang menggantikan karbondioksida di dalam darah.

Proses ini dinamakan sebagai respirasi dengan menggunakan bantuan haemoglobin sebagai pengikat oksigen. Setelah O2 didalam darah diikat oleh haemoglobin, selanjutnya dialirkan ke seluruh tubuh.

Hanya vertebrata atau makhluk bertulang belakang yang memiliki paru-paru sebagai alat pernapasan. Tekstur paru-paru berongga dan memiliki banyak sekat.

Terletak di dalam rongga dada, dilindungi oleh tulang selangka dan diseliputi oleh kantung dinding ganda (pleura) yang melekat pada permukaan luar paru-paru.

Manusia memiliki dua paru-paru. Sebelah kiri terbagi oleh 2 bagian dan sebelah kanan terbagi menjadi 3 bagian. Setiap satu bagian mengandung sekitar 1500 butir udara dan 300 juta alveolus dengan luas permukaannya sekitar 140 m2 bagi orang dewasa atau sepadan dengan lapangan tenis.

Penyakit-penyakit yang berkenaan dengan paru-paru :

1. Asma (bengek)

Penjelasan dapat dilihat di item asma.

2. Batuk


Batuk merupakan salah satu gangguan pada tenggorokan, paru-paru, atau bronkus (saluran pipa udara yang masuk ke paru-paru). Jenis batuk adalah: batuk kering dengan sedikit atau tanpa dahak, batuk dengan sedikit atau banyak dahak, batuk dengan suara berdengih atau melengking dan sukar bernapas, batuk tahunan atau menetap, dan batuk

Pengobatan batuk:
  1. Untuk mencairkan lendir maka minumlah cairan yang banyak. Bernapas dalam uap air panas juga dapat membantu. Caranya dengan duduk pada kursi dan taruh seember air mendidih di dekat kaki Anda. Kerudungilah kepala Anda dengan sehelai kain sehingga menutupi ember untuk menangkap uap panas yang mengepul naik. Hiruplahh uap tersebut dalam-dalam selama 15 menit.
  2. Untuk segala macam batuk terutama batuk kering dapat diberikan sirup batuk: 1 bagian madu + 1 bagian jeruk nipis + 1 bagian rum (minuman keras dari tebu).
  3. Untuk batuk kering yang parah dan mengganggu tidur, Anda dapat mengonsumsi sirup yang mengandung codein atau campuran chloral hydrate.

3. Bronkitis

Tanda-tanda :

  • Batuk dengan lendir dan berlangsung berbulan-bulan atau bertahun-tahun.
  • Sering terjadi pada orang berusia lanjut dan perokok berat.
  • Menimbulkan efek emphysema, yaitu suatu penyakit paru-paru yang sangat berat karena sukar bernapas terutama jika bekerja atau gerak badan.

4. Pneumonia (radang paru-paru)

Merupakan infeksi paru-paru akut. Infeksi ini sering kali terjadi setelah penyakit pernapasan lain seperti campak, batuk rejan, influenza, asma, peradangan saluran pernapasan (bronkitis) atau penyakit lainnya.

Tanda-tanda:

  • Pernapasan cepat (40 x per menit pada bayi), dangkal dan kadang-kadang dengan suara berdengih.
  • Batuk pada orang dewasa sering kali disertai lendir yang berwarna kuning kehijauan atau sedikit berdarah. Sedangkan pada bayi tidak selalu disertai batuk.Sakit pada dada
  • Penderita tampak sakit berat.

Tindakan yang dilakukan:

  • Perlu diberikan antibiotik bagi penderita pneunomia sesuai dengan petunjuk dokter
  • Berikan oksigen bila dibutuhkan
  • Berikan aspirin atau acetaminophen untuk menurunkan panas tubuhnya dan mengurangi rasa sakit
  • Berikan cairan yang banyak agar dehidrasi bisa dihindari

PERINGATAN:
Untuk mencegah batuk dan penyakit berkaitan paru-paru lain, hindari merokok.

READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails