Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KURANGI MAKANAN BERLEMAK

MAKANAN berlemak dapat mengakibatkan perut buncit. Penderita mag dianjurkan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, apalagi lemak tinggi. Saat penderita mag melakukan ibadah puasa, sebaiknya menghindari makan-makanan berlemak. Jika anjuran itu diabaikan, dipastikan penyakit mag tersebut akan kambuh saat puasa.
Dari sisi medis, kata dr Dadang Makmun SPPD-KGEH, sebenarnya penderita mag tidak sepenuhnya boleh menjalankan ibadah puasa. Namun, lanjutnya, jika penderita tetap memaksa dan bertekat melaksanakan puasa, maka boleh-boleh saja.

“Asalkan, terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui seberapa parah mag yang dideritanya,” ungkap Dadang beberapa waktu lalu. Dadang menambahkan, istilah mag sebenarnya adalah istilah umum. Istilah kedokteran untuk mag, menurutnya, adalah dyspeptia. Dijelaskannya, dalam dunia kedokteran ada dua jenis penyakit dyspeptia, yakni dyspeptia jenis organik dan fungsional. Inti dari penyakit itu adanya keluhan, rasa mual di ulu hati, kembung, dan rasa lain yang disebabkan oleh kelainan saluran pencernaan.

“Bila penyakit ini sudah kambuh tentu saja tidak kuat menjalankan ibadah puasa, karena perut rasanya melilit-melilit,” ujar Dadang. Dokter yang mendiagnosis penderita maag, biasanya diperiksa tingkat keseriusan yang ada di peradangan lambung dan usus pasien. Ciri dalam dyspeptia organik adalah terdapat peradangan di sekitar lambung atau lecet-lecet yang disebabkan karena tumor atau penyakit-penyakit lain yang menyebabkan luka.

“Penderita mag jenis inilah yang kami sarankan tidak boleh berpuasa dulu. Bila ingin berpuasa, maka yang diobati dulu adalah lukanya. Sebab setiap kali perutnya akan nyeri karena bertambahnya produksi pada asam lambung,” lanjut dia. Meski begitu, puasa ternyata justru membuat tubuh seseorang bertambah baik. Terutama pada penderita mag jenis dyspeptia fungsional. Biasanya penderita untuk jenis dyspeptia fungsional tidak diketemukan tanda-tanda tertentu di saat lambungnya diteropong.

Penderita seperti itu hanya merasakan perutnya kembung, tanpa ada penyebab yang pasti. “Biasanya, penderita seperti itu lebih karena disebabkan stress, yang seolah-olah perutnya mengalami keluhan tertentu,” tambah Dadang.(net/jpnn)
READ MORE - Selengkapnya

MAKAN BUAH DAN SAYUR UNTUKCEGAH SEMBELIT PADA ANAK

Biasanya yang menjadi penyebab terjadinya konstipasi (sembelit) pada anak, pola makan tidak sehat yang lebih banyak mengandung lemak dan gula serta tidak mengkonsumsi serat secara cukup. Selain itu, kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh, seringkali menjadi penyebab konstipasi.
Anak-anak juga seringkali mengalami konstipasi yang dipicu oleh faktor psikologis seperti stres. Sebagian anak kesulitan BAB (buang air besar) ketika mereka sedang tegang dalam menghadapi sesuatu di sekolah atau di rumah.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi sembelit pada anak. Antara lain, perubahan pola makan, pemberian sari buah atau sumber serat dari buah-buahan dan sayuran, lalu cukupi dalam kebutuhan cairan per hari.
Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi karbohidrat yang tak dicerna (glukosa polimer), seperti sereal dan beras serta makanan tinggi serat. Seperti buah-buahan jenis pepaya, jeruk, alpukat dan sayuran hijau. Stimulasi dalam bentuk olah raga dianjurkan pada anak yang kurang aktif.

Kemudian, mengatasi masalah psikologis yang mungkin menjadi penyebab sembelit, latihan BAB dengan toilet training sering dianjurkan sebagai salah satu terapi konstipasi pada anak.

Caranya, si kecil diminta untuk duduk di toilet sedikitnya dua kali sehari setengah jam setelah makan selama 5-10 menit setiap kalinya. Posisi yang dapat membantu mempermudah BAB yaitu dengan menekuk paha ke arah perut sehingga menaikkan tekanan dalam rongga perut. Jika diperlukan, anak yang mengalami konstipasi juga bisa diberikan terapi laksatif (obat untuk membantu mengeluarkan tinja), karena obat tersebut mempunyai efek terhadap peningkatan sekresi elektrolit, penurunan absorpsi air dan elektrolit, serta peningkatan tekanan hidrostatik usus. Ingat, setiap penggunaan obat perlu dalam pemantauan seorang dokter ahli.

Sedangkan bagi orang dewasa, timbulnya sembelit tentunya tidak terjadi begitu saja, melainkan dipicu banyak hal. Antara lain, program diet yang salah, kurang konsumsi makanan berserat, terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan, daging, susu sterilisasi, kopi, dan lain-lain.

Selain itu, sembelit juga bisa terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi laksatif (obat untuk membantu mengeluarkan tinja) yang menyebabkan usus menjadi malas bergerak, stres, bersikap malas dan menunda untuk buang air besar dan banyak faktor lainnya.

Kiat menghindari sembelit, yaitu perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, terutama yang banyak mengandung serat, minum air putih, konsumsi minyak omega-3, olahraga secara teratur dan jangan membiasakan menahan keinginan untuk buang air besar.

Makanan yang dianjurkan adalah pepaya, kacang buncis, semangka, pisang, mengkudu, singkong, kacang hijau, lidah buaya, kacang kedelai, tomat, beras, kentang dan lain-lain. Untuk anak, makanan ini bisa dibuat jus. Sebaiknya mengkonsumsi serat jangan berlebihan dan jangan pula kekuarangan. Tubuh hanya memerlukan 25 – 30 gram serat tiap hari untuk mendukung proses pencernaan.

Ada lagi cara tradisionalnya melalui terapi alamiah dengan tanaman obat bagi orang dewasa. Yakni, gunakan 60 gram daun lidah buaya yang dikupas kulitnya lalu diblender atau dijus dan diseduh dengan setengah gelas air panas. Tambah kan madu secukupnya dan diminum selagi hangat.

Cara lain ambil 60 gram daun ubi jalar direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring airnya diminum dan daunnya dimakan. Bisa menggunakan 30 gram daun alamanda direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat. Gunakan 10 gram bubuk temulawak diseduh dengan 200 cc air hangat lalu diminum. Konsumsikan 154 gr pepaya masak setiap hari. Mudah-mudahan resep itu bisa atasi sembelit. (net/jpnn)
READ MORE - Selengkapnya

IKAN SALMON DAPAT MENCERDASKAN OTAK

IKAN SALMON DAPAT MENCERDASKAN OTAK

Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, DHA dan juga EPA. Ketiganya sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan fungsi otak. EPA (Eicosapentaenoic acid) diyakini memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit jantung, sedangkan DHA (docosahezaenoic acid) diperlukan untuk perkembangan otak dan syaraf.

Studi penelitian akhir – akhir ini menyatakan bahwa pada individu yang mengkonsumsi asam lemak ini pada diet mereka mempunyai pikiran yang jauh lebih tajam. Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Cancer menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 yang yang mengandung DHA dan EPA membantu melindungi terhadap terjadinya kanker payudara.

Selain salmon, dari data-data yang telah dikeluarkan oleh Lembaga Gizi Departeman Kesehatan RI, beberapa jenis ikan laut Indonesia memiliki kandungan/kadar asam lemak omega-3 tinggi (ada yang sampai 10,9 g/100 g) seperti ikan lemuru, sidat, terubuk, tenggiri, kembung, layang, bawal, seren, slengseng, dan tuna.

Namun, perlu diingat, asam lemak ini mudah menguap bila ikan dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Cara terbaik yang dianjurkan adalah dengan ditim, karena asam lemaknya tidak hilang. Beberapa tips untuk variasi menu makanan Anda dengan salmon :
  1. SandwichBuatlah sandwich isi salmon, dibadingkan dengan tuna, campurkanlah dengan mayonaise, mustard, tomat, wortel potong kecil, selada air dan seledri. Tambahkan yogurt strawberi sebagai pasangan makanan Anda. Jika mau, Anda dapat mengganti roti tawar putih dengan roti gandum.
  2. Sup ikanMasukkan potongan ikan salmon yang sudah direbus ke dalam sup krim brokoli yang Anda buat, tambahkan sedikit potongan brokoli untuk nutrisi ekstra sehingga didapatkan cita rasa yang pas. Selain mudah, makanan ini tidak banyak mengandung lemak dan kalori. Jika mau, Anda dapat memvariasikan makanan ini dengan membuat sup biasa dan dengan campuran sedikit tomat hijau yang sedikit terasa asam manis.
  3. Burger salmonCincang salmon secukupnya, kombinasikan dengan bayam, bawang bombay, bawang putih yang dicincang halus. Aduk jadi satu dan bentuk bola – bola daging berukuran sedang. Panaskan wajan, masukkan minyak sedikit, masukan bola daging dan gepengkan dengan spatula. Sajikan dengan nasi dari beras merah.
READ MORE - Selengkapnya

APAKAH SUSU DAPAT MERUSAK GIGI ANAK

APAKAH SUSU DAPAT MERUSAK GIGI ANAK
Gigi perlu dirawat sejak dini agar anak tidak mengalami gangguan tumbuh kembang gigi selain juga mempertahankan keadaan gigi yang normal. Cairan-cairan yang diminum bayi dan balita sangat mungkin mencetuskan kerusakan gigi.

Penyebab terbesar kerusakan gigi anak balita adalah kebiasaan minum susu atau cairan manis dalam botol dot menjelang tidur. Hal ini karena umumnya susu mengandung gula, dan gula yang menempel semalaman akan menyebabkan gigi keropos.

“Minum susu itu baik, tapi sebaiknya tidak dilakukan di malam hari sebelum tidur. Genangan susu di rongga mulut bisa merusak gigi di bagian depan atau disebut juga dengan baby bottle syndrome,” kata drg.Armasastra Bahar dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia di sela kampanye Sikat Gigi Pagi dan Malam yang digagas Pepsodent di Jakarta.

Agar kebiasaan minum susu tidak membawa masalah pada gigi anak, dokter Arma menyarankan agar orangtua membiasakan anak untuk membersihkan gigi setelah minum susu di malam hari.

“Bisa dimulai dengan yang sederhana, yakni berkumur dengan air setelah minum susu,” katanya.

Dengan bertambahnya usia, anak bisa mulai diajarkan untuk menyikat giginya di malam hari.

Perawatan gigi anak juga berlaku untuk bayi yang belum tumbuh gigi susunya. “Bersihkan bagian gusi anak dengan kain kasa yang dibasahi air agar tidak ada sisa susu yang mengendap,” sarannya.

Sejak anak berusia satu tahun atau mulai makanan padat, orangtua perlu memerhatikan pola makan seimbang pada anak. Pemberian susu tetap diteruskan karena mengandung banyak nutrisi yang penting untuk pertumbuhan.

Namun menginjak usia dua tahun, pemberian susu boleh dibatasi dua kali sehari. Kecukupan gizi anak bisa didapatkan dari variasi makanan dan buah yang diberikan.
READ MORE - Selengkapnya

SUSAH BUANG AIR BESAR, AWAS SEMBELIT

Sembelit memang bisa terjadi pada bayi seperti buang air besar yang keras dan banyak yang keluar sekali dalam beberapa hari. Untuk memastikan bayi sembelit atau tidak, bukan dari lamanya bayi tidak buang air besar (BAB). Frekuensi buang air besar antara bayi satu dengan lainnya tidaklah sama.
Jika tidak segera diatasi, maka sembelit bisa menjadi akut bahkan kronis. Akut jika gangguan berlangsung selama 1-4 minggu. Sedangkan kronis jika berlangsung lebih dari sebulan. Semakin kronis semakin lama pengobatannya. Dampak jangka panjang, kuman-kuman di usus besar menjadi menumpuk berlebihan. Selanjutnya akan terjadi infeksi di usus. Jika dibiarkan, bayi pun bisa terancam nyawanya.

Jika bayi tampak kesakitan, kemerahan dan mengedan saat BAB (buang ir besar) bukan selalu berarti bayi sembelit. Meskipun frekuensi buang air besar berkurang, namun bila konsistensi tinjanya normal, pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan, maka keadaan tidak dikategorikan sembelit. Ini karena bayi belum mampu mengontrol proses buang air besarnya secara optimal.

Pada bayi yang mendapatkan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif tidak mudah mengalami sembelit. Hal ini disebabkan kadar laktulosa dalam ASI yang tinggi dapat mencegah terjadinya konstipasi (sembelit). Lain halnya dengan bayi yang menggunakan susu formula. Biasanya susu formula memiliki kandungan lemak tinggi dan protein rendah yang memicu gangguan pencernaan.

Faktor lain bayi sembelit juga dapat disebabkan karena makanan. Ketika bayi sudah mendapatkan makanan pendamping, sebaiknya berikan asupan buah-buahan yang diolah menjadi cair dan halus. Hindari pemberian buah pisang dan apel yang memiliki kadar serat tinggi. Apel memiliki daya serap air tinggi dalam saluran pencernaan sehingga dapat menyebabkan kotoran mengeras.

Gejala fisik yang dapat dilihat pada bayi sembelit yakni pusarnya bodong, kulit kasar dan kering, otot-otot tubuh lemah dan wajah membengkak. Jika mekonium (kotoran berwarna kehitaman) tidak keluar setelah 48 jam kelahiran atau bayi mengalami sembelit pada satu minggu pertama kelahiran, maka kemungkinan adanya kelainan anatomi (tubuh). Paling sering ditemukan adalah Morbus Hirschprung, yaitu tidak ditemukannya persarafan pada sebagian segmen usus.

Dengan tidak adanya sistem saraf tersebut, maka gerakan usus akan terganggu sehingga tinja akan tertahan di situ. Pengaruhnya, bila keadaan ini berlangsung lama, maka kuman-kuman di usus besar akan menumpuk dan berlebihan. Selanjutnya akan terjadi infeksi enterokolitis (infeksi usus). Bila didiamkan bisa menjadi sepsis (infeksi berat) yang dapat menyebabkan kematian pada bayi.

Kenali Sejak Dini
Sering kali seorang ibu menanyakan ke dokter dengan keluhan anaknya mengalami kesulitan membuang kotorannya selama beberapa hari sehingga tidak tahu cara mengatasinya. Untuk itu, kenali sembelit pada anak sejak dini.

Penyebab sembelit dapat disebabkan karena kesalahan dalam diet (kurang serat, asupan susu formula berlebihan), kelainan bawaan (pada usus atau persarafan), keracunan obat, kelainan metabolik, atau gangguan pada psikologisnya (kesukaran toilet training )
Yang perlu diperhatikan pada sembelit anak:
  • Frekuensi, konsistensi, warna, bau dan pola BAB sebelumnya, riwayat sembelit dalam keluarga.
  • Gangguan yang menyertai seperti nyeri perut, kram usus, anoreksia.
  • Adakah gangguan emosi, masalah di sekolah atau di rumah, konflik dengan saudara atau orang tua, dan juga hubungan ayah-ibu-anak.
  • Penggalian tentang kebiasaan dan cara pemberian makan, pemberian serat pada anak.
  • Penggunaan obat-obatan pencahar dan antihistamin, diuretic, opiat yang berlebihan.
  • Pengenalan dan penolakan terhadap toilet training .
  • Pola BAB bayi baru lahir (frekuensi, warna, konsistensi)

Hal-hal yang perlu diwaspadai dan segera dikonsultasikan ke dokter, jika:

  • BAB terasa sakit dan berdarah
  • Tidak BAB selama 5 hari
  • Nyeri perut lebih dari satu jam
  • Robekan atau luka atau peradangan di sekitar anus.

Yang harus dilakukan: Perubahan diet, pemberian sari buah atau sumber serat dari buah-buahan dan sayuran, cukupi dalam kebutuhan cairan per hari. Hindari produk susu, pisang, dan apel karena dapat menimbulkan sembelit. Perawatan anus dengan melunakan tinja dan menjaga daerah tersebut agar tetap kering. Berikan krem setelah mengganti popok untuk memberikan rasa sejuk.

Mengajari secara perlahan-lahan dan sesuai dengan langkah anak sendiri dalam toilet training. Mengatasi masalah psikologis yang menyebabkan sembelit Dianjurkan untuk BAB setiap hari atau secara teratur dua kali sehari ke toilet. Posisi yang dapat membantu mempermudah BAB dengan menekuk paha ke arah perut sehingga menaikkan tekanan dalam rongga perut agar anak mudah buang air besar (net/jpnn)

READ MORE - Selengkapnya

PLUS MINU MELAHIRKAN SECARA OPERASI CAESAR

Melahirkan anaknya melalui operasi caesar makin digemari ibu hamil karena dianggap tidak sakit dan risikonya lebih sedikit dibandingkan melahirkan secara normal. Operasi caesar biasanya dilakukan jika ada gangguan pada bayi seperti terlilit tali pusat, posisi bayi sungsang, bayi keracunan air ketuban atau kondisi lainnya. Tapi bisa juga karena kondisi ibunya seperti memiliki pinggul kecil atau sebelumnya memang melahirkan secara caesar.
Menurut dr M Nur Rasyid SpB, operasi caesar akan memberikan keuntungan kepada ibu yang melahirkan. Seperti menghindari rasa sakit yang dialami secara normal. Selain itu ibu bisa memilih tanggal untuk melahirkan bayinya. Biasanya ada beberapa ibu yang memilih caesar agar bisa melahirkan bayinya pada tanggal-tanggal tertentu yang dianggap bisa membawa hoki.
Ada beberapa alasan memilih operasi caesar. Di antaranya, kata M Nur Rasyid, bayi besar (tidak sesuai ukuran panggul), letak bayi melintang (sungsang), karena gawat janin. Ciri-cirinya, denyut jantung lemah, kondisi bayi tidak baik karena kelamaan di dalam, air ketuban habis atau trauma karena proses persalinan yang lama, sementara pembukaan tak maju-maju. Terjadi kegawatan pada bayi, misalnya kekurangan oksigen.
Selain itu, sambungnya, fungsi plasenta yang tidak terlalu bagus karena lewat batas waktu atau ada penyakit tertentu, kepala bayi jauh lebih besar dari ukuran normal (hidrosefalus), fetal distres (detak jantung janin melambat), masalah kesehatan ibu yang mengharuskan operasi caesar, herpes genital, ruam kulit yang disebabkan oleh virus yang menyerang alat kelamin, hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi) maupun AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome.
“Ibu yang melahirkan anak pertamanya melalui operasi, persalinan kedua tidak harus operasi. Dengan sayatan sejajar dengan garis perut dan kondisi kehamilan setelahnya baik, persalinan berikutnya tak selalu harus melalui operasi,” bilangnya.
Namun, kata dia, operasi caesar yang dilakukan berisiko terhadap bayi dan ibunya. Risiko terhadap bayi adalah melahirkan prematur dan memiliki sindrom gangguan pernafasan. Gangguan pernafasan ini berhubungan dengan beberapa komplikasi, yang kemungkinan memerlukan perawatan intensif bagi bayi tersebut. Selain itu, berisiko bayi mengalami cedera saat dilakukan pembedahan.

Sedangkan risiko yang mungkin dihadapi oleh sang ibu adalah komplikasi anestesi, biasanya bius lokal yang dilakukan membuat perasaan sedikit tidak nyaman dan pada beberapa kasus menimbulkan reaksi alergi. Infeksi pada organ sekitar rahim atau tulang panggul. Berisiko kehilangan darah lebih banyak dibandingkan dengan cara normal.
Risiko lain adalah penurunan fungsi usus yang kadang jadi melambat selama beberapa hari setelah operasi, kembung dan rasa tidak nyaman. Risiko akibat operasi itu sendiri, membutuhkan waktu yang lebih lama berada di rumah sakit dan masa penyembuhan setelah operasi tersebut serta angka kematian ibu dua sampai empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan ibu yang melahirkan secara normal.
“Operasi caesar sebaiknya dipilih jika memang ada gangguan pada ibu atau bayinya, yang bisa berakibat fatal apabila dilakukan secara normal. Tapi jika semuanya berjalan lancar disarankan untuk melahirkan secara normal,” tuturnya.
Namun, jika operasi caesar tetap dilakukan, ia menyarankan agar sang ibu melakukan persiapan-persiapannya. Perlu persiapan fisik maupun mental. Kemudian, luka bekas operasi jangan sampai kena air, lakukan penggantian perban dengan hati-hati, larutan betadin jangan sampai terlalu banyak ketika mengganti perban tetapi diusahakan kesat sehingga perban tidak menempel ketika harus diganti.

Dengan operasi caesar, sambungnya, maka kehamilan berikutnya akan lebih besar risikonya. Sebab, ada luka bekas operasi yang punya potensi untuk robek ketika melahirkan. Karena itu, agar lebih aman, maka kehamilan berikutnya setidaknya enam bulan setelah operasi caesar dilakukan. Semakin lama kehamilan berikutnya, akan semakin baik bagi ibu.
Tidak ada pantangan dalam makanan. Sehabis dioperasi ibu dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung banyak gizi dan vitamin, khususnya protein, gunanya untuk membangun sel-sel.
Beraktivitas seperti biasa, namun untuk mempercepat proses penyembuhan pasca operasi. Hindari aktivitas dan olahraga yang berat. Jalan sehat tetap bisa dilakukan asal tidak terlalu berat.
Cantik Usai Melahirkan
Perawatan yang tepat, keluhan kelebihan berat badan bisa diatasi. Nilai lebihnya, kulit pun tetap segar dan berseri bila tubuh dirawat baik. Biasanya jamu yang diminum adalah jamu khusus untuk melahirkan selama 40 hari. Kandungan yang digunakan setiap minggu usai melahirkan berbeda-beda. Kegunaan jamu bisa menyembuhkan luka sehabis melahirkan dan menampakkan kembali kecantikan Anda.

Kemudian, jangan terlalu sering makan siang di luar rumah, karena makanan yang tak terkontrol bisa menimbun banyak lemak. Bawalah bekal makanan sendiri dari rumah (apabila Anda sudah masuk kerja). Jangan lupa isi bekal dengan asupan gizi baik. Makanan bergizi akan membuat kulit tampak sehat dan bersih. Perbanyak sayuran dan buah.

Jika selama ini camilan Anda berupa gorengan, kue manis, cake, es krim, ataupun cokelat, beralihlah ke makanan sehat. Pilih buah-buahan segar, jus buah atau sayur, atau yogurt. Sesekali mencoba kue manis boleh-boleh saja, tapi batasi hanya sepotong kecil saja. Perbanyak minum air putih. Fungsi air dalam tubuh adalah untuk membawa nutrisi, membuang racun dalam tubuh, dan menghanyutkan kotoran yang mengendap dalam tubuh. Minumlah air putih sebelum makan siang, sehingga perut akan terasa penuh dan bisa mengurangi nafsu makan. Di samping itu, kulit pun akan terasa lebih lembap, segar, dan bercahaya. Tak lupa untuk berolahraga jika luka operasi sudah sembuh. (net/jpnn)
Bisa Sebabkan Cedera Kantung Kemih
SECTIO caesar adalah pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding rahim. Ada tiga teknik sectio caesar, yaitu transperitonealis, corporal (klasik), dan ekstraperitoneal. Sectio caesar adalah lahirnya janin, plasenta dan selaput ketuban melalui irisan yang dibuat pada dinding perut dan rahim .

Sectio caesar (operasi caesar) berkembang sejak akhir abad ke-19 sampai tiga dekade terakhir pada abad ke-20. Selama periode itu terjadi penurunan angka kematian ibu dari 100 persen menjadi 2 persen. Bedah caesar pertama kali disebut sebagai cara melahirkan bayi dalam dunia kedokteran di tahun 1794. Namun pada saat itu melahirkan dengan bedah caesar memiliki risiko kematian ibu yang besar. Hal tersebut disebabkan tidak tersedianya peralatan, obat bius, antibiotik, maupun teknik pembedahan yang baik. Oleh karena itu, bedah caesar pada masa itu hanya dilakukan jika persalinan normal (vaginal) mengancam keselamatan ibu dan janin. Namun kini bedah caesar bukanlah hal asing bagi ibu hamil bahkan ada yang mulai memandang bedah caesar sebagai alternatif persalinan yang mudah dan aman, khususnya bagi mereka yang tinggal di kota besar dan berasal dari golongan menengah ke atas.

Kemajuan di bidang teknologi kedokteran khususnya dalam metode persalinan ini jelas membawa manfaat besar bagi keselamatan ibu dan bayi. Ditemukannya bedah caesar memang dapat mempermudah proses persalinan sehingga banyak ibu hamil yang lebih senang memilih jalan ini walaupun sebenarnya mereka bisa melahirkan secara normal.

Namun faktanya menurut penelitian, angka kematian pada operasi caesar adalah 40-80 tiap 100.000 kelahiran hidup. Angka ini menunjukkan risiko 25 kali lebih besar dibanding persalinan pervaginam. Bahkan untuk kasus karena infeksi mempunyai angka 80 kali lebih tinggi dibandingkan dengan persalinan pervaginam.

Pada tahun 1985 WHO mengusulkan bahwa angka persalinan caesar secara nasional tidak melebihi angka 10 persen dari seluruh persalinan. Namun laporan dari beberapa negara justru melebihi angka tersebut. Sebagai contoh angka nasional Amerika Serikat pada tahun 1986 adalah 24,1 persen, di Amerika Latin seperti Puerto Rico sebesar 28,7 persen, di Benua Asia seperti di Nanjing (daratan Cina) mencapai 26,6 persen. Sementara pada tahun-tahun belakangan ini jumlah persalinan dengan bedah caesar di negara-negara Eropa seperti Inggris mencapai 50 persen dari seluruh kelahiran, dan di Benua Asia sendiri contohnya wilayah Karatanaka Utara India pada tahun 1999 telah meningkat sebesar 30 persen dari seluruh persalinan.

Makin dikenalnya bedah caesar dan bergesernya pandangan masyarakat akan metode tersebut, diikuti dengan semakin meningkatnya angka persalinan dengan sectio caesar. Di Indonesia sendiri, secara umum jumlah persalinan caesar di rumah sakit Pemerintah adalah sekitar 20-25 persen dari total persalinan, sedangkan di rumah sakit swasta jumlahnya sangat tinggi yaitu sekitar 30-80 persen dari total persalinan. Beberapa kerugian dari persalinan yang dijalani melalui bedah caesar, yaitu adanya komplikasi lain yang dapat terjadi saat tindakan bedah caesar dengan frekuensi di atas 11 persen. Antara lain cedera kandung kemih, cedera rahim, cedera pada pembuluh darah, cedera pada usus, dan infeksi yaitu infeksi pada rahim/endometritis, alat-alat berkemih, usus, serta infeksi akibat luka operasi.

Pada operasi caesar yang direncanakan angka komplikasinya kurang lebih 4,2 persen. Sedangkan untuk operasi caesar darurat (sectio caesar emergency) berangka kurang lebih 19 persen. Setiap tindakan operasi caesar memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda. Pada operasi kasus persalinan macet dengan kedudukan kepala janin pada akhir jalan lahir misalnya, sering terjadi cedera pada rahim bagian bawah atau cedera pada kandung kemih (robek).

Sedangkan pada kasus bekas operasi sebelumnya dimana dapat ditemukan perlekatan organ dalam panggul sering menyulitkan saat mengeluarkan bayi dan dapat pula menyebabkan cedera pada kandung kemih dan usus. Selain berbahaya bagi ibu persalinan dengan sectio caesar ternyata juga berpengaruh terhadap perkembangan imunitas atau daya tahan tubuh bayi yang dilahirkan. Hal ini didasarkan pada penelitian di luar negeri yang menunjukkan bahwa bayi lahir melalui proses caesar memiliki risiko lebih tinggi mengidap penyakit seperti diare, asma, dan alergi.
Hal ini terjadi karena bayi melalui bedah caesar membutuhkan waktu lebih lama, yakni sekitar enam bulan, untuk mencapai mikrobiota usus yang serupa dengan bayi lahir normal.
Alasan-alasan yang menyebabkan semakin meningkatnya persentase persalinan dengan sectio caesar saat ini cukup kompleks. Di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, bahwa keputusan ibu hamil untuk melahirkan dengan sectio caesar walau tidak memiliki indikasi medis paling banyak disebabkan oleh adanya ketakutan menghadapi persalinan normal atau yang lebih dikenal sebagai rasa takut akan kelahiran.

Selain itu faktor lain yang juga diduga berpengaruh yakni pelayanan kesehatan khususnya mengenai pelayanan antenatal terutama dari segi kuantitas dan kualitasnya.
Selain faktor medis terdapat pula faktor-faktor lain yang secara langsung dapat mengindikasikan dilakukannya bedah caesar yaitu akses terhadap pelayanan kesehatan, perilaku pelayanan kesehatan, dan faktor-faktor yang tidak diketahui atau tidak diperkirakan.
Mengingat bahaya yang ditimbulkan, maka menghindari persalinan melalui sectio caesar adalah penting, untuk itu perlu diperhatikan secara seksama faktor-faktor risiko yang kiranya semakin meningkatkan kejadian sectio caesar tersebut, sehingga dengan diketahuinya faktor-faktor tersebut diharapkan ibu yang sedang hamil dan terutama memiliki risiko untuk menjalani persalinan melalui bedah caesar dapat lebih menjaga dan memelihara kesehatan diri dan kandungannya utamanya melalui pelayanan kesehatan yang optimal. (net/jpnn)
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT JANTUNG KORONER

Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah keadaaan dimana terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan otot jantung atas oksigen dengan penyediaan yang di berikan oleh pembuluh darah koroner.
Ketidakmampuan pembuluh darah koroner untuk menyediakan kebutuhan oksigen biasanya diakibatkan oleh penyumbatan athroma

Apa akibat adanya Athroma ?
Jantung berfungsi memompa darah yang kaya oksigen paru keseluruh tubuh. Bila otot jantung kekurangan oksigen maka kemampuannya akan berkurang, sehingga tidak mampu memberi oksigen organ-organ tubuh sesuai kebutuhannya (payah jantung).

Apakah akibatnya bila pembuluh darah koroner tersumbat?
Bila pembuluh darah koroner tersumbat mendadak dan tidak dapat segera diganti fungsinya oleh pembuluh darah koroner yang lain maka otot jantung yang seharusnya dilayani akan mati. Gejalanya sangat bergantung berapa persen penyumbatan terjadi dan berapa banyak pembuluh darah yang terkena.

GEJALA :
  • Nyeri dada (Angina pectoris)
  • Nyeri dada yang tidak stabil (Unstable Angina pectoris)
  • Matinya sebagian otot jantung (Infark Myocard)
  • Mati Mendadak

PENYEBAB JANTUNG KORONER
Biasa disebut faktor resiko yaitu :

Penyebab utama (Mayor) :

Penyebab tambahan (Minor)
  • Obesitas (kegemukan)
  • Kurang olah raga/ fisik (Sedentary)
  • Stress
  • Umur, semakin tua resiko meningkat
  • Pemakaian obat-obatan tertentu (steroid)

Apa yang harus dilakukan bila terkena penyakit jantung koroner ?

  • Hindari faktor resiko yang bisa dihindari
  • Bila sudah terkena, harus disiplin berobat.


Dengan memahami bahwa penyakit kardiovaskuler (pembuluh darah jantung) merupakan proses pengobatan seumur hidup, maka diperlukan beberapa komponen terapi seperti pendidikan kesehatan, bimbingan tentang pola makan dan metabolisme tubuh, serta bimbingan psikologis untuk membantu penyembuhan pasien.

Sumber: Brosur Jantung Koroner, RS. Husada Utama, Surabaya
READ MORE - Selengkapnya

Jangan Makan Ikan Asin Berbahan Pengawet

Bagi orang dewasa, menikmati sajian nasi putih ditambah sambal terasi dan lalapan segar terasa kurang lengkap tanpa ikan asin. Ikan asin memang menambah selera makan. Ikan tidak hanya disukai orang dewasa dan orangtua saja, tapi juga anak-anak karena rasanya yang gurih.

Namun, mengkonsumsi ikan asin yang memiliki bahan pengawet atau mengandung Nitrosamines (zat penyebab kanker, Red), memicu kanker nasofaring. Masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi ikan asin di usia kanak-kanak terbukti beresiko lebih tinggi terkena penyakit kanker Nasofaring dibandingkan yang tidak mengkonsumsi. Nitrosamines bisa terbentuk sebagai akibat proses pengasinan (salting) ikan yang memakai garam bermutu rendah dan berharga murah.

Kangker satu ini ditandai dengan gejala telinga yang seringnya telinga berdengung dan terasa penuh pada satu sisi tanpa disertai rasa sakit, sehingga pendengaran jadi berkurang. Kangker satu ini diklaim sebagai kanker terganas nomor empat setelah kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker kulit.

Dr Budianto Komari, Sp THT, spesialis onkologi THT (telinga-hidung-tenggorok), mengatakan, konsumsi ikan asin secara terus-menerus dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu lama, bisa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kanker nasofaring. Kanker nasofaring merupakan kanker yang berasal dari sel epitel nasofaring yang berada di rongga belakang hidung dan di belakang langit-langit rongga mulut. “Karena letaknya yang berdekatan, membuat penyebaran virusnya menjadi mudah terjadi. Misalnya, virus ini dapat menyebar pada bagian mata, telinga, kelenjar leher, dan otak,” kata Budianto.

Menurut Budianto, penderita harus mengenali gejala dini dari penyakit tersebut. Sebab, lanjut dia, dengan mengetahui gejala dini dari kanker nasofaring, kemungkinan besar seseorang untuk sembuh akan terbuka lebar dibandingkan dengan penderita yang sudah memasuki gejala lanjut. Pada gejala dini kanker nasofaring bisa berupa mimisan pada hidung yang terus berulang, ingus bercampur darah, hidung tersumbat terus-menerus, dan pilek pada satu sisi saja. “Deteksi dini dapat dilakukan dengan cara memeriksakan diri ke dokter bila mengalami keluhan pada telinga dan hidung. Penderita harus sering-sering memeriksakan THT-nya,” ujar Budianto.

Untuk gejala lanjut, dapat diketahui dari kelenjar getah bening leher yang membesar, nyeri dan sakit kepala, pada mata terjadi penglihatan ganda, juling dan kelopak mata menutup pada sisi yang terkena virus tersebut. Secara umum, gejala dari kanker nasofaring ini ada empat, yakni gejala dapat dirasakan pada bagian hidung, telinga, mata, dan saraf, terakhir adalah pada bagian penyebaran di leher.

Kanker nasofaring sendiri hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Namun, penyembuhan atau pengobatan kanker nasofaring dapat dilakukan dengan menjalani radioterapi dan kemoterapi.
Dalam menjalani pengobatan, penderita bisa membutuhkan waktu kurang lebih lima tahun. Penyakit kanker mematikan yang berada di belakang tenggorokan dan seringkali terlambat didiagnostik sehingga sulit untuk disembuhkan melalui metode penyinaran dan kemoterapi itu lebih banyak dijumpai pada warga berusia 40-50 tahun.

“Pencegahan dapat dilakukan dengan cara menciptakan pola hidup dan lingkungan yang sehat, mengurangi konsumsi makan yang memakai pengawet, dan menghindari polusi udara,” sarannya.
Menyoal makan ikan asin, seorang ibu rumah tangga mengaku sangat khawatir terhadap anaknya, yang terbiasa mengonsumsi ikan asin. Ini karena anaknya sangat menyukai ikan asin. “Anak saya lebih suka ikan asin dari pada ikan lain atau ayam. Kalau sudah makan ikan asin goreng, makannya pasti banyak,” katanya
Diakui Mita, ia sering memasak ikan asin untuk keluarganya, khususnya untuk anaknya Dino. Sebab, Dino tidak akan mau makan bila tidak ada ikan asin goreng yang garing. Secara pribadi, Mita sendiri tidak pernah tahu mengenai bahayanya ikan asin tersebut.

“Tapi repot juga kalau sudah begini. Karena tak mudah untuk mengubah kebiasaan makan anak saya,” pungkasnya. (del)
———-
READ MORE - Selengkapnya

Keju Ampuh Langsingkan Badan

KEJU telah lama dianggap sebagai mimpi buruk karena memicu obesitas. Apakah itu fakta? Peneliti dari Curtin University of Technology di Perth, Australia menyatakan diet kaya keju dan produk-produk susu lainnya justru bisa membantu mendapatkan tubuh langsing impian Anda.

Menurut peneliti, mereka yang menambah asupan produk susu harian dari 3 menjadi 5 takar, paling banyak menurunkan berat badan. Selain itu, mereka juga memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan lemak perut yang paling sedikit. "Terbukti secara signifikan juga mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes," tutur peneliti, seperti dikutip situs dailymail.

Karena itu, terang peneliti, meskipun produk ini dicap berlemak, tetap saja makanan ini sangat berperan dalam menurunkan berat badan. Bagaimana proses dibaliknya? Keju dan produk susu lainnnya kaya akan protein. Sehingga membuat Anda lebih cepat kenyang sekaligus mempercepat metabolisme.

Apakah bebas dikonsumsi? Para pelaku diet, terang Laura Wyness dari the British Nutrition Foundation, harus tetap memperhatikan asupan lemak dan kalori mereka. Meskipun produk susu merupakan sumber kalsium, vitamin dan protein yang baik, terang dia, tidak berarti aman dikonsumsi sebanyak-banyaknya. Keju, terang dia, seringkali memiliki kandungan garam yang tinggi."Anda sebaiknya melihat label sebelum membeli.
READ MORE - Selengkapnya

MENCEGAH BAU BADAN DENGAN SAYUR HIJAU

Penyakit kanker selama ini menjadi momok bagi masyarakat dan menjadi salah satu penyebab tertinggi kematian di Indonesia. Penyebabnya rata-ratya dipicu pola makan yang tidak seimbang ataupun pencemaran makanan.


Menurut Dr Ir Francisca Zakaria, MSc, peneliti dan pengajar di Fakulas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB), kanker sebenarnya bisa dicegah, dan hal ini dilakukan dengan memperbaiki konsumsi makanan.

“Di antaranya adalah sayur dan buah yang berwana hijau seperti brokoli, paria dan cincau hijau yang mengandung khlorofil. Selain itu, juga wortel, tomat jeruk dan makanan lain yang berwarna oranye yang kaya akan karoten juga sangat membantu pencegahan kanker,” katanya. Menurutnya, kanker merupakan penyakit tidak menular yang berawal dari perubahan materi genetika, atau DNA, yang ada pada sel normal dan menghasilkan sel yag tidak sama lagi dengan induknya. “Inilah yang disebut mutasi gen dan 15 persen diantaranya terjadi karena keturunan, sedangkan sisanya disebabkan faktor luar tubuh seperti virus, infeksi berkelanjutan, polusi udara, radiasi, dan bahan kimia asing pada makanan,” katanya.

Ia mengatakan, sel yang gennya telah termutasi ini, bila sempat hidup terus maka akan menjadi cikal bakal dari tumor atau kanker, karena bila ia sempat meneruskan hidupnya dan membelah diri untuk tumbuh maka akan menjadi jaringan tumor. “Ini tentunya sangat berbahaya karena dapat menggerogoti tubuh dan menyedot zat-zat gizi sebanyak mungkin dan membuat pembuluh darah sendiri,” katanya.

Dengan melihat data bahwa 85 persen kanker disebabkan oleh faktor luar, kata dia, maka kanker sebenarnya bisa dicegah. Hal itu dapat dilakukan dengan memperbaiki konsumsi makanan sehingga diperoleh semua 44 jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh secara cukup dan tersedia setiap saat. Pada dasarnya tubuh manusia mempunyai sistem imun yang ajaib yang dapat memberantas segala macam mikroorganisme termasuk virus dan juga membunuh sel kanker.

Oleh karena itu, kata dia, sistem imun ini membutuhkan zat gizi yang cukup sehingga dapat menjadi natural killer (pembunuh alami) pada sel yang termutasi dan terinfeksi virus. Salah satu yang dapat merangsang keaktifan sistem imun ini di antaranya adalah jahe dan beberapa jenis jamur. Cara lainnya adalah mencegah masuknya senyawa-senyawa karsinogenik dengan menghindari makanan yang mengandung residu pestisida, logam-logam berat, bahan-bahan kimia yang ada di makanan seperti ikan asin, obat-obatan yang berlebihan, debu, senyawa buangan dari industri dan kendaran, serta asap rokok.

Selain itu, juga dengan memperbaiki sistem detoksifikasi tubuh dan juga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti karotenoid, vitamin A, C, E, senyawa flavonoid, isoflavon, terpenoid, isotionoid, khlorofil, dan fenol sederhana yang dapat menjadi tameng pencegahan.
Menurut dia, makanan-makanan yang mengandung zat-zat tersebut ternyata tidaklah sulit untuk menemukan dan mengkonsumsinya karena banyak bahan-bahan makanan tersebut yang biasa ditemui sehari-hari. Yakni, sayur dan buah yang berwana hijau serta oranye tersebut. Ia menyarankan agar konsumsi sayur dan buah-buahan sedikitnya mencapai 400-800 gram perhari untuk mendapatkan zat antioksidannya. Untuk zat gizi dan protein sebaiknya diperoleh melalui ikan, daging putih, telur, susu, telur dan kacang-kacangan. Sedangkan untuk karbohidrat, konsumsi yang dinjurkan adala beras jagung, terigu dari gandum utuh, singkong, ubi jalar, talas, ataupun pisang.

Khusus untuk konsumsi lemak, ia mengingatkan agar menggunakan lemak nabati yang kaya akan linoleat, dan asam oleat yang banyak terdapat di jagung, kedele, serta alpukat. (net/jpnn)
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT CACAR AIR BISA MEMATIKAN

Istilah kedokteran penyakit cacar air adalah varisela. Sementara itu, cacar monyet atau cacar api adalah penyakit kulit lain yang disebut impetigo. Impetigo terdiri atas dua jenis, yakni impetigo krustosa (pada beberapa daerah) yang biasa disebut cacar madu, dan impetigo krustosa atau cacar api (cacar monyet).

Meskipun sama-sama disebut cacar, kedua penyakit ini (cacar madu dan cacar api) tidak sama dengan cacar air. Cacar air disebabkan virus, sedangkan cacar api adalah bakteri Staphylococcus. Virus dan bakteri adalah dua jenis sumber penyakit yang berbeda. Karena itu, penanganan yang diperlukan berbeda pula.

Cacar madu merupakan kelainan yang terjadi di sekitar lubang hidung dan mulut. Cirinya adalah kemerahan di kulit dan lepuh yang cepat pecah, sehingga meninggalkan keropeng (kulit mati) yang tebal dan berwarna kuning, seperti madu. Bila keropeng dilepaskan, terlihat luka lecet di bawahnya.

Bandingkan dengan cacar api yang sering muncul di ketiak, dada, dan punggung. Cirinya adalah muncul warna kemerahan di kulit dan gelembung-gelembung (mirip kulit yang tersulut bara api rokok). Kemiripan inilah yang mungkin membuatnya disebut cacar api. Gelembung di kulit ini berisi nanah yang mudah pecah. Cacar api sangat mudah menular dan berpindah dari satu bagian kulit ke bagian lain. Jika terjadi pada bayi baru lahir, infeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Penyakit ini dapat disertai demam dan menimbulkan infeksi serius.
Karena penyebabnya berbeda, pengobatan kedua jenis cacar tersebut di atas juga berbeda. Meski demikian, ada pula kesamaan di antara keduanya, yakni menimbulkan bekas kalau sampai pecah. Jenis cacar air lebih berat bekasnya. Nah, bila telah ditemukan penyebabnya, terapinya bisa relatif mudah. Mengingat cacar api penyebabnya adalah bakteri, tinggal diberi antibiotik yang paten. Mudah-mudahan segera sembuh. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga self hygiene atau kebersihan diri yang baik, agar tidak terjangkit penyakit ini.
Beda cacar air, beda pula cacar tanpa air, cacar yang tidak ada air ini bahasa medisnya adalah smallpox atau variola. Beberapa abad lalu virus yang diperkirakan berasal dari India atau Mesir mewabah dan membunuh banyak orang. Karena banyak bayi yang meninggal akibat serangan virus ini, tumbuh tradisi yang pantang memberi nama bayi yang baru lahir. Jika si bayi dapat bertahan dari variola, barulah ia akan diberi nama. Smallpox ini tidak pandang bulu, menjangkiti kalangan mana pun. Tercatat penyakit ini telah membunuh Ratu Mary II dari Inggris, Raja Luis I dari Spanyol, Kaisar Joseph I dari Austria, Ratu Ulrika Elenora dari Swedia, Raja Louis XV dari Prancis, dan Tsar Peter II dari Rusia. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa keganasan virus variola melebihi gabungan berbagai penyakit infeksi lainnya. Virus ini sangat mudah menyebar dari orang ke orang. Gejala terjangkitnya smallpox mirip gejala flu, termasuk demam tinggi, keletihan, sakit kepala, dan sakit punggung, diikuti munculnya ruam di kulit.
Tidak ada pengobatan spesifik untuk penyakit ini, dan hanya imunisasi di seluruh dunia yang mampu menghentikan penyebaran smallpox, yang dilakukan pada tiga dekade lalu. Mungkin karena dinilai telah berhasil membungkam cacar ganas ini, pada tahun 1972 pemerintah Amerika Serikat menghentikan vaksinasi rutin.
Ada lagi cacar jenis lainnya dengan sebutan dampa, dompo, atau cacar ular biasa menyerang orang dewasa/lanjut usia, merupakan sekuel dari penyakit varisela. Bila keadaan penderita lemah, kelelahan, atau pada penderita AIDS, si virus yang tadinya diam saja muncul dan menimbulkan herpes zooster. Sangat jarang zooster muncul tanpa didahului varisela.
Gejala herpes zoster, berupa gelembung berkelompok, hanya pada suatu segmen tubuh atau sebelah badan. Rasanya sakit, perih, panas. Pada cacar air, pasien hanya merasa gatal. Virus hidup dalam jaringan saraf belakang. Lokasi kelainan pada kulit sesuai dengan daerah persarafan jaringan tersebut.

Gejala herpes zooster dimulai dengan sakit parah pada bagian dada, punggung, atau di mata dan dahi. Kerap terjadi hanya pada satu sisi tubuh. Sehari atau dua hari kemudian, herpes muncul pada daerah kulit yang dihubungkan dengan radang saraf. Gejala umumnya adalah panas, pusing, dan tidak ada nafsu makan. Sering juga terasa nyeri di otot dan tulang, kemudian timbul ruam di kulit berwarna kemerahan. Dalam waktu singkat berubah bentol-bentol yang berisi cairan jernih (vesikel). Vesikel ini biasanya berkelompok, berbeda tingkat kematangan isi cairannya. Ada yang jernih, keruh, berisi nanah, bahkan ada yang berisi seperti darah.
Patut diwaspadai nyeri yang timbul sesudah serangan herpes. Biasanya berlangsung selama beberapa bulan, kadang sampai beberapa tahun. Semakin tua usia penderita herpes zooster, makin tinggi pula risiko terkena serangan nyeri. Berbahaya kalau herpes zooster muncul di wajah dan gelembungnya kena mata. Karena itu, herpes perlu penanganan harus tuntas. Tidak benar kalau merasa sudah sembuh lalu menghentikan obat. Obat antibiotika tidak dianjurkan. Salah satu obat adalah golongan asiklovir, dengan dosis 5 kali 800 mg selama 7-10 hari. Tak sedikit orangtua yang ragu terhadap vaksinasi cacar karena anak yang sudah diimunisasi tetap berisiko terkena cacar air. Sementara bila anak pernah terkena cacar, di tubuhnya akan terbangun antibodi terhadap virus tersebut. Jadi, lebih baik mendapat kekebalan dari vaksinasi atau dari infeksi virus varicella itu sendiri.
Vaksinasi memberikan perlindungan penuh terhadap cacar air pada 8-9 dari 10 orang. Pada orang yang tetap mengalami cacar air setelah vaksinasi, cacar air yang dialami sangat ringan, dengan jumlah ruam di bawah 50, demam ringan atau tanpa demam. Sakit cacar juga hanya berlangsung beberapa hari. Bandingkan dengan 500 ruam (lepuh) yang bisa dialami pasien cacar karena belum divaksinasi.
Vaksinasi sebaiknya diberikan kepada anak usia 12-18 bulan yang belum terkena cacar air mendapatkan satu dosis vaksinasi. Anak usia 19 bulan hingga 13 tahun yang belum terinfeksi cacar air mendapatkan satu dosis vaksinasi. Wanita usia produktif yang belum pernah terkena cacar air dan tidak sedang hamil. Orang dewasa dan remaja yang belum terkena cacar air dan tinggal dengan anak-anak. (net/jpnn)
READ MORE - Selengkapnya

Screening Salah Satu Harapan Hamil Perempuan Akhir 30

TEROBOSAN comparative genomic hybridization menjadi harapan baru bagi ribuan perempuan atau pasangan yang mendambakan buah hati bahkan pada pasien yang berusia di akhir 30-an.

Hal ini ditemukan oleh peneliti dari Oxford University, Inggris. Mereka mengembangkan teknik screening embrio yang terbukti efektif meningkatkan keberhasilan In vitro fertilisation/IVF (proses pembuahan sel telur oleh sperma yang dilakukan di luar rahim). Teknik yang dikenal dengan comparative genomic hybridization ini, menurut peneliti Dr Dagan Wells, terbukti bisa menggandakan angka pembuahan.

Dalam studi ini, embrio sukses diimplankan pada lebih dari 2/3 kasus dan lebih dari 80% mereka yang mengalami pembuahan memiliki bayi yang lahir dengan selamat. Hasil ini, terang Wells, membuat proses IVF 3 kali lebih efektif dibandingkan proses IVF normal yang biasa dilakukan (biasanya hanya 1/4 atau 1/3 kehamilan yang melahirkan bayi selamat). Sejauh ini, terang Wells lagi, lebih dari 20 bayi telah dilahirkan dengan menggunakan program screening ini.

Bagaimana prosesnya? Menurut Wells, teknik ini berperan memeriksa ketidaknormalan kromosom, sehingga mencegah kegagalan kelahiran baik akibat embrio yang tidak diimplan dengan benar atau karena keguguran janin."Teknik ini memungkinkan dokter mengangkat sel-sel dari embrio saat embrio telah berusia beberapa hari," tutur Wells, seperti dikutip situs dailymail. Sel-sel ini selanjutnya dianalisis untuk melihat apakah mereka normal secara genetik. Embrio-embrio terbaik kemudian dipilih untuk diimplankan ke dalam rahim ibu.

Detail studi

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan 115 pasien dari Colorado Centre for Reproductive Medicine di Amerika Serikat. Embrio-embrio mereka tetap berada di laboratorium di AS tetapi sel-sel yang hendak dicoba dibawa ke Oxford untuk dianalisis.

Cara ini, terang Wells, menawarkan harapan khususnya bagi perempuan yang lebih tua. Perempuan ini berisiko lebih besar memproduksi telur-telur dengan cacat genetik sehingga bisa menghambat implantasi atau menjadi penyebab keguguran. Selain untuk perempuan berusia lebih tua, teknik ini juga bermanfaat bagi perempuan semua usia karena menghindari kondisi genetik seperti Down syndrome.

"Anda tentunya bisa membayangkan tekanan yang dirasakan pasien IVF yang telah berjuang selama bertahun-tahun namun kemudian harus menemukan kalau mereka mengandung anak yang menderita Down syndrome."

Dalam pecobaan yang dilakukan Wells, 66% dari partisipan hamil setelah screening. Jumlah ini lebih dua kali lipat dari biasanya (28%). Hasil ini juga dinyatakan sangat mengagumkan mengingat banyak dari partisipan berada pada kesempatan terakhir mereka melakukan IVF, umumnya mereka berusia 39 dengan 2 kali gagal dalam proses IVF sebelumnya.

Hasil ini, menurut Stuart Lavery, seorang konsultan ginekologi di bidang IVF dari Hammersmith Hospital, sangat mengagumkan dibandingkan pendekatan konvensional sebelumnya
READ MORE - Selengkapnya

APA MAKANAN SEHAT UNTUK KESEHATAN TUBUH

Oleh : Haryo Bagus Handoko, SP (Sarjana Pertanian Agribisnis)

Sebagai manusia pastilah kita pernah mengalami kondisi kesehatan yang tidak begitu baik, dan kita pasti akan merasa kurang nyaman saat harus terpaksa minum obat dari dokter. Kita tentu tidak merasa nyaman saat harus meminum obat resep dokter demi kesembuhan kita, namun tentu kita tidak akan menolak saat obat penyembuh itu bukan berupa pil, namun berupa makanan berkhasiat yang bisa menyembuhkan dan memulihkan kesehatan tubuh kita.

Apa yang dimaksud dengan Nutriceuticals ?
Pengobatan dengan cara mengkonsumsi suatu resep masakan atau minuman tertentu selanjutnya dalam dunia kedokteran disebut sebagai nutriceuticals. Salah satu ahli dalam bidang ini di Indonesia adalah Dokter Hembing yang terkenal bisa meramu berbagai bahan tanaman dan bahan makanan dalam suatu resep masakan dan minuman sehat yang bercita rasa enak namun terbukti bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan, stamina, imunitas dan kebugaran tubuh.

Banyak bahan makanan di sekitar kita yang dapat menjadi “obat” penyembuh dan pemulih stamina tubuh kita. Misalnya saja, sup ayam. Sup ayam telah dikenal sebagai pemulih kekuatan dan stamina serta penyembuh bila kondisi tubuh kita begitu lemah atau dalam keadaan sakit. Dalam resep kuno bangsa Cina, sup ayam dikenal sebagai “obat mujarab” bagi pemulihan kondisi dan stamina wanita yang baru saja melahirkan dan berada dalam kondisi lemah, bahkan dalam beberapa kasus operasi, sup ayam yang dicampurkan dengan air rebusan tanduk kijang, kemudian dikonsumsi (dimakan) secara teratur oleh orang yang sakit atau si pasien, dipercaya bisa memulihkan stamina dan mempercepat pemulihan luka operasi.

Dalam kebudayaan yang lain, seperti kebudayaan Yahudi kuno, sup ayam dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus, misalnya saja penyakit flu. Bahkan beberapa orang ahli dari Amerika, biasa menyebut sup ayam sebagai antihistamine alami dan beberapa orang ahli yang lain bahkan menyebut bahwa sup ayam mempunyai fungsi yang sama dengan zat antibiotika penicillin. Selain meningkatkan kekebalan dan imunitas tubuh, sup ayam juga dipercaya bisa “membunuh” penyakit yang menyerang kekebalan tubuh kita.

Dalam pengobatan modern, sup ayam bisa juga terbukti secara ampuh menyembuhkan atau mengurangi rasa sakit akibat penyakit rematik atau pun cedera otot atau persendian (rheumatoid arthritis). Dalam sebuah penelitian di Amerika, seorang dokter bernama David E. Trentham dan tim risetnya dari Harvard Medical School mengadakan percobaan terhadap 30 orang pasien penderita penyakit radang persendian (arthritis) atau pun rematik dengan memberikan mereka makanan berupa sup ayam setiap hari. Setelah 3 bulan lamanya para pasien secara teratur mengkonsumsi sup ayam, 25-30% dari pasien penderita tersebut merasakan berkurangnya rasa sakit pada persendian mereka.

Berikut ini disajikan beberapa deret daftar bahan makanan sehat yang “dipercaya” bisa memulihkan stamina tubuh dengan cepat dan juga menyembuhkan tubuh dari serangan penyakit, yaitu : bawang putih, kacang kedele, ubi/ketela merah, buah kiwi, pisang, kacang hijau, dan aneka kacang-kacangan lain, brokoli, ikan tuna segar yang dikukus dan aneka ikan laut lainnya, daging ayam, daging kalkun bebas lemak (sudah dikuliti), gandum (oat meal), kentang panggang atau dikukus, paprika hijau dan merah, wortel, pepaya, nasi, ketan hitam, bayam, turnip, bawang bombay, yoghurt (tidak berlemak), aprikot, jeruk, tomat, daging kambing, pasta (misalnya spageti, atau aneka jenis pasta yang lain).

Dengan mengetahui bahan makanan apa saja yang dipercaya dapat menyembuhkan dan memulihkan stamina tubuh kita, maka kita bisa meracik sendiri bahan-bahan makanan tersebut menjadi suatu resep makanan yang juga berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Tidak hanya makanan saja yang bisa membantu kita memperoleh tubuh yang sehat, bugar dan stamina tubuh yang prima. Minuman yang tepat juga terbukti bisa membantu kita memperoleh kesehatan dan kebugaran. Sejumlah penelitian menunjukkan hasil bahwa minuman teh yang biasa kita minum terbukti dapat mengurangi resiko tubuh kita terkena penyakit kanker, serangan jantung, penyakit stroke maupun membantu kita menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Rahasia keampuhan khasiat dari minuman teh ternyata terkandung dalam daun teh yang mengandung zat yang bernama flavonoid, sebuah zat antioksidan yang dapat menghindarkan tubuh kita dari kerusakan sel akibat adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh (baik lewat pernapasan, makanan, atau minuman yang terkontaminasi oleh zat-zat polutan, zat beracun yang tidak sengaja bisa masuk ke dalam tubuh kita).

Sangat disarankan memilih varietas daun teh seperti misalnya teh hitam, teh hijau, atau pun teh bunga chrysanthemum dan varietas teh sejenis. Minuman teh yang dikemas dalam bentuk botolan, es teh atau minuman teh kemasan yang siap minum biasanya mengandung lebih sedikit flavonoid, sementara minuman teh herbal tidak mengandung flavonoid. Jadi kita harus pintar-pintar memilih jenis teh yang akan kita konsumsi, bila kita khusus tertarik pada khasiat flavonoidnya.

Saat kita membuat atau menyeduh teh, sebaiknya biarkan dulu selama lima menit, barulah kita bisa meminumnya. Hal ini untuk memberikan waktu agar air panas yang kita seduhkan pada daun-daun teh benar-benar bisa melarutkan flavonoid sehingga benar-benar terlarut dalam air teh yang nantinya akan kita minum.

Menurut hasil penelitian di Inggris, disarankan agar kita paling tidak meminum sekurang-kurangnya 8 cangkir teh (1.89 liter teh) per hari sehingga antioksidan dalam minuman teh (flavonoid) yang masuk ke dalam tubuh kita sama kadarnya dengan 6 buah apel yang idealnya kita makan dalam sehari. Namun bila kita termasuk orang yang sensitif terhadap zat seperti kafein yang terkandung juga dalam minuman teh, maka sebaiknya kita bisa mengurangi sendiri jumlah konsumsi minuman teh yang kita minum dalam sehari.

Untuk manfaat serta khasiat yang lebih kompleks, kita bisa mencampurkan minuman teh yang kita minum dengan madu untuk menambah kadar zat antioksidan yang masuk ke dalam tubuh kita, perasan air jeruk nipis (yang berfungsi untuk memacu pelepasan flavonoid dalam daun teh agar semakin banyak yang terlarut dalam air teh seduhan yang nantinya akan kita minum), atau pun kita bisa juga mencampurkan sedikit susu ke dalam minuman teh kita untuk menambahkan kalsium yang terkandung di dalamnya, sehingga minuman yang kita minum benar-benar mengandung berbagai zat penting yang berguna untuk peningkatan daya tahan dan stamina tubuh kita.

Apa yang dimaksud dengan Phytochemicals ?
Phytochemicals adalah sebutan terhadap tumbuhan, sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang mengandung zat kimia alami yang dapat berfungsi sebagai bahan untuk pengobatan. Di Indonesia, istilah ini juga dikenal sebagai tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Bila bahan makanan ini dikonsumsi secara teratur maka akan bisa meningkatkan stamina, imunitas, kekebalan tubuh, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit dan juga bisa memulihkan kondisi tubuh kita agar sehat dan bugar kembali saat kita sedang sakit dan berada dalam kondisi dan stamina tubuh yang lemah.

Chris Beecher, PhD, seorang peneliti dalam bidang kimia obat-obatan di Universitas Illinois Chicago, Amerika Serikat, telah membuat katalog mengenai 900 macam tumbuhan, sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan yang dapat digolongkan sebagai Phytochemicals (Tanaman Obat). Diantaranya adalah sterol yang bisa dijumpai dalam mentimun. Sterol dipercaya bisa meluruhkan atau menghilangkan kolesterol dari dalam tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi mentimun secara teratur, kolesterol dalam tubuh kita bisa kita kurangi. Bahkan mentimun cukup cocok dikonsumsi oleh para pasien tekanan darah tinggi, karena mentimun bisa menurunkan tekanan darah. Zat kimia alami lain yang bisa dijumpai dalam tumbuhan misalnya, polyacetylene, yang terkandung dalam tanaman parsley, yang bila dikonsumsi secara teratur bisa menghindarkan kita dari resiko terkena penyakit kanker, karena polyacetylene yang terkandung dalam tanaman parsley, berfungsi sebagai buffer (penyeimbang) terhadap zat asing dan bahan asing (misalnya zat karsinogenik) yang masuk ke dalam tubuh kita yang bisa berpotensi menyebabkan kanker. Zat alami lain seperti quinone yang bisa dijumpai dalam tanaman rosemary, berfungsi untuk menstimulasi tubuh kita agar memproduksi lebih banyak enzim penolak racun (detoxifying enzymes), dan zat-zat kimia seperti indole (yang bisa dijumpai dalam cabe atau lombok) yang terbukti bisa memerangi gejala kanker dengan cara mendeaktivasi hormon estrogen. Jadi bila kita yang terbiasa memakan lalapan mentimun dan sambal saat makan siang, secara teratur, berarti kita sudah menghindarkan tubuh kita dari resiko terserang penyakit kanker. Juga sangat disarankan agar mengurangi konsumsi bahan makanan daging yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, karena bila kita terlalu sering memakan daging panggang (terutama yang dipanggang atau dibakar hingga agak gosong), resiko tubuh terkena penyakit kanker juga semakin besar karena dalam daging bakar yang agak gosong (terlalu matang) berpotensi mengandung zat karsinogenik yang memicu pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh kita. Jadi biasakanlah makan lebih banyak sayur dan buah-buahan bila ingin tubuh kita senantiasa sehat dan bugar.

Sebenarnya masih ada ratusan jenis bahan makanan (sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan) yang termasuk dalam kategori phytochemicals. Phytochemicals atau tanaman obat bisa melindungi tubuh kita dari kerentanan akan serangan penyakit melalui berbagai cara, mulai dari melindungi DNA kita dari kerusakan, mengatur kerja hormon tubuh kita secara simultan, dan menstimulasi produksi bahan-bahan kimia dalam tubuh yang berfungsi membantu kerja syaraf tubuh kita (neurotransmitters).

Seorang pakar tanaman obat (naturopathy) dari Australia, Alison Johnson pernah berkata bahwa halaman kebun belakang rumah bisa merupakan lahan yang cukup baik untuk menanam berbagai jenis tanaman obat-obatan yang pada suatu saat mungkin bisa cukup berguna bagi kita. Beberapa jenis tanaman yang dia sarankan untuk ditanam di kebun belakang rumah kita antara lain :

Lidah buaya (Aloe vera), cukup berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan, tanaman ini bisa dipotong kecil-kecil kemudian dicampurkan dalam minuman sirup yang selanjutnya bisa kita minum untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Untuk manfaat yang lain, ternyata getah dan gel dari tanaman ini bisa bermanfaat untuk mengobati luka bakar, menyembuhkan jerawat yang membandel, dan juga menyembuhkan luka akibat tersayat atau karena jatuh, tentu saja cara pemakaiannya dengan dioleskan pada bagian anggota tubuh yang dimaksud.

German chamomile, merupakan tanaman tahunan dengan bunga berwarna putih dengan warna kuning di bagian pusatnya. Tanaman bunga ini bisa dimanfaatkan sebagai minuman teh yang berkhasiat, caranya dengan dimasukkan dalam air mendidih dan dididihkan hingga 20 menit kemudian airnya diminum. Cukup berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan dan masuk angin (bila diminum bisa menstimulasi perut kita agar bisa mengeluarkan gas / kentut), selain itu dengan minum teh chamomile secara teratur bisa mengatasi gejala insomnia (susah tidur) karena efek dari teh chamomile ini bisa membantu kita agar bisa tidur nyenyak.

Lavender. Minuman teh dari seduhan bunga lavender berkhasiat mengatasi sakit kepala, sulit tidur (insomnia), penyakit rematik dan gangguan pencernaan. Minyak lavender dapat digunakan mengusir demam, mengobati luka bakar, dan bisa mengobati penyakit batuk bila dioleskan di bagian dada si pasien sesaat sebelum tidur. Bunga lavender dapat ditanam di tanah ataupun di pot, serta bisa juga berfungsi ganda sebagai tanaman hias nan cantik. Sebaiknya ditanam di bagian kebun yang memiliki penyinaran sinar matahari yang cukup.

Parsley, tanaman rempah ini berkhasiat untuk menyegarkan pernapasan dan bau mulut bila dikunyah secara teratur. Daun Parsley juga bisa dimanfaatkan sebagai tonik untuk kita yang berjenis kulit kering, dapat pula digunakan untuk tonik rambut. Parsley bisa ditanam di pot atau bisa juga ditanam sebagai tanaman pagar.

Rosemary, tidak hanya berguna sebagai bumbu masak, namun juga dapat berkhasiat sebagai obat keramas atau pun tonik untuk mengatasi rambut berketombe. Caranya dengan mencampurkan Rosemary dengan air secukupnya dan kemudian memblendernya hingga hancur, kemudian baru bisa dipakai untuk keramas atau juga sebagai tonik rambut. Rosemary bisa juga dibuat sebagai minuman teh yang ternyata cukup berkhasiat untuk mengobati “penyakit pikun”, mengobati sakit kepala, melegakan hidung tersumbat saat pilek dan juga mengatasi gangguan pencernaan serta meredakan rasa sakit akibat penyakit rematik.

Salvia atau Sage, termasuk tanaman jenis herba. Salvia (nama botani) karena mempunyai arti “sehat”. Tanaman ini bila dibuat sebagai minuman teh (dengan menggunakan 4 helai daun dengan dididihkan di air mendidih) bisa mengatasi gangguan pencernaan, mengobati sakit tenggorokan atau batuk dan juga dapat mengurangi jumlah keringat yang keluar dari tubuh (bagi orang yang bermasalah karena terlalu banyak mengeluarkan keringat sehingga menimbulkan bau badan yang tidak enak).

Thyme, tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak, namun bisa juga dibuat sebagai minuman teh yang berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan, dapat pula air teh yang dibuat dari thyme bisa digunakan untuk merendam kaki yang bengkak akibat terlalu capek berjalan atau berlari (biasanya banyak terjadi pada para olahragawan).
Bay leaves, tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masak namun juga bisa bermanfaat untuk meredakan rasa sakit bila diremas-remas dan digosok-gosokkan pada bagian tubuh yang ngilu akibat rematik atau arthritis (gangguan atau radang persendian).

Di Indonesia sendiri, sebenarnya ahli dalam bidang tanaman obat juga sudah ada, dan bahkan sudah cukup dikenal, yaitu Dr. Hembing yang sering muncul dalam acara-acara televisi dan bahkan telah menerbitkan buku-buku mengenai tanaman obat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut ini juga dibahas mengenai beberapa jenis bahan makanan lainnya yang berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh kita, yaitu antara lain :

Ubi/Ketela Merah
Mungkin kita selama ini memandang sebelah mata terhadap bahan makanan yang satu ini. Banyak yang beranggapan bahwa ketela merah / ubi (orang Jawa menyebutnya dengan istilah “telo”) adalah makanan orang pedesaan, makanan udik, atau makanan kalangan ekonomi lemah. Kita mungkin tidak pernah menyadari bahwa dari bahan makanan yang murah ini mempunyai manfaat dan khasiat yang tidak bisa diremehkan begitu saja.

Ubi / ketela merah mengandung lebih banyak beta-carotene daripada wortel, mengandung vitamin C dan E, berkhasiat secara ampuh menghindarkan tubuh dari resiko terserang penyakit kanker. Berkhasiat pula untuk mengatasi gejala menopause pada wanita usia lanjut dan juga mencegah kaum wanita dari terserang osteoporosis, karena ubi/ketela merah terbukti mengandung hormon progesteron yang bisa membantu pembentukan tulang secara sehat sehingga kaum wanita bisa terhindar dari terserang osteoporosis.
Bagi kaum pria, mengkonsumsi ubi/ketela merah juga bisa berkhasiat memberikan “bentuk tubuh yang bagus” karena ubi/ketela merah mengandung berbagai macam tipe karbohidrat serta mineral yang berguna bagi pertumbuhan dan pembentukan otot dan tubuh. Dalam industri obat-obatan, bahkan ubi/ketela merah banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan pil KB atau pil kontrasepsi.

Bagi kita yang bertubuh kerempeng atau terlalu kurus, tentulah kita menginginkan memiliki badan yang bagus, padat berisi (bagi kaum wanita) atau sehat berotot (bagi kaum pria). Selain disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein (untuk pembentukan tubuh), kita juga disarankan pula mengkonsumsi karbohidrat dan juga mineral-mineral yang diperlukan oleh tubuh.
Ketela merah atau ubi memiliki zat-zat yang dibutuhkan untuk pembentukan dan pembangunan tubuh kita seperti karbohidrat, kandungan karbohidrat dalam jumlah yang kompleks yang terkandung dalam ubi / ketela merah terbukti dapat membantu pembentukan jaringan otot, serta tubuh yang padat dan berisi. Semakin banyak atlit maupun para binaragawan yang memperbanyak konsumsi ubi / ketela merah dalam menu makanan mereka setiap harinya. Semakin banyak atlit, olahragawan dan binaragawan yang beralih dari menu makanan nasi, kentang, atau roti ke pengkonsumsian ubi / ketela merah sebagai makanan pokok. Hal ini karena ubi / ketela merah atau yam dipercaya sebagai makanan yang bebas kandungan lemak, maupun bebas kolesterol, namun sarat mineral dan vitamin yang berguna bagi pembentukan tubuh yang padat berisi namun bebas lemak.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ubi atau ketela merah (orang barat biasa menyebutnya dengan sebutan Yam), sekarang banyak dikonsumsi oleh para atlet binaraga, pesenam hingga balerina yang menginginkan tubuh yang sehat kuat, padat berisi dan bebas lemak. Bahkan sudah banyak hidangan vegetarian ala barat yang memasukkan bahan makanan ubi / ketela merah dalam menu hidangan tersebut. Ubi / ketela merah bisa dimasak dengan cara ditumis atau dipanggang bersama sayur mayur hijau seperti bayam, wortel, kacang-kacangan, bawang putih, kacang kedele, kentang, brokoli, tomat, pasta, spageti, hingga dimasak bersama daging kambing. Ada pula yang memasak ubi / ketela merah kukus bersama keju dan susu, serta daging asap yang kemudian dipanggang dalam oven untuk kemudian disantap saat matang.

Jadi sekarang jangan pernah menganggap remeh lagi bahan makanan sederhana yaitu ubi / ketela merah yang selama ini biasa dipandang sebelah mata. Sangat banyak khasiat dan manfaat yang terkandung dalam bahan makanan murah namun berguna bagi kesehatan dan kebugaran ini. Mari mulai kembali ke gaya hidup pedesaan dengan mengkonsumsi makanan sehat yang alami demi kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Bawang Putih
Sudah terbukti sejak ribuan tahun yang lalu, bahwa bawang putih banyak memiliki khasiat bagi kesehatan dan penyembuhan, karena mengandung zat anti bakteri dan anti virus. Misalnya saja bawang putih turut berperan dalam penyembuhan terhadap sekian banyak manusia yang terserang wabah disentri dalam perang dunia I. Bawang putih juga terbukti menyembuhkan dan menyelamatkan begitu banyak nyawa saat wabah penyakit aneh yang menyerang kerajaan Romawi dan Mesir kuno ribuan tahun silam menyerang para penduduk negeri tersebut. Dalam masa itu, penyakit aneh tersebut telah menyerang banyak korban dengan ganasnya sehingga dalam waktu satu atau beberapa hari saja sudah begitu banyak nyawa yang melayang. Untunglah saat itu seseorang tanpa sengaja mengunyah dan memakan bawang putih dan segera saja ia bisa sembuh secara “misterius”. Pengetahuan ini selanjutnya menyebar dari mulut ke mulut sehingga wabah penyakit misterius yang semula begitu ganas menyerang dan tak tertangani bisa segera teratasi dan begitu banyak nyawa yang terselamatkan oleh khasiat bawang putih ini. Hingga saat ini, penyakit misterius apa yang sempat menyerang kerajaan Romawi dan Mesir kuno itu belum juga terpecahkan dan belum diketahui jenisnya. Namun satu hal yang pasti bisa menyembuhkan penyakit ganas misterius itu, hanyalah “bawang putih”.

Memang sudah sejak ribuan tahun yang lalu, bawang putih dipercaya dapat menjaga dan memulihkan stamina serta daya tahan dan imunitas atau kekebalan tubuh. Bangsa Mesir kuno dan Romawi kuno sudah sejak lama menggunakan dan mengkonsumsi bawang putih untuk kebugaran dan daya tahan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang oleh penyakit. Mulai dari penyakit flu, desentri, hingga berbagai penyakit yang berhubungan dengan infeksi saluran pernapasan, dan banyak penyakit lainnya bisa disembuhkan hanya dengan banyak mengkonsumsi bawang putih.

Bawang putih terbukti mengandung berbagai zat seperti potassium, fluorine, sulfur, phosphorus, serta vitamin A dan C. Bawang putih juga terbukti mengandung bioflavonoid quercetin yang bisa menghambat atau menghentikan reaksi alergi maupun reaksi pembengkakan jaringan tubuh. Zat kimia yang terkandung dalam bawang putih juga terbukti dapat melindungi hati atau liver dari kerusakan akibat penggunaan dosis tinggi dari zat kimia seperti Acetaminophen yang banyak terkandung dalam obat-obatan penghilang rasa sakit maupun obat-obatan atau pil dan tablet penyembuh penyakit flu atau influenza. Berbagai studi mengenai penyakit kanker juga membuktikan bahwa pengkonsumsian bawang putih segar (tanpa dimasak lebih dulu) secara rutin bisa menghindarkan kita dari resiko terkena berbagai macam penyakit kanker, termasuk pula di dalamnya terhindar dari resiko terkena penyakit kanker perut. Bawang putih juga bisa menghindarkan kita dari resiko anemia atau kurang darah. Bahkan ada yang beranggapan bahwa bawang putih bisa pula membantu para pasien AIDS atau HIV untuk bisa bertahan hidup lebih lama karena bawang putih terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau antibodi. Jadi mulailah mengkonsumsi bawang putih mulai dari sekarang baik untuk dijadikan semacam sayur lalapan ataupun dicincang kecil-kecil dan kemudian diminum bersama segelas air putih secara rutin tiga kali dalam sehari.

Ikan Laut dan Kerang-Kerangan (Makanan Laut atau Seafood)
Bahan makanan dari laut, terutama jenis kerang-kerangan sangat kaya akan stimulan kekebalan tubuh, khususnya mineral seng (zinc). Mineral seng sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan jaringan otot, pembentukan dan perkembangan tulang dan organ seksual. Bahkan para ahli ada yang menganggap bahwa kerang adalah salah satu jenis aphrodiziac (bahan makanan yang bisa menstimulir libido atau hasrat seksual). Bahan makanan lain yang mengandung mineral seng, antara lain adalah jeroan (organ dalam sapi), daging sapi segar, biji-bijian dan kacang-kacangan, kacang polong, wortel, kacang panjang, kacang hijau dan kentang.

Makanan laut, terutama ikan juga dipercaya untuk memperlambat penuaan karena ikan banyak mengandung koenzim Q10 (coenzyme Q10 atau biasa disebut ubiquinone), suatu zat kimia antioksidan yang fungsinya menyerupai vitamin E. Koenzim Q10 berperan aktif dalam meningkatkan kekebalan tubuh (sistem imunitas), serta memperlambat proses penuaan. Pengkonsumsian ikan secara teratur dalam menu makanan sehat cukup menampakkan hasil pada pasien yang mengidap penyakit jantung, dimana kemampuan pompa jantung meningkat pesat setelah si pasien mengkonsumsi makanan berbahan dasar ikan laut secara teratur selama satu tahun, pasien bisa lebih bernafas lega dan napasnya tidak lagi tersengal-sengal setelah banyak mengkonsumsi makanan berbahan dasar ikan laut.

Ikan laut bila dikonsumsi dalam porsi yang cukup dan dikonsumsi secara teratur terbukti bisa meningkatkan kemampuan dan kekuatan otot. Oleh karena itu semakin banyak olahragawan dan binaragawan yang mengkonsumsi ikan laut daripada daging hewan darat, hal ini karena ikan laut dipercaya lebih bisa menyediakan protein yang dibutuhkan untuk pembentukan dan perkembangan otot dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengkonsumsi ikan laut juga bisa mengatasi gangguan pencernaan lambung (sakit maag), dan juga baik untuk kesehatan usus dua belas jari yang ada dalam perut manusia. Pengkonsumsian ikan laut dan bahan makanan dari laut juga sangat baik bagi para penderita asma, dan juga para penderita alergi terhadap histamine, karena ikan laut terbukti cukup ampuh untuk mengimbangi efek histamine yang masuk ke dalam tubuh.

Kacang-Kacangan
Bahan makanan dari kacang-kacangan sangat kaya akan zat besi. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen ke dalam setiap sel tubuh dan juga membantu dalam penggunaan oksigen sehingga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh sel tubuh. Zat besi sangat banyak terkandung dalam darah manusia. Oleh karena itu bila seseorang banyak kehilangan darah, misalnya karena kecelakaan atau karena sehabis melahirkan, maka biasanya orang tersebut juga sangat membutuhkan asupan zat besi dalam jumlah banyak yang seharusnya dipasok dari bahan makanan yang dimakannya. Kekurangan zat besi biasanya ditandai dengan gejala mudah capek, badan selalu lemas dan lemah. Orang yang kekurangan zat besi dianjurkan lebih banyak makan makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti telur, ikan, hati, daging sapi, daging unggas, sayuran berwarna hijau, gandum, roti, sereal, kacang almond, alpukat, parsley, buah pir, waluh, kismis, nasi, ketan, kedele, dan kacang lentil.

Bahan Makanan yang Mengandung Kalsium
Makanan berbahan dasar susu, seperti aneka keju (keju parmesan, keju mozzarella, keju ricotta), susu skim, krim, susu segar, maupun yoghurt bebas lemak adalah sangat kaya akan kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan dalam pembentukan dan perkembangan tulang dan gigi. Kalsium juga dapat mencegah serangan penyakit jantung, karena kalsium berperan dalam menstabilkan denyut jantung. Di samping itu mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup dapat memperbaiki kegiatan transmisi ransangan syaraf tubuh (impuls syaraf), mencegah kanker usus, serta mencegah osteoporosis. Kalsium juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan, pertumbuhan serta kontraksi otot dalam rangka mencegah terjadinya kram otot. Kalsium juga memasok energi dan berpartisipasi dalam pembentukan protein RNA dan DNA.

Bahan makanan lainnya yang mengandung kalsium antara lain ikan salmon, ikan sardin, sayuran berwarna hijau, brokolo, asparagus, kobis, tahu, mustard, dan kacang almond.

Sayur dan Buah yang Mengandung Vitamin
Vitamin A, C dan E adalah merupakan antioksidan penting bagi tubuh. Vitamin C berperan dalam mencegah dan mengobati serangan jantung, kanker, serta membangun kekebalan tubuh saat tubuh terserang infeksi, misalnya saat tubuh terserang penyakit influenza.

Vitamin A berpartisipasi dalam pembentukan dan kesehatan kulit, rambut dan selaput atau membran mukus (selaput yang menyelubungi organ dalam kita, misalnya saja selaput pipi). Vitamin A juga turut berperan dalam pertumbuhan tulang, perkembangan gigi, dan proses reproduksi. Vitamin A juga berkhasiat mencegah serangan penyakit kanker dan mengatasi penuaan pada kulit. Prekursor Vitamin A, yaitu Beta-Carotene, dapat mencegah terjadinya kanker dan mencegah serangan penyakit jantung serta mencegah terjadinya serangan penyakit katarak pada mata. Vitamin A dapat diperoleh dari bahan makanan seperti waluh, wortel, bayam, paprika, lombok merah, aprikot, brokolo, kuning telur dan hati sapi.

Vitamin C mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan stamina tubuh, menstimulasi tubuh untuk melepaskan energi dengan cara memecah karbohidrat yang tersimpan dalam tubuh melalui proses metabolisme (pernapasan) serta mempunyai andil dan peran yang cukup penting dalam kinerja sistem syaraf tubuh. Vitamin C mudah diperoleh dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran seperti jeruk, paprika, buah kiwi, strawberi, melon, brokoli, parsley, dan kobis.
Vitamin E dibutuhkan tubuh untuk kesehatan hati dan otot-otot yang melekat pada tulang. Vitamin E juga dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah dan melindungi serta menghindarkan kita dari serangan penyakit jantung dan kanker. Vitamin E juga turut berperan dan berkhasiat untuk mengobati radang persendian (arthritis) dan juga aneka macam permasalahan pada kulit (kulit sensitif). Vitamin E sangat mudah dijumpai pada minyak kulit ari, biji bunga matahari, minyak sayur, kacang almond, kacang tanah, mentega kacang, serta buah pir.

Bahan Makanan Berserat Yang Lain
Bahan makanan berserat bila dikonsumsi secara teratur terbukti bisa mencegah serangan kanker, serangan penyakit jantung, dan kelainan serta penyakit lainnya. Makanan berserat dibedakan menjadi dua, yaitu serat yang tidak larut dalam air (Insoluble Fibers atau biasa disebut Roughage) dan serat yang larut dalam air (Soluble Fibers).

Bahan makanan yang seratnya tidak larut dalam air berfungsi membersihkan saluran pencernaan hingga benar-benar bersih, serta menyerap zat-zat racun yang tersisa di dinding saluran pencernaan maupun usus dua belas jari. Bahan makanan yang seratnya tidak larut dalam air bisa diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran, nasi, jagung dan gandum.
Bahan makanan yang seratnya larut dalam air (misalnya pektin), berpartisipasi dalam kegiatan mencerna dan menyerap sari-sari makanan. Bahan makanan yang seratnya larut dalam air bisa diperoleh dengan mengkonsumsi gandum dan barley, kacang-kacangan, buah jeruk, serta buah-buahan yang lain.

Demikianlah, ternyata bahan makanan yang melimpah ruah di sekitar kita juga bisa berfungsi untuk menghindarkan kita dari serangan penyakit, meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh kita dan bahkan menyembuhkan kita dari suatu penyakit.
READ MORE - Selengkapnya

Imajinasi Enyahkan Sakit Perut Anak

MANFAATKAN-lah daya imajinasi anak yang sedang berkembang untuk menyembuhkan dan mengatasi serangan rasa sakit di perut. Hal ini disarankan oleh sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics. Studi ini terinspirasi dari temuan studi-studi yang menunjukkan kalau hipnotis efektif untuk mengobati berbagai kondisi seperti rasa sakit di perut. Berdasarkan hasil perkiraan, terang peneliti, rasa sakit di perut tanpa sebab yang jelas, dialami oleh 1 dari 5 anak.

Penggunaan CD berisi panduan relaksasi yang membimbing anak-anak untuk membayangkan mereka sedang terapung di awan, terang peneliti dari University of North Carolina and Duke University Medical Center ini, terbukti bisa mengurangi rasa sakit perut mereka secara dramatis.

Detail studi

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan 30 anak berusia antara 6 dan 15. Lima belas anak diminta mengikuti 20 menit sesi 'guided imagery' dari CD. CD ini berisi teknik yang mendorong subjek untuk membayangkan hal-hal yang akan mengurangi rasa tidak nyaman yang mereka rasakan. Sebagai contoh, anak-anak diminta membayangkan memegang benda kecil bersinar yang meleleh di tangan mereka. Kemudian mereka menempatkan tangan di perut, menyebarkan kehangatan dan cahaya dari tangan sebagai perlindungan untuk mencegah iritasi perut. Sedang 15 lainnya menjalani pengobatan standar.

Studi menemukan, mereka yang menggunakan CD melaporkan pengurangan rasa sakit di perut yang lebih besar (73.3%) dibandingkan mereka yang menjalani pengobatan standar (26.7%). Dua pertiga dari anak yang mengalami perbaikan tersebut tetap merasakan manfaatnya hingga 6 bulan ke depannya.

Redakan kecemasan

Bagaimana proses dibaliknya? Menurut peneliti, teknik ini bekerja mengurangi kecemasan. Selain itu, teknik imajinasi ini juga dinyatakan mempunyai efek langsung dalam merespon rasa sakit. Beberapa peneliti menyatakan kalau teknik ini menyerupai cara kerja hipnotis dalam mengurangi hipersensitifitas pada kondisi seperti gangguan usus (irritable bowel syndrome).

Teknik ini, terang pemimpin studi Dr Miranda van Tilburg sangat menarik karena anak-anak bisa menggunakanya sendiri tanpa terapis."Sistem pengobatan sendiri seperti ini tentunya sangat murah dan bisa dipadukan dengan pengobatan lain, sehingga memperbesar potensi penyembuhan pada banyak anak-anak yang sering mengalami sakit perut," terang dia, seperti dikutip situs bbc.

Studi ini dikuatkan juga oleh profesor David Candy, seorang konsultan paediatric gastroenterologist dari Western Sussex Hospitals. Candy menyatakan kalau timnya telah mencoba hipnotis pada sekelompok kecil anak penderita ganguan rasa sakit perut kronis dan terbukti sukses 100%
READ MORE - Selengkapnya

Waspadai Komplikasi Awal Kehamilan

KEHAMILAN merupakan masa-masa yang menyenangkan karena Anda akan segera menyambut kehadiran sang buah hati. Karena itu, untuk menjaga keselamatan janin Anda, ada baiknya lebih teliti dalam menangani semua gejala sekecil apapun yang Anda rasakan. Sebuah studi dari Erasmus MC University Medical Centre, di Belanda, menyatakan, ibu hamil yang mengalami komplikasi awal harus mendapatkan penangan yang lebih khusus, baik pada kehamilan sekarang maupun kehamilan berikutnya.

Masalah-masalah yang dialami pada 3 bulan pertama kehamilan, menurut peneliti, akan meningkatkan risiko melahirkan prematur serta kesulitan-kesulitan lainnya, baik pada kehamilan sekarang maupun kehamilan berikutnya. Data dari 75 studi menunjukkan, sejarah pernah mengalami keguguran berkaitan dengan melahirkan prematur pada kehamilan yang akan datang.

Dalam analisis yang dieresentasikan di pertemuan tahunan European Society of Human Reproduction and Embryology (ESHRE) ini, para peneliti melihat beberapa komplikasi yang umum dialami pada 3 bulan pertama kehamilan. Perdarahan pada minggu-minggu pertama kehamilan, misalnya, dinyatakan berkaitan dengan peningkatan risiko pre-eclampsia (hipertensi yang dipicu kehamilan), melahirkan prematur serta meningkatkan risiko hingga 2 kali lipat memiliki bayi dengan berat badan rendah atau sangat rendah. Selain itu, akumulasi darah pada kandungan juga bisa meningkatkan risiko-risiko lebih jauh.

Morning sickness (mual dan muntah) yang ekstrim di awal kehamilan juga berkaitan dengan risiko 3 kali lebih besar menjalani proses melahirkan prematur serta hampir 3 kali lipat meningkatkan risiko memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah. Sementara sejarah pernah mengalami sekali atau lebih keguguran, juga memiliki risiko hampir 2 kali lipat terus-menerus mengalami kehamilan dengan kerusakan membran yang mengelilingi bayi di rahim, sebelum waktunya. Hal ini akan meningkatkan risiko melahirkan prematur. Selain itu, jika kehamilan sebelumnya terpaksa diakhiri dengan alasan apapun, maka kehamilan-kehamilan berikutnya berisiko mendorong melahirkan prematur.

Meskipun studi tidak menyatakan penyebab peningkatan risiko pada kehamilan berikutnya, para ilmuwan menyatakan hal ini berkaitan dengan masalah-masalah kesehatan dan faktor gaya hidup.

Monitoring

Menurut pemimpin studi Dr Robbert van Oppenraaij, komplikasi-komplikasi pada masa yang akan datang berkaitan dengan tingkat keparahan dan pengulangan masalah-masalah yang muncul di awal kehamilan."Kejadian-kejadian dan komplikasi-komplikasi pada awal kehamilan merupakan komplikasi yang paling umum dialami perempuan selama masa kehamilan dan bisa menjadi pemicu stres pada perempuan tersebut," tutur Oppenraaij, seperti dikutip situs bbc.

Karena itu, terang dia, para dokter diharapkan bisa mengenali dan mengartikan gejala-gejala dan memahami tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi juga konsekuensi jangka panjang dari komplikasi-komplikasi pada awal kehamilan ini."Artinya, pasien-pasien ini harus dimonitor secara khusus," tegas Oppenraaij.
READ MORE - Selengkapnya

DIABETES ADALAH IBU DARI SEGALA PENYAKIT

DIABETES ADALAH IBU DARI SEGALA PENYAKIT

Para penderita diabetes alias kencing manis ini janganlah terlalu menganggap sepele penyakit yang satu ini, karena ternyata tanpa Anda sangka penyakit ini menyimpan sejuta kejutan! Tahukah Anda bahwa si “manis” ini merupakan “mother of disease”- ibu dari segala penyakit?

“Dengan adanya diabetes, Anda bisa menderita kelainan berbagai macam organ tubuh, dari mata, jantung, lambung, hati, ginjal, kulit sampai kaki,” kata dr.Candra Wibowo, Sp.PD dari Mitra International Hospital Jatinegara, Jakarta.

Dokter Candra menuturkan, diabetes bisa menyebabkan aliran pembuluh darah menjadi kurang baik yang berakibat pada kerusakan organ dalam mata dari retina yang disebut retinopati diabetik dan menyebabkan kebutaan perlahan – lahan, hingga kerusakan pada lensa seperti katarak.

Perubahan metabolisme sel lapisan dalam pembuluh darah juga bisa menyebabkan aliran darah kurang baik dan menjadi kaku (tidak elastis). Akibatnya organ-organ yang harus dialiri darah menjadi kekurangan nutrisi dan oksigen. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya serangan jantung koroner, stroke dan luka yang susah sembuh.

Masalah kesehatan lain yang kerap dialami pasien diabetes (diabetesi) adalah gastropati diabetik dengan gejala perasaan kembung, begah, dan cepat kenyang. Para diabetesi juga seringkali terlihat semakin kurus. Hal ini terjadi karena tubuh butuh lebih banyak insulin karena insulin yang ada dalam tubuh hanya digunakan separuh akibat ketidakefesieanan reseptor atau biasa disebut resitensi insulin.

Diabetes juga menyebabkan kebocoran protein di ginjal, yang berakibat gagal ginjal di mana seseorang memerlukan terapi pengganti ginjal, seperti cuci darah, cuci rongga perut, atau cangkok ginjal.

Komplikasi lain yang mungkin dihadapi diabetesi adalahkaki diabetik. Komplikasi ini terjadi karena terjadinya kerusakan saraf, pasien tidak dapat membedakan suhu panas dan dingin, rasa sakit pun berkurang.

“Saat diabetes sudah lama dan tidak terkontrol, aliran pembuluh darah kita jarang sampai ke ujung – ujung tubuh, termasuk jari kaki, tangan, ujung rambut hingga penis. Dari situ jika mengalami luka di kaki atau tangan akan sulit sembuh karena aliran darah yang memberi makanan tidak sampai ke ujung jari kaki atau tangan tersebut. Untuk rambut bahkan bisa menyebabkan alopesia atau kebotakan dan bagi laki – laki, bisa terjadi disfungsi ereksi “, papar dokter Candra.

Oleh karena itu kontrol secara teratur gula darah Anda dengan cara rutin berolahraga dan melakukan diet. Selain itu hindari semua kelainan yang mungkin mengancam anda di masa depan sehingga kualitas hidup Anda akan lebih baik meskipun Anda penderita diabetes.
READ MORE - Selengkapnya

JAGALAH KEBERSIHAN ORGAN INTIM

Sebagai perempuan sebaiknya mulailah untuk mengenali organ intim Anda sejak dini. Jangan anggap sepele pendarahan yang terjadi pada bagian vital Anda. dr Beni Satria dari Persatuan Keluarga Berencana Indonesia Medan menjelaskan, setidaknya ada lima jenis pendarahan yang tak normal yang dialami oleh perempuan. Apa saja? Berikut wawancaranya bersama wartawan Sumut Pos, Adelina Savitri

Apa yang menyebabkan terjadinya pendarahan pada bagian organ intim perempuan dok? Secara umum, penyebab perdarahan organ intim yang tidak normal adalah kelainan organik, seperti tumor dan infeksi. Faktor penyebab akibat sistemik adalah karena kelainan faktor pembekuan dan secara fungsional ada pada alat reproduksi.
Lalu apa saja jenis pendarahan yang tidak normal itu? Pertama hipermenore, dimana ini adalah perdarahan haid yang jumlahnya banyak, ditandai dengan mengganti pembalut hingga 5-6 kali per hari, dan lamanya 6-7 hari. Penyebabnya adalah kelainan pada uterus atau infeksi pada bagian genitalia internal wanita. Termasuk juga kelainan darah, dan gangguan fungsional.
Seperti apa tanda keluhannya? Keluhan pasien berupa haid yang banyak. Harap dicatat bila hal ini menimpa wanita berusia 35 tahun maka harus dilakukan kuretase diagnostik untuk menyingkirkan keganasannya.

Lalu , jenis pendarahan lainnya? Disebut hipomenore, yakni, pendarahan haid yang jumlahnya sedikit. Biasanya ditandai dengan mengganti pembalut 1-2 kali per hari, dan lamanya 1-2 hari. Penyebabnya adalah kekurangan estrogen dan progesteron. Ada juga metroragia yaitu perdarahan dari vagina yang tidak berhubungan dengan siklus haid. Perdarahan yang terjadi pada pertengahan siklus menstruasi. Pendarahan ini disebabkan oleh kelainan organik, seperti munculnya polip pada bagian kewanitaan. Selain itu, ada lagi Menoragia, dimana terjadi Pendarahan yang berlangsung lebih dari 7 hari dengan jumlah darah kadang-kadang cukup banyak.

Selain itu ? Untuk pendarahan yang terbilang agak berbeda dengan keempat pendarahan lainnya adalah Amenore, dimana penderitanya ditandai dengan mengalami haid lebih dari 3 bulan. Penyebabnya dapat berupa gangguan pada uterus (endometrium) dan vagina. Khusus untuk kasus semacam ini, harus memperhatikannya lebih jeli lagi. Karena kebanyakan dari kasus ini mengarah pada adanya tanda-tanda kelaki-lakian (maskulinisasi), termasuk cacat bawaan. Waspadai juga adanya penyakit lain seperti tuberkulosis, penyakit hati, diabetes melitus, kanker serta infertilitas dan stres berat. Bila sudah menunjuk arah semacam itu maka harus dibawa ke dokter ahli.

Untuk kasus ini, di Kota Medan sendiri bagaimana ? Sejauh ini kasusnya masih terbilang langka. Kalaupun ada ya hanya beberapa saja. belum bisa dibilang sebagai penyakit terbanyak. Hanya saja, yang patut dicatat adalah agar para kaum perempuan selalu menjaga kebersihan genital organ intimnya. Jangan menyepelekan bagian ini.

Lalu bagaimana mencari tahu tanda penyakit ini ? Yang perlu dicari adalah usia menarche (usia mendapatkan haid pertama sekali), pertumbuhan badan, adanya stress berat, penyakit berat, penggunaan obat penenang, peningkatan atau penurunan berat badan yang mencolok. Adapun pemeriksaan penunjangnya berupa uji kehamilan dan uji progesteron. Yang paling penting dari semuanya adalah jaga kebersihan organ intim Anda. (*)
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT PROGERIA

Menurut seorang dokter ahli : dr. Eriyati Indrasanto, SpA, "Progeria atau penyakit penuaan dini adalah merupakan suatu penyakit genetik yang disebabkan oleh mutasi (perubahan) gen. Progeria bukan penyakit turunan dan tidak menular.

Selanjutnya dr. Eriyati Dr. Eriyati Indrasanto, Sp.A, menjelaskan bahwa progeria adalah kelainan genetik yang memang sangat jarang terjadi. Progeria berasal dari bahasa Yunani yaitu geras yang berarti usia tua. Jadi si penderita mengalami penuaan dini dengan kecepatan yang berkisar 4-7 kali lipat dari proses penuaan normal. Contoh konkretnya, bila si anak yang mengalami progeria berumur 10 tahun, maka penampilannya akan tampak seperti orang berusia 40-70 tahun! Artinya, semua organ tubuh si bocah, termasuk organ pernapasan, jantung, maupun sendi-sendinya sudah mengalami kerentaan.

Penderita progeria memang lahir normal. Namun, di usia 6 bulan sampai 1 tahun, mulai terlihat tanda-tandanya. Antara lain :

  • rambut rontok yang tidak tumbuh lagi,
  • kulit dan jaringan kulit menipis,
  • kuku dan gigi tumbuh tidak baik.

Namun, secara mental, justru tidak tua, termasuk mata. Intelegensi pun normal." Lebih lanjut Eri mengatakan, berdasarkan buku-buku kepustakaan, secara statistik, umur rata-rata penderita progeria adalah 14 tahun

Tentang pengobatan, Eri berkata, belum ada obat untuk progeria. Pengobatan hanya simtomatik, yaitu berdasar gejala yang timbul. "Misalnya sakit sendi, dikasih obat sakit sendi. Kalau sakit panas, dikasih obat panas" katanya.

Menurut penjelasan ilmiahnya, lanjut Eriyati, telah terjadi mutasi gen tunggal yaitu pada gen LMNA yang bertanggung jawab terhadap pembentukan protein lamin A dan lamin C. Protein ini bertugas menstabilitasi selaput dalam dari inti sel (inner membrane). Diduga ketidakstabilan karena mutasi itulah yang menyebabkan terjadinya penuaan dini pada anak-anak penderita progeria. "Sayangnya, sampai sejauh ini hasil penelitiannya masih sebatas itu."


Yang pasti, kata dokter spesialis anak yang mendalami bidang genetika klinik ini, mutasi gen bisa terjadi pada siapa saja. Prosesnya berlangsung secara sporadik atau bisa tiba-tiba muncul dan dapat dialami siapa pun. "Tadinya ada yang menduga, penyakit ini bersifat resesif. Artinya, didapat dari ayah-ibu yang mengandung gen yang mengalami mutasi tadi. Toh, nyatanya pada mereka progeria tak muncul. Jadi, apa penyebab pastinya masih diteliti," papar dokter dari RSAB Harapan Kita, Jakarta ini.

Kasus progeria pertama kali dikemukakan oleh Dr. Jonathan Hutchinson pada tahun 1886 dan oleh Dr. Hastings Gilford sebelas tahun kemudian. Makanya penyakit ini sering disebut sebagai Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome (HGPS).

MENGENALI GEJALA KLINIS PROGERIA

Progeria berbeda dengan penyakit-penyakit lain yang biasanya sudah bisa terdeteksi saat masih bayi, bahkan selagi masih dalam kandungan. Penyakit ini justru muncul setelah anak berusia satu tahun. Tak heran kalau di rentang usia 0-1 tahun ia kelihatannya normal-normal saja, baru selewat usia itu akan terlihat jelas proses penuaannya. Eriyati sendiri tak mengetahui secara pasti kenapa penuaan tersebut mulai terjadi di usia satu tahun dan bukannya kurang atau lebih dari angka tersebut.

Ahli neonatologi ini kemudian menyebut beberapa gejala klinis progeria yang cukup membuat bulu kuduk bergidik. Umpamanya, rambut yang semula lebat kemudian rontok dan tak tumbuh lagi, pembuluh darah di bagian kepala tampak jelas, jaringan lemak di bagian bawah kulit berkurang bahkan menghilang sehingga kulit menjadi keriput, dan kuku tak tumbuh sempurna tapi tumbuh melengkung serta rapuh. Selain itu, ada pengerasan di persendian, tulang patah atau retak yang tak kunjung sembuh maupun pengeroposan tulang. Gigi geliginya terlambat tumbuh, bahkan ada juga yang tak tumbuh sama sekali selain tak teratur susunannya.

Gejala yang bisa berakibat fatal adalah jika mengalami kekakuan pembuluh darah. Terlebih bila kekakuannya terjadi di pembuluh darah jantung, maka kemungkinan besar si penderita akan mendapat serangan jantung atau stroke. "Pembuluh darah jantung mesti diperhatikan karena menjadi penyebab utama kematian di kalangan penderita progeria. Salah satu jalan keluarnya adalah operasi by pass."

Akibat adanya mutasi gen itu pula, perkembangan tulang penderita progeria akan terganggu dan mengalami degenerasi tulang. Dengan begitu, kalau dihitung-hitung pertumbuhan tulangnya cuma setengah atau bahkan sepertiga dari pertumbuhan tulang anak normal seusianya. Makanya kalau diperhatikan dengan saksama, yang bersangkutan akan terlihat seperti orang yang sudah tua. Meski begitu, mata seorang penderita progreria tidak pernah mengalami katarak layaknya kaum lanjut usia. "Kenapa bisa demikian? Itu juga masih belum diketahui," tandas Eriyati.

Untungnya, faktor intelegensi atau perkembangan kemampuan berpikir anak penderita progreria tidak terganggu. Hanya saja secara psikologis, mungkin ia relatif sensitif karena merasa dirinya berbeda dari teman-temannya atau tak bisa selincah anak seusianya. "Dia hanya bisa melakukan permainan-permainan yang tak membutuhkan banyak tenaga karena mudah capek."

Yang membuat hati miris, rata-rata penderita progeria hanya bisa bertahan hidup hingga umur 14 tahun. Dapat dihitung dengan jari penderita progeria yang bisa mencapai usia 20 tahunan. "Mungkin hanya satu atau dua orang saja, karena organ tubuhnya seperti orang tua. Coba 14 dikalikan tujuh, di usia itu kondisi tubuhnya sudah seperti orang yang berusia 98 tahun."

Ciri lainnya adalah kuku melengkung serta rapuh, pengerasan di persendian, pengeroposan tulang yang menyebabkan tulang mudah retak atau patah, gigi terlambat tumbuh, merupakan tanda-tanda penderita progeria. Padahal itu adalah gejala pada orang yang memasuki usia lanjut.Gejala klinis yang terjadi pada penderita progeria di atas benar-benar memilukan. Bagaimana tidak, semua gejala menyedihkan tersebut harus dialami oleh bocah yang seharusnya dapat tumbuh dan bermain secara normal.

READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails