Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

PENYAKIT INFEKSI SALURAN KENCING PADA PRIA DAN WANITA

Deskripsi
Infeksi saluran kencing merupakan penyakit kesehatan yang mempengaruhi jutaan manusia tiap tahun. Wanita sangat rentan terhadap gangguan ini. Namun, lelaki yang mengalami gangguan ini, bisa sangat serius akibatnya.

Pada kondisi normal saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Elemen terpenting adalah ginjal yang berfungsi membuang kelebihan cairan dan limbah darah dalam bentuk urin. Fungsi lain dari ginjal, menjaga keseimbangan antara garam dan zat-zat lain dalam darah serta menghasilkam hormon yang membantu pembentukan sel-sel darah merah.

Infeksi terjadi ketika ada organisme kecil yang berkembang biak di uretra. Uretra adalah tabung yang membawa air seni dari kandung kemih ke luar tubuh. Bakteri yang berkembang tersebut dari jenis Escheruchia coli.

Penderita diabetes lebih beresiko mengalami gangguan ini. Selain itu juga sering terjadi pada anak-anak dan perempuan. Lelaki muda dan dewasa jarang sekali memgalami gangguan ini. Belum diketahui pasti alasan mengapa lelaki jarang mengalami gangguan ini.

Gejala
Penyakit ini jarang sekali menunjukkan gejala khusus. Gejala umumnya antara lain sering buang air kecil, perasaan panas ketika buang air kecil.???

Perawatan
Gangguan ini dapat dirawat dengan obat antibakteri. Pilihan obat sangat bergantung pada hasil tes urin yang menunjukkan jenis bakteri yang mengganggu.

Sumber: medlineplus dan NKUDIC.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails