Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

YANG MENENTUKAN BESAR KECILNYA PAYUDARA WANITA


Sangat sulit menjawab pertanyaan mengapa beberapa perempuan memiliki payudara yang lebih besar dibandingkan dengan perempuan lain. Misteri ini sangat sulit dipecahkan beberapa ahli. Tapi sediktnya ada 8 faktor yang mempengaruhi ukuran payudara perempuan?

Umumnya saat seorang perempuan berusia 18-20 tahun, maka ia telah mencapai pertumbuhan yang optimal dari payudaranya.

Sehingga ukuran yang didapatkan pada usia tersebut merupakan ukuran maksimal dari payudaranya. Terkadang ukuran ini bisa berubah saat hamil, menyusui atau mengonsumsi obat estrogen tertentu seperti pil KB.

Seperti dikutip dari Mysecrethealth, ada beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran payudara seseorang, yaitu:

  1. Keturunan
    Faktor keturunan memainkan peranan yang cukup besar dalam menentukan ukuran payudara. Biasanya hal ini ditentukan dari ukuran payudara sang ibu. Tapi tidak semua anak memiliki ukuran payudara yang sama dengan ibunya, karena faktor lain juga turut mempengaruhi.
  2. Usia
    Payudara adalah organ yang sangat dinamis dari tubuh manusia, hal ini berarti ukurannya mengalami perubahan terus menerus sepanjang usia orang tersebut. Payudara remaja yang baru masuk masa pubertas cenderung kecil, tapi akan tumbuh seiring pertambahan usia.

    Jika sejak muda sudah menggunakan bra yang tepat, maka payudara akan tumbuh dengan baik. Namun jika sudah tua, maka ligament Cooper sudah kehilangan kekuatannya yang membuat payudara menurun dan mengurangi ukurannya.
  3. Menstruasi
    Ukuran payudara akan sedikit mengalami perubahan selama siklus menstruasi. Perubahan ukuran dari payudara ini biasanya disertai dengan perubahan bentuk puting dan areolanya.
  4. Kehamilan
    Selama hamil ada beberapa perubahan dalam ukuran payudara dan sebagian besar perubahan ini menjadi permanen. Payudara akan meningkat dan menunjukkan peningkatan ukuran cup. Beberapa perempuan mengalaminya saat kehamilan pertama, tapi ada juga yang mengalaminya setiap kali hamil.
  5. Diet
    Beberapa makanan mengandung zat tertentu yang bisa meningkatkan ukuran payudara seperti kedelai, ginseng, akar dandelion dan semua biji-bijian adas. Karenanya beberapa perempuan yang sering mengonsumsi makanan ini kemungkinan memiliki payudara yang lebih besar.
  6. Kenaikan dan penurunan berat badan
    Setiap terjadi perubahan berat badan secara keseluruhan, maka akan mengubah ukuran payudaranya juga. Perubahan ini umumnya bersifat reversible, dalam arti akan kembali ke ukuran aslinya.
  7. Penyakit
    Beberapa penyakit bisa mempengaruhi ukuran payudara menjadi lebih kecil atau justru membesar.
  8. Olahraga
    Olahraga dapat mempengaruhi ukuran payudara. Salah satunya adalah bentuk latihan yang bekerja langsung terhadap otot dada yang mendasari jaringan payudara dan membantu mengencangkan payudara. Selain itu yoga dan terapi Ayurvedic juga mempengaruhi ukuran payudara.


detikhealth

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "YANG MENENTUKAN BESAR KECILNYA PAYUDARA WANITA"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner