Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENGENAL LENDIR KESUBURAN WANITA



Sahabat bidancare, tak sedikit diantara kita yang jarang mengamati lendir kesuburan. Sebenarnya setiap perempuan normal secara periodik dari rahimnya akan mengeluarkan lendir kesuburan. Lendir ini seringkali dianggap keputihan atau penyakit bagi yang belum memahami.

Setiap perempuan yang telah mengalami masa pubertas dan mendapat menstruasi maka ada waktu - waktu diantara kedua periode menstruasi seorang perempuan akan mengeluarkan lendir putih dari alat kelaminnya. Lendir ini adalah salah satu pertanda baik, yang menandakan bahwa fungsi dan kerja hormon estrogen dalam tubuh seorang perempuan berlangsung normal. Keluarnya lendir yang berubah - ubah dari kental lalu semakin hari menjadi semakin encer dan licin adalah juga pengaruh hormon kesuburan perempuan.


Pada awal permulaan lendir muncul terlihat kental, putih dan keruh. Terasa lekat dan sedikit pekat warnanya. Semakin hari lendir akan semakin banyak keluar, dan perasaan licin dan basah. Bila kita perhatikan maka tampilan lendir menyerupai putih telur mentah. Pada hari terakhir keluarnya lendir yang encer, bening dan mulur , hari terakhir dari keluarnya lendir disebut masa puncak , saat ini sel telur sedang matang dan siap dibuahi, gunakan kesempatan berhubungan secara teratur sampai dengan 3 hari sesudahnya bila ingin hamil.

Dengan pengamatan lendir yang dikeluarkan dari alat kelamin ini saja, maka sebenarnya seorang perempuan bisa menentukan kapan masa suburnya. Sayangnya tidak banyak perempuanyang punya cukup waktu untuk mengenali lendir kesuburan ini. Padahal ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pengamatan lendir rahim ini. Dalam salah satu buku The ovulation Method atau lebih dikenal dengan metode ovulasi Billings ada beberapa manfaat dari pengamatan lendir rahim ini antara lain :

BILA ANDA INGIN MEMILIKI ANAK

1. Perhatikan saat anda mengeluarkan lendir yang licin,basah dan bila direntangkan diantara dua jari akan menyerambut

2.Kesempatan terbaik untuk melakukan hubungan suami istri, sebaiknya suami pantang hubungan dulu beberapa hari menjelang istri mengalami masa subur, agar mutu sperma benar - benar bagus dan jumlahnya cukup.

BILA ANDA TIDAK INGIN PUNYA ANAK

- Hindari hubungan suami istri pada saat menstruasi, karena pada saat ini bila ada lendir kesuburan tidak kelihatan.

- Hindari hubungan suami istri pada saat lendir kesuburan mulai keluar, setidaknya hingga tiga hari sesudahnya.

- Jangan mengadakan hubungan suami istri bila mengeluarkan bercak darah sedikit bukan haid, karena pada saat sel telur matang, ada beberapa wanita yang mengalami bercak merah muda sedikit keluar dari alat kelaminnya.

- Saat yang paling aman adalah hari hari setelah haid selesai dan seorang perempuan merasakan kering pada alat kelamin. Inilah saat yang paling aman untuk melakukan hubungan suami istri.

Cara ini bisa digunakan pada semua ibu yang menstruasinya teratur maupun tidak teratur

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SELAMA MENGAMATI LENDIR KESUBURAN:

- Bila ingin mengamati lendir kesuburan sebaiknya awal pengamatan lendir kurangi hubungan suami istri, karena sperma dapat mengaburkan hasil pengamatan lendir.

- Anda bisa menghubungi bidan atau dokter untuk konsultasi pengamatan lendir ini dan ada buku khusus yang dilengkapi dengan stiker untuk pengamatan lendir. Perlu latihan terus menerus untuk dapat berhasil dalam pengamatan lendir kesuburan.

Metode pengamatan lendir rahimini juga merupakan cara ber Keluarga berencana alamiah, tanpa obat dan alat apapun dan mendapat persetujuan dari BKKBN PUSAT

Apa saja yang perlu diketahui sebelum mengamati lendir kesuburan ?

- Memperhatikan warnanya, kekentalannya, jumlah lendir yang keluar,perasaan basah dan kering.

Bagi yang mempunyai masalah dengan keluhan lendir berwarna kuning kehijauan, gatal dan bau dari alat kelamin sebaiknya dilakukan pengobatan terlebih dahulu.

opini dari bidancare di kompasiana, Romana Amd Keb, disarikan dari buku KBA, metode ovulasi Billings
READ MORE - Selengkapnya

BERITA BARU! JANGAN BIASAKAN MENJEPIT GAGANG TELEPON


Kebanyakan dari kita pasti uda sering melakukan nya kan? Yaitu menjepit ganggang telepon ketika sedang menelepon.. Yaah mungkin uda kebiasaan

tahukah ente? Ternyata hal itu sungguh bisa berakibat fatal

tonjolan tulang dapat memutuskan saluran pembuluh darah dan memicu stroke. Peringatan berikut ini mungkin perlu di perhatikan benar oleh para sekretaris, operator, konsultan, dokter dan para karyawan yang sering menggunakan telepon.

Ingat, janganlah terlampau sering melepaskan gagang telepon dari tangan anda dan meletakkannya di antara pundak dan telinga, sementara tangan melakukan aktivitas lain. konon, perilaku semacam itu bisa menyebabkan stroke.

demikian dikemukakan seorang ahli syaraf asal perancis pada jurnal kesehatan beberapa waktu lalu. Seorang psikiater yang biasa berbicara lewat telepon yang terjepit di telinga kiri dan pundaknya lebih dari satu jam, dilaporkan menderita stroke ringan. Kejadian naas itu terjadi akibat adanya tonjolan tulang yang memutuskan saluran pembuluh nadi. Menurut tim dokter yang meneliti kasus tersebut, pria berusia 43 tahun yang terbiasa berbicara dengan pasien-pasiennya pada mulanya sehat-sehat saja. Namun, seusai memberikan konsultasi kepada pasiennya, si psikiater ini mengeluhkan kebutaan sementara pada mata kirinya, telinga kirinya pun seperti merasakan sebuah dengung. Tak hanya itu, dia pun mengaku kesulitan untuk berbicara. Kondisi ini menunjukkan bahwa dirinya menderita stroke ringan. Dari hasil pemindahan tampaklah adanya sobekan pada dinding arteri bagian dalam dari organ tubuh si pria tadi. Sobekan tadi jelas mempengaruhi saluran pengiriman darah yang menuju ke otak.

seperti diketahui, pada tubuh manusia terdapat dua kelenjar arteri yang bertugas menyalurkan darah yang mengandung oksigen dari jantung menuju kepala dan leher. Kedua saluran arteri tersebut naik di kedua sisi leher, dari jantung menuju otak. Pada gambar scanning tampaklah adanya sebuah peruncingan tulang yang lazim disebut sebagai proses stiloid, yang menyebabkan adanya kontak antara tulang (pada bagian leher) dengan arteri.

Sebenarnya, setiap orang memiliki dua tulang stiboid ini. Keduanya menonjol dari dua sisi tulang tengkorak, tepat di bawah telinga dan di belakang tulang rahang. Namun, tulang yang dimiliki psikiater tadi lebih panjang dari biasanya. Mathieu zuber, ahli syaraf dari rumah sakit saint anne, paris mengatakan "untungnya pasien ini hanya mengalami serangan insemik berkala, atau terjadi penghentian suplai darah menuju otak yang kurang dari 24 jam".

Dengan begitu, hanya stroke ringanlah yang menyerang psikiater yang biasa bertelepon dengan pasiennya tadi. "namun, kejadian ini menunjukkan kepada kita bahwa aktivitas setiap hari yang melibatkan penyimpangan agak lama di bagian leher, seperti menggunakan telepon dengan menghimpit antara telinga dan pundak, bisa menimbulkan masalah yang tidak terduga bagi sebagian orang," tambahnya.

Ia menambahkan, psikiater tersebut tidak mengalami gejala stroke terlalu lama. Namun, sejak kejadian itu, ia tidak mau lagi melakukan pembicaraan dengan cara menghimpit telepon diantara telinga dan pundaknya saat melayani keluhan pasien-pasiennya. Oleh sebab itu mulai dari sekarang hilangkan kebiasaan tersebut "lebih baik mencegah sebelum hal itu terjadi pada kita semua".

masih mau kah ente2 menjepit ganggang telepon pada saat menelepon?? Mending ente gini in aja deh sekalian


READ MORE - Selengkapnya

JANGANLAH MEMINJAM GUNTING KUKU SEMBARANGAN

Kebiasaan meminjamkan gunting kuku atau pisau cukur bisa berarti bukan sesuatu yang baik dari sisi kesehatan karena rawannya penularan hepatitis B,C dan D. Mulailah punya barang-barang pribadi sendiri dan jangan saling meminjam.

Hepatitis atau kadang-kadang disebut dengan penyakit kuning merupakan peradangan hati (liver) yang kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus. Nah, penyakit ini gampang menular jika seseorang meminjamkan barang-barang pribadinya.

Gunting kuku misalnya, ketika terluka saat menggunting kuku atau yang meminjam terluka maka akan terjadi perpindahan darah yang terinfeksi. Jika salah satu punya bakat hepatitis bukan tak mungkin menularkan ke lainnya.

Ada lima tipe hepatitis yang umum, yakni A, B,C, D dan E. Hepatitis A dan E ditularkan melalui feses (kotoran) dan makanan serta minuman yang terkontaminasi. Kedua jenis hepatitis ini pada umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, sehingga relatif tidak berbahaya.

Sedangkan hepatitis B, C dan D umumnya ditularkan lewat darah dan cairan tubuh lainnya seperti semen (cairan pembawa sperma). Hepatitis tipe ini sangat berbahaya, karena bisa mengakibatkan penyakit hati menahun termasuk sirosis (pengerasan hati), gagal hati, kanker hati dan kamatian.

"Infeksi Hepatitis B Virus (HBV) maupun Hepatitis C Virus (HCV) merupakan masalah kesehatan masyarakat global, dengan morbiditas dan mortalitas yang signifikan, tidak terkecuali Indonesia," ujar Dr Unggul Budihusodo, Sp.PD, KGEH, Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI), dalam acara konferensi media Hari Hepatitis Sedunia di Mario's Place, Jakarta, Selasa (27/7/2010).

Lebih dari 350 juta orang di dunia telah menjadi pengidap kronik HBV dan 180 juta pengidap HCV. Secara perbandingab, dari 12 orang penduduk dunia, ada 1 orang yang menderita hepatitis.

Bahkan sekitar 500 ribu hingga 2 juta orang meninggal setiap tahunnya karena berlanjut menjadi penyakit hati serius yang diakibatkan oleh infeksi hepatitis B kronik. Ini membuat hepatitis B berada pada posisi kesepuluh penyebab kematian utama di dunia.

Hepatitis B adalah penyakit serius yang disebabkan oleh virus Hepadnaviridae atau Hepatitis B Virus (HBV). HBV dapat menyerang hati dan dapat menyebabkan kanker hati dan sirosis (terbentuk jaringan parut pada hati) jika infeksi HBV terjadi dalam waktu lama (kronis).

Sedangkan hepatitis C adalah penyakit hati akibat infeksi Hepatitis C Virus (HCV) dan sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk hepatitis C. Dan menurut Dr Unggul, di Indonesia belum ditemukan kasus infeksi hepatitis D.

Infeksi hepatitis B dan C dapat ditularkan melalui darah dan cairan tubuh seperti semen, cairan vagina atau saliva. Penularan ini dapat terjadi melalui:

1. Hubungan seksual dengan penderita hepatitis B atau C
2. Kontak dengan darah dari penderita hepatitis B atau C misalnya jarum suntik (pecandu narkoba), alat pencukur, sikat gigi, pakaian yang terkena darah, alat akupuntur, alat manikur dan gunting kuku, alat tato atau body piercing (tindik) yang tidak steril, bahkan pada saat berkelahi (jika terdapat luka terbuka pada kedua pihak).


Tapi tidak perlu khawatir, hepatitis B dan C tidak ditularkan melalui bersin, batuk, pelukan, atau pegangan tangan.

Berikut beberapa cara untuk melindungi diri dari infeksi hepatitis B dan C, yaitu:
  • Periksa kesterilan jarum yang digunakan untuk tindik telinga maupun bagian tubuh lainnya, tato, akupuntur maupun elektrodialisis.
  • Hindari penggunaan bersama/bergantian gunting kuku, pisau cukur, sikat gigi dan benda-benda lain yang mungkin kontak dengan darah.
  • Hindari berbagi jarum suntik dengan orang lain
  • Lakukan pemeriksaan berkala terhadap hepatitis B dan C jika Anda adalah orang-orang yang berisiko tinggi, misal tenaga kesehatan atau pernah menerima transplantasi organ, transfusi darah, bertukar jarum suntik, seks tidak aman dan lainnya.
READ MORE - Selengkapnya

BAGAIMANA PENATAAN RAMBUT AGAR SESUAI DENGAN BENTUK WAJAH


Cara menata rambut dapat mempengaruhi penampilan secara keseluruhan. Anda bisa menatanya dengan berbagai model potongan rambut agar tampil lebih lebih Muda, lebih ramping atau lebih cantik. Sesuaikan model rambut dengan kontur wajah Anda.

* Jika Anda ingin menciptakan kesan lebih muda, pilih model rambut yang ujungnya di-blow keluar.
Model ini menarik pandangan mata ke atas, menciptakan kesan lebih muda. Poni dapat digunakan untuk menutupi kerut di dahi dan di ekor mata, serta menyamarkan garis-garis halus. Untuk hasil yang lebih naturalis, gunakan sikat vent scat blow-dry. Anda bisa mengkombinasi penampilan dengan memberikan highlight di puncak kepala sehingga mencerahkan dan melembutkan kulit sehingga garis-garis halus kurang kentara. jika kulit Anda mempunyai warna dasar hangar, pilih highlight warna keemasan atau warna-warna karamel. Tapi bila kulit Anda mempunyai warna dasar dingin, pilih highlight warna beige atau abu-abu.

* Ingin wajah penuh terkesan lebih ramping, pilih model rambut layer panjang.

Gaya rambut ini memperpanjang wajah sehingga menciptakan kesan lebih ramping. Rambut ombak-ombak dapat memberi kesan tubuh lebih ramping, karena banyak menyeimbangkan proporsi.Untuk menciptakan ombak-ombak besar, rol rambut dengan roller besar ketika tidur. Sedangkan rambut model belch samping dapat merampingkan pipi tembem. Hal tersebut untuk menarik pandangan mata ke satu sisi wajah sehingga menciptakan kesan lebih ramping. Hindari model bob panjang sedagu karena membuat wajah terkesan lebih bulat.

* Model rambut yang diikat tinggi, dapat membuat wajah dan mata tampak lebih segar dan lebih cantik.

Anda bisa menghiasnya dengan mengambil sedikit rambut dan belitkan pada ikatan untuk menutupi karet pengikat rambut. Untuk menyeimbangkan bagian wajah yang besar, sebaiknya pilih model volume penuh di puncak kepala. Saat menata rambut, oleskan mousse volumizing pada puncak kepala.Sembur dengan udara dingin dari dryer sambil mengangkat rambut dengan jari. Model angle bob cocok untuk wajah dengan bibir tipis,sedangkan bob panjang sedagu dengan ujung rambut dipapas razor menarik garis wajah ke dalam pada rahang. Sehingga menciptakan ilusi mulut lebih penuh.
READ MORE - Selengkapnya

Berapa jumlah helai rambut kepala Anda & berapa rontok setiap hari?


Setiap manusia, rata-rata memilikijumlah rambutsekitar 100.000 helai rambut di kepalanya. Masa bertumbuh setiap helai rambut hanya antara 2 hingga 6 tahun, kemudian rontok. Lalu pada pori-pori yang sama, rambut baru mulai tumbuh. Siklus kehidupan sehelai rambut disebutsiklus rambut.

Siklus rambut dimulai dari fase pertumbuhan, fase transisi yang pendek, dan fase istirahat. Rambut berhenti bertumbuh selama tiap-tiap fase istirahat. Fase pertumbuhan terdiri atas fase pertumbuhan awal dan fase pertumbuhan aktif. Setelah itu, ada fase transisi, lalu fase istirahat. Rambut tetap berada dalam folikel yang beristirahat hingga fase pertumbuhan berikutnya.

Pada fase pertumbuhan berikutnya, rambut yang sudah beristirahat akan didorong keluar dari pori-pori kulit kepala. Hal ini yang menyebabkan rambut rontok. Bagi orang yang tidak memilikimasalah rambut, setiap hari sekitar 70 hingga 100 helairambut rontoksecara alami.

Apa lagi yang perlu Anda ketahui tentang rambut? Rambut tumbuh lebih dari 10 milimeter per bulan. Itu sebabnya rambut merupakan bagian tubuh yang paling cepat tumbuhnya. Panjang pertumbuhan seluruh helai rambut di kepala Anda bisa mencapai 20 meter per harinya.
READ MORE - Selengkapnya

INILAH MAKANAN YANG DILARANG UNTUK BAYI

Kebanyakan ibu biasanya masih ragu, makanan apa yang perlu disiapkan untuk memperkenalkan makanan padat untuk bayi. Usia yang disarankan bagi anak untuk disapih dari ASI dan susu formula adalah 4-6 bulan, demikian menurut American Academy of Pediatric. Setelah itu, perlahan-lahan Anda bisa mulai menyediakan makanan baru agar pencernaannya mulai menyesuaikan diri. Anda juga bisa memberikan makanan baru ini sebagai tambahan untuk ASI atau susu formulanya.

Ketika anak mulai disiapkan untuk menerima makanan-makanan baru, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak mereka konsumsi hingga usianya 1 tahun:

Madu
Madu bisa saja mengandung spora botulisme, salah satu kondisi yang disebabkan akibat keracunan makanan. Saluran usus orang dewasa mungkin cukup kuat untuk mencegah pertumbuhan spora ini, tetapi sistem pencernaan bayi belum mampu melakukannya. Mengonsumsinya bisa menimbulkan racun yang cukup membahayakan.

Selai kacang
Teksturnya yang tebal dan lengket membuat bayi sulit untuk menelannya. Belum waktunya bagi Anda untuk memperkenalkan selai kacang atau olesan lainnya yang bertekstur sama untuk si kecil.

Susu sapi
ASI masih menjadi pilihan terbaik sampai si kecil berusia 1 tahun. Pasalnya, bayi masih belum dapat mencerna protein dalam susu sapi dengan semestinya. Lagi pula, susu sapi tidak mengandung nutrisi yang diperlukan seperti pada ASI. Susu sapi juga mengandung mineral-mineral yang bisa saja merusak ginjalnya yang sedang berkembang.

Makanan lain yang perlu dihindari
Garam (ginjal bayi belum cukup kuat untuk menerimanya), makanan rendah lemak (tidak disarankan untuk anak di bawah usia 2 tahun), jus buah atau jeruk murni, telur mentah, pemanis buatan, hot dog, dan sosis yang tinggi kadar lemak. Begitu pula makanan dengan tambahan bumbu dan rempah-rempah.

Makanan yang bikin tersedak
Makanan sebesar kacang paling aman untuk bayi karena peluang untuk tersedak sangat kecil. Jadi, selalu potong seukuran dadu makanan apa pun yang Anda siapkan untuk bayi, entah itu buah, sayuran, keju, atau daging. Makanan yang kecil, tetapi keras, seperti kacang, popcorn, permen, atau kismis, perlu dihindari agar si kecil tidak tersedak. Bahkan, makanan yang lunak seperti marshmallow atau jelly pun bisa tersangkut di kerongkongannya.

Alergi
Biasanya Anda akan diminta dokter menunggu sampai si kecil berusia 1 tahun atau lebih untuk memperkenalkan makanan padat yang bisa mengandung alergen. Contohnya, makanan yang mengandung kacang. Sebaiknya kenalkan jenis makanan baru secara berangsur-angsur. Tunggu saja sampai beberapa hari untuk memastikan bayi tidak mengalami reaksi negatif dari makanan tersebut. Jika keluarga Anda memang cenderung mengalami alergi, konsultasikan dulu ke dokter mengenai cara memperkenalkan makanan, seperti susu sapi, kacang, gandum, ikan, dan telur.

Tidak makan di mobil
Jangan biarkan anak makan sendiri di dalam mobil, apalagi jika Anda sedang memegang kemudi. Ketika jalanan tidak rata, lonjakan yang ditimbulkan bisa bikin anak tersedak.

Kapan bayi boleh makan?
Dalam beberapa minggu pertama setelah disapih, bayi bisa diberi makan puree (bubur buah), seperti puree wortel, kentang, ubi jalar, pisang, dan pir. Makanan bayi kemasan sebaiknya dibatasi karena sering kali mengandung banyak gula. Yang paling aman memang membuat sendiri makanan untuk si kecil.
READ MORE - Selengkapnya

MEMANFAATKAN ASAM JAWA UNTUK BERBAGAI MACAM PENGOBATAN


Cara pemanfaatan buah asem untuk berbagai macam penyakit ialah :

1. Penyakit Asma

* Ambil 2 potong kulit pohon asam jawa
* Adas pulawaras secukupnya
* Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter airsampai mendidih
* Kemudian disaring.
* Minum 2 kali sehari

2. Penyakit Batuk Kering

* Ambil 3 polong buah asam jawa
* ½ genggam daun saga
* Kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas airsampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring
* Minum 2 kali sehari, pagi dan sore

3. Penyakit Demam

* Ambil 1 genggam daun asam jawa
* Adas pulawaras secukupnya
* Campur kedua bahan tersebut direbus dengan ½ liter airsampai mendidih, kemudian disaring
* Minum 2 kali sehari, pagi dan sore

4. Penyakit Sakit Panas

* Ambil 2 polong buah asam jawa yang telah masak
* garam secukupnya
* Campurkan kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas airpanas
* kemudian disaring
* Minum biasa

5. Penyakit Reumatik

* Ambil 1 genggam daun asam jawa
* 2-3 biji asam jawa (klungsu =jawa)
* Campurkan kedua bahan tersebut ditumbuk halus
* Pakai untuk kompres bagian yang sakit

6. Penyakit Sakit perut

* Ambil 3 polong buah asam jawa yang sudah masak
* Kapur sirih
* Minyak kayu putih secukupnya
* Campurkan semua bahan tersebut dicampur sampai merata
* Gunakan sebagai obat gosok, terutama pada bagian perut

7. Penyakit Morbili

* Ambil 1 – 2 potong buah asam jawa yang telah masak
* 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari
* Kunyit diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur sampai merata
* Gunakan sebagai bedak/obat gosok bagi penderita morbili

8. Penyakit Alergi/Biduren (Jawa)

* Ambil 2-3 golong buah asam jawa yang telah tua
* Garam secukupnya
* ¼ sendok kapur sirih.
* Campur semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring
* Minum 2 kali sehari, pagi dan sore

9. Penyakit Sariawan

* Ambil 2 polong buah asam jawa
* 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari
* 1 potong gula kelapa
* Campur semua bahan tersebut direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring
* Minum biasa

10. Penyakit Luka baru

* Ambil daun asam jawa secukupnya
* Daun asam jawa dikunyah sampai lumat
* Tempelkan pada luka

11. Penyakit Luka borok

* Ambil beberapa biji asam jawa (klungsu = jawa)
* Biji asam jawa ditumbuk halus
* Tempelkan pada luka
* Kemudian diperban

12. Penyakit Eksim dan Bisul

* Ambil 1 genggam daun asam jawa yang masih muda (sinom =jawa)
* 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari
* Campur kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus
* Tempelkan pada bagian yang sakit

13. Bengkak karena disengat lipan atau lebah

* Ambil 3 – 5 biji asam jawa
* Minyak kayu putih secukupnya
* Biji asam jawa ditumbuk halus
* Bersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih
* Taburi/ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut.
READ MORE - Selengkapnya

KENALI KANKER YANG SERING MENYERANG KAUM LELAKI SERTA KETAHUI GEJALANYA


Kanker lekat dengan penyakit manusia modern. gaya hidup yang tak seimbang dan tingkat pencemaran yang tinggi diduga menjadi pemicunya.

Sialnya, orang kerap menyadari kanker telah membonceng di tubuhnya dan menggerogoti kesehatannya dengan cepat saat sudah stadium lanjut. Padahal, semakin dini diketahui, akan semakin mudah melakukan pengobatan.

Apa saja kanker yang kerap diderita kaum pria? Berikut ini jenisnya dan bagaimana cara mengendusnya.


Prostat

Gejala awal: Biasanya tidak ada. Pemeriksaan colok dubur dapat mengetahui apakah prostat Anda sulit atau tidak teratur, dan kanker dicurigai dengan tingkat PSA (prostat spesifik antigen) tinggi.

Waspada: jika mengalami masalah baung air kecil: frekuensi sering, tidak bisa menahan, kantung kemih seakan tak pernah terasa betul-betul kosong. Tanda-tanda ini semua terkait dengan pembesaran prostat atau penyempitan uretra.

Uji: Biopsi jika PSA tinggi atau laju perubahannya sangat cepat. Namun tanda-tanda di atas juga bisa menjadi tanda infeksi, yang harus diobati dengan antibiotik selama empat minggu. Kanker tumbuh perlahan, kata Christopher Saigal, MD, seorang ahli onkologi urologi di UCLA.

Paru-paru

Gejala awal: Sering kali , tidak ada. Namun batuk yang tidak akan pergi atau yang membawa darah sering menjadi penunjuknya. "Juga, dada nyeri yang selalu hadir dan tidak dipengaruhi oleh pergerakan,"kata Ezra Cohen, MD, seorang ahli onkologi medis di University of Chicago Medical Center.

Waspada: Pneumonia. Pada foto x-ray dada, baik radang paru-paru dan tumor terlihat putih. Mungkin pneumonia, dan untuk memastikannya, membutuhkan satu lagi x-ray 4 sampai 6 minggu kemudian.

Uji: biopsi.



Kolorektal

Gejala awal: Darah pada tinja. Jangan pernah mengabaikannya, bahkan jika itu adalah hanya sekali terjadi. Ini bisa menjadi polip prakanker, dan perdarahan adalah hanya peringatan awal. "Dalam lebih dari setengah kasus, tidak ada tanda," kata Greg Enders MD PhD, seorang pencernaan pada Fox Chase Cancer Center.

Waspada: Pada laki-laki di bawah 50, pendarahan mungkin dari wasir, diverticulosis, kolitis, atau pembuluh darah yang abnormal. Namun, mendatangi dokter untuk berkonsultasi tetap perlu.

Uji: kolonoskopi memungkinkan dokter untuk memeriksa masalah besar dan kecil dan menghapus polip dalam prosedur yang sama.


Kandung kemih

Gejala awal: Darah dalam urin, yang harus selalu diperiksa, meskipun jika Anda lebih muda dari 60, sering kali merupakan tanda batu ginjal. Sebagian besar kanker kandung kemih hanya mempengaruhi lapisan. Jika tertangkap dini, dapat ditangani, kata Brian Rini, MD, seorang ahli onkologi di Cleveland Clinic Taussig Cancer Institute.

Waspada: Sebuah kandung kemih terlalu aktif atau buang air kecil lebih sering menyakitkan adalah tanda infeksi.

Pengujian: Diteropong melalui penis untuk melihat kandung kemih dan tes urine yang dapat mendeteksi sel-sel kanker.


Limfoma

Gejala-gejala awal: rasa sakit, pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau pangkal paha. Kelenjar membengkak dengan infeksi, tetapi jika mereka tidak mereda dalam seminggu, minta mereka memeriksa. Selain itu, berat badan mengalami perubahan drastis dalam 1-2 bulan dan mengalami gatal dengan pembengkakan (tanpa ruam)

Waspada: ketiak membengkak karena infeksi.

Uji: Tes darah kadang-kadang dapat mengambil sesuatu, tapi biopsi lebih dianjurkan.


Sumber: Men\'s health

republika
READ MORE - Selengkapnya

INILAH TANDA-TANDA BAYI AUSTISTIK?

Bagaimana mengenali gejala autistic pada bayi kita, sebenarnya banyak orang tua yang sudah mengenali gejala autistic pada bayi mereka, namun terkadang mengabaikannya. Sebagian besar gejala autisme sudah terlihat sejak anak berusia di bawah 3 tahun. Bahkan, beberapa orangtua sudah melihat gejala autis saat bayi mereka berusia 9 bulan. Tanda-tanda autisme berikut sudah bisa dikenali sejak bayi berusia satu tahun ke atas.
Berikut ini ada beberapa pertanyaan untuk mengenali apakah anak anda autistic :

1. Apakah anak Anda memiliki rasa tertarik pada anak lain? (Ya/Tidak)

2. Apakah anak Anda pernah menggunaan telunjuk untuk menunjukkan rasa tertariknya pada sesuatu? (Y/T)

3. Apakah anak Anda menatap mata Anda lebih dari satu atau dua detik? (Y/T)

4. Apakah anak Anda meniru Anda? Misalnya, bila Anda membuat raut wajah tertentu, apakah ia menirunya? (Y/T)

5. Apakah anak Anda memberi reaksi bila namanya dipanggil? (Y/T)

6. Bila Anda menunjuk pada sebuah mainan/apapun di sisi ruangan, apakah anak Anda melihat pada mainan/benda tersebut? (Y/T)

7. Apakah anak Anda pernah bermain "sandiwara" misalnya berpura-pura menyuapi boneka, berbicara di telepon, dan sebagainya? (Y/T)

Seorang anak berpeluang menyandang autis, jika minimal dua dari pertanyaan di atas dijawab Tidak. Konsultasikan hal ini kepada dokter ahli untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.
Sumber: The Modified Checklist for Autism in Toddlers
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT LIVER DAN BILIARY SYSTEM


Dr. Sheila Sherlock adalah seorang ahli dalam penyakit hati yang terkenal dalam dunia kedokteran dan memiliki juga banyak pengagum diantara kalangan dokter spesialis di Indonesia.
Edisi Asia ini bersampul tebal (hard cover) dan terdiri dari 820 halaman yang dicetak di atas kertas tebal dan mengkilat. Illustrasi-illustrasi di dalamnya cukup bagus dengan beberapa diantaranya berwarna.
Cara penyajiannya menarik dan ditulis dalam bahasa Inggeris yang cukup enak dibaca.

Dimulai dengan anatomi hati dan cara-cara pemeriksaan yang mutakhir seperti hepatic scinti-scanning serta teknik/indikasi/interpretasi biopsi jarum jaringan hati. Disusul oleh perobahan-perobahan biokimia penyakit hati. Setelah ini baru dilakukan pembahasan bagian kliniknya.
Penulis resensi ini berpendapat bahwa semua atau hampir semua kelainan/gangguan hati dapat ditemukan dalam buku ini, dari hepatic cellular failure, portal hypertension sampai metabolic diseases dan tumor-tumor hati. Beberapa bab diantaranya yang menarik sekali ialah: hepatitis virus, drugs and the liver dan nutritional liver diseases.


Tidak mengherankan bahwa buku ini telah mengalami cetak ulang sebanyak lima kali antara tahun I955 dan I975 serta telah diterbitkan pula dalam bahasa-bahasa Spanyol, Jerman, Portugis, Yunani, Jepang dan Itali. Kepada teman-teman sejawat dan mahasiswa-mahasiswa kedokteran yang hendak memperdalam pengetahuan dalam kelainan/gangguan hati, kami anjurkan untuk membaca buku ini.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT FLEK PARU-PARU PADA BAYI


Virus ditularkan oleh orang yang telah terkena flek (radang) paru-paru kepada bayi. Tidak mungkin ditularkan oleh kucing atau anjing. Bukan juga karena debu atau polusi, seperti kebanyakan orang bilang. Dokter mengatakan, tidak ada penyebab lain selain daripada manusia yang menularkan virus tersebut.


Mereka yang menularkannya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: terlalu kurus, sering merokok baik itu perokok berat atau ringan, sering demam, sering batuk pilek.
Rokok adalah sumber utama darimana flek berasal. Orang yang sering merokok baik perokok pasif atau aktif, kemungkinan memiliki penyakit ini, terutama bila sering mengalami sesak napas. Gejala sesak napas ini jika dibiarkan akan menjadi tuberculosis, yang mana gejala awal (flek) hanya merupakan tuberculosis ringan yang masih mudah untuk diobati meskipun memakan waktu berbulan-bulan. Orang yang sering merokok kebanyakan bertubuh kurus, dan yang dimaksud sering demam ialah dalam waktu satu bulan pasti mengalami demam atau batuk atau pilek.


Pengobatannya juga tidak sederhana, memakan banyak biaya untuk obat yang berasal dari luar (bukan lokal). Bayi yang terkena flek akan memakan obat selama enam bulan, untuk yang tahap ringan. Untuk tahap berat bisa sampai satu tahun atau dua belas bulan. Selalu untuk kelipatan tiga, yaitu enam bulan, sembilan bulan, atau diobati selama dua belas bulan. Tidak ada diobati selama tujuh bulan atau delapan bulan.


Obatnya sendiri sebaiknya produksi Sandoz, yang lebih menyerap ke dalam tubuhnya. Ada dua macam, Rifampicin dan INH.


Selama minum obat, bayi akan lebih mudah lesu, mual dan susah buang air besar. Oleh sebab itu, harus diperhatikan sungguh-sungguh gizinya selama masa pengobatan.


Aturan minumnya: satu kali sehari. Setelah minum, tidak boleh makan selama tiga jam, untuk penyerapan obat secara sempurna.
READ MORE - Selengkapnya

RUPANYA DUDUK TERLALU BANYAK DAPAT MEMPERPENDEK USIA


Ingin sehat dan berumur panjang? Bergeraklah. Makin banyak seseorang melakukan gaya hidup sedentari yang berarti lebih banyak duduk, makin pendek usia mereka. Peringatan ini disampaikan para ahli setelah melakukan penelitian terhadap lebih dari 12.000 orang dewasa di Amerika.

Ini berarti kita memang harus terus aktif dan bergerak. "Pesan dari hasil penelitian ini adalah orang harus memahami bahwa semua hal yang dilakukan setiap hari memiliki konsekuensi. Bila pekerjaan mengharuskan Anda banyak duduk, tidak apa, tapi imbangi dengan aktivitas fisik yang mengeluarkan energi," kata Dr.Jay Brooks, ahli hematologi dan onkologi.

Manfaat menyehatkan dari kegiatan olahraga bagi orang yang kegemukan sudah lama didokumentasikan. Namun efek dari kebiasaan terlalu banyak duduk kurang diungkap. Beberapa penelitian memang menunjukkan kaitan antara durasi duduk dengan penyakit diabetes atau jantung. Namun belum ada yang secara khusus melihat kaitan antara mortalitas dan kebiasaan terlalu lama duduk.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, para ahli menganalisa jawaban kuesioner yang diisi olehlebih dari 123.216 orang yang tidak punya riwayat penyakit. Mereka berpartisipasi dalam sutdi Cancer Prevention II. Para peneliti mengikuti kesehatan para responden selama 14 tahun sejak tahun 1993.

Selama kurun waktu penelitian, mayoritas partisipan meninggal karena penyakit jantung daripada kanker. Setelah mempertimbangkan berbagai faktor risiko, termasuk indeks massa tubuh dan merokok, wanita yang menghabiskan 6 jam sehari untuk duduk memiliki risiko kematian 37 persen lebih tinggi dibanding rekannya yang duduk 3 jam.

Secara umum diketahui orang-orang yang terlalu banyak duduk dan tidak pernah berolahraga memiliki risiko kematian lebih tinggi lagi, yakni 94 persen pada wanita dan 48 persen pada pria. Olahraga teratur, bahkan yang dilakukan sebentar, akan mengurangi risiko kematian akibat kebiasaan duduk lama tadi.

"Semakin lama Anda duduk, makin sedikit energi yang dipakai. Hal ini lama-lama bisa menyebabkan kegemukan dan berpengaruh pada metabolisme," kata Dr.Alpa Patel, ahli epidemiologi dari American Cancer Society.
Ia menambahkan, otot tubuh, terutama otot kaki, jika jarang dipakai akan merangsang atau menekan beberapa hormon yang berpengaruh pada trigliserida, kolesterol yang berujung pada meningkatnya risiko penyakit jantung.
READ MORE - Selengkapnya

MENANGGULANGI PENYAKIT ASAM LAMBUNG


Nyeri lambung, merupakan salah satu gejala utama sakit lambung (maag)--yang dalam istilah medis disebut gastritis--sebenarnya lumayan populer di masyarakat. Berdasarkan penelitian di Jakarta pada 2007 terhadap 1.645 orang, ternyata enam dari 10 orang mengalami sakit lambung. Sayangnya, masyarakat Indonesia masih rendah kesadarannya untuk menjaga kesehatan lambung


Bisa pula berlangsung hingga bulanan atau tahunan yang disebut gastritis kronis. Secara garis besar, penyakit lambung dibagi berdasarkan gangguannya, yakni fungsional dan non-fungsional (organik). Sakit maag fungsional adalah sakit maag yang bukan disebabkan oleh gangguan pada organ lambung. Ini lebih disebabkan oleh pola makan yang kurang sesuai atau akibat faktor psikis. Sedangkan sakit maag non-fungsional adalah terjadinya kelainan atau gangguan pada organ lambung.


Nyeri lambung bisa timbul akibat terlalu banyak minum alkohol dan menggunakan obat-obatan antir adang nonsteroid dalam jangka panjang, seperti aspirin serta ibuprofen. Tapi ada kalanya juga nyeri lambung terjadi pada pembedahan mayor, trauma cedera, luka bakar, atau infeksi yang parah.


Beberapa penyakit lain juga bisa menyebabkan nyeri lambung, misalnya anemia atau penyakit autoimun, seperti lupus. Nyeri lambung bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri. (Helicobacter pylori) diketahui bisa menyebabkan luka lambung yang diduga menjadi salah satu pemicu kanker lambung," kata ahli gizi dokter Sri Sukmaniah, SpGK, dalam peluncuran "Gerakan Lambung Sehat Indonesia", yang digelar sebuah perusahaan produsen obat sakit maag di Jakarta beberapa waktu lalu.


Nyeri lambung yang berulang, dan dibiarkan tidak sembuh walau sudah diobati, juga bisa menjadi awal munculnya penyakit kanker lambung.


Pencegahan bisa dimulai dari menjaga pola makan yang sehat. Membiarkan lambung kosong akan membuat asam lambung yang diproduksi jadi berlebihan. Asam lambung inilah yang akan merusak dinding lambung Setelah makan, dianjurkan tidak langsung melakukan aktivitas berat atau tidur karena akan mengganggu proses pencernaan. Perlu pula dihindari makanan dan minuman yang merangsang lambung, seperti rasa pedas, asam, kopi, minuman bersoda, dan mengandung alkohol. Cukup waktu istirahat juga penting sebagai upaya mengelola stres, yang menjadi salah satu pemicu meningkatnya jumlah produksi asam lambung. Sebab, fungsi saluran pencernaan mereka mulai menurun, termasuk berkurangnya kerja enzim saluran pencernaan yang berfungsi mencerna bahan makanan, maka pada orang lanjut usia sebaiknya mengikuti pola makan porsi kecil, tapi dengan jadwal makan yang lebih sering."


Pengobatan sakit lambung bisa dengan cara non-farmakologi, seperti pengaturan gaya hidup dan pola makan sehat. Bisa juga dengan cara farmakologi, yakni menggunakan obat-obatan untuk menekan produksi asam lambung atau membunuh kuman yang menginfeksi lambung.
Untuk mengatasi serangan nyeri lambung tiba-tiba, konsumsilah obat antasida atau penetral asam lambung, seperti hydrotalcite, yang bekerja langsung pada lambung dan melindungi lambung lebih lama


Pemeriksaan yang dibutuhkan bila sakit lambung terus terjadi, meski sudah diobati, ada kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan berikut ini: Sebuah kabel kecil berujung kamera akan dimasukkan melalui mulut atau kadang-kadang hidung hingga mencapai lambung untuk melihat kondisi dinding lambung bisa jadi Anda mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah akibat perdarahan yang terjadi di lambung
READ MORE - Selengkapnya

PENGERTIAN DISFUNGSI EREKSI


Berbagai definisi disfungsi ereksi dikemukakan oleh berbagai ahli. Salah satu yang paling banyak dipakai ialah yang diajukan oleh World Health Organization (WHO). Menurut WHO disfungsi ereksi adalah keadaan di mana ereksi tidak bisa dicapai atau dipertahanlcan sampai koitus selesai selama 3 bulan. Definisi versi WHO itu tidak menjelaskan apakkah gangguan ereksi dialami oleh seseorang terus-menerus atau kadang-kadang.

Dalam praktik klinis, definisi ini kurang tepat. Pasien mengeluh ereksi yang lemah dalam berbagai situasi. Ada pasien yang mengeluh ereksi tidak keras saat bercumbu dengan pacar dan tidak ada rencana melakukan koitus, dan yang lain mengeluh saat melakukan masturbasi.

Keluhan yang terbanyak ialah ereksi tidak cukup keras saat koitus. Jadi, sebenarnya tidak hanya saat melakukan koitus. Berarti definisi yang paling tepat dalam kehidupan sehari-hari atau dalam praktik klinis ialah keadaan di mana penis tidak bisa mencapai ereksi yang cukup keras pada saat melakukan aktivitas seksual, sendiri atau bersama pasangan.
Secara normal ereksi akan terjadi pada kejadian atau aktivitas seksual seperti di bawah ini :

  1. Saat melakukan kontak seksual, bercumbu dengan pasangan misalnya berciuman, berpelukan dan terutama bila penis dirangsang oleh pasangan seharusnya penis akan ereksi cukup keras dan cukup cepat,
  2. Sesudah penis ereksi pada saat bercumbu, suami akan melakukan penetrasi ke vagina. Ereksi penis berlangsung terus sampai berhasil menembus vagina, dan
  3. Sesudah penetrasi, penis ditarik dan didorong di dalam vagina berulang-ulang. Selama itu, diharapkan penis akan tetap ereksi sampai ejakulasi. Sesudah ejakulasi, barulah ereksi menurun secara perlahan-lahan.

Bila penis sering gagal mencapai ereksi dalam ketiga tahap di atas dalam jangka waktu tertentu berarti telah terjadi disfungsi ereksi. Menut WHO, jika kegagalan terjadi selama 3 bulan barulah disebut disfungsi ereksi. Untuk kepentingan klinis, definisi ini kurang tepat karena terlalu lama yakni memerlukan 3 bulan penis tidak bisa ereksi baru termasuk disfungsi ereksi.

Banyak pasangan yang normal melakukan hubungan seks 2 sampai 3 kali seminggu. Berarti dalam 1 bulan, biasanya melakukan koitus 8 sampai 12 kali dalam keadaan normal. Jadi, dalam 3 bulan sekitar 30 sampai 40 kali kegagalan ereksi barulah dikategorikan disfungsi ereksi. Keadaan ini terlalu lama. Pada umumnya, fungsi tubuh yang tidak normal selama 1 bulan, seharusnya dianggap telah terjadi suatu gangguan.

Jadi definisi disfungsi ereksi yang terbaik adalah keadaan di mana ereksi tidak bisa dicapai atau dipertahankan pada saat melakukan aktivitas seksual sendiri atau bersama pasangan selama 1 bulan. Dengan demikian, di harapkan setiap orang yang mengalami kegagalan mendapatkan dan mempertahankan ereksi selama 1 bulan seharusnya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pertolongan.

READ MORE - Selengkapnya

BENARKAH OPERASI CAESAR KE DUA LEBIH SAKIT?


setiap perempuan memiliki ambang batas nyeri yang berbeda – beda. Persepsi nyeri tiap orang tak akan persis sama. Apa yang ibu pikirkan itulah yang akan terjadi. Nah satu point penting adalah ibu sudah pernah mengalami sendiri pengalaman melahirkan melalui operasi caesar.

” Pertahankan pikiran positif bahwa saya akan dapat melalui operasi caesar yang kedua dengan lancar semua baik adanya, kebahagiaan untuk mengalahkan rasa nyeri “

Tindakan operasi caesarea, adalah tindakan bedah yang dilakukan dengan indikasi medis yang memenuhi syarat untuk dilakukan keputusan operasi caesar. Dalam tindakan bedah caesar dokter ahli kandungan akan membuka lapisan demi lapisan perut samapi dengan rahim dan setelah bayi lahir akan dijahit kembali sedemikian rupa untuk menyelesaikan seluruh proses persalinan tersebut. Dengan tindakan bedah berarti jaringan syaraf dan otot yang terputus cukup banyak dibanding melahirkan normal.

Keluhan nyeri setelah operasi sebenarnya tidak selalu berarti buruk, hanya saja pemahaman nyeri selama ini seringkali nyeri dianggap sesuatu yang tidak nyaman. Padahal dengan nyeri yang dirasakan menjadi pertanda baik bahwa dengan demikian fungsi syaraf tubuh ibu sudah pulih dari efek bius. Obat bius hanyalah bersifat sementara. Yang dapat ibu lakukan adalah relaksasi dengan menarik nafas panjang setiap kali nyeri timbul dan menghembuskan nafas perlahan melalui hidung.

Selain nyeri akibat luka operasi ada pula nyeri yang menjadi pertanda baik, yaitu nyeri mulas seperti kram pada perut, nyeri ini dibutuhkan sebagai tanda bahwa rahim ibu ternyata sudah berkontraksi dengan baik secara alami untuk mengecil kembali. Pada kehamilan kedua dan ketiga mulas seperti kram perut ini akan sedikit lebih terasa karena kondisi rahim semakin kendur akibat peregangan pada kehamilan sebelumnya. Bayangkan bahwa setelah bayi lahir kondisi rahim yang tadinya membesar akan perlahan - lahan mengecil samapi seukuran buah pir. Bila nyeri ini tidak timbul dan kontraksi / kram tidak terjadi maka resiko perdarahan dapat terjadi.

Nah apapun resiko dari sebuah proses persalinan jangan dijadikan nyeri sebagai beban, baik melahirkan normal maupun caesar masing masing tetap butuh perjuangan. Manakah yang lebih membahagiakan dalam hidup ibu selain menimang bayi yang begitu didambakan telah lahir dengan selamat. Renungkan sejenak anugerah kelahiran bayi lebih dari segalanya.

Mengenai kualitas jenis obat nyeri, ada banyak sekali jenisnya. Setiap dokter akan merekomendasikan sesuai kebijakan mereka . Sekarang kembali pada pilihan ibu sendiri akan menggunakan fasilitas di rumah sakit yang telah ibu percaya sebelumnya yang telah memberi obat anti nyeri yang terbaik menurut ibu atau ingin mencoba melahirkan di rumah sakit lain. Mahal tidak selalu berarti yang terbaik. Diberi obat dosis tinggi pun bila sudah terjadi penolakan dan ketidak percayaan dalam pikiran pasien , maka obat tetap tidak akan menolong.

SOURCE:bidancare-KOMPASIANA.COM
READ MORE - Selengkapnya

INILAH SEBABNYA MENGAPA KERINGAT BERAROMA TAK SEDAP

HIDUP di negara tropis membuat orang akrab dengan keringat. Air yang merembes lewat pori-pori kulit ini biasa muncul ketika orang merasa gerah atau usai berolah raga. Baunya cenderung asam.
Mengapa keringat menghasilkan aroma tak sedap? Keringat yang dihasilkan tubuh menimbulkan bau setelah mengalami kontak dengan bakteri di permukaan kulit. Bakteri mengurai kandungan lemak dan protein dalam keringat sehingga menghasilkan senyawa asam.

Keringat dihasilkan dua kelenjar yang ada di lapisan kulit yaitu akrin dan apokrin. Kelenjar akrin tersebar di hampir sekujur tubuh. Keringat yang dihasilkan berperan sebagai pengatur suhu tubuh. Keringat biasanya muncul saat tubuh melakukan aktivitas yang menghasilkan energi panas, juga ketika merasa gugup dan mual.


Sedangkan kelenjar apokrin umumnya terdapat di area perakaran rambut seperti ketiak dan organ intim. Keringat yang dihasilkan kelenjar inilah yang berpotensi menghasilkan bau badan saat bersentuhan dengan bakteri. Kelenjar apokrin mulai aktif saat memasuki usia pubertas.

Produksi keringat setiap orang berbeda. Pengeluaran keringat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya, aktivitas tubuh, suhu lingkungan, genangan emosi, dan rangsangan saraf. Keringat memiliki kandungan utama sodium klorida, sama seperti bahan utama garam. Itulah mengapa keringat tubuh terasa asin saat terjilat.




Mengatasi keringat berlebih atau bau badan akibat keringat bukan hal yang sulit. Dewasa ini, banyak produk deodorant dipasarkan untuk menghalau bau tak sedap yang muncul di area ketiak. Mencukur bulu di area ketiak juga efektif mengurangi bau tak sedap.

READ MORE - Selengkapnya

INILAH KEUNTUNGANNYA JIKA TIDUR MALAM CUKUP


Semua suka tidur, apalagi ketika bangun dari tidur malan yang baik. Dulu, tidur sering di abaikan oleh para ahli dan selalu dikelilingi oleh mitos-mitos, tapi sekarang kita mencoba untuk memahami betapa pentingnya kualitas tidur bagi kesehatan kita. Faktanya, ketika seseorang tidur kurang dari 6-7 jam setiap malam, imunitas tubuh akan berkurang dan meningkatkan risiko terjangkit penyakit.

Di bawah ini 10 keuntungan tidur malam yang baik bagi kesehatan.

1. Tidur menjaga jantung Anda tetap sehat

Serangan jantung dan stroke sering kali terjadi selama jam-jam pagi atau subuh. Fakta ini dapat dijelaskan oleh cara kita tidur berinteraksi dengan kinerja pembuluh darah kita. Tirun yang kurang telah dihubungkan dengan memburuknya tekanan darah dan kolesterol, dan semua ini menyebabkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Janutng Anda akan lebih sehat jika tidur diantara 7-9 jam per malam.

2. Tidur dapat mencegah kanker

Orang yang berkerja malam akan lebih berikiso terkena kanker payudara dan kanker usus besar. Para peneliti meyakini bahwa hubungan ini disebabkan perbedaan melatonin terhadap orang yang terpapar cahaya pada malam hari. Paparan cahaya mengurangi kadar melatonin,yaitu hormone yang membuat kita bias merasa ngantuk dan sekalian juga memjaga tubuh dengan melawan kanker. Melatonin keluar untuk menahan perkembangan tumor. Pastikan agar kamar Anda gelap agar membantu tubuh Anda memproduksi melatonin.

3. Tidur dapat mengurrangi stres

Ketika tubuh Anda kurang tidur, dan hal itu akan memancing stress. Fungsi tubuh akan berada pada kondisi sangat waspada yang akan menimbulkan kenaikan tekanan darah dan pelepasan hormone stres. Tekanan darah yang tinggi akan meningkatkan resiko terkenan seranga jantung dan stroke.

4. Tidur dapat mengurangi peradangan

Peningkatan hormon stres akanmeningkatkan tingkat peradangan pada tubuh Anda, juga akan menciptakan risiko yang lebih besar pada kanker dan disbetes. Peradangan dipandang sebagai salah satu penyebab kondisi tubuh kelihatan cepat tua. Oleh karena itu, orang yang kurang tidur akan lebih cepat kelihatan tua.

5. Tidur membuat Anda lebih siaga

Tentu saja, tidur malam yang baik akan membuat merasa bersemangat dan siaga keesokan harinya. Merasa aktif dan bersemangat sepanjang hari juga akan meningkatkan kesempatan Anda untuk tidur dangan baik lagi pada malamnya. Ketika Anda bangun dan merasa segar, gunakan energi itu sevara aktif pada setiap kesibukan Anda, maka akan menigkatkan kualitas tidur Anda malamnya dan akan menambah energi Anda setiap pagi berikutnya.

6. Tidur dapat meningkatkan memori

Penelitian tidak dapat memahami dengan begiru jelas kenapa kita tidur dan bermimpi, tetapi sebuah proses yang disebut memory consolidation (penggabungan memori) terjadi ketika kita tidur. Ketika tubuh Anda beristirahat, otak Anda tetap berproses, membuat koneksi antara kejadian-kejadian, perasaan-perasaan dan memori-memori. Semakin tinggi kualitas tidur Anda akan membantu Anda mengingat dan memproses berbagai lebih baik.

7. Tidur dapat membantu Anda mengurangi berat badan

Penelitian juga menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam per malam akan lebih gampang terkena kegemukan dan obesitas. Hal ini berdasar jika kurang tidur akan mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh yang akan mempengaruhi nafsu makan. Jadi, jika Anda tertarik untuk mengotrol berat badan, harap diperhatikan untuk selalu mendapatkan tidur yang baik setiap malam.

8. Tidur siang dapat membuat Anda lebih pintar

Tidur sebentar pada siang hari tidak hanya efektif sebagai alternatif refreshing, juga dapat menjaga kesehatan Anda dan menjaga Anda untuk tetap produktif. Orang-orang yang tidur sebentar ketika tidur memiliki tingkat stress yang lebih rendah. Tidur siang juga dapat meningkatkan daya ingat, fungsi kognitif (otak) dan mood.

9. Tidur dapat mengurangi risiko depresi

Tidur sangat berpengaruh besar terhadap zat-zat kimia dalam tubuh kita, termasuk serotin. Orang yang kekurangan serotin akanlebih gampang menderita depresi. Anda dapat mencengah depresi dengan memastikan tidur selama 7-9 jam setiap malam.

10. Tidur membantu tubuh Anda memperbaiki bagian-bagian yang rusak atau aus

Tidur adalah waktu untuk memperbaiki kerusakan akibat stres, sinar ultra violet, dan paparan-paparan berbahaya lainnya. Sel-sel dalam tubuh memproduksi lebih banyak protein ketika tidur. Protein ini berguna untuk memperbaiki kerusakaan-kerusakan tadi.



kompasiana-ferry silitonga
READ MORE - Selengkapnya

SUKA BERKACAMATA HITAM BUKAN SEKEDAR UNTUK GAYA


Pernah dengar orang berkomentar ‘Gaya, nih, ye!’ pada orang yang berkacamata hitam? Banyak orang memakai kacamata hitam atau sunglasses memang untuk bergaya karena kacamata hitam bisa membuat orang tampak lebih cantik atau ganteng. Karena nggak suka dikomentari ‘Gaya, nih, ye!’ makanya dulu saya nggak suka pakai kacamata hitam.

Sekarang ceritanya lain, setiap kali ke luar rumah di siang hari, saya selalu memakai kacamata ini. Nggak peduli orang mau komentar apa, yang penting saya sayang sama mata saya. Sayang sama mata? Betul, kacamata hitam melindungi mata dari jahatnya sinar ulatra violet yang dipancarkan matahari.

Kacamata hitam melindungi mata dengan dua cara, yaitu menyaring cahaya dan melindungi mata dari sinar ultra violet yang merusak. Sinar UV tidak hanya merusak kulit tapi juga terbukti merusak mata. Sinar UV terbukti dapat mempercepat perkembangan kelainan pada mata yg disebut katarak. Sinar ini juga dapat menyebabkan adanya penebalan dan pertumbuhan tidak normal pada bagian mata yang putih. Resiko di atas dihadapi terutama oleh mereka yang berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama, mereka yang telah menjalani operasi katarak atau mereka yang meminum obat-obatan tertentu seperti tetracycline atau pil KB.

Ketika membeli kacamata hitam, para ahli menyarankan untuk membeli kacamata yang mampu menyaring 100% sinar UV-A maupun UV-B. Lebih bagus lagi jika kacamata hitam tersebut berbentuk melengkung mengikuti bentuk wajah (wraparound), sehingga melindungi mata dari sinar matahari yang datang dari arah samping. Semakin besar lensanya semakin baik.

Meski dalam bahasa Indonesia sunglasses sering disebut dengan kacamata hitam, lensa kacamata ini sekarang tidak hanya tersedia dalam warna hitam saja, tetapi tersedia dalam berbagai macam warna, seperti coklat tua, abu-abu gelap sampai dengan pink gelap. Semua warna memberikan perlindungan yang sama. Tidak ada hubungan antara warna dan perlindungan terhadap sinar UV. So ladies, don’t be afraid to match the color of the lenses with your outfit. Whatever is the best for you. Hehe…

Sinar matahari juga tidak hanya berbahaya bagi mata orang dewasa tapi juga bagi mata anak-anak. Sehingga anak-anak pun disarankan memakai kacamata hitam. Dalam memilih kacamata hitam untuk anak-anak perlu pertimbangan yang sama dengan memilih kacamata hitam untuk orang dewasa, yaitu sebaiknya mampu memberikan perlindungan 100% terhadap sinar UV.


Hati-hati dengan kacamata hitam yang sifatnya mainan seperti yang banyak dijual murah di Indonesia karena kacamata mainan ini tidak memberikan perlindungan dari sinar UV. Lensa gelap membuat pupil membuka lebih lebar dan semakin banyak menyerap sinar UV. Jadi kacamata hitam yang tidak mempunyai daya perlindungan terhadap sinar UV, sebenarnya berbahaya bagi mata. Kesimpulannya jangan membeli kacamata hitam kalau tidak berlabel dapat melindungi mata dari sinar UV. Ini juga perlu dipertimbangkan ketika membeli kacamata hitam untuk orang dewasa.

Sebagai penutup kata, saya ingin mangajak para kompasianer untuk menjadikan kacamata hitam sebagai bagian gaya hidup. Selain bikin anda semua semakin cantik dan ganteng, ciiieeee………..kacamata hitam juga melindungi mata anda.
READ MORE - Selengkapnya

KETAHUI 8 KEUNTUNGAN MAKAN BUAH DAN SAYURAN SEGAR

Mengapa kuda bisa kuat hanya dengan makan rumput? Mengapa ada burung bisa hidup hanya dengan makan buah-buahan? Mengapa manusia perlu memasak makanan mereka?

Itu paling tidak tiga pertanyaan yang kadang-kadang muncul dalam pikiran saya.

Kalau sedang lapar, saya membayangkan nasi, sambal, sayur oseng dan tempe goreng. Alangkah enaknya semua ini apalagi masih hangat-hangat. Kami di rumah biasa makan nasi-merah dari ladang sendiri. Kalau pas beras merah habis, saya terpaksa makan nasi putih - rasanya tak enak dan saya pun kurang yakin dengan nutrisi beras putih itu.

Saya vegetarian dalam 13 tahun terakhir ini. Kadang saya masih makan telor (biasanya ayam kampung). Kalau sedang dalam perjalanan, kalau tak ada tempe atau tahu, saya makan telor ayam-oto/negeri.

Salah satu kelemahan saya adalah makan tidak teratur. Bisa saya bilang, jadwal makan saya super-kacau-balau. Untuk jangka panjang, ini tentu tidak bagus bagi kesehatan saya.

Saya punya kebiasaan makan kalau sudah sangat lapar. Ini membuat saya makan dalam porsi yang banyak. Lalu saya menjadi kekenyangan dan ngantuk.

Saya makan buah setiap hari, macam-macam jenisnya. Di satu sisi, otak saya masih dalam format: kalau tidak makan nasi, sambal dan tahu-tempe, belum lengkap. Di sisi lain, saya sebenarnya juga tahu bahwa tanpa makan nasi, sambal, tahu-tempe — hanya makan buah-buahan dan sayur segar yang organik saja pun — manusia bisa hidup.

Adam dan Hawa di Taman Eden kan nggak masak; mereka cuma makan buah-buahan. Iya kan! Jadi mengapa kita begitu obsesif haru makan makanan yang dimasak?

Keuntungan Makan Buah dan Sayur Segar:

1. Kita tidak merasa kekenyangan walau makan banyak buah seperti kalau kita kekenyangan makan nasi. Tadi malam, setelah agak kekenyangan, saya bilang pada diri saya, “Kalau begini nggak menarik. Enak saat makan saja. Setelah makan, perut saya begini malah terasa berat. Mulai besok, saya mau praktekkan makan makanan yang tak perlu dimasak saja.”

2. Menyiapkannya mudah dan cepat. Kalau harus masak kan, apalagi pagi-pagi, ribet. Musti ngulek sambal dan memerlukan banyak peralatan.

3. Sudah mengandung protein yang cukup untuk tubuh manusia. Jadi tak perlu kuatir saya akan kekurangan protein. Dalam beberapa bulan belakangan ini, kami mempraktekkan makan buah-buahan dulu sebelum makan nasi dan lauk-pauknya. Biasanya, saya juga jadi jarang serapan pagi pakai nasi dan lauk karena sudah makan sepiring beberapa jenis buah-buahan.

4. Mengandung enzim dalam kondisi bagus. Saya merasa tubuh saya tidak selincah yang saya mau; dugaan saya karena pola makan saya yang buruk dan juga enzim dalam makanan saya yang sudah saya masak rusak lebih dari separohnya. Makanan yang dimasak kalau masuk ke dalam tubuh, sebagian menjadi beban bagi tubuh; membuat badan dan bahkan pikiran lelah.

5. Daya tahan tubuh menjadi lebih bagus. Ini saya yakin. Saya mau membuat diri saya sebagai manusia-percobaan bagaimana rasanya dan hasilnya kalau saya hanya makan makanan yang segar, tanpa ada yang perlu dimasak. Dalam sehari bagaimana, seminggu lalu sebulan. Kalau bisa sukses dalam sebulan, saya yakin bisa sukses dalam setahun dan seterusnya?

6. Menemukan jenis buah-buahan lokal yang langka dan menambah variasi buah sebagai menu sehari-hari. Untuk apa saya harus memasak makanan saya kalau ada makanan-makanan yang sebenarnya justru lebih sehat dan bergizi tanpa dimasak? Saya pun belum mengeksplorasi berbagai macam buah-buahan lokal menjadi menu makanan sehari-hari. Waktunya untuk melakukan itu!

7. Mendorong pengembangan dan pembudidayaan buah-buahan lokal di negeri sendiri. Kalau kita mengonsumsi lebih banyak jenis buah-buahan lokal, buah-buahan asal negeri sendiri, ini juga bisa mendorong para petani kita menanam lebih banyak variasi buah-buahan. Mengurus tanaman buah yang tahan bertahun-tahun tentu jauh lebih mudah daripada beternak ayam atau hewan lainnya untuk memenuhi protein masyarakat.

8. Kita bisa irit bahan bakar yang semakin langka dan mahal. Anda boleh menghitung keuntungan kalau Anda membiasakan diri makan lebih banyak buah-buahan dan mengurangi makanan-makanan yang perlu dimasak. Salah satu keuntungan yang paling jelas adalah irit bahan bakar; artinya saving kan.

Kita terlalu dininabobokkan oleh konsep empat sehat lima sempurna, ini iklan asal Amerika yang diadopsi oleh Soeharto; Indonesia menjadi pasar penjualan daging hasil peternakan besar-besaran di Amerika. Konsep vegetarian dan hidup sehat ditentang habis-habisan di Amerika oleh para kapitalis-peternakan sejak tahun 1970-an. Saya tidak perlu mengadopsi apalagi melakukan konsep empat sehat lima sempurna a la kepentingan pemilik ternak hewan yang banyak disuntiki antibiotik dan berbagai jenis obat-obatan itu.


Limantina_sihaloho-kompasiana
READ MORE - Selengkapnya

INI UNTUK ORANG YANG MEYAKINI SEKS ORAL ITU AMAN?!

Jangan salah, virus, bakteri dan jamur yang ada di dalam mulut dan juga alat kelamin sama-sama bisa saling bertukar tempat. HIV pun bisa menular bila kebetulan ada sakit dan luka di dalam mulut. Kalau sudah tertular, menyesal kemudian, deh!!! Kata siapa juga kalau sudah melakukan seks oral tapi masih memiliki selaput dara masih bisa disebut perawan?! Memangnya sudah mengerti dan paham apa arti dan makna perawan itu?!

Seorang perempuan muda belia mengaku sering berhubungan seks dengan kekasihnya dengan cara oral. Menurutnya, ini lebih aman daripada harus melakukan hubungan intim lewat penetrasi vagina. Ini juga salah satu trik yang dilakukannya untuk menjaga keperawanannya.

”Kalau boleh tahu, ini pacar ke berapa?”

”Yang kedua.”

”Memangnya dulu kapan pertama kali pacaran?”

”Waktu kelas tiga SMP, Mbak!”

“Yang ini, sejak kapan?”

“Baru dua bulan, kok!”

”Oh, oke! Terus baru dua bulan sudah sering oral?”

“Yah, namanya juga pacaranlah! Mbak juga psti tahu sendiri.”

“Apa dengan pacarmu dulu juga melakukannya?”

“Hmmm… Iya, sih!”

“Mereka yang minta atau kamu yang menawarkan?!’

”Terjadinya begitu saja.”

”Apa kemudian dilanjutkan dengan yang ”lebih”?!

”Nggak, Mbak!!! Saya takut hamil!!!”

“Kalau ketularan penyakit nggak takut, ya?!”

”Maksud, Mbak?!”

”Apa kamu yakin pacar kamu itu bersih?!”

”Darimana saya tahu?!”

”Kalau nggak tahu, kenapa kamu mau melakukannya?!”

”Kalau oral, kan, nggak apa-apa, Mbak!!!”

”Kata siapa?!”

”Oh, ya?!”



Ketidaktahuan seringkali membuat semuanya menjadi salah kaprah. Apalagi bila kemudian rasa ingin tahu tidak dipenuhi dengan pengetahuan yang benar. Semakin salah kaprah lagi. Pembatasan lewat moral dan agama tidak bisa menjamin terbendungnya rasa ingin tahu mereka. Mereka membutuhkan pengetahuan yang bisa masuk akal dan diterima oleh mereka. Sesuatuyang bisa membuat mereka yakin dan dijadikan patokan atas pola pikir dan cara pandang mereka, terutama untuk anak-anak yang memiliki kreatifitas tinggi, keingintahuan yang besar, berjiwa petualang, dan suka dengan tantangan. Maklum usia remaja adalah usia pencarian jati diri.


Banyak bacaan tentang oral seks tetapi hanya sedikit yang bercerita tentang akibat negatif dari hubungan seks oral bila dilakukan sembarangan. Sementara pada fakta dan kenyataanya, seks oral juga bisa menyebabkan seseorang tertular penyakit kelamin. Virus, bakteri, dan segala kuman yang di kelamin dan di mulut bisa kemudian menyebabkan penyakit, baik yang dioral maupun yang melakukan oral. Tergantung kepada kondisi fisik masing-masing dan juga tergantung kepada kebersihannya, juga cara melakukannya. Tidak bisa kita sembarangan melakukannya, apalagi ganti-ganti pasangan. Sama saja resikonya dengan melakukan hubungan seks lewat penetrasi meskipun lebih kecil kemungkinannya.


Oleh karena itulah sekarang ini sedang digiatkan penggunaan kondom untuk melakukan seks oral. Perlu diingat bahwa kondom bukanlah yang membuat seseorang melakukan seks bebas. Kondom tidak menjerumuskan seseorang bolah melakukanya. Kondom adalah benda yang merupakan alat kontrasepsi sekaligus pencegah penularan dan penyebaran penyakit. Yang menjerumuskan terjadinya perilaku seksual yang tidak baik dan benar adalah pola pikir dan cara pandangnya seseorang. Tidak perlu ada kondom pun perilaku seksual sembarangan sudah gila-gilaan, kok!!! Coba dipikirkan baik-baik mana yang prioritas dan mana yang sebaiknya dilakukan.


Oral seks juga identik dengan masalah menjaga keperawanan. Ini semua diakibatkan karena masalah keperawanan hanya terbatas pada selaput dara saja. Hal ini juga yang membuat kemudian orang kembali salah kaprah soal moral dan etika di mana mereka yang masih memiliki selaput dara dianggap lebih baik daripada yang tidak. Padahal selaput dara itu bisa saja hilang tanpa harus melakukan penetrasi. Mereka yang sering melakukan kegiatan olahraga keras atau pernah mengalami kecelakaan banyak yang sudah kehilangan selaput daranya. Apakah kemudian mereka menjadi tidak baik?! Apakah mereka yang sudah melakukan oral seks lebih perawan dibandingkan dengan mereka?!


Perawan adalah suci dan bersih. Suci di dalam hati dan bersih di dalam berpikir sehingga makna dan arti dari perawan itu bukan hanya sebatas selaput dara saja. Pria dan perempuan sama-sama harus menjaga keperawanan mereka bila ingin mendapatkan kebahagiaan di dalam hidup. Bila ingin menjadi seseorang yang berarti dan juga bermanfaat baik bagi diri sendiri, keluarga, dan juga semua. Perawan juga tidak terbatas apakah masih muda atau sudah tua. Semua orang harus bisa menjaga kesucian hatinya dan kebersihan pikirannnya.


Sebagai catatan bahwa kebanyakan perempuan melakukan seks oral karena tidak mengecewakan pasangannya. Ini biasanya disebabkan karena kurangnya rasa percaya diri sehingga ada rasa takut untuk ditinggalkan. Sehingga kemudian mereka memilih untuk memuaskan pasangannya meskipun sebenarnya terpaksa. Tidak mudah untuk mau melakukan seks oral dengan sukarela karena hanya sedikit perempuan yang sebenarnya menyukai melakukannya. Perasaan jijik dan kotor serta tidak suka terhadap bau dan aroma penis serta sperma banyak membuat merasa mual. Oleh karena itu juga, mereka yang memaksa pasangannya untuk melakukan oral seks, menurut saya sama saja dengan telah melakukan pemaksaan atau pemerkosaan. Efek psikologis yang ditimbulkan bisa sama saja. Depresi dan trauma yang berkepanjangan.


Di dalam menyelesaikan masalah perilaku seksual, sebaiknya kita bisa menjelaskannya secara utuh dan tidak sepotong-sepotong. Jangan hanya menjelaskan dari sisi kesehatan saja atau psikologis saja. JELASKANLAH SEKS SECARA UTUH. .Jangan juga hanya menyebut bahwa ini salah dan dosa, tetapi jelaskan alasannya kenapa itu semua sebaiknya tidak dilakukan. Jangan juga menyebutkan soal surga atau neraka karena ini akan membuat mereka menjadi merasa terpaksa melakukannya. Berikanlah mereka pengertian agar bisa memahaminya dengan baik dan benar serta benar-benar dilakukan atas dorongan dari diri mereka sendiri. Bila terpaksa, ada masanya bila mereka ingin membebaskan diri dan berontak, lalu apa yang terjadi?! Biasanya lebih parah lagi!!!


Menurut saya, langkah yang paling bisa mengantisipasi perilaku seksual yang tidak benar adalah dengan mengajarkan anak-anak kita untuk selalu jujur dalam setiap langkah. Mengenal apa dan siapa mereka yang sebenarnya dan berani untuk menjadi diri sendiri. Didiklah mereka untuk bisa mandiri dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan kata hati dan jiwa mereka. Penuhi diri mereka dengan cinta dan biarkan mereka selalu merasa memiliki cinta. Hindari kekosongan dan kelabilan di dalam jiwa dan pikiran mereka. Bantulah mereka untuk bisa menemukan jati diri mereka yang sebenarnya agar mereka juga bisa lebih mengenal siapa yang memberikan mereka kehidupan ini dengan sendirinya. Jangan jadikan mereka sebagai kita atau orang lain dan siapapun juga, jadikanlah mereka sebagai mereka sendiri.

mariska lubis-kompasiana.com
READ MORE - Selengkapnya

INILAH SEBABNYA MENGAPA BULU KEMALUAN PERLU DICUKUR


Merawat bagian kemaluan termasuk rambut-rambut halus di sekitarnya sangat penting dilakukan pria maupun wanita. Ada orang yang malas mencukur bulu rambut tapi ada juga yang sangat terobsesi mencukurnya karena ingin terlihat seksi dan sebagainya. Seberapa pentingkah mencukur bulu kemaluan?


Pakar andrologi Prof Dr dr Nukman Moeloek, Sp And mengakui bulu kemaluan memang tidak selamanya harus dicukur. "Kalau mau cukur ya tinggal cukur, kalau tidak juga tidak apa-apa. Yang penting usahakan tetap bersih," kata Prof Nukman Ketika dihubungi detikhealth.


Selain karena faktor kebersihan, banyak pria yang mengaku menyukai alat kelamin wanita tanpa bulu karena terlihat lebih seksi.


Benarkah demikian?


"Itu sih tergantung persepsi tiap orang. Ada yang suka seperti itu ada juga yang tidak mempermasalahkannya," tutur Prof Nukman.


Menurut Guru Besar Andrologi dan Biologi Kedokteran Universitas Indonesia itu, umumnya pertumbuhan rambut akan terhenti setelah 2 bulan. Jadi rambut kemaluan yang sudah gondrong tidak akan bertambah gondrong terus meski tidak dicukur.


Namun rambut kemaluan yang tidak dicukur memang berisiko sebagai tempat berkembangnya bakteri jika tidak dibersihkan dengan baik. Tapi jika dibersihkan dengan benar, bakteri tidak akan berkembang di sana. "Seperti rambut saja, walaupun gondrong tapi kalau bersih, ya nggak masalah." katanya.


Pisau cukur adalah senjata yang sangat populer yang menjadi pilihan untuk menghilangkan rambut kemaluan. Bagi kebanyakan orang, teknik perawatan ini adalah solusi yang baik dibanding dengan teknik menggunting. Yang harus diperhatikan, memangkas rambut kemaluan dengan pisau cukur sebaiknya dilakukan setelah membasahinya dengan air hangat.


"Sebelum dicukur, jangan lupa dibasahi dan diberi sabun dulu agar licin dan gampang mencukurnya," ujar Prof Nukman.


Selain teknik mencukur dengan pisau cukur, teknik lainnya yang bisa digunakan adalah teknik elektrolisa, laser, waxing (lilin) atau menggunakan obat penghilang rambut.


Teknik elektrolisa bisa menghilangkan bulu kemaluan secara permanen hanya dalam satu kali perawatan, tapi harganya cukup mahal. Sedangkan teknik waxing tidak terlalu dianjurkan karena menimbulkan rasa sakit pada bagian alat kemaluan yang memang sangat sensitif.


Mau dicukur atau tidak, yang pasti rambut kemaluan harus dijaga kebersihannya. "Yang jelas, semua yang ada pada diri manusia itu adalah pemberian Tuhan, jadi harus selalu dipelihara," kata Prof Nukman




detikhealth
READ MORE - Selengkapnya

BENARKAH, MENELAN SPERMA BISA BIKIN AWET MUDA?


Peneliti dari Austria menuturkan bahwa kemungkinan sperma manusia bisa menjadi senjata ampuh untuk melawan proses penuaan. Studi yang dilakukan oleh peneliti di Graz University menemukan bahwa spermidine yaitu suatu senyawa yang ditemukan dalam sperma, bisa memperlambat proses penuaan dan meningkatkan umur panjang pada lalat, cacing, tikus serta sel-sel darah manusia dengan cara melindungi sel dari kerusakan.

Sel penuaan terjadi ketika proses alami yang disebut dengan autiphagy yaitu semacam seluler kanibalisme dimana sel-sel yang rusak atau tidak beres di daur ulang. Berdasarkan penelitian ditunjukkan konsentrasi dari spermidine dapat mengurangi radikal bebas, mencegah penuaan dan memperpanjang usia.

Seperti dikutip dari Telegraph, studi ini masih sebatas penelitian awal. Didapatkan lalat bisa tinggal 30 persen lebih lama dibandingkan dengan lalat kontrol, sedangkan cacing bisa hidup 15 persen lebih lama.

Tapi hasil penelitian ini belumlah final, karena masih harus dilakukan riset jangka panjang. Diperlukan waktu bertahun-tahun dalam penelitian ini termasuk uji laboratorium dan hewan percobaan lebih lanjut sebelum benar-benar dapat dinyatakan aman untuk diuji pada manusia.

Karena sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan menelan sperma bisa menghambat proses penuaan, maka mitos tersebut tidaklah benar. Efek yang mungkin bisa ditimbulkan hanyalah dampak psikis saja, dalam hal ini sang perempuan merasa bahagia karena berhasil memuaskan pasangannya.

Beberapa penelitian memang menunjukkan di dalam sperma terkandung berbagai bahan atau zat yang diduga dapat bermanfaat. Tapi sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan apakah bahan tersebut aman untuk digunakan atau ditelan oleh manusia.

Jika ingin menghambat proses penuaan, sebaiknya gunakanlah metode yang memang telah terbukti aman untuk manusia. Sehingga tidak menimbulkan risiko yang berbahaya bagi dirinya sendiri.

source:cakrawala
READ MORE - Selengkapnya

MENDETEKSI AUTIS MELALUI SUARA ANAK

Jumlah anak autis semakin meningkat. Jika dulu autis hanya bisa dideteksi melalui tingkat laku dan juga tes urin, kini autis pada anak bisa dideteksi melalui suara.

Sebuat penelitian menemukan autisme bisa terdeteksi pada anak dengan cara menganalisa suaranya. Balita yang mengalami gangguan dalam perkembangan pengucapan kata-kata sehingga berbeda dengan anak-anak sehat lainnya, akan dianalisis dengan menggunakan sistem analisis suara otomatis yang diciptakan oleh para peneliti.

Perangkat deteksi suara ini disebut dengan LENA (Language Environment Analysis). Alat ini dapat menyeleksi adanya gangguan spektrum autis (autism spectrum disorder/ASD) yang menjadi intervensi awal yang penting.

Alat ini bekerja dengan cara merekam percakapan anak sepanjang hari dan kemudian memasukkan data tersebut ke dalam program komputer khusus. Nantinya suara ini akan dibandingkan dengan suara dari anak-anak yang memang sudah diketahui memiliki kondisi autis.

Kata-kata yang diucapkan oleh bayi dengan autisme, terutama saat mengucapkan suku kata berbeda dengan anak-anak lain yang berkembang secara normal. Alat ini bisa membedakan suara anak normal, anak yang memiliki autis dan anak yang memang memiliki keterlambatan perkembangan berbicara.

Deteksi dengan menggunakan sistem ini membutuhkan biaya sekitar 130 poundsterling atau Rp 1,8 juta (kurs pounds 13.800) dengan tingkat akurasi sebesar 86 persen. Hasil temuan ini telah dipublikasikan secara online dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

"Teknologi ini bisa membantu para dokter anak untuk mendeteksi apakah anak tersebut memiliki autis atau tidak, sehingga dapat menentukan rujukan yang tepat ke spesialis untuk dilakukan diagnosis secara penuh. Karena jika bisa dideteksi sejak dini, maka pengobatan dan perawatan yang diberikan bisa lebih efektif," ujar Profesor Steven Warren dari Kansas University, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (20/7/2010).

Dalam studi ini peneliti menganalisis suara dari 232 anak berusia 10 bulan hingga 4 tahun. Ditemukan indikator yang paling penting untuk mendeteksinya melalui cara anak-anak tersebut mengucapkan suku kata, yaitu dengan gerakan rahang dan juga lidah selama pengucapan.
detikhealth
READ MORE - Selengkapnya

TERNYATA BERENANG DAPAT MEMBUAT AWET MUDA


Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga renang, memungkinkan fungsi biologis tubuhnya lebih muda hingga 20 tahun daripada usianya saat ini. Apa penyebabnya?

Ada beberapa jenis olahraga kardiovaskular. Diantaranya berjalan, jogging, lari, sepeda dan renang. Diantara olahraga-olahraga kardiovaskular tersebut, renang adalah olahraga yang paling banyak membakar kalori.

Bagaimana tidak, berenang dengan santai dalam satu jam bisa membakar 500 kalori. Sedangkan jika dilakukan dengan intensif dapat membakar 700 kalori lebih!

Hal ini disebabkan karena air memiliki kepadatan 800 kali lebih berat daripada udara. Jadi, setiap gerakan menendang, mendorong, menarik dan mengayuh yang dilakukan bagaikan latihan resistensi mini untuk seluruh otot inti pada tubuh seperti bahu, lengan, pinggul, paha, bokong bahkan perut.

Selain membakar kalori banyak yang tahu kalau olahraga yang satu ini juga meningkatkan metabolisme tubuh. Pada dasarnya, air dapat menetralisir gravitasi sehingga Anda akan menjadi lebih ringan ketika ingin tenggelam. Hal ini tentunya membuat kerja sendi-sendi tubuh menjadi lebih ringan. Dari manfaat air tersebut, renang menjadi olahraga yang paling minim cedera (selama melakukan pemanasan dengan benar) dibandingkan olahraga kardiovaskular lainnya.

Ada keuntungan lain dari olahraga renang, yakni awet muda. Bagaimana bisa? Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga renang, fungsi biologis tubuhnya bisa lebih muda hingga 20 tahun daripada usianya saat ini. Selain itu tekanan darah, tingkat kolesterol, kinerja jantung, sistem saraf pusat dan fungsi kognitif otak perenang sebanding dengan seseorang yang jauh lebih muda.

Begitu banyak manfaat olahraga yang satu ini. Meskipun begitu, ada yang perlu Anda perhatikan saat berenang karena olahraga ini tetap memiliki risiko.*(wlpop/jay)


cakrawala
READ MORE - Selengkapnya

SEPUTAR KESEHATAN GIGI DAN CARA MENGATASI GIGI BERLUBANG


Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.

Gigi merupakan bagian paling membedakan di jenis mamalia yang berbeda, dan salah satu yang bisa menjadi fosil dengan baik. Bentuk gigi berhubungan dengan jenis makanan hewan tersebut. Misalnya herbivora memiliki banyak gigi geraham untuk mengunyah karena rumput sulit untuk dicerna. Karnivora membutuhkan taring untuk membunuh dan merobek, dan karena daging mudah untuk dicerna, maka mereka dapat menelan makanan tersebut tanpa membutuhkan geraham untuk mengunyah makanan tersebut terlebih dahulu.

Bagian-bagian Gigi

Mahkota gigi atau corona, merupakan bagian yang tampak di atas gusi. Terdiri atas:
  • Lapisan email, merupakan lapisan yang paling keras.
  • Tulang gigi (dentin), di dalamnya terdapat saraf dan pembuluh darah.
  • Rongga gigi (pulpa), merupakan bagian antara corona dan radiks.
  • Leher gigi atau kolum, merupakan bagian yang berada di dalam gusi.
  • Akar gigi atau radiks, merupakan bagian yang tertanam pada tulang rahang. Akar gigi melekat pada tulang rahang dengan perantaraan semen gigi.
  • Semen gigi melapisi akar gigi dan membantu menahan gigi agar tetap melekat pada gusi. Terdiri atas:
    o Lapisan semen, merupakan pelindung akar gigi dalam gusi.
    o Gusi, merupakan tempat tumbuh gigi.

Sakit Gigi

Menderita sakit gigi bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Rasa sakitnya bahkan bisa membuat orang dewasa menangis. Gigi berlubang umumnya menjadi penyebab awal kita menderita sakit gigi. Sakit gigi menjadi problem kesehatan yang juga serius bagi banyak orang. Apa sebenarnya yang terjadi pada gigi kita saat menderita sakit gigi? Apa akibat lain dari gigi berlubang? Bagaimana cara mencegah sakit gigi?

Gigi yang berlubang bukanlah disebabkan ulat seperti anggapan orang pada zaman dahulu. Teori ini bertahan hingga tahun 1700-an hingga Willoughby Miller seorang dokter gigi Amerika yang bekerja di Universitas Berlin menemukan penyebab pembusukan gigi. Ia menemukan bahwa lubang gigi disebabkan oleh pertemuan antara bakteri dan gula. Bakteri akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam yang menyebabkan lingkungan gigi menjadi asam (lingkungan alami gigi seharusnya adalah basa) dan asam inilah yang akhirnya membuat lubang kecil pada email gigi.

Saat lubang terjadi pada email gigi, kita belum merasakan sakit gigi. Tetapi, lubang kecil pada email selanjutnya dapat menjadi celah sisa makanan dan adanya bakteri akan membuat lubang semakin besar yang melubangi dentin. Pada saat ini kita akan merasakan linu pada gigi saat makan. Bila dibiarkan, lubang akan sampai pada lubang saraf sehingga kita akan mulai merasakan sakit gigi. Proses ini tidak akan berhenti sampai akhirnya gigi menjadi habis dan hanya tersisa akar gigi.

Sakit gigi tidak dapat dipandang sebelah mata seperti anggapan beberapa orang, karena bila didiamkan, dapat membuat gigi menjadi bengkak dan meradang. Selain itu gigi berlubang dapat menjadi sarana saluran masuknya kuman penyakit menuju saluran darah yang dapat menyebabkan penyakit ginjal, paru-paru, jantung maupun penyakit lainnya.

Agar tidak semakin bertambah parah, maka bila Anda memiliki gigi berlubang sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter gigi untuk mengobatinya. Walaupun banyak orang tidak suka pergi ke dokter gigi dengan alasan tidak peduli dengan keadaan gigi, khawatir biayanya mahal, takut atau malu diejek karena gigi yang rusak, namun pergi ke dokter gigi adalah solusi terbaik untuk mengatasi sakit gigi. Gigi berlubang tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Walaupun, mungkin setelah menderita sakit gigi, rasa sakitnya dapat hilang tetapi tidak memperbaiki keadaan gigi. Gigi akan tetap berlubang, bahkan lubangnya akan terus semakin membesar.

Menambal dan Cabut Gigi

Langkah yang umumnya akan diambil dokter gigi adalah menambal gigi yang rusak, bila lubangnya belum terlalu besar. Tetapi, bila kita merasakan sakit gigi, proses penambalan tidak dapat langsung dilakukan karena dengan demikian gas dalam gigi tidak dapat keluar. Dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit atau akan mematikan saraf gigi agar kita tidak tersiksa dengan rasa sakitnya. Pada kunjungan selanjutnya barulah gigi akan dibersihkan dan ditambal sementara, penambalan secara permanen dilakukan pada kunjungan berikutnya lagi.

Bila lubang terlalu besar dan tidak memungkinkan untuk ditambal, berarti gigi harus dicabut. Sama seperti proses penambalan gigi, maka gigi juga tidak dapat langsung dicabut saat gigi masih terasa sakit. Hal ini disebabkan saat kita merasakan sakit gigi, maka obat anestesi (obat kebal agar tidak terasa sakit saat gigi dicabut) tidak dapat menembus akar gigi, sehingga saat dicabut akan menyebabkan sakit yang luar biasa. Proses pencabutan gigi baru bisa dilakukan saat gigi sudah tidak terasa sakit dan untuk menghilangkan rasa sakit dokter akan mematikan saraf gigi.


Mengatasi Rasa Takut ke Dokter Gigi

Jika Anda merasa takut saat dokter gigi menangani gigi Anda, silahkan beritahukan ke dokter Anda. Ia tentu senang membantu Anda mengatasinya. Anda bisa memberitahunya bahwa Anda akan memberi isyarat dengan tangan bahwa Anda takut atau merasa sakit saat ia sedang menangani gigi Anda. Banyak pasien mendapati bahwa hal tersebut membuat mereka lebih tenang.

Selain itu kebanyakan dokter gigi sering mengajak bicara pasiennya saat menangani gigi pasien. Hal ini bertujuan menenangkan hati pasien tersebut.

Ingatlah bahwa gigi yang sehat menunjang kesehatan tubuh. Jika Anda segera memperbaiki gigi Anda yang berlubang, hal ini akan menghindari problem dan perawatan yang mahal di kemudian hari.

Mencegah Gigi Berlubang

Untuk mencegah terjadinya lubang pada gigi, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
  • Memeriksa gigi secara rutin
    Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali walaupun Anda tidak merasakan sakit gigi. Hal ini diperlukan agar dokter dapat mendeteksi lubang kecil yang terjadi pada gigi dan dapat ditangani segera agar lubang tidak semakin besar. Dapat juga dideteksi bagian gigi yang tidak rata atau berlekuk yang dapat menyebabkan gigi sulit dibersihkan.
  • Menyikat gigi secara teratur dan pada waktu yang tepat
    Pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Air liur tidak banyak keluar pada waktu kita tidur, sehingga gigi akan rusak bila Anda membiarkan sisa makanan pada gigi tanpa menyikatnya. Air liur berguna untuk memlinfungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang.
  • Menyikat gigi dengan cara yang benar
    Walau menyikat gigi telah dilakukan secara teratur namun bila dilakukan dengan cara yang tidak benar, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Cara yang benar adalah dengan menyikat ke arah bawah untuk gigi depan (gigi seri) bagian atas, menyikat gigi ke arah atas untuk gigi depan bagian bawah dan menyikat secara mendatar untuk gigi geraham. Menyikat gigi geraham hendaknya dilakukan lebih lama, karena pada gigi ini berpotensi menempelnya sisa-sisa makanan.
  • Kumur setelah makan
    Menyikat gigi tidak mungkin dilakukan sehabis kita makan, maka cara terbaik adalah berkumur-kumur agar sisa makanan tidak terus menempel dan mengurangi keadaan asam dalam gigi.
  • Gunakan benang gigi untuk mengeluarkan sisa makanan
    Sisa makanan yang tertinggal, hendaknya tidak dikeluarkan dengan menggunakan tusuk gigi. Penggunaan tusuk gigi dapat menyebabkan celah antar gigi semakin besar disamping dapat menyebabkan luka pada gusi.
  • Pilih pasta gigi yang mengandung fluorida
    Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Zat ini merupakan salah satu bahan pembentuk email gigi. Adanya zat ini dapat mencegah pembusukan pada gigi.
  • Makan makanan yang berserat
    Mengkonsumsi sayuran atau buah terbukti dapat membuat gigi lebih kuat dan mencegah terjadinya gigi berlubang.
  • Kurangi makanan yang mengandung gula dan tepung
    Makanan jenis ini bila tertinggal di gigi dan adanya bakteri akan menyebabkan asam yang membuat gigi berlubang.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MENGETAHUI MISS V ANDA SEHAT ATAU TIDAK

MISS V letaknya memang tersembunyi, namun bukan berarti Anda bersikap cuek. Menjaga Miss V tetap sehat merupakan kunci untuk terhindar dari penyakit berbahaya.

Berikut beberapa langkah awal yang perlu diketahui untuk melihat apakah Miss V Anda dalam keadaan sehat, seperti dikutip dari buku ”Kesproholic, A-Z Tanya Jawab Seputar Masalah Seksualitas” dari Tim Mitra Inti:

Perhatikan cairan Miss V : Cairan Miss V dimiliki oleh setiap wanita, terutama yang telah mengalami menstruasi. Bentuk cairan ada yang kental dan ada yang cair. Bila cairan itu berwarna bening, cair dan tidak beraroma, tandanya Miss V Anda sehat. Namun bila cairan itu mengental, berwarna kuning, hijau, atau pekat dan beraroma, kemungkinan besar Miss V Anda mengalami infeksi.

Lakukan pemeriksaan rutin : Raba dan perhatikan Miss V Anda. Bila ada benjolan pada bagian-bagian tertentu, segera periksakan diri ke dokter. Bisa saja terjadi penyumbatan pada saluran yang disebabkan karena infeksi. Perhatikan dengan menggunakan cermin, kelebihan berat tubuh dapat memengaruhi warna pada Miss V, demikian juga dengan bertambahnya usia. Semakin gemuk atau semakin meningkatnya usia, warna Miss V akan semakin gelap.

Perhatikan saat membersihkan : Membersihkan Miss V perlu menggunakan trik khusus agar kuman yang ada di bagian belakang dekat anus tidak pindah ke bagian depan. Akan lebih baik bila Anda membersihkan Miss V dari bagian depan ke belakang. Jangan melakukannya berulang-ulang, karena tetap saja kuman dapat pindah. Bila ingin mengulangnya, cuci tangan beberapa kali baru melakukannya sekali lagi. Demikian juga saat mengeringkannya. Lakukan dengan menggerakkan tangan dari bagian depan ke belakang dan bila ingin mengulanginya lagi, lipat kain pengeringnya agar tidak mengulang di tempat yang sama.

Lakukan seks yang cerdas : Anda perlu tahu secara detail dan mendalam siapa pasangan intim Anda. Saat Anda berhubungan seksual pun, Anda harus tahu bagaimana kondisi Anda. Sekalipun kondisi baik, bisa jadi Anda dan pasangan sedang mengalami infeksi yang menular seksual. Untuk itu, sebaiknya rutin memeriksakan diri dan pasangan ke dokter kesehatan organ reproduksi Anda.

Jangan obati sendiri : Bila Anda mengalami gejala-gejala infeksi pada Miss V, jangan langsung mengobati sendiri dengan membeli obat bekas di apotek. Anda lebih baik pergi dan periksa ke dokter agar dapat membedakan diagnosis yang tepat. Jangan sembarangan mengonsumsi obat tanpa petunjuk dokter bila tidak ingin mengalami efek samping yang justru merugikan diri sendiri
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails