Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

JANGAN SUKA BEGADANG ATAU ORGAN TUBUH ANDA AKAN HANCUR


Para dokter di National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati (GOT,GPT), tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm! Selama ini hampir semua orang sangat bergantung pada hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index).

Mereka menganggap bila pemeriksaan menunjukkan hasil index yang normal berarti semua OK. Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter spesialis. Benar-benar mengejutkan, para dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan yang benar pada masyarakat umum, ternyata memiliki pengetahuan yang tidak benar.

Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar. Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Chuan. Tetapi ironisnya, ternyata dokter yang menangani kanker hati juga bisa memiliki pandangan yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat, inilah penyebab terbesar kenapa kanker hati sulit untuk disembuhkan.

Penyebab utama kerusakan hati adalah:

1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama
2. Tidak buang air di pagi hari
3. Pola makan yang tidak beraturan
4. Tidak makan pagi
5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan
6. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan
7. Minyak goreng yang tidak sehat! Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi tubuh yang fit
8. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/ 5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya.

Sebab:

Malam hari pk 21.00 – 23.00:

Adalah pembuangan zat-zat tidak berguna / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Malam hari pk 23.00 - dini hari pk 01.00:

Saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas
Dini hari pk 01.00 – 03.00:

Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur
Dini hari pk 03.00 – 05.00:

De-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran
Pagi pk 05.00 – 07.00:

De-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.
Pagi pk 07.00 – 09.00:

Waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya.

Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna.

Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

Sebab itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan begadang!

READ MORE - Selengkapnya

TRIK MENGHINDARI GULA GULA DARAH YANG RENDAH


HIPOGLIKEMIA atau kadar gula darah rendah merupakan kondisi yang sangat mengganggu aktivitas. Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa menjadi panduan Anda dalam mencegah hipoglikemia.

Awalnya, hipoglikemia ditandai dengan gejala-gejala seperti lemas, gemetaran, perubahan mood, insomnia, migrain dan sakit kepala, muka pucat, mudah marah, mual dan kelelahan. Gejala-gejala ini biasanya bisa diredakan dengan mengadopsi pola makan yang baik.

Cobalah berhenti merokok. Merokok merusak kemampuan tubuh dalam mengontrol kadar gula darah. Kandungan nikotin rokok bisa meningkatkan produksi insulin dan menurunkan produksi hormon-hormon lain yang dikenal dengan glucagon. Glucagon disekresikan dalam hati sebagai respon terhadap kadar gula darah rendah. Glucagon berperan menstimulasi hati untuk melepaskan glukosa yang telah disimpan dalam hati sebagai glikogen. Jika merokok, tubuh Anda akan kesulitan mengatur kadarnya, karena bereaksi dengan nikotin.

Diet seimbang. Fokuskan diet Anda dengan mengonsumsi makanan seperti sayur dan buah segar, sereal whole grain, daging rendah lemak, lemak dalam jumlah kecil dan perbanyak minum air.

Makan lebih sering dengan porsi kecil. Cara ini bisa membantu Anda menstabilkan gula darah. Cobalah makan atau mengonsumsi kudapan sehat dalam porsi kecil setiap 3 atau 4 jam sekali. Dengan begitu, kadar gula darah Anda tidak akan turun terlalu rendah. Tidak perlu cemas. Mengonsumsi 5 atau 6 kudapan kecil, dibandingkan 3 makan besar tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan sepanjang jumlah kalori yang Anda konsumsi tidak berubah.

Sediakan kudapan. Pastikan Anda mempunyai persediaan kudapan untuk dikonsumsi setiap beberapa jam sekali. Pilihlah makanan yang tidak kaya lemak dan gula. Pilihlah buah segar atau kering, kue atau biskuit yang terbuat dari tepung whole wheat atau oat merupakan kudapan sehat yang bisa menjadi pilihan Anda.

Hindari makanan bergula saat perut kosong. Kadar gula darah akan meningkat cepat jika Anda mengonsumsi makanan bergula saat perut dalam keadaan kosong. Peningkatan cepat ini menyebabkan tubuh mengeluarkan insulin dalam jumlah berlebih, yang akhirnya akan menyebabkan kadar gula Anda turun dengan cepat. Karena itu, pastikan mengonsumsi makanan bergula setelah mengonsumsi makanan yang kaya serat (makanan yang kaya sayur, whole grain atau kacang-kacangan). Serat mempunyai efek melindungi dan membantu memperlambat peningkatan kadar gula darah.

Hindari alkohol saat perut kosong. Alkohol mempunyai efek yang sama dengan makanan bergula. Jika hendak minum alkohol, pastikan setelah makan makanan yang mengandung serat.

Hindari minuman yang mengandung kafein. Kafein yang terdapat di dalam kopi, teh, dan minuman berbahan dasar cola, serta cokelat panas akan menstimulasi pankreas untuk mensekresikan lebih banyak insulin. Hal ini akan memperparah sensitifitas gula dan gejala-gejala rendah gula.

Pertahankan berat badan ideal. Sangat penting untuk menjaga agar berat badan Anda normal, tidak naik atau turun drastis. Diet ketat yang sangat membatasi jumlah kalori justru bisa memicu hipoglikemia berulang.

Jagalah kesehatan tubuh dan pikiran. Tubuh dan pikiran yang sehat berisiko lebih rendah mengalami hipoglikemia. Cobalah menerapkan teknik relaksasi dan berolahragalah paling tidak 3 kali seminggu
READ MORE - Selengkapnya

Kanker Langka Atau Hurthle Cell Cancer

DEFINISI
Hurthle cell cancer adalah jenis kanker langka yang menyerang kelenjar tiroid, kelenjar yang terletak di bagian depan leher bawah. Tiroid mengeluarkan hormon yang penting untuk mengatur metabolisme tubuh. Hurthle cell cancer dapat menjadi agresif dan operasi biasanya dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid yang mengalami kanker.

Di antara kasus baru kanker tiroid, kurang dari 5 persennya adalah jenis kanker Hurthle cell. Penyakit ini juga disebut Hurthle cell carcinoma atau kadang disebut oxyphil cell carcinoma.

GEJALA
Tanda dan gejala hurthle cell cancer antara lain:

• Benjolan yang tumbuh dengan cepat, sedikit di bawah adam’s apple.
• Nyeri pada leher dan tenggorokan dengan rasa nyeri pada telinga yang kadang terjadi.
• Serak atau perubahan pada suara.
• Napas pendek.
• Sulit menelan.
• Batuk yang tidak disebabkan infeksi saluran pernapasan.


Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab

Penyebab tepat hurthle cell cancer tidak diketahui, meskipun ilmuan meyakini kondisi ini terkait dengan perubahan DNA, termasuk hubungan dengan proses penuaan.

Secara umum kanker dimulai ketika mutasi terjadi pada sel DNA. Mutasi DNA dapat menyebabkan sel tidak berfungsi secara normal. Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh dengan tidak terkendalikan dan kemudian hidup ketika sel lainnya mati. Akumulasi sel yang membentuk tumor dapat menyebar ke area tubuh lain.


Faktor risiko

Faktor yang dapat meningkatkan risiko hurthle cell cancer antara lain:
• Wanita
• Usia tua
• Pengobatan radiasi pada kepala dan leher


Pencegahan

Anda dapat mengurangi risiko hurthle cell cancer dengan mengurangi paparan radiasi dari sinar X atau sumber lainnya.
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

SAAT-SAAT INILAH WANITA TIDAK PERLU PEMANASAN DALAM BERCINTA

Hampir semua pakar seks menyebutkan pentingnya foreplay untuk membikin seorang wanita mencapai orgasme dalam sebuah hubungan seksual. Maklum, wanita itu ibarat mesin diesel saat bercinta, butuh beberapa lama sebelum 'panas'.

Namun, ternyata ada situasi tertentu yang bisa membuat seorang wanita sampai ke puncak meski tanpa foreplay. Kapan saja itu?


1. Setelah kencan semalaman
Usai makan malam yang menyenangkan, Anda dan si dia memutuskan untuk nonton film dan melanjutkannya dengan acara dansa diiringi musik yang lembut dan romantis. Rasakan pelukannya serta kedekatan wajah Anda satu sama lain. Pengalaman tertawa bersama dan saling mencurahkan perasaan akan menumbuhkan rasa kedekatan yang lebih dalam. Ketika Anda berdua sampai di rumah, ia tak akan sabar lagi untuk melepaskan pakaiannya dan menarik Anda ke tempat tidur.

2. Pulang dari dinas luar kota
Setelah perjalanan dinas, baik itu ke luar kota atau luar negeri yang memisahkan Anda dan pasangan cukup lama, pulang ke rumah merupakan hal yang paling dinantikan. Terpisah jarak bukan hanya menumbuhkan rasa rindu di hati Anda berdua, tapi juga hasrat untuk berintim-intim.

3. Sepulang dari pesta pernikahan
Upacara pernikahan bisa menimbulkan hasrat yang lain pada wanita. Banyak wanita yang mengakui melihat sepasang pengantin bisa menjadi semacam afrodisiak bagi mereka. Karena itu, jangan heran jika gairahnya menggebu-gebu sepulang kondangan.

4. Setelah masa menstruasi
Biasanya setelah menstruasi, seorang wanita akan memasuki masa subur yang diiringi gairah yang meningkat. Ini bisa jadi "bonus" bagi Anda untuk mempersingkat foreplay dan segera masuk ke "menu utama."

5. Hanya punya waktu singkat
Hanya punya waktu singkat namun ingin mood bercinta lebih cepat naik? Anda berdua bisa memulai foreplay sejak siang hari. Kirim saja SMS atau email mesra kepadanya. Menjelang waktu pulang kantor, kirimkan "undangan" kepadanya dengan menceritakan fantasi seksual Anda kepadanya sehingga ia tak sabar untuk mencobanya



kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

SAKIT KEPALA AKIBAT TEKANAN EKSTERNAL

DEFINISI
Sakit kepala karena tekanan eksternal dapat terjadi ketika saat memakai sesuatu di kepala yang secara terus menerus memberikan tekanan pada dahi dan kulit kepala.

Benda-benda yang menyebabkan sakit kepala eksternal termasuk diantaranya adalah topi ketat, helm, ikat kepala dan kacamata renang. Sakit kepala ini terkadang memiliki nama lain berdasarkan penyebabnya, seperti “swim-goggle headache” atau “football-helmet headache.”

Dengan sakit kepala eksternal, solusinya jelas sama dengan penyebabnya. Sederhana, lepas perlengkapan yang memberikan tekanan pada kepala.

GEJALA
Sakit kepala eksternal sering digambarkan sebagai tekanan konstan. Sakit kepala ini menyakiti ditempat obyek tertentu memberikan tekanan dikepala. Semakin lama anda memakai benda tersebut dikepala, rasa sakitnya tentu akan semakin memburuk


Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab

Sakit kepala eksternal disebabkan beberapa jenis perlengkapan yang dipakai dikepala dan memberikan tekanan pada kepala termasuk adalah topi ketat, helm, ikat kepala dan kacamata renang.


Faktor risiko

Sakit kepala eksternal dapat terjadi pada semua orang yang memakai perlengkapan tertentu di kepala.

Pencegahan

Untuk mencegah sakit kepala eksternal, lepas perlengkapan di kepala. Jika perlengkapan kepala tersebut tidak dapat dihindarkan, segera pastikan ukurannya tepat dan posisikan dengan teliti. Coba beberapa model dan ukuran yang anda pandang paling nyaman. Juga, jika mungkin, untuk sementara lepas perlengkapan kepala tersebut secara sering untuk melepaskan dari tekanan.
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

8 MAKANAN SUMBER PENYAKIT


Keracunan makanan adalah pengalaman mengerikan dan berpotensi mengancam keselamatan. Tapi, tak sulit menentukan apakah makanan yang Anda konsumsi aman.

The Center for Science in the Public Interest (CSPI) mengeluarkan daftar makanan terkait wabah sejak tahun 1990. Meski tak banyak kasus keracunan beberapa bahan makanan, mengetahuinya tentu dapat menjadi jalan pencegahan.

"Makanan tersebut ada di mana-mana dan merupakan bagian dari diet yang sehat," ujar juru bicara CSPI, Sarah Klein.

Sadari risiko yang mungkin terjadi, tetapi tak perlu menghindari bahan makanan dimaksud, seperti diulas Health.

Tomat
"Selada atau tomat mungkin terkontaminasi, tapi begitu digunakan dalam rumah tangga, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak mengizinkan bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak," kata Craig Hedberg, PhD, dari University of Minnesota School of Public Health di Minneapolis.

Untuk melakukannya, cuci tangan selama 20 detik dengan air hangat dan sabun sebelum dan setelah menyiapkan produk segar; mencuci buah-buahan dan sayuran di bawah air mengalir sebelum dimakan, dipotong, atau dimasak, bahkan jika Anda berencana untuk mengupas sebelum memakannya. Dan, simpan terpisah buah-buahan dan sayuran yang akan dimakan mentah dari bahkan makanan lain.

Tauge
Tauge baik untuk kesehatan, tapi juga rentan terhadap kontaminasi bakteri. Bibit yang digunakan untuk memproduksi tauge dapat tercemar di lahan tumbuhnya, dan kondisi hangat di mana tauge tumbuh dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Food and Drug Administration merekomendasikan manula, anak-anak muda, dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah untuk menghindari makan tauge mentah.


Es krim
Sebagian besar orang menyukai es krim. Faktanya, es krim telah dikaitkan dengan 75 wabah yang disebabkan oleh bakteri, seperti Salmonella dan Staphylococcus sejak 1990 menurut CSPI.

"Sayangnya, orang-orang yang membuat es krim sendiri di rumah menggunakan telur mentah. Ini yang bahaya," tegas Hedberg.

Keju

Sementara restoran merupakan sumber utama wabah makanan, kebanyakan orang sakit setelah mengonsumsi keju di rumah. Keju dapat terkontaminasi bakteri seperti Salmonella atau Listeria, yang dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil. Itu mengapa, dokter kandungan memperingatkan wanita hamil untuk menghindari soft cheese.

Kentang

Kentang yang dimasak dengan benar tidak akan menyebabkan penyakit. Tapi, waspadai salad kentang. Kontaminasi silang—transfer kuman dari satu jenis makanan ke makanan lainnya, biasanya daging—dapat menjadi sumber masalah. Kentang terkait wabah penyakit akibat kuman, seperti Listeria, Shigella, E. coli, dan Salmonella.

Tiram
Sebelum berubah menjadi makanan lezat nan mahal, kita tentu tidak tahu bagaimana lingkungan dasar laut tempat tiram hidup. Jika air di dalamnya terkontaminasi, demikian pula tiram. Tiram juga bisa terkontaminasi dalam pengolahannya.

Jika disajikan mentah atau kurang matang, tiram dapat mengandung kuman disebut norovirus dan bakteri yang dikenal dengan Vibrio vulnificus yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare.

Tuna
Jenis ikan ini dapat terkontaminasi oleh scombrotoxin, yang menyebabkan sakit kepala, dan kram. Jika disimpan di atas suhu 60 derajat setelah ditangkap, ikan segar dapat melepaskan racun, yang tidak dapat dimusnahkan oleh proses pemasakan.

Telur
Telur menjadi salah satu bahan makanan favorit untuk sarapan. Keracunan makanan paling sering disebabkan oleh bakteri Salmonella di dalamnya. Bakteri tersebut dapat bersembunyi di dalam telur, dan memasak hingga matang adalah kunci untuk membunuhnya. Hindari mengonsumsi setiap produk yang mengandung telur mentah, termasuk adonan kue.

"Terdapat sekira satu penyakit untuk setiap 3000-4000 makanan yang dihidangkan. Namun, makanan mentah seperti telur mungkin telah terkontaminasi dan harus diolah dengan benar," kata Hedberg.

Sumber Berita Okezone.com
READ MORE - Selengkapnya

WASPADA, PENCULIKAN ANAK UNTUK PENJUALAN ORGANNYA KEMBALI MARAK


Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menyatakan modus penculikan anak disertai penjualan organ tubuh marak di berbagai wilayah di Indonesia. "Setidaknya sudah terjadi di tiga daerah, di Bogor, Jawa Tengah, dan Tangerang," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait kemarin.

Arist melihat adanya kesamaan modus dalam kasus penculikan anak-anak yang terjadi di tiga daerah itu. "Anak dikembalikan dengan kondisi tubuh yang tidak lagi lengkap, sekaligus diberikan uang."


Di Jawa Tengah, ada anak yang diculik lalu dikembalikan tanpa organ. Mulut anak itu disumpal uang Rp 1 juta. Seorang bocah laki-laki kembali kepada keluarganya di daerah perbatasan Jayanti, Tangerang, dan Cikande, Serang, beberapa waktu lalu tanpa ginjal.

Arist berharap polisi dapat mengambil langkah tegas atas kasus semacam ini. "Apalagi itu menimbulkan keresahan masyarakat dan membuat mereka berani main hakim sendiri," katanya.

Tindakan main hakim sendiri akibat merebaknya kabar penculikan anak memang memakan korban pada Sabtu malam lalu. Dua orang tewas akibat aksi main hakim sendiri oleh warga. Peristiwa itu terjadi di Kecamatan Gunung Keler dan Kresek, Kabupaten Tangerang, Sabtu malam lalu. Tindakan anarkistis tersebut dilakukan karena warga terpancing isu penculik anak.

Sabtu malam lalu, massa membakar seorang lelaki paruh baya yang diduga hendak menculik anak hingga tewas di Kresek, Kabupaten Tangerang.

Ratusan penduduk kampung mengeroyok dan membakar lelaki yang belum diketahui identitasnya itu ketika gosip merebak bahwa lelaki tersebut hendak menculik seorang anak di kampung itu. Warga yang cemas dan panik mengejar si lelaki yang berlari keluar kampung.

Warga yang datang dari berbagai penjuru kampung mengepung, memukuli, menyiramnya dengan bensin, dan membakar orang yang belum terbukti menculik anak tersebut. "Ketika ditanya warga, lelaki itu lari dan warga mengejar. Dia dibakar dengan bensin," kata petugas jaga Polsek Kresek yang piket malam itu, Brigadir Mahendra, kemarin.

Petugas Kepolisian Sektor Kresek mencoba mengamankan situasi dan menyelamatkan lelaki tersebut, tapi terlambat. Lelaki itu keburu tewas di tangan massa. Jenazah korban dibawa ke Rumah Sakit Polri dr Soekanto, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Warga Gunung Keler, Kabupaten Tangerang, Sabtu malam lalu juga mengeroyok seorang yang diduga berusia 29-35 tahun hingga tewas karena tersulut isu penculikan anak. Kepala Satuan Resor Kriminal Polres Metro Kabupaten Tangerang Komisaris Arif Setiawan mengatakan seorang yang belum diketahui identitasnya itu kabur ketika ditanyai identitasnya. Warga lalu beramai-ramai mengejar mengeroyoknya. "Lelaki itu meninggal sebelum dilarikan ke puskesmas," ujar Ari.

Arif curiga kedua lelaki yang dikeroyok massa adalah orang yang tidak waras yang kebetulan melintasi kampung itu.

Juru bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar, menyayangkan aksi main hakim sendiri oleh warga Kabupaten Tangerang. "Sudah seharusnya mereka tidak main hakim sendiri seperti itu, percayakan pengusutannya pada polisi," kata Boy kemarin.

Polisi, kata Boy, pasti akan menyelidiki dugaan penculikan anak serta perdagangan organ tubuh manusia yang marak di Tangerang dan Tangerang Selatan. Hanya, "Sampai saat ini belum ada laporan yang masuk pada kami mengenai hal itu." Yang ada beberapa laporan kasus penculikan yang sebagian pelakunya sudah tertangkap. Namun Arist menilai polisi terlalu lamban menangani kasus ini.



tempointeraktif
READ MORE - Selengkapnya

Orang dengan IQ Rendah Banyak Terkena Penyakit Jantung


Perokok adalah orang yang paling berisiko mengalami penyakit jantung. Di urutan kedua, faktor penyebab penyakit jantung ternyata bukan tekanan darah tinggi atau jarang olahraga, tapi justru orang dengan Intelligence Quotient (IQ) rendah.

Peneliti dari Britain's Medical Research Council (MRC) menemukan bahwa nilai inteligensi atau Intelligence Quotient (IQ) yang rendah sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung dan kematian, terlepas dari kebiasaan merokok.

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu pria dan wanita di Eropa, Amerika dan mungkin seluruh negara di dunia. Menurut World Health Organization (WHO), penyakit kardiovaskular menyumbang sekitar 32 persen kematian di seluruh dunia pada tahun 2005.

Hampir semua orang tahu bahwa seseorang dengan pendidikan dan pendapatan rendah biasanya lebih berisiko mengalami berbagai macam penyakit. Keterbatasan akses ke rumah sakit, lingkungan yang buruk dan pola hidup yang buruk adalah pemicunya.

Namun kini studi yang dilakukan MRC ingin membuktikan penyakit apa yang paling banyak menyerang orang ber-IQ rendah. Peneliti menganalisis data 1.145 pria dan wanita selama 20 tahun. Ternyata dari hasil studi tersebut diketahui bahwa orang ber-IQ rendah paling banyak mengalami penyakit jantung.

Menurut David Batty, peneliti dari MRC dan Social and Public Health Science Unit di Glasgow, Skotlandia, ada beberapa faktor yang membuat seseorang dengan IQ rendah punya potensi lebih besar terkena penyakit jantung.

"Orang dengan IQ rendah tidak bisa mengerti atau memahami apa itu risiko merokok, atau apa untungnya mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga dan sebagainya. Mereka tidak tahu untuk apa kebiasaan sehat itu harus diterapkan," kata David seperti dilansir Reuters, Rabu (10/2/2010).

David mengatakan, orang dengan IQ rendah perlu lebih diperhatikan lagi. "Perspektif mereka harus diubah. Melalui beberapa pola pembelajaran awal atau sekolah khusus, ada kemungkinan IQ mereka bisa ditingkatkan lagi," tutur David.

Menurut Ioanna Tzoulaki, dosen epidemiologi dari Imperial College London, kampanye kesehatan masyarakat pun perlu ditingkatkan. "Kampanye perlu difokuskan lagi pada kalangan ber-IQ rendah dengan gaya kampanye yang lebih sederhana dan dimengerti mereka," jelas Tzoulaki.

Dalam the European Journal of Cardiovascular Prevention disebutkan lima urutan faktor penyebab utama penyakit jantung yaitu merokok, IQ rendah, pendapatan rendah, tekanan darah tinggi dan jarang beraktivitas fisik.
http://www.infeksi.com/articles.php?lng=in&pg=4449
READ MORE - Selengkapnya

TIPS PENCEGAH VARISES


Pastinya tidak menyenangkan apabila memiliki varises di kaki karena kaki kita akan terlihat kurang cantik. Hal ini akan bermasalah bila terjadi pada wanita, karena percaya diri akan terganggu.

PENCEGAH VARISES
Olah raga secara teratur untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan vena
Jaga berat badan tetap ideal
Kurangi penggunaan sepatu hak tinggi. Bila terpaksa menggunakannya, istirahat dan menggerak-gerakkan kaki setiap 15 menit
Hindari berdiri terlalu lama. Bila pekerjaan mengharuskan Anda berdiri, pindahkan beban dari satu kaki ke kaki lainnya setiap beberapa menit
Jangan duduk sambil menyilangkan kaki terlalu lama karena dapat menghambat peredaran darah
Jangan gunakan pakaian sempit atau ketat pada bagian pinggang, paha, dan kaki
Biasakan mengonsumsi vitamin C dan E. Selain baik untuk pembuluh darah, serta membantu mengurangi rasa sakit dan kram
Banyak makan bergizi, berkadar serat tinggi, buah dan sayur, untuk memperlancar buang air besar
Kurangi konsumsi garam untuk menghindari pembengkakan
Hindari makanan pedas karena dapat merangsang pelebaran pembuluh darah
Lakukan senam kaki. Sambil duduk, putar pergelangan kaki searah jarum jam, lalu putar dengan arah yang berlawanan. Selanjutnya, angkat kaki dan tekuk pada lutut ke arah depan dan belakang.
Angkat kaki saat beristirahat
Berdiri dan bergerak setiap 45 menit bila Anda bepergian dengan pesawat terbang, atau saat duduk bekerja seharian
Berhenti dan berjalan sebentar sedikitnya setiap 45 menit bila bepergian jauh dengan mobil
Mandi dengan air panas dan dingin bergantian sangat baik untuk peredaran darah
READ MORE - Selengkapnya

KOMSUMSI PARACETAMOL BERLEBIH PICU SERANGAN ASMA


Para remaja yang terbiasa mengkonsumsi paracetamol akan beresiko dua kali lebih besar menderita asma. parasetamol atau asetaminofen dikenal sebagai obat analgesik and antipiretik paling populer dan digunakan untuk melegakan sakit kepala, sakit ringan dan demam.

Hal itu diungkapkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Medical Research Institute of New Zealand. Penelitian melibatkan 300.000 remaja berusia 13 dan 14.

Hasil penelitian menunjukkan mereka yang mengonsumsi paracetamol sebulan sekali, 2,5 kali lebih mungkin untuk terserang asma dibandingkan mereka yang tidak pernah mengonsumsinya. Dan orang-orang yang menggunakannya sekali dalam setahun, 50 persen lebih mungkin untuk terserang asma. Demikian dilansir Time of India, Senin (16/8/2010).

Meskipun para peneliti tidak dapat menjelaskan secara rinci paracetamol menyebabkan peningkatan risiko asma, eksim dan alergi hidung, mereka menyatakan bahwa obat penghilang rasa sakit itu mungkin mengganggu sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan di saluran udara.

Dr Richard Beasley, seorang peneliti mengungkapkan paracetamol begitu banyak digunakan. Setengah dari kasus-kasus asma berat mungkin dapat dicegah jika paracetamol dihindari.

"Jumlah penduduk yang mengalami gejala asma parah saat ini sekira 40 persen, dan bila paracetamol dapat dihindari maka akan berdampak signifikan bagi kesehatan masyarakat," katanya


Mengenai penyakit asma dan Pengobatan Tradisional yang dapat dilakukan :

Penyakit asma dibagi 3 macam, yaitu :
1. Asma karena keturunan. Penyakit ini tidak dapat sembuh 100% karena sejak dijanin sudah ada bibit.

2. Asma karena terkilir. Ada organ dada yang salah kedudukan. Misalnya otot dada ada yang muntir, ruas-ruas iga ada yang salah, ruas-ruas tulang belakang di dada ada yang salah.

3. Asma karena alergi. Ada alergi hawa dingin, alergi debu, alergi bulu hewan, alergi bau menyengat, misalkan bau cabe yang sedang digoreng, bawang merah yang sedang digoreng, bau kimia ammonia, dan sebagainya.

Simptom (gejala keluhan)
Sesak nafas terus menerus, kadang-kadang bersama-sama dengan bersin, sering terjadi hidung tersumbat, badan lemas, susah tidur, dan wajah pucat.

Bahan :
1. Kencur –> segenggam tangan
2. Air hanat –> ½ gelas
3. Jeruk nipis –> 1 buah
4. Madu –> 2 sendok makan

Cara pembuatan :
1. Kencur dikupas, dicuci terus diparut
2. Parutan kencur diperas dengan air hangat yang ½ gelas
3. Perasan jeruk nipis dan madu dicampurkan sekaligus. Minum pagi dan sorenya dibuatkan lagi, lalu minum menjelang tidur. Lakukan berkali-kali selama 15 hari.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MELINDUNGI KESEHATAN LIVER ATAU HATI


Hati atau liver adalah organ internal terbesar dalam tubuh. Organ vital ini memiliki fungsi penting yakni memetabolisme sebagian besar nutrisi yang diserap oleh usus serta detoksifikasi dengan membuang obat-obataan, alkohol dan bahan kimia berbahaya lain dari aliran darahdan memprosesnya secara kimia sehingga zat-zat ini dapat dikeluarkan dari tubuh lewat sistem pencernaan atau saluran kemih.

Selain itu, hati juga memproduksi faktor pembeku dan protein lain, menyimpan sejumlah vitamin tertentu, mineral (termasuk zat besi) dan gula, mengatur simpanan lemak, dan mengontrol produksi dan ekskresi kolesterol.

Hati adalah organ yang menakjubkan yang dapat meregenerasi sel-sel dalam dirinya dalam beberapa minggu. Bahkan, hati dapat mentolerir tindakan "penyalahgunaan" dan akan menunjukkan tanda-tanda cedera ketika kerusakan sangat signifikan.

Beberapa contoh gangguan hati adalah hepatitis dan sirosis. Kedua kondisi ini dapat berkembang menjadi kanker hati jika tidak diperhatikan atau diobati dengan benar.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tip yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan hati :

1. Pilih makanan yang tepat
Terkadang gizi buruk dapat menyebabkan penyakit pada organ hati. Tetapi menyantap makanan bergizi dengan cara diet seimbang akan membuat organ hati berfungsi lebih efisien sehingga berdampak pada kesehatan secara menyeluruh. Selain, itu diet seimbang juga dapat meregenerasi sel-sel hati yang rusak oleh virus hepatitis, sehingga dapat membentuk sel-sel hati baru. Namun, penting juga untuk mengkonsumsi vitamin dan mineral. Tapi ingat, kelebihan vitamin A adalah racun bagi hati.

2. Batasi asupan kalori
Kelebihan kalori dalam bentuk karbohidrat dapat menyebabkan disfungsi hati dan menyebabkan simpanan lemak dalam hati yang menjadikan organ hati berlemak.
Tapi lemak tetap diperlukan tubuh, sehingga kadarnya tidak boleh lebih dari 30 persen dari total kalori seseorang, karena akan membahayakan sistem kardiovaskular. Hitung batasan kalori yang Anda perlukan. Ingatlah, sedikitnya Anda butuh 15 kalori per hari untuk setiap pon berat badan Anda.

3. Waspadai minuman alkohol
Minuman keras, bir dan anggur dapat berpengaruh buruk pada metabolisme organ hati. Sebaiknya, konsumsi alkohol dibatasi karena dapat menyebabkan hepatitis alkoholik dan hepatitis sirosis. Orang-orang dengan penyakit organ hati tidak boleh minum alkohol sama sekali.

Hal yang sama berlaku bagi individu yang tengah minum obat. Pencampuran alkohol dengan obat penghilang rasa sakit atau sejenisnya bisa berbahaya untuk hati. Karena campuran alkohol dan acetaminophen (bahan dalam penghilang rasa sakit dan obat batuk) dapat menyebabkan hepatitis secara mendadak, menjadi akut, bahkan berakibat pada gagal hati.

4. Hati-hati dengan obat herbal

Pengobatan herbal dan obat-obatan alternatif organ hati haruslah melewati riset ketat sebelum dapat direkomendasikan. Diet dan pengobatan herbal bisa sangat berbahaya pada organ hati. Tanaman seperti Crotalaria, Senecio dan keluarga Heliotopium, serta Chaparral, mistletoe, kopiah, germander, komprei, minyak margosa, mate tea, teh yerba Gordolobo, pennyroyal, dan Jin Blu Huan semua terbukti beracun untuk hati. Beberapa studi ilmiah terbaru menyarankan bahwa zat dalam milk thistle dapat melindungi hati dari zat berbahaya seperti acetaminophen, yang dapat menyebabkan kerusakan hati.

5. Stop merokok. Jauhi asap dan cairan beracun
Mekanismenya, asap dari pengencer cat, semprotan serangga, dan semprotan penyegar udara lainnya akan masuk ke pembuluh darah kecil dalam paru-paru dan dibawa ke hati Anda di mana mereka detoksifikasi dan dihilangkan di empedu Anda. Karena itu jumlah dan konsentrasi bahan kimia harus dikontrol untuk mencegah kerusakan hati. Pastikan Anda memiliki ventilasi yang baik, menggunakan masker, tutupi kulit Anda, dan bersihkan semua bahan kimia pada kulit Anda dengan sabun dan air sesegera mungkin.

6. Cuci tangan
Tangan harus dicuci dengan sabun dan air setelah buang air besar dan sebelum menyiapkan makanan dan konsumsi. Ini akan membantu mencegah penyebaran hepatitis A.

7. Melakukan seks yang aman
Pakailah kondom saat melakukan hubungan. Hepatitis B dan C dapat ditularkan melalui darah dan cairan tubuh. Dan hindari berbagi barang pribadi Anda seperti sikat gigi, pisau cukur atau manicure set, terutama jika pasangan Anda menderita penyakit di organ hati.

8. Vaksinasi
Saat ini, vaksinasi hepatitis A dan B sudah tersedia di mana-mana. Program imunisasi untuk hepatitis B juga telah diupayakan untuk semua anak dan orang dewasa. Ternyata, vaksinasi hepatitis B juga sangat penting untuk bayi yang baru lahir karena 90% yang terkena virus ini terkena infeksi kronis. Namun hingga saat ini belum ada vaksinasi yang tersedia untuk hepatitis C.


kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

CARA MUDAH UNTUK BERHENTI MEROKOK


Kita sering mendengar kampanye “anti Rokok” tapi sejauh yang kita lihat hingga saat ini perkembangannya belum terlalu terlihat. padahal perartuarn pemerintah pun sudah dikeluarkan, tapi tingkat perokok didunia masih sangat tinggi. mengapa bisa begitu? mungkin anda sudah mempuyai keinginan untuk berhenti merokok, tapi anda belum tahu bagaimana caranya. berikut ini ada 4 cara mudah berhenti merokok :

NIAT
Kita tau bahwa segala sesuatu itu di awali dengan niat. Hal ini juga sama dengan berhenti merokok, untuk berhenti merokok yang kita harus memiliki pertama kali adalah “niat berhenti merokok“, dimana niat tersebut adalah niat yang sangat kuat dan benar-benar ingin berhenti merokok (motivasi yang kuat).

USAHA
Orang yang sudah ketagihan dengan rokok biasanya tidak mungkin langsung dapat berhenti total kecuali ada sebab tertentu. Diperlukan usaha yang keras untuk melakukannya. Berikut beberapa usaha untuk berhenti merokok.
• Mengurangi jumlah rokok.
• Perbanyak membaca tentang rokok.
• Beritahu teman.

a. Mengurangi Jumlah Konsumsi Rokok
Mulai berhenti merokok dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap per harinya. Seharinya saya bisa menghabiskan satu bungkus rokok. Misalnya hari pertama mulai berhenti merokok masih menghisap satu bungkus rokok, hari kedua 10 batang, hari ketiga 8 batang, hari ke empat 6 batang, hari ke lima 5 batang, hari ke enam 5 batang, hari ke tujuh 4 batang, berkurang seterusnya sampai akhirnya dalam satu hari kita tidak merokok sama sekali.

b. Perbanyak membaca Tentang Bahaya Rokok
Karenadengan semakin banyak baca kita akan semakin tahu kalau ternyata rokok itu sangat mengerikan. Rokok bagaikan serigala berbulu domba. Rokok sangat disayang oleh begitu banyakorang di seluruh dunia, bahkan kalau membeli rokok pun tidak pernah ditawar meskipun harganya naik dari tahun ke tahun.
Dalam satu batang rokok mengandung 10.000 radikal bebas dan tidak kurang dari 4000 bahan kimia berbahaya lainnya. Jadi baca buku tentang rokok juga merupakan salah satu usaha berhenti merokok.

c. Beritahu Teman Bahwa Kita Sudah Berhenti Merokok
Hal yang satu ini sangat penting mengingat biasanya seseorang merokok karena pengaruh teman. Dengan memberitahu teman kalau kita sudah berhenti merokok diharapkan pengertian dari mereka, sehingga ketika kita bersama teman tidak di tawari rokok karena mereka sudah tahu kalau kita berhenti merokok.

EVALUASI
Evaluasi sangat penting di lakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana keberhasilan kita. Dari sinilah kita tahu di mana letak kekurangan dan kesalahan kita sehingga kita bisa memperbaikinya.

DO’A,
Kita tahu bahwa setiap usaha harus ada do’a, setiap do’a harus di iringi ikhtiar, jadi hal terakhir yang harus anda lakukan setelah senua anda lakukan adalah berdo’a, berdo’a agar semua usaha anda berhasil. Amin

Jadi sekarang semuanya berawal dari anda, mulai jalankan 4 cara mudah berhenti merokok ini dan bagi cerita sukses anda dengan dunia bahwa anda, BERHASIL!
READ MORE - Selengkapnya

DIET UNTUK MENCEGAH PENYAKIT MIGRAIN


Jika Anda pusing-pusing karena migrain, mungkin penyebabnya adalah makanan yang kurang tepat. Ahli gizi Fiona Hunter menjelaskan bahwa masalah ini bisa diatasi dengan diet yang tepat.

Sebagian besar pemicu serangan migrain adalah makanan tertentu, seperti anggur merah, kafein, keju, dan jeruk. Jenis makanan itu mengandung vaso-active amines yang dapat memperbesar pembuluh darah, sehingga menimbulkan migrain bagi beberapa orang.

Dalam banyak kasus, migrain disebabkan oleh reaksi zat kimia ini dibandingkan sebuah respon alergi. Namun, pada sebagian kecil penderita, pemicu utamanya adalah alergi makanan.

Kadangkala pemicu migrain juga berasal dari kombinasi berbagai faktor, seperti stres, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi) dan lapar, atau makanan tertentu. Untuk menghindarinya, British Migraine Association menyarankan untuk mencegah penurunan kadar gula darah saat jarak antara waktu makan berjauhan.

Makanlah sedikit demi sedikit, tapi sering. Hindari makanan yang manis, seperti cokelat. Sebagai gantinya, pilihlah sayuran dan buah-buahan. Selain itu ada baiknya mengonsumsi makanan kecil saat larut malam untuk mencegah serangan migrain pada pagi hari. Jangan terlambat sarapan.
Berikut beberapa catatan dari Alicia Hunter bagi para penderita migrain.

Harus Dihindari:
Minuman yang berasal dari anggur, seperti anggur merah, anggur port, sherry (jenis minuman angggur yang berasa manis), dan bir.
Teh, kopi, cola, cokelat.
Keju.
Jeruk dan jus buah.
Ekstrak ragi.
Kacang panjang, pisang, alpukat.
Sebagai Penggantinya:

Anggur putih.
Teh atau kopi yang tidak mengandung kafein dan teh herbal.
Keju lembut, yoghurt, dan fromage frais (keju yang terbuat dari susu kambing).
Apel dan pir.
Perlu Diperhatikan:

Membuat catatan jika serangan migrain dibarengi gejala lainnya atau jika kambuh setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.
Jika serangan migrain berkaitan dengan menstruasi, hindari makanan yang menjadi penyebabnya seminggu sebelum masa menstruasi.
Jika Anda punya kebiasaan minum anggur merah, gantilah dengan yang bermutu tinggi. Penelitian membuktikan bahwa anggur merah yang sangat mahal dapat mengurangi serangan.
Bagi yang sering mengalami serangan migrain pada pagi hari, sebaiknya mengonsumsi makanan kecil sebelum tidur malam.


READ MORE - Selengkapnya

EFEK MEROKOK TERHADAP KESEHATAN RONGGA MULUT


Rokok merupakan benda yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Merokok sendiri sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum di masyarakat dan meluas dilakukan baik dalam lingkungan berpendidikan tinggi maupun berpendidikan rendah.

Menurut survei badan kese-hatan dunia WHO, tiga dari empat atau sekitar 75 persen pria dan 5 persen perempuan di Indonesia merupakan perokok.

Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan oleh banyak orang. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas.

Sayang pada kenyataannya, kebiasaan merokok ini sulit dihilangkan dan jarang diakui orang sebagai suatu kebiasaan buruk. Apalagi, orang yang me-rokok untuk mengalihkan diri dari stres dan tekanan emosi, lebih sulit melepaskan diri dari kebia-saan ini, dibandingkan perokok yang tidak memiliki latar belakang depresi.

Penelitian terbaru juga me-nunjukkan adanya bahaya dari secondhand-smoke, yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok, atau biasa disebut juga dengan perokok pasif. Di Amerika Serikat, pada tahun 1991 dilaporkan 53 ribu perokok pasif meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh terisapnya asap rokok.

Kandungan Rokok

Bahan utama dari pembuatan rokok adalah tembakau. Asap rokok tembakau mengandung gas dan bahan-bahan kimia yang bersifat racun atau karsinogenik. Banyaknya komponen bahan kimia tergantung pada jenis tembakau, temperatur pemba-karan, panjang rokok, porositas kertas pembungkus, bumbu rokok serta ada tidaknya filter.

Sedangkan zat-zat yang ber-bahaya berupa gas-gas dan partikel-partikel. Asap rokok yang kita hisap 90 persen me-ngandung berbagai gas seperti N2, O2, CO2, 10 persen sisanya mengandung partikel tertentu seperti ter, Nikotin dan lain-lain.

Efeknya ke rongga mulut

1. Bau mulut

Merokok dapat menyebabkan timbulnya bau mulut (halitosis). Bau mulut ini tidak dapat diatasi dengan menyikat gigi atau meng-gunakan obat kumur.

2. Merubah warna gigi (stain)

Stain adalah perubahan warna yang terjadi pada gigi. Gigi yang tadinya berwarna putih, maka akan menjadi lebih kuning. Jika merokok dalam waktu yang lebih lama lagi, mungkin selama beberapa tahun, maka warna gigi akan berubah menjadi cokelat. Hal ini akan sangat mengganggu estetik atau penampilan.

3. Pengaruh Merokok Terha-dap Gusi.

Jumlah karang gigi pada perokok cenderung lebih banyak daripada yang bukan perokok. Karang gigi yang tidak diber-sihkan dapat menimbulkan berba-gai keluhan seperti gingivitis atau gusi berdarah. Disamping itu hasil pembakaran rokok dapat menye-babkan gangguan sirkulasi pere-daran darah ke gusi sehingga mudah terjangkit penyakit.

4. Pengaruh Merokok Terha-dap Lidah

Pada perokok berat, merokok menyebabkan rangsangan pada papilla filiformis (tonjolan pada lidah bagian atas) sehingga menjadi lebih panjang (hiper-tropi). Disini hasil pembakaran rokok yang berwarna hitam kecoklatan mudah dideposit, sehingga perokok sukar mera-sakan rasa pahit, asin, dan manis, karena rusaknya ujung sensoris dari alat perasa (tastebuds).

5. Efek Merokok Terhadap Mukosa Mulut

Rangsangan asap rokok yang lama dapat menyebabkan peru-bahan-perubahan yang bersifat merusak bagian mukosa mulut yang terkena, yang bervariasi dan penebalan menyeluruh bagian epitel mulut (smoker’s keratosis) sampai bercak putih keratotik yang menandai leukoplakia dan kanker mulut. Leukoplakia bervariasi dan lesi putih yang rata/halus sampai lesi yang tebal dan keras. Kira-kira 3 -5 persen kasus yang didiagnosis leukoplakia akan berkembang menjadi kanker. Oral leukoplakia merupakan lesi prekanker. Merokok mempunyai efek karsinogenik pada mukosa mulut.

6. Merokok Terhadap Bakteri Mulut dan Kebersihan Mulut.

Perubahan variasi potensial reduksi-oksidasi (Eh) di daerah gusi dan rongga mulut merupakan indikasi adanya anaenobiosis.

Merokok dapat menyebabkan penurunan Eh dan ini akan mengakibatkan peningkatan bakteri plak yang anaerobik. Hipotesis ini telah diuji oleh Kenney et al. pada tahun 1975. Efek penurunan tersebut tam-paknya mendorong pertumbuhan mikroorganisme yang anaerobik.

Colman et at. 1976, me-nemukan bahwa Neissena (Gram negatif aerob) lebih sedikit jumlahnya pada plak, lidah dan palatum dari 5 orang sampel laki-laki muda yang merokok lebih dari 20 batang sigaret sehari bila dibanding dengan 4 orang sampel lainnya yang tidak merokok.

Bastian dan Waite (1978) melaporkan terdapat peningkatan persentase bakteri Gram-positif terhadap bakteri Gram negatif yang bermakna secara statistik daripada kelompok bukan pero-kok.

Pindborg et al menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi tembakau dan deposisi kalkulus/karang gigi. Analisis selanjutnya dan data yang sama oleh Kowalski menunjukkan bahwa bukan perokok mem-punyai kalkulus supragingival (karang gigi yang berada diatas gusi) yang lebih kecil.

Akumulasi plak dalam rongga mulut juga lebih besar pada perokok daripada bukan perokok Bradtzaeg, Jamison, Sheiham dan Ainamo, semuanya menyim-pulkan bahwa orang-orang yang merokok mempunyai lebih ba-nyak kalkulus, debris, gingivitis dan periodontitis daripada orang-orang yang tidak merokok, tetapi bila perokok dan bukan perokok dengan tingkat kebersihan mulut yang sama dibandingkan maka tidak ditemukan perbedaan yang bermakna secara statistik antara status periodontal mereka.

7.Menyebabkan penyakit periodontal (periodontitis).

Periodontitis adalah penyakit radang kronis yang terjadi akibat aktivitas plak bakteri, yang diawali oleh timbulnya radang pada gusi dan berlanjut hingga terbentuknya poket/saku gigi, kehilangan perlekatan tulang dan berakhir pada tanggalnya gigi.

Perokok mempunyai resiko yang besar untuk perkembangan penyakit periodontal menjadi lebih parah dibandingkan dengan bukan perokok. Ini dikaitkan dengan lemahnya mekanisme pertahanan tubuh para perokok sehingga lebih rawan terkena penyakit periodontal.

8.Menunda proses penyem-buhan.

Merokok dapat menunda penyembuhan jaringan lunak rongga mulut anda karena rokok mengurangi pengiriman oksigen dan nutrisi ke jaringan gusi. Termasuk disini adalah penyem-buhan luka akibat pencabutan gigi.

9. Resiko tinggi terhadap kanker rongga mulut.

Ini adalah resiko yang paling menakutkan dari efek merokok pada gigi dan mulut. Dimana diketahui bahwa para perokok mempunyai resiko 6 kali lebih banyak menderita kanker rongga mulut. Ini dikaitkan dengan bahan kimia yang berjumlah sekitar 4.000 dalam sebatang rokok.

Kanker rongga mulut yang biasa dialami oleh para perokok adalah kanker mulut, lidah, bibir, dan tenggorokan. Kebanyakan pasien dengan kanker rongga mulut meninggal dalam waktu 5 tahun. Hal ini karena kanker rongga mulut ditemukan setelah dalam tahap lanjut dan telah berkembang.

Oleh : drg. Nurlena Siregar dan Leni Susanti Hsb, SKG -ANALISA
READ MORE - Selengkapnya

PRIA GAY YANG TIDAK BISA MENDONORKAN DARAHNYA


Hubungan sesama jenis atau homoseksual identik dengan banyak penyakit menular, terutama penyakit menular seksual (PMS). Dengan pertimbangkan itu, bolehkah pasangan gay atau lesbi mendonorkan darah?

Untuk orang yang membutuhkan transfusi darah dengan segera, ada dua hal penting yang harus diperhatikan, yaitu tipe darah donor harus cocok dengan tipe darah penerima dan darah yang disumbangkan harus bebas penyakit.

Kedua persyaratan itu dimiliki oleh Thomas B, seorang pria asal Hamburg, Jerman. Thomas memiliki darah tipe O- (O negatif), yang berarti bahwa tidak ada antigen di permukaan sel darah merah dan membuat tipe darah ini cocok dengan semua jenis darah lainnya.

Thomas juga sehat dan yang lebih penting Thomas bersedia menyumbangkan darahnya yang termasuk jenis langka (kurang dari 6 persen dari penduduk dunia yang memiliki tipe darah O-) ke Palang Merah Jerman.

Satu-satunya masalah adalah hukum Jerman tidak mengizinkan Thomas untuk mendonorkan darahnya. Thomas sebenarnya berada pada situasi yang rumit. Mengapa?

Di satu sisi, Palang Merah Jerman melaporkan sedang mengalami kekurangan darah (terlepas dari tipe darah O- yang langka) dan berharap lebih banyak orang untuk bersedia membantu mendonorkan darahnya. Di sisi lain, undang-undang Jerman melarang menerima donor darah dari orang homoseksual aktif seperti Thomas.

"Alasan medis untuk tidak menerima orang-orang homoseksual aktif untuk mendonorkan darah berasal dari kekhawatiran bahwa pria homoseksual yang aktif memiliki risiko lebih besar menderita HIV positif," ujar Gregor Bein, anggota Asosiasi Medis Jerman, seperti dilansir dari PsychologyToday, Selasa (17/8/2010).

Dengan kekhawatiran ini, banyak dokter yang percaya bahwa demi kepentingan kesehatan penerima darah, dokter tidak menerima darah dari orang-orang gay atau darah dari orang yang berisiko tinggi untuk HIV lainnya.

Menurut dokter, meskipun semua sumbangan darah secara rutin dites untuk infeksi HIV, tapi tes ini tidak 100 persen akurat untuk HIV. Ini karena orang yang terinfeksi virus HIV hanya dalam beberapa hari tes mungkin tidak menunjukkan HIV positif dalam tes darah standar.

Meski kemungkinannya kecil, tapi menerima darah dari orang yang berisiko tinggi HIV akan meningkatkan jumlah orang yang menderita HIV dari transfusi darah.

Oleh karena itu, tidak menerima darah dari orang yang berisiko tinggi HIV seperti homoseksual aktif adalah rasional.

Menurut Asosiasi Medis Jerman, orang yang memiliki salah satu kriteria berikut tidak boleh menyumbangkan darah:


  • Pria gay dan biseksual
  • Pekerja Seks Komersil (PSK)
  • Orang yang menggunakan narkoba
  • Narapidana

detik

READ MORE - Selengkapnya

HUBUNGAN NYERI DADA DAN SERANGAN JANTUNG


NYERI dada merupakan keluhan yang sering dijumpai pada praktek klinik. Di Amerika Serikat, kasus nyeri dada diper-kirakan sekitar satu persen dari 8,9 juta kunjungan ke tenaga medis dan rumah sakit.

Sebanyak 5,4 persen dari 5,8 juta kunjungan ke instaiasi gawat darurat (IGD) di Amerika Serikat disebabkan adanya keluhan nyeri dada. Di Inggris, kasus dengan nyeri dada mencapai 2-4 per-sendari setiap kasus baru kun-jungan ke IGD.

Di Indonesia, data tentang keluhan nyeri dada belum men-dapatkan angka yang jetas kare-na fasilitas kesehatan di Indonesia belum dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia. Namun demikian, ada perkiraan keluhan nyeri dada juga banyak dialami rakyat Indonesia karena pola hidup sehat masih sulh diterapkan oleh banyak rakyat Indonesia, bertambahnya umur harapan hidup, dan meningkatnya kasus penyakit Jantung dan masalah metabolisme di Indonesia.

Di dada, terdapat banyak organ yaitu Jantung, pembuluh darah besar, paru-paru, kero-ngkongan, tulang, otot, payudara, dan kulit Tiap organ tersebut memiliki persarafan. Persarafan ini dapat berupa reseptor nyeri yang berperan dalam mem-beritakan keadaan organ tersebut ke otak. Pada titik tertentu, persarafan dari beberapa organ akan berkumpul dalam satu berkassaraf.

Nyeri dada biasanya terlo-kalisasi pada dinding dada. Nyeri dada dapat berupa nyeri yang berlalu singkat dan tajam, rasa terjepit yang terputus oleh tarikan napas, atau beberapa bentuk nyeri lainnya. Selain masalah jantung, penyebab nyeri dada berasal dari kelainan/penyakit pada paru-paru, saluran cema, kulit, otot, dan atau tulang. Kelainan jantung, paru-paru, pembuluh darah besar, dan kerongkongan menghasilkan kualitas dan lokasi nyeri yang sama. Kualitas nyeri disebabkan kelainan otot dan tulang (25 per sen) disusul oleh kelainan jantung (19 persen), saluran penceraaan (11persen), dan paru-paru ( 9 per-sen).

Faktor Risiko

Orang-orang yang dapat men-derita/memiliki keluhan nyeri dada adalah mereka yang me-miliki masalah saluran ccma (rasa panas di ulu hati, asam lambung yang bcrlcbihan, aiau nyeri saat menelan) dan memiliki masalah kejiwaan (misal: mudah sedih atau mudah cemas).

Perempuan didapati lebih sering menderita keluhan nyeri dada dibandingkan laki-Iaki. Wanita yang telah mengalami menopause (mati haid) juga sering didapati lebih mudah mengeluhkan nyeri dada Hal ini terkait dengan penurunan kadar hormon estrogen.

Faktor risiko lainnya ber-sumber pada pola hidup. Kala-ngan perokok akan lebih mudah mengalami nyeri dada jika diban-ding dengan bukan perokok. Penderita sakit gula (diabetes mellitus) juga berada pada posisi yang sama.

Icnis Kt-pribadian Penderita Nyeri Dada Psikosomatik. Orang yang dapat menderita nyeri dada karena masalah kepribadian (psikosomatik) adalah mereka yang memiliki kepribadian tidak penyabar, cenderung lebih aktif, dan sering marah saat frustrasi atau menghadapi masalah berat. Jika darahnya diperiksakan di laboratorium klinis, mereka ini juga cenderung memiliki pening-katan kadar kolesterol Hpo-protein densitas rendah (low density lipoprotein,LDL) dan trigliserida.

Gajala Umum Penyakit Jantung

Gejala umum penyakit jan-tung adalah sesak napas, nyeri dada atau tidak enak di dada bagian kiri. kulit menjadi biru, pingsan, jantung berdebar-debar, dan terjadi pembengkakan pada bagian tubuh seperti kaki.

Sering, gejala/tanda ini tidak muncul bersama-sama. Terka-dang, pe-nyakit jantung sulit dibedakan dari masalah gang-guan pencernaan atau pernafasan sehingga dokter sangat perlu memeriksa riwayat kesehatan anda dengan rinci dan berhati-hati.

Bila Anda Menderita Nyeri Dada. Beberapa hal hams anda lakukan bila anda mengalami nyeri dada.

1. Janganpanik

Panik akan memperberat keluhan nyeri dada anda. Namun, tidak panik bukan berarti anda boleh membiarkan keluhan itu dengan alasan nyeri dada anda akan hilang dengan sendirinya. Anda tetap hams mengunjungi dokter keluarga anda alas masa-lah ini.

2. Cermati dan kenali bebe-rapa sifat nyeri dada yang anda alami.

Sebaiknya, anda mampu me-lukiskan sifat nyeri dada yang dirasakan apakah berupa rasa tidak nyaman, rasa diperas, remuk, ditekan; rasa penuh, rasa mual, rasa terbakar; rasa ditusuk atau ditikam; atau nyeri dengan rasa dirobek yang berpindah dari dada bagian depan ke punggung atau sebaliknya.

Aktivitas anda saat terjadinya nyeri dada akan membantu menentukan jenis penyakit. Hubungan nyeri dada dan akti-vitas anda bisa cukup beragam. Nyeri dada dapat timbul saat anda beraktivitas hingga beberapa menit saat istirahat. Ada pula, nyeri dada yang diperberat de-ngan aktivitas dan membaik saat istirahat. Atau, nyeri dada yang timbul mendadak. Selain itu, ada nyeri dada yang diperberat de-ngan tarikan napas. Atau, nyeri dada yang berhubungan dengan makan, atau nyeri dada yang berlangsung lama.

Lokasi dan penjataran nyeri: lokasi nyeri yang teriokalisir atau terbatas, nyeri di rongga dada bagian pinggir kin atau kanan. Nyeri dada bagian bawah/di sekitar ulu hati. Penjalaran nyeri dada dapat mengarah ke pung-gung, lengan, leher, atau rahang.

Gejala penyerta/tanda penya-kit lain seperti batuk, batuk berdarah, mual/muntah, sesak napas, demam, atau yang lainnya dapat pula membedakan pe-nyebab nyeri dada. 3. Segera menghubungi dokter keluarga anda/mengunjungi 1GD.

Pemeriksaan fisik dan labo-ratorium akan diperlukan untuk menetapkan penyakit alas masa-lah nyeri dada yang anda alami. Hal ini diperlukan karena sulit mencari penyebab nyeri dada. Riwayat penyakit yang didapat dan wawancara akan sangat membantu dokter untuk mencari penyebab nyeri dada anda.

Dokter juga akan mengum-pulkan riwayat kesehatan anda dan keluarga (misal: kebiasaan merokok dan sakit gula). Bebe-rapa pemeriksaan seperti pe-meriksaan darah, foto rontgen dada, computed tomography scanning (CT-scan), elektro-kardiografi (EKG), uji treadmill, dan beberapa pemeriksaan lain-nya mungkin akan diperlukan. Diagnosis yang cepat dan tepat sering dapat menyelamatkan jiwa dan terkadang harus dilakukan tanpa pemeriksaan darah atau foto rontgen.

Jangan menunda kunjungan anda ke dokter karena kekha-watiran bahwa anda menderita penyakit yang berat. Jika anda mengetahui masalah nyeri dada anda lebih dini tentu anda akan mengetahui lebih banyak cara mengatasinya. Lakukan komu-nikasi yang baik dengan dokter anda untuk mengetahui kondisi kesehatan dan upaya yang dapat anda lakukan.

Jika anda enggan mengun-jungi dokter lalu menunda kun-jungan anda, bisa jadi penyakit anda bertambah berat sehingga beban yang ditanggung akan semakin berat pula. Jika anda pernah mengalami nyeri dada, sebaiknya anda melakukan pe-meriksaan medis secara rutin. Bukankah mencegah penyakit lebih baik daripada mengo-batinya?.


Oleh: dr. Zulham, M.Biomed -ANALISA
READ MORE - Selengkapnya

CARA MEMILIH DEODORAN, ANTIPERSPIRAN


TERDAPAT banyak produk di pasar untuk membantu tubuh Anda tetap kering dan tidak mengeluarkan aroma buruk. Tapi, bagaimana Anda tahu mana yang terbaik?

Untuk mendapatkan produk terbaik, bisa jadi Anda harus melewati tes trial and error beberapa produk deodoran dan antiperspiran yang ada. Namun, Anda dapat mempersenjatai diri dengan sedikit informasi dasar yang akan membantu Anda membuat pilihan terbaik, seperti diulas Carefair.

Tentukan tujuan pemakaian

Sebelum memulai proses seleksi produk, pilih antara deodoran atau antiperspiran yang ingin Anda jajal. Ada perbedaan besar antara keduanya.

Tujuan utama deodoran adalah menutupi bau dengan keharuman dan membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan. Sementara antiperspiran dirancang untuk menghentikan keringat bahkan sebelum terjadi. Produk yang Anda pilih akan tergantung pada preferensi pribadi Anda, jumlah keringat yang Anda miliki, dan sensitivitas kulit Anda.

Seberapa melindungi?

Bagi 23 persen wanita yang mengaku berkeringat berat, kini ada antiperspiran yang mengaku potensial sebagai resep, seperti tertera di kemasan dengan kata-kata "prescription strength" untuk mengetahui bahwa Anda memeroleh cakupan terbaik tanpa membuat janji dengan dokter. Jika Anda ingin melindungi pakaian dari noda produk deodoran, gunakan deodoran dalam bentuk gel atau padat.

Bagi mereka yang ingin menggunakan produk berbahan alami, salah satu produk terbaru di pasar adalah deodoran kristal. Kristal ini terbuat dari tawas yang merupakan mineral alam. Untuk menggunakannya, Anda cukup membasahi kristal lalu aplikasikan seperti menggunakan roll-on deodorant.

Mineral tawas akan menghancurkan bakteri kulit yang menyebabkan bau badan. Tawas kristal ini biasanya awet untuk satu tahun, dan dapat digunakan untuk tujuan lain seperti menghilangkan bau kaki dan mengobati luka dingin.

“Selama ini, kebanyakan wanita menyangka bahwa bekerja di ruangan ber-AC tidak akan mengalami masalah bau badan karena keringat yang diproduksi pasti lebih sedikit dibanding mereka yang bekerja di luar ruangan. Padahal saat kita meeting atau presentasi, tubuh dalam keadaan tegang sehingga bereaksi mengeluarkan keringat yang dikenal dengan emotional sweat. Hal ini tentu saja akan memicu bau badan dan penampilan yang kurang mendukung seperti timbulnya noda pada pakaian di area bawah lengan,“ papar Dr Hanny Nilasari SpKK, dermatologist dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dalam bincang santai yang digelar Rexona, beberapa waktu lalu


okezone
READ MORE - Selengkapnya

AWAS! SUSU HORMON MEMICU PERTUMBUHAN PAYUDARA PADA BAYI



Beberapa bayi perempuan di China mengalami pertumbuhan payudara setelah meminum susu yang dicampur hormon.

Peristiwa itu telah menimbulkan kekacauan di tengah para ibu di Hubei, sebuah prvinsi di China tengah, yang khawatir susu bubuk yang mereka gunakan telah menyebabkan pertumbuhan prematur.

Sebuah harian di China, seperti yang dikutip Daily Mail, Senin (9/8), melaporkan adanya indikasi tingkat hormon yang melebihi perempuan dewasa dari tiga bayi perempuan, usia empat sampai 15 bulan, yang telah diteliti. Semua bayi yang menunjukan gejala dari fenomena itu memang mengkonsumsi susu formula yang sama.


"Jumlah hormon pada bayi-bayi itu menunjukkan ada masalah," kata Yang Qin, seorang tenaga medis di Bagian Anak Rumah Sakit Ibu dan Anak Hubei, China.

Ia menganjurkan para orang tua berhenti menggunakan formula itu dan mendesak susu bubuk itu menjalani analisis kimia. Tetapi desakannya tidak berhasil.

Otoritas keamanan pangan setempat telah menolak permintaan seorang ibu untuk menyelidiki formula yang dibuat oleh perusahaan bernama Synutra itu.

Menurut surat kabar Global Times susu formula yang mencurigakan itu masih di jual di ibu kota Provinsi Hubei, Wuhan, dengan potongan harga dan juga terlihat dipasarkan di Beijing.

Synutra tetap yakin produk mereka aman karena "tidak ada hormon buatan atau zat ilegal yang ditambahkan selama proses produksi susu bubuk itu."

Para ahli berusaha mencari sumber dari hormon yang menyebabkan pertumbuhan payudara pada bayi itu, namun asosiasi susu mengatakan bahwa hormon-hormon itu bisa saja masuk ke dalam rantai makanan ketika dalam proses peternakan.

"Karena peraturan yang melarang penggunaan hormon dalam pembudidayaan ternak masih belum berlaku di China, adalah bohong jika mengatakan tidak ada orang yang menggunakannya," kata Wang Dingmian, mantan ketua asosiasi itu di selatan Provinsi Guangdong.

Dua tahun lalu produk susu China di tarik dari seluruh dunia setelah diketahui mengandung melamin, bahan yang digunakan untuk membuat plastik.

Setidak-tidaknya enam bayi meninggal dan 300.000 lainnya menderita sakit karena kandungan melamin itu.



antaranews.com
READ MORE - Selengkapnya

PRIA KEGEMUKAN BERPOTENSI MENINGGAL 8 TAHUN LEBIH AWAL


Sebuah studi di Denmark menunjukkan bahwa lelaki yang kegemukan pada usia 20 tahun berpotensi delapan tahun lebih cepat meninggal daripada teman sebayanya. Penelitian ini dipresentasikan pada Kongres Internasional tentang Obesitas di Stockholm.


Hasilnya menunjukkan obesitas biasanya berkembang sebelum usia 20. Lebih dari 5.000 wajib militer berperan dalam penelitian ini. Mereka berusia antara 20 sampai umur 80 tahun. Sekitar 2.000 dari mereka termasuk menderita obesitas atau kegemukan.


Penelitian ini menyimpulkan bahwa risiko kematian pada lelaki yang menderita obesitas naik sekitar 10 persen. Ini melebihi tingkat sehat dari 25 poin indeks masa tubuh. Indeks ini digunakan untuk menentukan lemak tubuh seseorang melalui perhitungan dengan tinggi dan berat badan.


Pada usia 70 tahun, 70 persen laki-laki dalam kelompok berbobot pembanding dan 50 persen pada kelompok obesitas masih hidup. “Kami memperkirakan bahwa dari usia menengah orang dengan kegemukan itu cenderung meninggal delapan tahun lebih awal dari orang-orang dalam kelompok pembanding,”kata Esther Zimmermann dari Copenhagen University Hospital.


Zimmerman, yang memimpin tim peneliti di rumah sakit Institute of Preventive Medicine, mengatakan, penelitian mencatat pengaruh merokok, tahun kelahiran, dan pendidikan tetapi tidak faktor-faktor lain, seperti penyakit keturunan.


Penelitian itu tidak termasuk wanita, tetapi membenarkan temuan dibuat dalam studi serupa. Tahun lalu, sebuah studi di Amerika yang diterbitkan dalam jurnal medis BMJ mengatakan obesitas pada perempuan memperkecil usia mereka untuk mencapai 80 tahun. Persentasenya bahkan mencapai 80 persen.


Para peneliti menemukan bahwa untuk setiap kenaikan satu titik pada wanita indeks massa tubuh mereka memiliki kesempatan 12 persen lebih rendah dari yang masih hidup untuk usia 70 tahun yang berada dalam kesehatan yang baik.


Sebuah penelitian Inggris yang diterbitkan di Lancet pada tahun 2009 menemukan bahwa orang dengan indeks massa tubuh 30-35 meninggal tiga tahun lebih awal dari orang-orang sebaya. Sedangkan orang yang kegemukan dengan indeks di atas 40, kematiannya bisa delapan tahun lebih awal.
http://www.infeksi.com/articles.php?lng=in&pg=5145
READ MORE - Selengkapnya

KEGEMUKAN SETELAH BERHENTI MEROKOK


Tidak sedikit yang merisaukan mengalami kegemukan dikala Anda berusaha untuk berhenti merokok. Satu hal yang pasti untuk solusinya: Fokuskan buang jauh-jauh kebiasaan merokok Anda dan tidak usah cemas mengenai lingkar pinggang Anda.

Dapatkah berat badan meningkat apabila Kita stop merokok? Iya, kemungkinannya 4 dari 5 orang yang stop merokok mengalami kenaikan berat badan rata-rata sebesar 2-5 kg, namun demikian ada kabar baik untuk para yang stop merokok dan mengalami kenaikan berat badan. Dimana kenaikan berat badan tersebut selalu banyak usaha untuk dapat menurunkan kembali berat badannya ke berat normal, khususnya pada saat mereka selalu berpikir untuk berhenti merokok.

Tidak ada alasan bahwa dengan naiknya berat badan membuat alasan untuk meneruskan merokok. Dengan naiknya berat badan hingga 50 kg sama saja resikonya dengan merokok satu bungkus sehari, tutur Emily Rubin, RD, dari Institut Penyakit Digestif di Universitas Thomas Jefferson di Philadelpia .

Mengapa Para Stop Merokok Selalu Meningkat Berat Badannya?

Merokok berkembang dari gaya hidup dimana bila sepanjang hari merokok, biasanya akan jarang melakukan aktifitas makan dan olahraga. Tetapi memang benar bahwa merokok menjaga berat badan Anda dibawah normal.

Merokok Membakar Kalori.
Merokok meningkatkan frekuensi jantung dan meningkatkan metabolisme, ketika Anda berhenti merokok, kalori pembakaran menurun 100 kalori perhari. Setelah berhenti, dalam waktu berminggu-minggu atau bahkan bulanan, metabolisme Anda acapkali mengalami rebound.

Merokok Menekan Rasa Lapar
Nikotin meyebabkan liver mengeluarkan glikogen yang meningkatkan kadar gula darah dan menekan nafsu makan. Sampai Anda dapat menyesuaikan diri, berat badan Anda dapat meningkat setiap minggu.

Merokok Membuat Anda Merasa Nyaman
Nikotin dapat meningkatkan kadar dopamine di otak. (Zat kimia yang membuat rasa nyaman). Namun selagi Anda mengalami rasa nyaman, setengah paru-paru Anda mendidih. Anda bisa mendapatkan perasaan nyaman yang sama dengan menggantikannya dengan permen atau kue. Kalori tingginya menghasilkan efek yang sama. Namun demikian, Anda tidak harus mengganti rokok dengan makanan disaat berhenti merokok, semuanya ada di pengendalian pikiran.

Alkohol meningkatkan kadar dopamin juga dan studi menunjukkan bahwa penggunaan alkohol cenderung meningkat setelah mencoba berhenti. Mekanisme ini dapat menjelaskan mengapa bupropion (Zyban), suatu antidepresan yang bekerja seperti sistem dopamin pada otak, untuk membantu berhenti merokok.karena menghasilkan sensasi seperti pada saat merokok.

Merokok Mengumpulkan Selera Makan Anda.
Setelah Anda berhenti, makanan mulai rasa dan bau lebih baik, sehingga Anda mungkin menemukan diri Anda ingin makan lebih banyak.

Merokok dapat diandalkan ketika hal-hal lain tidak dapat diandalkan. Orang menggunakan rokok dan makanan sebagai cara untuk mengatasi kebosanan atau stres, atau sebagai gaya hidup.

Anda dapat memilih gaya hidup demikian, namun pastinya Anda sudah tahu konsekuensi derita kesehatan yang akan Anda dapatkan jika pilihan Anda kepada mempertahankan kebiasaan merokok.

READ MORE - Selengkapnya

Makan Coklat, Kolesterol Turun? Tak Berlaku untuk Semua Orang


Selama ini banyak orang yang mengganggp mengkonsumsi coklat dapat menurunkan tingkat kolesterol. Namun, itu hanya berlaku pada sedikit atau sebagian orang.

Hasil satu analisis atas delapan studi yang dilakukan Dr Rutai Hui dari Chinese Academy of Medical Sciences dan Peking Union Medical College di Beijing, Cina, bersama rekannya, Kamis waktu setempat (3/5) menyimpulkan bahwa coklat hanya membantu orang yang memiliki faktor risiko sakit jantung dan hanya ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tak berlebihan.

Makan coklat dalam jumlah sedang mungkin akan menjadi pendekatan pola makan yang bermanfaat dalam pencegahan kolesterol tinggi pada beberapa kelompok orang tertentu, demikian kesimpulan para peneliti tersebut di dalam American Jounal of Clinical Nutrition.

Satu studi yang disiarkan pada Maret memperlihatkan bahwa di kalangan 19.300 orang, mereka yang makan paling banyak coklat memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan menghadapi kemungkinan lebih kecil untuk menderita stroke atau serangan jantung selama 10 tahun ke depan.

Hui dan rekannya mencari catatan medis untuk menemukan studi yang mengkaji bagaimana coklat mempengaruhi lemak darah, atau lipid, dan menemukan delapan percobaan yang melibatkan 215 orang.

Ketika semua studi dianalisis secara bersama, para peneliti tersebut mendapati bahwa makan coklat mengurangi tingkat LDL, atau kolesterol 'jahat' sampai lima miligram/dL dan mengurangi total kolesterol dalam jumlah yang sama.

Namun coklat tak memiliki dampak pada kolesterol di dalam tiga studi kualitas paling tinggi. Analisis lebih jauh memperlihatkan hanya orang yang makan sedikit coklat --yang berisi 260 miligram polyphenols, atau lebih sedikitnya lagi-- mengalami dampak yang menurunkan kolesterol.

Orang yang mengkonsumsi lebih banyak coklat tak memperlihatkan dampak tersebut.
Polyphenols adalah zat anti-oksidan yang terdapat pada buah, sayur-mayur, coklat, dan anggur putih. Satu batang coklat susu seberat 1,25 ons berisi sebanyak 300 miligram polyphenols.

Para peneliti itu juga mendapati bahwa orang yang sehat tak memperoleh dampak menurunkan kolesterol dari coklat. Tapi orang dengan faktor risiko sakit jantung, seperti diabetes, seluruh kolesterolnya turun sampai delapan miligram.

Penelitian masa depan, kata Hui, harus dipusatkan pada percobaan lebih aktif secara acak dan berkualitas lebih tinggi dengan tindak lanjut lebih lama. ''Ini guna menyelesaikan ketidak-pastian sehubungan dengan keefektifan klinis. Lalu kita benar-benar dapat makan coklat tanpa rasa bersalah," tegasnya-republika
READ MORE - Selengkapnya

Penderita Obesitas Kuras Duit dengan Bolak-balik ke Dokter

Bagi Anda penderita berat badan berlebih, mungkin sudah saatnya banting setir menerapkan gaya hidup dan diet sehat. Peneliti Belanda mengungkapkan, obesitas cenderung membuat pengidapnya lebih sering pergi ke dokter, bahkan dibandingkan dengan perokok aktif yang mengidap penyakit paru-paru sekalipun.

Bila mereka lebih sering ke dokter walau hanya konsultasi, berarti berapa banyak kocek yang dikeluarkan perharinya? Analisis menunjukkan, temuan ini tentu tidak bisa dijelaskan oleh orang-orang penderita berat badan. Namun, tak dapat dipungkiri. orang yang bermasalah dengan berat badannya cenderung khawatir terhadar risiko dan serangan penyakit kronis, diabetes misalnya. Meningkatnya tingkat obesitas di Negeri Belanda tersebut menyebabkan jumlah perawatan obesitas pun membengkak.

Tim dari Universitas Maastricht meneliti data dari hampir 4.500 orang dewasa. Peserta diminta mengisi kuesioner yang dibuat untuk mencari tahu tentang gaya hidup mereka, pola diet mereka, kebiasaan merokok, berapa banyak mereka minum dan berapa banyak latihan yang mereka lakukan. Namun dari semua faktor gaya hidup, ternyata hanya indeks massa tubuh yang menjadi faktor independen terkait dengan sering berkunjung ke dokter.

Meskipun para peneliti tidak bisa menyimpulkan mengapa orang yang kelebihan berat lebih sering berkonsultasi ke dokter, tapi mereka berspekulasi pengidap obesitas kerap memiliki keluhan yang lebih kecil, seperti masalah tidur atau nyeri muskuloskeletal. Muskuloskeletal ialah penyakit yang menyebabkan perubahan berbagai organ tubuh.

Pemimpin studi, Dr Marjan van den Akker, menambahkan bahwa dokter akan berada di bawah tekanan jika semakin hari pasien obesitas semakin membengkak. Sementara, dokter umum dari Forum Obesitas Nasional di Belanda, Dr David Haslam berkata, "Ini kabar baik bahwa mereka khawatir mengenai kesehatan mereka dan ingin memeriksa tetapi kita juga tahu bahwa kita harus berbuat lebih banyak untuk mengidentifikasi dan mengelola pasien kelebihan berat badan.''

Namun, lanjut Haslam, bagaimana pun perawat harus lebih berkualitas untuk memberikan nasihat gaya hidup sehat bagi penderita obesitas."Praktik perawat adalah arus utama dalam pengobatan pasien ini karena mereka dapat menghabiskan waktu lebih lama dengan penderita dan memiliki kesempatan untuk memberikan nasihat gaya hidup." ujarnya.-republika
READ MORE - Selengkapnya

Mengerikan! Bakteri Mematikan Sudah Menyebar ke Berbagai Negara


Sejumlah peneliti memperingatkan penyebarannya terjadi dengan sangat cepat karena orang bepergian ke berbagai belahan dunia yang merupakan media pembawa bakteri tersebut. Menurut Professor Tim Walsh dari Universitas Cardiff, Inggris, dalam kurun waktu tiga tahun bakteri yang bernama NDM-1 (New Delhi metallo-beta-lactamase) tumbuh dengan cepat dan kini berkembang di pasien di India yang memiliki infeksi Enterobacteriaceae dengan prevelansi satu hingga tiga persen.

"Ini benar-benar mengejutkan. Karena orang-orang bepergian dari satu negara ke negara lain, globalisasi, berobat ke luar negeri memberikan kesempatan kepada bakteri ini untuk berpindah dengan cepat ke seluruh dunia.

Sejumlah pasien yang berasal dari Inggris pergi ke India untuk transpalantasi ginjang, perawatan kehamilan atau luka bakar, sementara lainnya mendapatkan bakteri itu setelah menjalani operasi plastik.

Diperingatkan, hanya dua anti-biotik yang bisa bekerja melawan NDM-1 memproduksi bakteri dan hanya bisa bekerja sebelum terkena infeksi bakteri tersebut. Para ilmuwan sudah memulai penelitian untuk menemukan anti-biotik untuk melawan ancaman itu tetapi sayangnya belum bisa tersedia sesegera mungkin.
READ MORE - Selengkapnya

PEMAKAIAN LENSA DAPAT SEBABKAN BOROK KORNEA


Mata adalah organ manusia yang penting karena mata adalah panca indera untuk mengetahui keadaan sekitar. Seringkali manusia menggunakan lensa mata demi untuk mempercantik matanya tanpa mengetahui efek dari pemakaian lensa mata

Dokter mata mengutip bahaya pemakaian lensa kontak setiap hari. Kalau hanya dijuluki si mata empat rasanya tidak terlalu buruk, sebab ada bahaya lain yang ternyata mengintai.

Pemakai lensa kontak sembilan kali lebih mungkin untuk menderita borok kornea dibanding mereka yang tidak memakainya, menurut sebuah studi baru yang dilaporkan oleh Reuters. Sebanyak 38 juta warga Amerika Serikat saat ini memakai lensa kontak. Penelitian mengungkap bahwa penderita borok pada lapisan transparan depan mata ini cukup banyak terdapat di Amerika Serikat.

“Setelah inovasi lensa kontak baru tersedia, dan orang-orang mendengar bahwa mereka dapat memakai lensa kontak selama beberapa minggu atau bulan tanpa menggantinya, mereka memakainya. Mata kita perlu istirahat setelah memakai lensa kontak,” kata Dr David Gritz peneliti dari Montefiore Medical Center, seperti dilansir dari NY Daily News, Kamis (12/8/2010).

Borok kornea—luka terbuka yang biasanya disebabkan oleh infeksi—sering berkembang setelah cedera, meski berupa goresan kecil di lapisan jaringan yang melindungi kornea. Akibatnya, mata merasakan nyeri hebat dan kadang-kadang kehilangan penglihatan.

Penelitian di atas didasarkan pada lebih dari satu juta orang di California Utara, dimana total 302 pasien (0,03 persen) mengalami penurunan kualitas fungsi mata dalam periode bertahun-tahun kemudian. Sekira 12 persen pasien dalam penelitian tersebut diminta memakai lensa, dan hasilnya, setengahnya mengalami borok kornea. Ketika peneliti memperkirakan gambaran kasus di seluruh negera bagian Amerika Serikat, mereka menghitung bahwa sekira 71.000 kasus baru borok kornea didiagnosis setiap tahunnya. Angka ini diterjemahkan menjadi 23 kasus per 100 ribu orang, meningkat dari yang diungkap penelitian sebelumnya, yakni sekira 11 kasus per 100 ribu orang.

Orang dengan infeksi HIV dan wanita muda (yang cenderung menjadi pengguna lensa kontak kosmetik) berisiko lebih tinggi terhadap borok kornea daripada faktor risiko lainnya.

Potensi berbahaya dari segi kesehatan mata adalah meningkatnya ketersediaan lensa kontak sekali pakai, lensa kontak yang bisa dipakai semalaman, dan kemudahan pemesanan online.

“Orang-orang perlu mendapatkan lensa kontak yang benar dan mencari perawatan tindak lanjut melalui perawatan mata profesional,” kata Gritz.

“Lensa kontak bahkan dapat bertindak sebagai perban atas iritasi mata, menutupi gejalanya. Jadi, orang perlu mendengarkan apa yang mata mereka katakan kepadanya, dan memiliki kaca mata sebagai alternatif,” sarannya.

okezone.com
READ MORE - Selengkapnya

INILAH 46 OBAT TRADISIONAL YANG DINYATAKAN BERBAHAYA


Sebanyak 46 produk obat tradisional atau jamu ditemukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengandung bahan kimia obat (BKO) dengan dosis tinggi.

Oleh karena itu, BPOM memperingatkan masyarakat untuk tidak mengonsumsi produk-produk tersebut karena termasuk dalam kategori zat yang berbahaya bagi tubuh.

"Ada obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat. Kemungkinan obat tradisional tersebut dicampur dengan bahan-bahan kimia," ujar Kepala BPOM RI Kustantinah di kantornya, Jumat (13/8/2010).

Bahan kimia obat, lanjutnya, adalah kategori obat keras. Biasanya, di dalam obat ada takaran atau dosisnya karena kalau obat-obat itu lebih dari dosisnya, maka akan berdampak pada kesehatan.

"Akan tetapi, obat tradisional atau jamu yang mengandung BKO ini dosis bahan kimianya bisa lebih tinggi dari obat biasa," ujarnya.

Apabila masyarakat mengonsumsi obat tradisional atau jamu yang mengandung BKO tersebut, akan mengalami risiko gangguan kesehatan serius, terutama pada lambung, lever, ginjal, dan hati. Bahkan, bisa berujung pada kematian.

Berdasarkan temuan BPOM dalam kurun waktu 10 tahun, obat-obat tradisional yang sering kali mengandung BKO adalah obat diet, obat kuat, obat rematik, dan obat penghilang rasa sakit.

"Padahal, obat tradisional harusnya herbal, tidak boleh sama sekali ada bahan kimia," ujar Kustantinah.

Inilah 46 produk jamu yang berbahaya menurut temuan BPOM :

8 produk yang nomor registrasinya dibatalkan:
1. Wei Yi Xin Kapsul
2. Gemuk Segar Eka Jaya No 1 serbuk
3. Keteling Jiaonang
4. Pegal Linu Eka Jaya No.2 serbuk
5. Pegal Linu Sari Widoro COD
6. Yin Chiao tablet
7. Gemuk Sehat Pusaka Raga Serbuk
8. Tenaga Sehat Pegal Linu serbuk

33 produk yang tidak terdaftar dan mencantumkan nomor izin palsu:
1. Asam Urat Flu Tulang Super kapsul
2. Asam Urat Flu Tulang Super tablet
3. Buah Delima Darah Tinggi kapsul
4. Buah Delima kapsul
5. Gajah Kuat tablet
6. Gemuk Sehat untuk Pria dan Wanita Jati Sehat
7. Obat Gatal-Gatal (Eksim) Brantas kapsul
8. Obat Kuat Tongkat Mesir serbuk
9. Pakar Jaya Asam Urat si Tangkur Serbuk
10 Power Sex kapsul
11. Serbuk Brastomolo
12. Top Jaya Sakti kapsul
13. Torpedo serbuk
14. Walet Mas serbuk
15. Yunang kapsul
16. Chang San serbuk
17. Flu Tulang serbuk
18. Puji Sehat Gemuk Sehat serbuk
19. Sukma Perkasa Asam Urat serbuk
20. Asam Urat+Flu Tulang Ramuan Mahkota Dewa kapsul
21. Kammasutera serbuk
22. Pegal Linu dan Asam Urat Montalin kapsul
23. Godong Ijo kapsul
24. Buah Merah Khusus Pria dan Wanita kapsul
25. Pa’e Obat Kuat dan Tahan Lama kapsul
26. Kuat Jantan Obat Kuat dan Tahan Lama kapsul
27. Akar Jawa China kapsul
28. Pegal Linu Rheumatik Asam Urat untuk Pria
29. Wanita Kuat Sentosa serbuk
30. Multi Guna Kaler untuk Pria dan Wanita serbuk
31. Asam Urat Kaler untuk Pria dan Wanita serbuk
32. Samurat Extra untuk Pria dan Wanita serbuk
33. Asam Urat Nyeri Tulang Pengapuran kapsul

5 produk obat tradisional yang tidak terdaftar:
1. 5X Lebih Dahsyat Obat Kuat dan Tahan Lama tablet
2. On-Top kapsul
3. Linzhe Ba Zi Hu Zin Lin tablet
4. New Happy Strong kapsul
5. Morinda Extra Ginseng kapsul


kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

BERPUASA BISA KURANGI RISIKO PENYAKIT JANTUNG


Puasa itu bisa baik bagi jantung dan kesehatan, menurut studi baru-baru ini oleh Intermountain Health Care, Salt Lake City, Amerika Serikat, yang meneliti manfaat puasa rutin.

Puasa adalah sebuah praktik yang menonjol di tiga agama terbesar dunia: Islam, Kristen, dan Judaisme. Menurut Dr Benjamin Horne, direktur penelitian ini, puasa sebulan sekali untuk dua kali makan atau lebih mengurangi risiko penyakit jantung, penyebab utama kematian di Amerika Serikat baik pada laki-laki maupun perempuan.

"Mereka yang berpuasa memiliki risiko 40-45 persen lebih rendah terkena penyakit jantung koroner daripada orang yang tidak puasa," kata Horne. Pada poin ini, para peneliti menindaklanjuti untuk menemukan mekanisme biologis yang mendasari manfaat puasa.

Selain membersihkan arteri dan mencegah penyakit jantung, lembaga lain telah menemukan bahwa puasa bermanfaat bagi kesehatan seperti mengurangi risiko diabetes, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, dan bahkan memperpanjang hidup.

Sebuah studi baru-baru oleh peneliti Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, menemukan bahwa puasa mungkin dapat memperpanjang kehidupan sel pada tikus. "Gen panjang umur," ini, seperti yang disebut Horne, juga ditemukan pada manusia. Horne dan timnya sedang melakukan studi genetik dan uji klinis untuk melihat apakah sel pada manusia bisa lebih panjang hidupnya saat puasa.

Lora Beth Brown, profesor ilmu gizi dan makanan di Universitas Brigham Young, Amerika Serikat, memuji hasil kerja Hoerne dan kawan-kawan tersebut sebagai penelitian menarik dan memberikan manfaat tambahan karena menggunakan korelasi untuk kesimpulannya.

"Menyarankan agar semua orang harus berpuasa untuk mengurangi risiko penyakit jantung adalah sedikit lebih maju di depan ilmu pengetahuan," kata Brown.

TEMPO Interaktif, Provo -
The Daily Universe/UWIRE/NgartoF
READ MORE - Selengkapnya

CUACA DINGIN TINGKATKAN RESIKO SERANGAN JANTUNG


Cuaca dingin ternyata bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Berdasar penelitian Fakultas Epidemiologi dan Kesehatan Penduduk, London School of Hygiene & Tropical Medicine, ketika suhu turun satu derajat celcius dalam sehari, menaikkan dua persen peningkatan penyakit jantung di pekan pekan berikutnya.

Menurut penulis studi Krishnan Bhaskaran, dengan kenaikan dua persen ini risiko penderita penyakit jantung akan naik. "Karena semua orang menghadapi perubahan cuaca," kata dia. "Orang tua dan mereka yang jantungnya bermasalah sangat rentan terhadap efek penurunan suhu," tambahnya.

Berdasarkan analisa atas catatan 84.000 pasien rumah sakit untuk serangan jantung yang berlangsung selama tiga tahun antara 2003 - 2006 menunjukkan, ketika suhu turun tekanan darah naik, membuat darah lebih tebal dan jantung bekerja lebih keras. Bhaskaran menekankan hubungan antara naiknya tingkat kematian dengan cuaca dingin adalah sebuah fenomena global. "Kita tidak bisa mengendalikan cuaca, tapi kita bisa mewaspadainya," katanya.

Dia menyarankan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko gangguan pembuluh darah itu. Yakni memakai pakaian hangat, menjaga rumah cukup panas dan membatasi jumlah waktu yang dihabiskan di luar rumah, khususnya saat cuaca dingin.

"Mereka yang telah diresepkan obat-obatan, seperti aspirin untuk mengendalikan risiko masalah jantung tetaplah mengonsumsinya," saran Bhaskaran.

Profesor kardiologi di University of California, Los Angeles, Dr Gregg C. Fonarow,menyatakan temuan ini harus dipahami sesuai dengan konteksnya.

Menurutnya, penelitian ini memperluas temuan sebelumnya yang menghubungkan penurunan suhu dengan kematian meningkat

Namun, Fonarow tetap melihat risiko serangan jantung terkait dengan suhu terlalu kecil dibandingkan dengan risiko kardiovaskular yang terkait dengan merokok, obesitas, aktivitas fisik, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan faktor lainnya. Penelitian Bhaskaran dan timnya terbit 10 Agustus di British Medical Journal di edisi online.
TEMPO Interaktif, London -
READ MORE - Selengkapnya

HASIL PENELITIAN GADIS INGUSAN AMERIKA LEBIH CEPAT PUBER


Gadis-gadis ingusan Amerika Serikat ternyata lebih cepat mengalami masa puber dari usianya dibandingkan dengan gadis sebaya pada masa sebelum mereka. Demikian hasil sebuah studi melaporkan.

Lebih dari 10 persen gadis kulit putih usia tujuh tahun, hasil studi pertengahan 2000-an, menunjukkan mereka mengalami perkembangan payu dara lebih cepat sebagai pertanda masa puber bila dibandingkan dengan studi yang dilakukan pada awal 1990-an.

Namun demikian, hasil studi yang diluncurkan jurnal Pediatric menyebutkan
rata-rata gadis kulit hitam dan hispanic mengalami masa dewasa lebih cepat bila dibandingkan dengan gadis kulit putih. Sekitar seperempat gadis kulit hitam dan 15 persen hispanic memasuki masa puber pada usia tujuh tahun.

Tetapi para peneliti tak menyebutkan penyebab tren meningkatnya kelompok gadis kulit hitam lebih cepat dibandingkan dengan kulit putih. Meskipun rata-rata gadis kulit hitam lebih cepat (23 persen) masa pubernya dibandingkan hasil pengamatan pada 1990-an (15 persen), tetapi perkembangan ini dianggap tidak signifikan.

"Gadis kulit putih segera menyusul," kata Frank Biro, M.D., ketua studi dan direktur kesehatan remaja di Rumah Sakit Anak-anak Cinciannati.

Para ahli tidak yakin, apa di balik perkembangan puber lebih cepat tersebut tetapi menurut mereka ada dua faktor kombinasi yaitu mewabahnya kegemukan di kalangan anak-anak dan soal lingkungan.

Puber lebih cepat di kalangan ana-anak kini menjadi perhatian publik sebab dari hasil penelitian telah memperlihatkan bahwa hal tersebut dapat menyebabkan kanker payu dara dan kanker rahim.

"Kanker payu dara seperti masalah pada umumnya, sehingga kalau kita mengetahui persoalan lebih awal maka kita bisa cepat mengatasinya," kata Susan Nickel, M.D., seorang asisten pediatri pada Texas A&M Health Science Center College of Medicine, Temple.


TEMPO Interaktif,
READ MORE - Selengkapnya

TUBUH BERTATO BERESIKO TINGGI HEPATITIS C



Narapidana dan mereka yang bertato di sekujur tubuhnya lebih berisiko tertular hepatitis C dan penyakit lain melalui darah, demikian menurut studi Universitas British Columbia, Kanada.

Para peneliti mereview dan menganalisis 124 studi dari 30 negara, termasuk Kanada, Iran, Italia, Brasil, dan Amerika Serikat. Mereka menemukan kejadian hepatitis C pada sejumlah individu bertato. Temuan ini diterbitkan dalam edisi terbaru Journal of Infectious Diseases Internasional.

Tato telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Di AS, diperkirakan 36 persen dari orang di bawah 30 tahun memiliki tato. Di Kanada, sekitar delapan persen dari siswa SMA memiliki setidaknya satu tato.

"Sejak instrumen tato kontak dengan darah dan cairan tubuh, infeksi dapat ditularkan jika instrumen ini digunakan pada lebih dari satu orang tanpa disterilkan atau tanpa teknik kebersihan yang layak," kata penulis utama penelitian, Dr Siavash Jafari.

"Selain itu, pewarna tato tidak disimpan dalam kontainer steril dan mungkin memainkan peran dalam menularkan infeksi," kata Jafari. Karena itu, Jafari menyarankan masyarakat umum untuk memahami risiko yang terkait dengan tato, dan seniman tato perlu membicarakan hal yang merugikan dengan klien.

Risiko lain yang diidentifikasi oleh penelitian ini meliputi reaksi alergi, HIV, hepatitis B, bakteri atau infeksi jamur, dan risiko lain yang terkait dengan penghapusan tato.


Mereka juga merekomendasikan program pencegahan yang berfokus pada pemuda - populasi yang paling mungkin untuk mendapatkan tato - dan para tahanan - yang menghadapi prevalensi tinggi hepatitis C - untuk menurunkan penyebaran infeksi hepatitis.

Bahan kimia dalam pewarna tato dapat mencakup cat rumah, tinta printer komputer, atau karbon industri. Racun di dalam tinta tato dapat memasuki ginjal, paru-paru, dan kelenjar lympth melalui sistem peredaran darah.

TEMPO Interaktif,
READ MORE - Selengkapnya

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails