Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Gangguan Pada Tulang Dalam Sistem Gerak


Tulang Manusia
Gangguan pada Tulang
Tulang dapat mengalami gangguan fisik, gangguan fisiologis, gangguan kedudukan tulang vertebra, dan persendian. Pelajarilah uraian berikut.

a. Gangguan Fisik
Salah satu gangguan fisik pada tulang adalah terjadinya patah tulang (fraktura). Patah tulang pada anak-anak akan lebih cepat sembuh jika dibandingkan dengan orang tua.
Tulang dapat mengalami keretakan menjadi beberapa bagian. Keadaan patah tulang yang disertai keluarnya bagian tulang menembus kulit dinamakan comminuded. Gangguan yang lain adalah greenstick, yakni patahnya tulang yang tidak mengalami pemisahan bagian tulang.

b. Gangguan Fisiologis
Gangguan Fisiologis dapat disebabkan oleh kelainan tubuh dalam menyerap vitamin atau kelainan fungsi hormon. Gangguan fisiologis akan diuraikan sebagai berikut.
Penderita rakitis biasanya memiliki tulang tibia dan fibula yang berbentuk huruf X atau O. Gangguan akibat kurangnya penimbunan zat kapur dan kalsium ketika proses pembenrukan tulang dinamakan osteomalasia. Osteomalasia terjadi pada tulang secara umum, sedangkan rakitis khusus terjadi pada tulang kaki. Keduanya dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin D.

c. Gangguan Kedudukan Tulang Vertebra
Pergeseran kedudukan tulang vertebra dapat mengubah bentuk rangkaian tulang vertebra. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh sikap tubuh yang salah.

Biologi Oleh Oman Karmana

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gangguan Pada Tulang Dalam Sistem Gerak"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner