Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Mencegah Mencret (Diare) Pada Bayi dan Anak-Anak

Meskipun mencret dapat disebabkan oleh berbagai hal, mencegah mencret (diare)penyebab yang paling sering ialah infeksi dan gizi buruk. Dengan kebersihan dan makanan yang baik, kebanyakan penyakit mencret dapat dicegah.

Anak-anak dengan gizi jelek akan lebih sering menderita mencret dan meninggal, daripada anak-anak yang gizinya baik. Sebaliknya mencret sendiri dapat juga menyebabkan kekurangan gizi. Dan bila sebelumnya anak itu telah menderita kekurangan gizi, maka mencret tersebut akan cepat memperburuk keadaan.

Akibatnya, terjadilah lingkaran setan, di mana keadaan yang satu memperburuk keadaan yang lain. Berdasarkan hal ini, nutrisi yang baik sangat penting. baik dalam pencegahan maupun dalam pengobatan mencret.

Mencegah mencret (diare) tergantung kepada gizi yang baik dan kebersihan. Berbagai anjuran untuk kebersihan perorangan dan kebersihan lingkungan. Anjuran ini meliputi penggunaan jamban, pentingnya air bersih dan perlindungan makanan terhadap kotoran dan lalat.

Berikut ini beberapa saran penting untuk mencegah mencret (diare) pada bayi:
1. Pemberian air susu ibu kepada bayi lebih dianjurkan daripada pemberian susu botol. Berikan air susu ibu saja selama 4 bulan pertama. Air susu ibu akan membantu bayi bertahan terhadap infeksi yang menyebabkan mencret. Jika pemberian air susu itu tidak dapat dilaksanakan, berikan susu dengan gelas dan sendok. Jangan gunakan botol susu, karena botol susu sukar dijaga kebersihannya dan lebih sering menyebabkan infeksi.

2. Jika anda mulai memberikan makanan baru atau makanan padat kepada bayi, mulailah sedikit demi sedikit dan lumatkan dahulu sampai halus. Bayi harus belajar bagaimana cara mencernakkan makanan baru tersebut, dan jika ia mulai makan banyak sekaligus, ia dapat menderita mencret.

3. Jagalah agar bayi selalu bersih dan berada di tempat yang bersih.
4. Cegahlah agar anak tidak memasukkan barang-barang kotor ke dalam mulutnya.
5. Jangan memberikan obat-obatan yang tidak diperlukan kepada bayi.

Pengobatan mencret:
Bagi sebagian besar kasus mencret, obat-obatan tidak diperlukan. Jika mencretnya berat, bahaya paling besar ialah dehidrasi. Jadi, bagian paling penting dalam pengobatannya ialah memberikan cukup cairan dan makanan yang baik. Apa pun penyebabnya, yang penting perhatikan hal-hal berikut ini:

1. MENCEGAH ATAU MENGATASI DEHIDRASI.
Seorang yang menderita mencret harus minum cairan dalam jumlah banyak. Jika mencretnya berat atau terdapat tanda-tanda dehidrasi, berikan Minuman Rehidrasi, bujuklah agar ia mau meminumnya. Suruhlah menelan beberapa teguk setiap beberapa menit.

2. MEMENUHI KEBUTUHAN GIZI.
Seorang penderita mencret memerlukan makanan secepatnya setelah ia dapat makan kembali. Hal ini panting terutama bagi anak kecil atau bagi orang yang telah menderita kekurangan gizi. Bayi yang menderita mencret harus terus mendapatkan air susu ibu.
Ilmu Kebidanan : Patologi dan Fisiologi Persalinan, Oleh Harry Oxorn William R. Forte
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails