Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Cegah Kanker Payudara di Usia 20-an


SETIAP perempuan pada usia berapa pun memang memiliki risiko terkena kanker payudara. Namun, kaum hawa memiliki kesempatan untuk mengecoh jam biologisnya. Berikut caranya, khusus bagi Anda yang barusia 20-an tahun: 

1. Berkeringat 
"Aktivitas fisik yang teratur bisa membalikkan efek insulin yang tinggi dan tingkat estrogen. Keduanya telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara," kata Douglas Yee MD, direktur Pusat Kanker Masonik di University of Minnesota. 

Dalam studi Nurses Health II yang melibatkan hampir 65 ribu perempuan, partisipan yang melaporkan rutin berjalan rata-rata 3,25 jam per minggu atau 13 jam per minggu memiliki risiko 23 persen lebih rendah terkena kanker payudara saat premenopause jika dibandingkan dengan mereka yang kurang bergerak. Aktivitas pada usia 12 sampai 22 tahun tampaknya mampu memberikan perlindungan terkuat melawan kanker, kata para peneliti. 

2. Memiliki bayi 
Selain merupakan kodrat alami bagi kaum hawa, nyatanya secara medis memiliki bayi memang mampu menurunkan risiko Anda terkena kanker payudara. "Perempuan yang memiliki anak pada usia ini memiliki risiko lebih kecil secara signifikan," kata Kala Visvanathan MD, seorang ahli onkologi di Johns Hopkins Medical Center. Tidak hanya itu, tapi menyusui juga menurunkan risiko kanker payudara Anda. 

3. Batasi alkohol 
Para ahli telah mengaitkan konsumsi alkohol dengan peningkatan risiko kanker payudara. Sebuah studi dari British Journal of Cancer menunjukkan kenaikan risiko sebesar 7 persen untuk setiap gelas per hari. Jadi cobalah untuk mengendalikan diri dan tidak berlebihan dalam mengonsumsi minuman beralkohol
kompas.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cegah Kanker Payudara di Usia 20-an"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner