Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Perkecil Risiko Kanker Payudara di Usia 30-an

Perkecil Risiko Kanker Payudara di Usia 30 an
PENCEGAHAN memang lebih baik daripada pengobatan pada usia berapa pun. Tak ada pula kata terlambat. Setelah mengetahui apa saja tindakan pencegahan yang bisa dilakukan kala berusia 20-an, berikut tindakan apa saja yang bisa dilakukan kala berusia 30-an tahun. 

1. Konsumsi kalsium dan vitamin D 
Mengonsumsi 1.000 miligram kalsium dan 350 IU vitamin D dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara premenopause. Data ini didapat dari studi tentang kesehatan perempuan yang melibatkan lebih dari 30 ribu partisipan. 

Selain itu, untuk membantu tubuh Anda memproduksi D yang dibutuhkan, habiskan waktu 5 - 10 menit di bawah sinar matahari beberapa hari seminggu tapi tanpa perlindungan SPF. 

2. Kurangi konsumsi daging merah 
Risiko untuk beberapa tipe kanker payudara akan meningkat bila kita memakan daging babi, daging sapi, domba, dan daging olahan, menurut Nurses Health Study II. Para peneliti memperkirakan hal itu disebabkan daging mengandung estrogen sehingga meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh lalu memengaruhi risiko kanker. American Institute for Cancer Research pun merekomendasikan membatasi konsumsi daging merah hingga dan menghindari semua daging olahan. 

3. Periksakan diri 
Jika Anda telah berusia setidaknya 35 tahun, ada baiknya menjalani beberapa pilihan pemeriksaan dini. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kemungkinan terkena kanker payudara dalam lima tahun ke depan dan sepanjang hidup Anda. Jika risiko Anda memang tinggi, disarankan, Anda menerima konseling tentang pencegahan, skrining, dan pilihan lainnya, seperti pengujian genetik.
kompas.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkecil Risiko Kanker Payudara di Usia 30-an"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner