Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Beda Warna Kulit Pada Anak Kembar, Kok Bisa?

Di sini, mungkin masih jarang terlihat bayi kembar yang memiliki warna kulit berbeda. Tapi, di beberapa belahan dunia lain ternyata fenomena ini semakin marak. 

Misalnya saja di Inggris. Pasangan Kaydon Wood dan Layton Wood menjadi selebriti lokal dan berita utama di Koran regional. Bahkan, publik tetap heran begitu mengetahui mereka berdua benar-benar saudara kembar. 



Tiap tahun, terdapat 12 ribu pasang bayi kembar lahir di Inggris. Di antaranya, 385 merupakan bayi berkulit hitam atau dari ras campuran. Saudara kembar ini termasuk sangat langka. Pasalnya, hanya ada dua dalam satu juta bayi kembar lahir dengan kondisi ini.

Bagaimana femonema ini bisa dijelaskan secara ilmiah? Ahli genetik populasi Dr Jim Wilson dari University of Edinburgh menjelaskan, “Anda bisa meramalkan, dua keturunan kulit putih murni tak akan bisa mendapat kembar hitam putih dan begitu sebaliknya pada dua keturunan murni Afrika”.

Namun, bukanlah suatu hal mustahil untuk meramalkan berkulit apakah orang yang memiliki warisan campuran Afrika dan Eropa. “Karena orang tua berkontribusi 50% pada gen tiap keturunan, generasi pertama yang lahir adalah pasangan campuran ras di antara kedua warna ini,” katanya.

Pada generasi kedua akan berbeda, lanjutnya. Jika salah satu keturunan menikahi orang putih, terdapat probabilitas baru anak yang lahir juga berkulit putih karena keturunan tersebut tak lagi memiliki varian 50/50 hitam dan putih.

“Saat orang tua dengan ras campuran dan satu berkulit putih, kesempatan lahirnya bayi berkulit putih masih kecil namun satu dalam 10 bayi yang ada kini memiliki ras campuran yang artinya potensi lahirnya kembar hitam putih bisa lebih mungkin,” paparnya.

Demikianlah yang terjadi dengan orang tua si kembar Wood. Sang ibu, Kerry Wood (32) yang menikah dengan Paul Wood (32). Awalnya dokter menyatakan si kembar terkena penyakit kuning yang memberi kesan kulit kedua bayi berwarna coklat seperti habis berjemur.

“Namun secara perlahan, si kembar berubah warna dan pada usia enam pekan, warna makin tampak, satu putih berambut pirang dan mata biru sedangkan satunya lagi berkulit gelap dengan rambut keriting,” katanya.

Kerry mengaku memiliki ras campuran dengan ayah dari Nigeria dan ibu berkulit putih serta ayah si kembar juga merupakan pria berkulit putih. “Di tiap gen terdapat varian kulit putih dan gelap. Jika varian kulit gelap lebih banyak dalam DNA, maka Anda akan mewarisi kulit gelap begitu pula sebaliknya,” papar Wilson.

Alasan genetik untuk fenomena ini relatif mudah dipahami namun hidup dengan respon masyarakat pada fenomena ini bisa jauh lebih rumit, lanjutnya. Untuk jangka panjang, meningkatnya kolam gen campuran akan memiliki efek luar biasa pada kesehatan.
Sumber : 
READ MORE - Selengkapnya

PERAWATAN PRANIKAH BAGI WANITA

Perawatan pranikah yang menyangkut kesehatan tubuh perlu dilakukan. Asupan makanan dan minuman harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh.

Perawatan seluruh tubuh juga perlu dilakukan secara rutin, terutama sebulan menjelang pernikahan. Anda bisa mencoba berbagai paket perawatan pranikah di salon-salon kecantikan, atau melakukan perawatan sendiri di rumah, yang mungkin lebih menyenangkan karena privasi terjaga.

Nah, bila Anda berniat untuk melakukan perawatan pranikah sendiri, Sariayu Martha Tilaar punya solusinya. Mulai dari lulur, pijat tubuh dengan minyak zaitun, pijat payudara dengan cairan kencang payudara, V-Spa treatment dengan tisu sirih dan ratus, serta jamu-jamuan untuk diminum secara teratur.



Desiana dari Puspita Martha Internasional Beauty School berbagi "Tips Perawatan Pra Nikah" dalam seminar dan Lomba Rias Pengantin Exotic Indonesia di Gedung Smesco UKM, Jakarta, Rabu (18/5/2011) lalu.

1. Lulur.
Inilah perawatan pertama yang wajib dilakukan. Cara penggunaan lulur yang benar adalah dirotasi di kulit sehingga lulurnya berjatuhan dengan sendirinya. Letakkan lulur sedikit demi sedikit pada kulit lalu rotasi searah jarum jam sampai lulurnya berjatuhan. Setelah itu diamkan beberapa menit, lalu bilas. Usai luluran, Anda bisa melanjutkan dengan pijatan menggunakan minyak zaitun. Tekan titik-titik meridian (jeda antara tulang) atau tekan bagian tengah lengan Anda sembari memijat tangan. Lanjutkan dengan pijatan pada kaki, paha, pangkal paha, dan punggung (mungkin bisa dengan bantuan salah satu anggota keluarga).

2. Pijat payudara.
Setelah pijat tubuh dengan minyak zaitun, Anda bisa melanjutkan dengan pijatan khusus untuk payudara. Pijatan payudara penting untuk melancarkan sirkulasi darah di sekitar payudara, sekaligus mengencangkan kulit payudara. Caranya, ambil cairan kencang payudara, lalu oleskan di sisi kanan dan kiri payudara. Beri tekanan di kanan dan kiri, lalu pijat dengan arah memutar hanya di bagian sisi payudaranya saja. Setelah pijatan cukup, lanjutkan dengan di-vibra (digetarkan dengan tangan) beberapa saat, dan angkat secara bergantian.

3. Perawatan vagina.
V-Spa Treatment atau ratus bisa dilakukan sendiri di rumah dengan produk perawatan Ratus dari Sariayu. Ratus adalah proses pengasapan organ intim dari rempah untuk menjaga kebersihan dan menghilangkan bau tak sedap, serta mengurangi lendir yang berlebih. Setelah melakukan ratus, selalu jaga kebersihan organ intim dengan tisu sirih wangi yang bisa dibawa kemanapun Anda pergi.

4. Sexercise.
Anda juga bisa melakukan sexercise, yakni melakukan gerakan senam ringan yang fokus untuk organ intim. Berdiri lah dengan dua lutut ditekuk, tarik nafas dan hembuskan beberapa kali, lalu gerakkan organ intim Anda hingga seolah-olah ikut bernafas bersama Anda. Lakukan beberapa kali, lalu berdiri dengan kembali dengan posisi normal. Latihan ini berfungsi untuk mengencangkan otot-otot kewanitaan dan otot-otot di sekitar panggul serta organ intim wanita.

5. Perawatan wajah dan rambut.
Sebagai wanita Anda tentu selalu melakukan perawatan wajah dan rambut secara rutin. Maka perawatan wajah dan rambut seperti maskeran atau creambath bisa dilakukan seperti biasanya, atau lakukan perawatan khusus wajah dan rambut di salon kecantikan agar hasilnya lebih maksimal.

6. Minum jamu.
Jamu-jamuan berkhasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah dari dalam, untuk meningkatkan vitalitas dan kesegaran tubuh, dan tentunya menjaga kesehatan dan bentuk tubuh menjelang pernikahan. Jamu yang bisa dipilih dari Sariayu adalah kaplet susut perut dan selangsing singset, atau bisa juga dalam bentuk teh, yakni Tea for Slim Sariayu yang bisa didapat di supermarket terdekat.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL 22 MANFAAT BAWANG PUTIH

  1. Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan
  2. Membantu menghambat proses penuaan. Menghambat pertumbuhan sel kanker.
  3. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi.
  4. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
  5. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.
  6. Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi.
  7. Dengan efek yang lebih lembut. Bawang putih mengandung vitamin A.
  8. Bawang putih mengandung vitamin B.
  9. Bawang putih mengandung vitamin C.
  10. Bawang putih mengandung kalsium.
  11. Bawang putih mengandung potasium
  12. Bawang putih mengandung antioksidan. Bawang putih mengandung karoten dan selenium
  13. Mengonsumsi 2-3 siung bawang putih sehari, akan menghindarkan dari kemungkinan berpenyakit jantung.
  14. Menyembuhkan tekanan darah tinggi
  15. Meringankan tukak lambung
  16. Menurunkan kolesterol dalam darah
  17. Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.
  18. Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh
  19. Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.
  20. Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah
  21. Menjaga stamina tubuh
  22. Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.
READ MORE - Selengkapnya

AGAR ANDA TIDAK GEMUK SETELAH MENIKAH


Menikah adalah hal yang membahagiakan bagi setiap pasangan. Namun, kebahagiaan tersebut justru membuat beberapa orang mengalami kenaikan berat badan setelah menikah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang menikah memiliki dua kali lipat risiko terkena obesitas ketimbang mereka yang single. Hal tersebut dikarenaka para pasangan merasa sudah mencapai tujuan hidup dan nyaman dengan status yang disandang. Untuk menghindari hal itu, Anda dan pasangan harus mulai memperhatikan kebiasaan dan gaya hidup. Seperti yang dilansir dari setuphealth, berikut empat cara menjaga berat badan setelah menikah.

1. Ketahui porsi makan yang benar
Porsi makan Anda dan suami jelas berbeda. Ingat, porsi makan Anda yang tepat adalah sekitar 1/2 hingga 3/4 dari porsi makan suami. Makan dengan menggunakan piring kecil juga bisa bantu mengurangi asupan makanan. Cara makan ini disebut juga dengan diet piring.

2. Tantang pasangan untuk berolahraga
Jika suami Anda memiliki jiwa kompetitif, manfaatkan hal ini. Misalnya dengan menantang pasangan untuk berlari sepanjang 5 kilo. Buat suasana olahraga menyenangkan dan jadikan hal ini sebagai kebiasaan, maka Anda berdua akan termotivasi untuk melakukan olahraga yang lebih dari biasanya.

3. Masak makanan bernutrisi
Lelah akibat seharian bekerja terkadang buat Anda malas untuk memasak dan lebih memilih memesan makanan cepat saji. Hal ini memang mudah , tapi tentu saja membuat ukuran pinggang Anda dan pasangan terus bertambah. Sebelum terlambat, ubahlah kebiasaan buruk itu dengan memasak makanan berserat dan penuh nutrisi bersama. Buatlah jadwal menu di awal minggu dan pergilah berbelanja. Memasak bersama-sama tiap malam tentu juga memberikan waktu berkualitas bagi hubungan Anda berdua.

4. Berjalan-jalan
Setelah selesai makan malam, hindari duduk di depan televisi sambil memakan camilan. Lebih baik jalan-jalanlah di sekitar komplek perumahan Anda selama 15 sampai 20 menit. Itu merupakan cara yang bagus untuk mengurangi jumlah kalori, dan mengobrol dengan pasangan
READ MORE - Selengkapnya

10 Cara Agar Wajah Tetap Cantik


Kebanyakan produk kecantikan yang bermanfaat untuk melembabkan dan menyehatkan kulit terbuat dari bahan-bahan yang terdapat di alam. Oleh karena itu, mengapa tidak langsung mengambil dari sumbernya saja jika ingin mendapatkan kulit sehat seperti yang diinginkan?

Berikut ini 10 cara mudah mendapatkan kulit wajah yang sehat dengan bahan alami

1. Tepuk wajah kain yang dibasahi dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Kemudian oleskan madu pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 30 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian tepuk-tepuk wajah dengan kain yang dibasahi air dingin

2. Buatlah masker dengan kuning telur mentah. Aplikasikan kuning telur pada wajah dan leher, diamkan selama 30 menit, bilas dengan air dingin.

3. Anda juga bisa membuat masker dengan putih telur. Aplikasikan putih telur pada wajah dan diamkan hingga putih telur mengering di wajah, baru kemudian Anda hangatkan.

4. Untuk cara yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan anggur. Cukup potong sebuah anggur menjadi dua, kemudian gosokkan dagingnya pada wajah. Setelah merata, bilas dengan air dingin.

5. Tumbuk pisang yang sudah terlalu matang hingga haslus, kemudian oleskan keseluruh wajah. Diamkan selama 15 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

6. Yogurt tanpa rasa juga bisa digunakan untuk menyegarkan dan melembabkan wajah. Oleskan yogurt pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

7. Jika Anda memiliki bibir yang pecah-pecah, oleskan minyak zaitun sebelum tidur. Biarkan semalaman dan dapatkan bibir lebih lembab dikeesokan harinya.

8. Hancurkan alpukat lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Alpukat baik untuk kesehatan dan keremajaan kulit.

9. Siapkan susu pada sebuah wadah, kemudian sedikit celupkan cotton bud atau kapas dan terapkan pada wajah. Biarkan hingga Anda merasa kulit wajah jadi lebih kencang dan bersihkan dengan air hangat. Rasakan kulit wajah menjadi lebih lembut.

10. Gunakan baking soda untuk mengangkat kulit mati dengan mencampurkannya dengan cleanser harian Anda.
READ MORE - Selengkapnya

Alasan dilarang meniup makanan dan minuman yang masih panas


Biasanya ketika kita makan makanan atau minuman yang panas maka kita meniupnya agar makanan atau minuman yang masuk ke mulut kita menjadi dingin. Hal ini dapat berisiko terhadap kesehatan kita dikarenakan makanan atau minuman yang masih panas tersebut akan mengeluarkan uap air yang mana kita tahu uap air adalah H2O(aq). 

Jika kita meniupnya, maka kita akan mengeluarkan gas CO2 dari dalam mulut. menurut reaksi kimia, apabila uap air bereaksi dengan karbondioksida akan membentuk senyawa asam karbonat (carbonic acid) yang bersifat asam.

Perlu kita tahu bahwa didalam darah itu terdapat H2CO3 yang berguna untuk mengatur pH (tingkat keasaman) di dalam darah. Darah adalah Buffer (larutan yang dapat mempertahankan pH) dengan asam lemahnya berupa H2CO3 dan dengan basa konjugasinya berupa HCO3- sehingga darah memiliki pH sebesar 7,35 – 7,45 dengan reaksi sebagai berikut:

Tubuh menggunakan penyangga pH (buffer) dalam darah sebagai pelindung terhadap perubahan yang terjadi secara tiba-tiba dalam pH darah. Adanya kelainan pada mekanisme pengendalian pH tersebut, bisa menyebabkan salah satu dari 2 kelainan utama dalam keseimbangan asam basa, yaitu asidosis atau alkalosis.

Asidosis adalah suatu keadaan dimana darah terlalu banyak mengandung asam (atau terlalu sedikit mengandung basa) dan sering menyebabkan menurunnya pH darah.

Sedangkan Alkalosis adalah suatu keadaan dimana darah terlalu banyak mengandung basa (atau terlalu sedikit mengandung asam) dan kadang menyebabkan meningkatnya pH darah.

Kembali lagi ke permasalahan awal, dimana makanan kita tiup, lalu karbondioksida dari mulut kita akan berikatan dengan uap air dari makanan dan menghasilkan asam karbonat yang akan mempengaruhi tingkat keasaman dalam darah kita sehingga akan menyebabkan suatu keadaan dimana darah kita akan menjadi lebih asam dari seharusnya sehingga pH dalam darah menurun, keadaan ini lebih dikenal dengan istilah asidosis.

Seiring dengan menurunnya pH darah, pernafasan menjadi lebih dalam dan lebih cepat sebagai usaha tubuh untuk menurunkan kelebihan asam dalam darah dengan cara menurunkan jumlah karbon dioksida.

Pada akhirnya, ginjal juga berusaha mengkompensasi keadaan tersebut dengan cara mengeluarkan lebih banyak asam dalam air kemih.
Tetapi kedua mekanisme tersebut tidak akan berguna jika tubuh terus menerus menghasilkan terlalu banyak asam, sehingga terjadi asidosis berat. Sejalan dengan memburuknya asidosis, penderita mulai merasakan kelelahan yang luar biasa, rasa mengantuk, semakin mual dan mengalami kebingungan. Bila asidosis semakin memburuk, tekanan darah dapat turun, menyebabkan syok, koma dan bahkan kematian.
sumber
READ MORE - Selengkapnya

AIR INI HANYA KHUSUS UNTUK INSINYUR


Ini sebuah kisah nyata inspiratif, memiliki cara berpikir positif atas segala hal sehingga menghasilkan "buah" yang manis di kemudian hari.

Foto ilustrasi (tniedcnie.blogspot.com)

Di sebuah perusahaan pertambangan minyak di Arab Saudi, di akhir tahun40-an....

Seorang pegawai rendahan, remaja lokal asli Saudi, kehausan dan bergegas mencari air untuk menyiram tenggorokannya kering. Ia begitu gembira ketika melihat air dingin yang tampak didepannya dan bersegera mengisi air dingin ke dalam gelas.

Belum sempat ia minum, tangannya terhenti oleh sebuah hardikan: "Hei, kamu tidak boleh minum air ini. Kamu cuma pekerja rendahan. Air ini hanya khusus untuk insinyur" Suara itu berasal dari mulut seorang insinyur Amerika yang bekerja di perusahaan tersebut.

Remaja itu akhirnya hanya terdiam menahan haus. Ia tahu ia hanya anak miskin lulusan sekolah dasar. Kalaupun ada pendidikan yang dibanggakan, ia lulusan lembaga Tahfidz Quran, tapi keahlian itu tidak ada harganya di perusahaan minyak yang saat itu masih dikendalikan oleh manajeman Amerika.

Hardikan itu selalu terngiang di kepalanya. Ia lalu bertanya-tanya: Kenapa ini terjadi padaku? Kenapa segelas air saja dilarang untuk ku? Apakah karena aku pekerja rendahan,sedangkan mereka insinyur ? Apakah kalau aku jadi insinyur aku bisa minum? Apakah aku bisa jadi insinyur seperti mereka?

Pertanyaan ini selalu tengiang-ngiang dalam dirinya. Kejadian ini akhirnya menjadi momentum baginya untuk membangkitkan "SIKAP POSITIF" . Muncul komitmen dalam dirinya. Remaja miskin itu lalu bekerja keras siang hari dan melanjutkan sekolah malam hari. Hampir setiap hari ia kurang tidur untuk mengejar ketertinggalannya.

Tidak jarang olok-olok dari teman pun diterimanya. Buah kerja kerasnya menggapai hasil. Ia akhirnya bisa lulus SMA. Kerja kerasnya membuat perusahaan memberi kesempatan padanya untuk mendalami ilmu. Ia dikirim ke Amerika mengambil kuliah S1 bidang teknik dan master bidang geologi. Pemuda ini lulus dengan hasil memuaskan. Selanjutnya ia pulang kenegerinya dan bekerja sebagai insinyur.

Kini ia sudah menaklukkan ”rasa sakit”nya, kembali sebagai insinyur dan bisa minum air yang dulu dilarang baginya. Apakah sampai di situ saja. Tidak, karirnya melesat terus. Ia sudah terlatih bekerja keras dan mengejar ketinggalan, dalam pekerjaan pun karirnya menyusul yang lain. Karirnya melonjak dari kepala bagian, kepala cabang, manajer umum sampai akhirnya ia menjabat sebagai wakil direktur, sebuah jabatan tertinggi yang bisa dicapai oleh orang lokal saat itu.

Ada kejadian menarik ketika ia menjabat wakil direktur. Insinyur Amerika yang dulu pernah mengusirnya, kini justru jadi bawahannya. Suatu hari insinyur tersebut datang menghadap karena ingin minta izin libur dan berkata; "Aku ingin mengajukan izin liburan. Aku berharap Anda tidak mengaitkan kejadian air di masa lalu dengan pekerjaan resmi ini. Aku berharap Anda tidak membalas dendam, atas kekasaran dan keburukan perilakuku di masa lalu"

Apa jawab sang wakil direktur mantan pekerja rendahan ini: "Aku ingin berterimakasih padamu dari lubuk hatiku paling dalam karena kau melarang aku minum saat itu. Ya dulu aku benci padamu. Tapi, setelah izin Allah, kamu lah sebab kesuksesanku hingga aku meraih sukses ini."

Kini sikap positfnya sudah membuahkan hasil, lalu apakah ceritanya sampai di sini?

Tidak. Akhirnya mantan pegawai rendahan ini menempati jabatan tertinggi di perusahaan tersebut. Ia menjadi Presiden Direktur pertama yang berasal dari bangsa Arab.

Tahukan kamu apa perusahaan yang dipimpinnya? Perusahaan itu adalah Aramco (Arabian American Oil Company)perusahaan minyak terbesar di dunia. Ditangannya perusahaan ini semakin membesar dan kepemilikan Arab Saudi semakin dominan. Kini perusahaaan ini menghasilakn 3.4 juta barrels (540,000,000 m3) dan mengendalikan lebih dari 100 ladang migas di Saudi Arabia dengan total cadangan 264 miliar barrels (4.20×1010 m3) minyak dan 253 triliun cadangan gas.




Atas prestasinya Ia ditunjuk Raja Arab Saudi untuk menjabat sebagai Menteri Perminyakan dan Mineral yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap dunia.

Ini adalah kisah Ali bin Ibrahim Al-Naimi yang sejak tahun 1995 sampai saat ini (2011) menjabat Menteri Perminyakan dan Mineral Arab Saudi. 
Terbayangkah, hanya dengan mengembangkan hinaan menjadi hal yang positif, isu air segelas di masa lalu membentuknya menjadi salah seorang penguasa minyak yang paling berpengaruh di seluruh dunia.
sumber: kaskus.us & aphamz.blogspot.
READ MORE - Selengkapnya

SEKILAS TENTANG PENYAKIT PARU-PARU BASAH

Bagi kalangan medis, sebenarnya istilah ini lucu. Semua Paru-paru selalu basah karena dibasahi oleh darah. Sesuai fungsinya, paru-paru adalah tempat pertukaran O2 dengan CO2 oleh Hemoglobin yang berada dalam sel-sel darah merah. Oleh karena itu wajar kalo paru-paru selalu basah, dan tidak pernah ada paru-paru kering, kecuali tentunya orang mati.
Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud paru-paru basah?
Paru-paru basah sebenarnya adalah Effusi pleura, yaitu keadaan dimana rongga pleura seseorang terisi cairan berlebih. Rongga pleura adalah suatu rongga yang menyelimuti paru-paru. Normalnya terisi sedikit cairan yang berfungsi sebagai pelumas pada waktu paru-paru mengembang dan mengempis saat bernafas sehingga tidak terjadi gesekan yang menyakitkan. Cairan ini di produksi dan diserap dalam jumlah yang sama sehingga jumlahnya akan selalu tetap.

Pada efusi pleura, terjadi penumpukan cairan di rongga pleura. Hal ini bisa terjadi karena jumlah produksi yang meningkat atau jumlah penyerapannya berkurang. Sehingga terjadi kelebihan cairan di rongga tersebut. Penyebab penimbunan cairan ini bisa bermacam-macam. Antara lain infeksi, baik infeksi spesifik yang biasanya disebabkan oleh kuman TB (Tuberculosis), maupun infeksi non spesifik yang disebabkan oleh kuman atau jasad renik selain TB.

Selain infeksi bisa juga disebabkan oleh kanker baik kanker di paru (ini yang terbanyak) maupun kanker di luar paru yang sudah menyebar (metastase) ke paru. Penyakit auto imun juga bisa menyebabkan penumpukan cairan ini. Selain itu penyakit-penyakit diluar paru juga bisa menyebabkan efusi pleura. Antara lain penyakit gagal jantung, gagal ginjal dan gagal hati / liver. Dimana pada penyakit-penyakit diluar paru tersebut biasanya selain ada efusi pleura juga disertai dengan bengkak di bagian lain tubuh seperti bengkak di tungkai, di wajah dan di perut (ascites).

Jadi, penyebab paru-paru basah bukanlah udara malam yang terserap saat bernafas karena tidur di malam hari. Tidur di luar ruangan, apalagi kondisi dingin, dilantai alias tidak memakai alas dan ditambah tidak memakai pakaian tebal, akan menurunkan fitalitas tubuh. Nah, saat fitalitas tubuh menurun inilah penyakit menyerang atau jika sudah terkena menjadi semakin parah.
READ MORE - Selengkapnya

Beda Warna Kulit Ternyata Kembar, Kok Bisa?

Di sini, mungkin masih jarang terlihat bayi kembar yang memiliki warna kulit berbeda. Tapi, di beberapa belahan dunia lain ternyata fenomena ini semakin marak. 

Misalnya saja di Inggris. Pasangan Kaydon Wood dan Layton Wood menjadi selebriti lokal dan berita utama di Koran regional. Bahkan, publik tetap heran begitu mengetahui mereka berdua benar-benar saudara kembar. 


Tiap tahun, terdapat 12 ribu pasang bayi kembar lahir di Inggris. Di antaranya, 385 merupakan bayi berkulit hitam atau dari ras campuran. Saudara kembar ini termasuk sangat langka. Pasalnya, hanya ada dua dalam satu juta bayi kembar lahir dengan kondisi ini.

Bagaimana femonema ini bisa dijelaskan secara ilmiah? Ahli genetik populasi Dr Jim Wilson dari University of Edinburgh menjelaskan, “Anda bisa meramalkan, dua keturunan kulit putih murni tak akan bisa mendapat kembar hitam putih dan begitu sebaliknya pada dua keturunan murni Afrika”.

Namun, bukanlah suatu hal mustahil untuk meramalkan berkulit apakah orang yang memiliki warisan campuran Afrika dan Eropa. “Karena orang tua berkontribusi 50% pada gen tiap keturunan, generasi pertama yang lahir adalah pasangan campuran ras di antara kedua warna ini,” katanya.

Pada generasi kedua akan berbeda, lanjutnya. Jika salah satu keturunan menikahi orang putih, terdapat probabilitas baru anak yang lahir juga berkulit putih karena keturunan tersebut tak lagi memiliki varian 50/50 hitam dan putih.

“Saat orang tua dengan ras campuran dan satu berkulit putih, kesempatan lahirnya bayi berkulit putih masih kecil namun satu dalam 10 bayi yang ada kini memiliki ras campuran yang artinya potensi lahirnya kembar hitam putih bisa lebih mungkin,” paparnya.

Demikianlah yang terjadi dengan orang tua si kembar Wood. Sang ibu, Kerry Wood (32) yang menikah dengan Paul Wood (32). Awalnya dokter menyatakan si kembar terkena penyakit kuning yang memberi kesan kulit kedua bayi berwarna coklat seperti habis berjemur.

“Namun secara perlahan, si kembar berubah warna dan pada usia enam pekan, warna makin tampak, satu putih berambut pirang dan mata biru sedangkan satunya lagi berkulit gelap dengan rambut keriting,” katanya.

Kerry mengaku memiliki ras campuran dengan ayah dari Nigeria dan ibu berkulit putih serta ayah si kembar juga merupakan pria berkulit putih. “Di tiap gen terdapat varian kulit putih dan gelap. Jika varian kulit gelap lebih banyak dalam DNA, maka Anda akan mewarisi kulit gelap begitu pula sebaliknya,” papar Wilson.

Alasan genetik untuk fenomena ini relatif mudah dipahami namun hidup dengan respon masyarakat pada fenomena ini bisa jauh lebih rumit, lanjutnya. Untuk jangka panjang, meningkatnya kolam gen campuran akan memiliki efek luar biasa pada kesehatan.

Sumber : 
READ MORE - Selengkapnya

SEPUTAR PROSES TERJADINYA KEHAMILAN

Kehamilan (alamiah) terjadi akibat adanya pembuahan sel telur di dalam indung telur wanita oleh sperma. Dalam proses alamiah, ini terjadi karena sperma masuk ke indung telur melalui saluran rahim pada saat melakukan berhubungan badan.

Normalnya, wanita hanya memproduksi satu sel telur setiap bulannya. Dilain tubuh pria bisa memproduksi sperma terus menerus dalam jumlah besar. Rata-rata setiap semprotan air mani mengandung 100-200 juta sperma. Namun dari jumlah tersebut hanya satu yang berhasil menembus indung telur dan membuahi sel telur. Ini merupakan salah satu bentuk seleksi alam untuk memilih bibit yang terbaik.

Apabila pembuahan ini berhasil, dari satu sel telur yang telah dibuahi dan berukuran 0.2 mm akan terus berkembang biak dan berpindah ke dalam rahim.Kurang lebih sekitar 7-10 hari setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi akan masuk dan menempel di selaput dalam rahim. Dianalogikan dengan kasur, selaput dalam rahim ini tebal dan lunak sehingga bisa melindungi sel telur yang telah dibuahi. Pada tahap ini kehamilan 
sudah dimulai.

Selama ini sel telur yang telah dibuahi tersebut terus berbiak dan membentuk semacam akar/rambut yang halus. Ini menyerap gizi yang terkandung dalam selaput dalam rahim sehingga bisa terus berkembang. Rambut-rambut halus ini nantinya memiliki fungsi yang sangat penting untuk janin.

Pada sekitar hari ke 5, sel telur yang telah dibuahi dan keluar dari indung telur sudah berbentuk sebagai satu garis. Pertama yang yang terbentuk adalah syaraf. Perkembangan berikutnya terbagi dua yaitu otak dan sumsum. Segera setelah ini cikal bakal organ tubuh penting seperti jantung, pembuluh darah, otot, dll sudah mulai terbentuk.

Dilain pihak plasenta (ari-ari) yang berfungsi menyelimuti janin selama proses kehamilan juga sudah mulai terbentuk. Sampai usia kehamilan 3 minggu ini janin masih belum bisa dideteksi. Pada saat ini kepala bayi kurang lebih setengah dari panjang badan, dimana badan bayi masih tampak seperti ekor saja.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT YANG BISA DISEMBUHKAN DARI SARANG SEMUT


Secara empiris Sarang Semut telah terbukti dapat meyembuhkan beragam penyakit ringan dan berat, seperti kanker dan tumor, asam urat, jantung koroner, wasir, TBC, migren, rematik dan leukemia. Mengenai mekanisme kerja kandungan senyawa aktif Sarang Semut dalam mengobati berbagai penyakit tersebut memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dan kemungkinan senyawa aktif yang berperan menaklukkan penyakit tersebut dijelaskan sebagai berikut.

1. KANKER DAN TUMOR
Jenis-jenis kanker dan tumor, baik jinak maupun ganas, yang dapat disembuhkan dengan Sarang Semut adalah kanker otak, kanker hidung, kanker payudara, kanker lever, kanker paru-paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat, serta kanker darah (leukemia), kecuali kanker tenggorokan dan rongga mulut.

Kemampuan Sarang Semut secara empiris untuk pengobatan berbagai jenis kanker/tumor tersebut diduga kuat berkaitan dengan kandungan flavonoidnya. Ada beberapa mekanisme kerja dari flavonoid dalam melawan tumor/kanker, misalnya inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, dan pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.

2. GANGGUAN JANTUNG, TERUTAMA JANTUNG KORONER
Hingga kini mekanismenya memang belum jelas, tetapi kemampuan Sarang Semut untuk pengobatan berbagai macam penyakit/gangguan jantung ada kaitannya dengan kandungan multi-mineral Sarang Semut, terutama kalsium dan kalium.

3. STROKE RINGAN MAUPUN BERAT
Pengobatan stroke kemungkinan sangat berkaitan dengan kandungan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut.

4. AMBEIEN (WASIR)
Kemampuan Sarang Semut untuk pengobatan ambeien (wasir) berkaitan dengan kandungan flavonoid dan taninnya yang tinggi. Kedua golongan senyawa ini dalam beberapa penelitian memang sudah terbukti dapat mengobati wasir.

5. BENJOLAN-BENJOLAN DALAM PAYUDARA
Yang dimaksud dengan benjolan-benjolan pada payudara adalah pembengkakan bukan tumor (non-neoplasma). Diduga kuat mekanisme penyembuhannya serupa dengan kasus tumor dan kanker, yaitu dengan mengandalkan kemampuan kandungan flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut.

6. GANGGUAN FUNGSI GINJAL DAN PROSTAT
Mekanisme pengobatan gangguan fungsi ginjal dan prostat kemungkinan ada kaitannya dengan kandungan antioksidan (flavonoid dan tokoferol) serta multi-mineral yang ada dalam Sarang Semut.

7. HAID DAN KEPUTIHAN
Proses pengobatan untuk keputihan dan melancarkan haid ada kaitannya dengan kandungan flavonoid, tanin, dan multi-mineralnya, terutama kalsium dan seng.

8. MELANCARKAN PEREDARAN DARAH
Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral yang terkandung dalam sarang memiliki peranan penting dalam melancarkan peredaran darah.

9. MIGREN (SAKIT KEPALA SEBELAH)
Untuk pengobatan migren berkaitan dengan fungsi kandungan flavonoid dan multi-mineral dalam Sarang Semut, khususnya kalsium, natrium, dan magnesium.

10. PENYAKIT PARU-PARU (TBC)
Pengobatan TBC terkait dengan peranan flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut yang berfungsi sebagai antivirus.

11. REMATIK (ENCOK)
Ini terkait dengan kemampuan flavonoid sebagai inhibitor enzim xanthine oxidase dan antioksidan serta tokoferol sebagai antioksidan dan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut.

12. GANGGUAN ALERGI HIDUNG, MIMISAN, BERSIN-BERSIN
Senyawa-senyawa yang bertanggung jawab terhadap gangguan ini adalah antioksidan (tokoferol dan flavonoid) dan tanin.

13. SAKIT MAAG
Seperti halnya TBC, yang berperan dalam pengobatan maag adalah flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut sebagai antibakteri.


Manfaat Tambahan Sarang Semut

Selain telah terbukti secara empiris dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti tersebut di atas, Sarang Semut juga dapat digunakan untuk untuk melancarkan dan meningkatkan ASI, memulihkan gairah seksual, dan memulihkan serta menjaga stamina.

1. MELANCARKAN DAN MENINGKATKAN ASI
Kandungan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, mempercepat proses pemulihan kesehatan ibu setelah melahirkan, dan memulihkan kewanitaan (sari rapet).

2. MEMULIHKAN GAIRAH SEKSUAL
Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan gairah seksual ini.

3. MEMULIHKAN STAMINA TUBUH
Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dais tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam memulihkan kesegaran dan stamina tubuh.
READ MORE - Selengkapnya

Makanan Ini Siap Membantu Untuk Berhenti Merokok


Makanan Ini Siap Membantu Untuk Berhenti Merokok - Merokok adalah salah satu kebiasaan tidak sehat yang sayangnya masih dilakukan banyak orang. Banyak cara untuk menyingkirkan kecanduan nikotin, seperti mengunyah permen karet khusus, mengonsumsi pil atau obat, olahraga, meditasi, aktif dalam beberapa kegiatan, hingga membuat beberapa perubahan substansial dalam gaya hidup.

Namun, tidak banyak orang yang sadar tentang fakta bahwa apa yang kita makan dan minum sebenarnya dapat membantu meningkatkan atau memperburuk rasa rokok.

Menurut para ahli dari Duke University, makanan dan minuman seperti daging dan minuman berkafein membuat merokok lebih berselera. Namun, produk susu dan sayuran segar justru membuat rokok terasa lebih buruk. Sekarang, mari kita lihat lima makanan dan minuman yang dapat membantu kita berhenti merokok.

1. Susu dan produk susu lainnya

Banyak perokok mengatakan, setelah minum segelas susu, merokok tidak membawa rasa dan kepuasan yang diharapkan. Susu membuat rasa rokok menjadi sangat pahit dan tidak menyenangkan. Cara ini dapat membantu mengurangi ketagihan dan membantu menyingkirkan kecanduan nikotin.

2. Jus jeruk

Jika Anda ingin cepat berhenti merokok, cobalah lebih banyak mengonsumsi jus jeruk. Pasalnya, ketika seseorang merokok secara teratur, mereka akan kehilangan banyak vitamin C, dan tubuh mereka akan digunakan untuk bertukar dengan beberapa elemen yang tidak alami dari nikotin. Beberapa buah-buahan seperti jeruk, lemon, kismis hitam, dan buah delima merupakan makanan terbaik bagi mereka yang mencoba untuk menyingkirkan ketergantungan nikotin.

3. Seledri

Seledri, bersama dengan sayuran lain seperti zukini, kacang-kacangan, dan mentimun juga memengaruhi rasa rokok. Bahkan, ilmuwan menilai, banyak mengonsumsi jenis makan tersebut dapat mengurangi ketergantungan nikotin (asalkan tidak mengonsumsi alkohol). Ini juga sekaligus menjawab mengapa mengudap batang seledri dapat membantu mengurangi keinginan ngemil. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak suka seledri karena seledri bisa digantikan dengan wortel.

Namun perlu diingat, makan banyak sayuran manis tidak terlalu baik karena jumlah glukosa yang berlebihan akan mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab terkait kesenangan dan kepuasan. Dengan demikian, glukosa dapat merangsang nafsu.

4. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk semua orang karena memiliki berbagai macam sifat terapeutik. Secara khusus, hal ini membantu untuk menurunkan risiko penyakit paru-paru, termasuk kanker paru-paru. Brokoli mengandung sulforaphane, zat yang meningkatkan aktivitas gen NRF2 dan melindungi paru dari kerusakan akibat toksin dari nikotin. Sayangnya, studi menemukan bukti bahwa sifat terapeutik pada brokoli tidak bekerja untuk perokok karena nikotin membunuh aktivitas sulforaphane.

5. Anggur merah (red wine)

Segelas anggur merah sehari menurunkan risiko kanker paru-paru baik pada perokok maupun nonperokok. Para peneliti dari South California menemukan, orang yang minum segelas anggur merah setiap hari memiliki kemungkinan 60 persen lebih rendah untuk menderita kanker paru-paru. Anggur merah memiliki flavonoid dan resveratrol, juga sangat berguna untuk jantung dan darah (karena mencegah terjadinya penggumpalan darah).

Namun, Anda juga harus berhati-hati dan jangan mengonsumsi banyak anggur merah karena situasi ini akan menghadapkan Anda pada dua masalah sekaligus, yakni kecanduan nikotin (rokok) dan alkohol.
Sumber :
guide2herbalremedies.com
READ MORE - Selengkapnya

Benda-Benda Yang Berbahaya Jika di Pakai Bergantian



Berhati-hatilah bagi Anda yang sering meminjam telepon genggam orang lain. Menurut penelitian, handphone merupakan salah satu benda yang paling banyak mengandung bakteri.

Sebuah penelitian yang dilakukan London School of Hygiene and Tropical Medicine pada 390 handphone, menemukan bahwa hampir semua ponsel mengandung bakteri. Beberapa di antaranya mengandung 1000 jenis kuman, seperti Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan E.Coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Selain handphone, para peneliti percaya ada beberapa benda yang berbahaya jika dipakai secara bergantian karena bisa menularkan bakteri jahat. Seperti yang dikutip dari Daily Mail, berikut empat benda tersebut.

1. Keyboard dan Mouse Komputer
Sebuah jajak pendapat yang dibuat oleh lembaga konsumen, Which? menemukan bahwa keyboard komputer di kantor-kantor mengandung kuman lima kali lebih banyak dari dudukan toilet. Begitu juga dengan mouse komputer, menurut University of Arizona, rata-rata mouse mengandung 1.676 mikroba per inci persegi.

Hal tersebut tentu tidak terlalu mengejutkan karena 10 persen dari pekerja kantor mengklaim tidak pernah membersihkan keyboard mereka. Hal ini semakin diperparah dengan fakta bahwa setengah dari karyawan kantor makan siang di meja kerja mereka sehingga remah-remah makanan yang berjatuhan jadi pemicu berkembangnya koloni bakteri.

2. Handuk
Handuk dikatakan dapat membawa semua jenis kuman mulai dari yang umum hingga virus penyebab masalah kulit seperti kutil. Oleh karena itu, para pakar kesehatan menyarankan agar menghindari memakai handuk orang lain atau secara bergantian.

"Handuk merupakan tempat perkembangbiakan yang sempurna bagi kuman karena lembab. Orang menggunakan handuk untuk mengeringkan daerah bawah dan bukan hal tak mungkin Anda yang memakai handuk orang lain terkena bakteri fekal (bakteri yang terdapat dalam kotoran, darah atau urin)," ujar Dr Ron Cutler, seorang ahli mikrobiologi dari University of London.

3. Sikat Gigi
Ada beberapa keluarga atau pasangan yang sering menggunakan sikat gigi yang sama secara bergantian. Masalahnya, kuman yang terkandung dalam sikat gigi hampir sama dengan kuman yang ada pada toilet. Peneliti dari Manchester University mengungkapkan bahwa terdapat lebih dari 100 juta bakteri hidup pada satu buah sikat gigi, termasuk E.coli, staphylococcus, streptokokus dan kandida.

Selain bahaya kuman, kebiasaan meminjam sikat gigi orang lain juga bisa membuat Anda mendapatkan masalah gigi di kemudian hari. Menurut Dr Phil Stemmer, seorang dokter gigi di Fresh Breath Centre, mengatakan," Jika seseorang memiliki kerusakan gigi atau gusi meradang, berarti mereka memiliki tingkat bakteri streptokokus yang tinggi di dalam mulut dan sikat gigi mereka. Anda bisa mendapatkan masalah gigi atau kondisi gusi buruk jika berbagi sikat gigi dengan mereka."

4. Pulpen
Sebaiknya pikirkan kembali jika Anda ingin meminjam atau meminjamkan alat tulis kepada teman. Menurut survei pada 1000 warga Amerika serikat, satu dari lima pekerja kantor mengaku seringkali menghisap atau menggigiti ujung pena mereka. Pulpen yang dimiliki oleh para akuntan disebut-sebut pulpen dengan kontaminasi bakteri paling banyak, yaitu 2.400, bila dibandingkan dengan pengacara yang hanya 670.
http://www.wolipop.com
READ MORE - Selengkapnya

Atasi Hipertensi Dengan Makan Buah Kiwi


Sebiji apel sehari memang bisa menjauhkan Anda dari berbagai penyakit, tetapi tiga kiwi ternyata lebih mampu secara efektif menurunkan tekanan darah alias hipertensi lho. Sebuah studi pada pertemuan ilmiah American Heart Association di Orlando, Selasa (15/11), menemukan bahwa makan ini tiga kali sehari terkait dengan penurunan tekanan darah.

Bebas darah tinggi dengan kiwi

Adapun tekanan darah tinggi selama ini dianggap sebagai faktor risiko untuk penyakit jantung yang masih merupakan pembunuh nomor wahid di dunia. Penelitian selama delapan minggu yang dipimpin oleh Mette Svendsen Oslo University Hospital di Norwegia ini melibatkan 118 subjek dengan usia rata-rata 55 tahun dengan tekanan darah agak tinggi.

Satu kelompok partisipan diminta mengonsumsi tiga kiwi untuk diet sehari-hari mereka, sedangkan separuh lainnya memakan sebutir apel sehari. Kiwi diketahui mengandung lutein yang memiliki sifat antioksidan. Setelah delapan minggu, peneliti menemukan pada kelompok pemakan kiwi tingkat sistoliknya selama 24 jam menunjukkan tekanan darah rata-rata 3,6 milimeter lebih rendah jika dibandingkan dengan pemakan apel.

Sistolik adalah tekanan dalam arteri yang terjadi saat dipompanya darah dari jantung ke seluruh tubuh. Adapun diastolik yaitu sisa tekanan dalam arteri saat jantung beristirahat. Tekanan darah diastolik juga lebih rendah pada kelompok kiwi. Meski begitu, para peneliti merekomendasikan bahwa temuan ini harus dikonfirmasi dengan penelitian dalam skala yang lebih besar.
READ MORE - Selengkapnya

Serangan Jantung Jangan Dianggap Angin Duduk


Kurangnya pemahaman masyarakat akan gejala serangan jantung menyebabkan serangan jantung dianggap sebagai "angin duduk" yang diobati dengan kerikan. Padahal, penanganan segera berdampak penting pada kesembuhan pasien.

"Kecepatan mencari pertolongan sangat penting untuk mencegah makin banyaknya kerusakan otot jantung. Serangan jantung harus ditangani maksimal dalam 2 jam," kata dr Muhammad Yamin, SpJP dari Eka Hospital di Serpong, Tangerang, Selasa (15/11/2011).

Serangan jantung ditandai dengan nyeri dada atau leher atau rahang seperti ditekan atau dihimpit yang berlangsung lebih dari 30 menit. Terkadang juga disertai gejala berkeringat dingin di seluruh tubuh, mual dan muntah, serta dada terasa sesak.

Yamin menambahkan, serangan jantung yang luas dapat menyebabkan banyak otot jantung yang mati. "Akibatnya, akan terjadi gangguan irama jantung, kebocoran dinding jantung ataupun gangguan fungsi pompa jantung," paparnya.

Untuk itu, pasien harus segera mencari pertolongan rumah sakit begitu curiga ada serangan jantung. Bila ternyata memang benar serangan jantung, pasien akan diberi obat pengencer darah untuk menghancurkan bekuan darah. Sementara itu, untuk pertolongan darurat di rumah, pasien bisa diberikan aspirin untuk dikunyah.

"Aspirin akan menghalangi partikel pembeku darah untuk membeku," paparnya.
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

Dampak Positif Menikah Bagi Kesehatan Tubuh

img

Anggapan bahwa menikah bisa membuat orang hidup lebih sehat dan panjang umur, tampaknya terbukti benar. Ada alasan-alasan kesehatan tertentu yang membuat pernikahan menjadikan orang berusia panjang. Menikah adalah menyatukan dua kepribadian orang yang berbeda-beda. Seperti dikutip dari AOLHealth, ada beberapa alasan kesehatan yang membuat seseorang harus menikah, yaitu:

1. Menikah bisa mengurangi stres
Studi dari University of California menemukan bahwa orang yang menikah akan lebih bahagia dan mampu mengurangi kadar stresnya dibandingkan dengan orang yang tak menikah. Peneliti mengambil sampel air liur partisipan untuk menguji tingkat kortisol (hormon stres), diketahui orang yang menikah memiliki kadar kortisol yang lebih rendah sehingga tingkat stresnya lebih kurang.

2. Menikah bisa mengurangi kemungkinan terkena stroke
Studi trebaru yang dilakukan oleh Tel Aviv University menunjukkan pernikahan bahagia bisa membantu mencegah stroke fatal pada laki-laki. Didapatkan laki-laki yang tidak menikah memiliki risiko 64 persen lebih tinggi terkena stroke fatal dibandingkan dengan laki-laki menikah.

3. Menikah mengurangi risiko terkena demensia
Orang setengah baya yang hidup sendiri dua kali lebih mungkin mengalami demensia dan penyakit Alzheimer dibandingkan dengan orang yang menikah. Sedangkan orang yang bercerai pada usia setengah baya akan membuatnya memiliki risiko 3 kali lipat. Hasil ini berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Miia Kivipelto dari Swedish Medical University Karolinska Institutet.

4. Menikah dapat menurunkan tekanan darah
Berdasarkan penelitian dari Brigham Young University diketahui laki-laki dan perempuan yang menikah akan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan dengan lajang. Hal ini karena pada umumnya orang-orang tersebut memiliki sistem yang lebih teratur dan tidak terlalu cuek lagi dengan kesehatan dirinya sendiri.

5. Menikah menjauhkan seseorang dari depresi
Pernikahan umumnya memberikan dukungan sosial dan juga emosional sehingga dapat mengurangi depresi serta kecemasan seseorang. Bahkan sebuah studi menunjukkan orang yang sudah memiliki depresi akan mendapatkan dorongan psikologis dari pernikahannya. Hasil studi ini dilaporkan dalam Journal of Health and Social Behavior.

6. Menikah bisa menjauhkan seseorang dari tindakan berisiko
Sebelum menikah umumnya seseorang tidak terlalu memperhatikan kondisi tubuhnya dan bertindak sesuka hati. Tapi studi menunjukkan pernikahan bisa membuat seseorang lebih sedikit terlibat dalam perilaku berisiko seperti mengonsumsi alkohol, sering pulang malam dan juga tidak merawat diri. Hal ini karena ada orang-orang yang harus ia perhatikan selain dirinya sendiri. Selain itu jika ia sudah memiliki anak umumnya akan lebih jauh berperilaku sehat.

READ MORE - Selengkapnya

Turunkan Tekanan Darah dengan 10 Tips Mudah



Turunkan Tekanan Darah dengan 10 Tips Mudah : Mereka yang mengalami hipertensi biasanya harus mengonsumsi obat-obatan secara rutin untuk mengontrol tekanan darah. Tetapi dengan melakukan perubahan gaya hidup, tekanan darah yang kelewat tinggi dapat dikendalikan dan diturunkan. Dengan modal tekad dan kedisiplinan, bukan mustahil upaya modifikasi lifestyle ini dapat membantu melepaskan ketergantungan pada obat-obatan.

"Siapa saja yang memiliki hipertensi harus didorong untuk bekerjasama dengan dokter mereka dan mencoba berbagai hal yang mungkin membantu menurunkan tekanan darah tanpa menggunakan agen farmakologis (obat-obatan)," kata Matthew Burg, PhD, seorang profesor dari Columbia University Medical Center di New York.

Berikut ini adalah 10 cara murah dan alami menurunkan tekanan darah tanpa harus menggunakan obat-obatan :

1. Olahraga Dengan melakukan olahraga 30 menit sehari, Anda dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, kata Gerald Fletcher, MD, seorang ahli jantung dari Mayo Clinic, Jacksonville, Florida, sekaligus juru bicara American Heart Association. 

"Cobalah latihan aerobik untuk mengurangi tekanan darah sistolik Anda," kata Fletcher. Ia menambahkan, orang yang aktif secara fisik biasanya dapat mengurangi konsumsi jumlah asupan obat hipertensi. Untuk menunjangnya, pilihlah jenis kegiatan yang Anda sukai seperti misalnya, berjalan, berlari, berenang atau bersepeda.

2. Makan pisang Anda mungkin tahu bahwa makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi kebanyakan orang tidak menyadari manfaat kalium - zat yang mampu menangkal efek buruk dari sodium.

Menurut penelitian dari Dietary Guidelines for Americans, mereka yang mengalami hipertensi harus mencukupi kebutuhan jumlah kalium dalam diet mereka. Orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 4.700 miligram per hari. Adapun beberapa sumber makanan yang kaya kandungan kalium diantaranya pisang (422 miligram), kentang panggang dengan kulit (738 miligram), jus jeruk (496 miligram per cangkir), dan yogurt tanpa lemak atau rendah lemak (531-579 miligram per 8 ons).

3. Kurangi asupan garam Orang dengan tekanan darah normal, cukup tinggi, dan hipertensi secara substansial dapat mengurangi tekanan darah mereka dengan memotong asupan garam. Pedoman diet merekomendasikan bahwa orang dengan hipertensi harus membatasi asupan garam kurang dari 1.500 miligram (600 miligram sodium) sehari.

4. Stop merokok Perokok adalah kelompok yang paling berisiko tinggi mengidap hipertensi. Kandungan tembakau dan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah sementara, meskipun rokok itu sendiri bukan penyebab tunggal hipertensi kronis. Berhenti merokok dapat membantu Anda menurunkan sedikit tekanan darah Anda. Dan, tentu saja, manfaat kesehatan lainnya yang tak terhitung jumlahnya, kata Fletcher.

5. Menurunkan berat badan Secara konsisten beberapa penelitian menunjukkan bahwa, sedikit saja kehilangan berat badan, dapat memiliki dampak besar pada tekanan darah Anda. Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras. Tekanan ekstra ini lambat laun dapat menyebabkan hipertensi. Sementara itu, dengan memangkas berat badan beban kerja jantung akan jauh lebih ringan.

6. Kurangi alkohol Konsumsi alkohol secara moderat - tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dan dua gelas sehari untuk pria - memiliki manfaat kesehatan jantung. Tapi pada beberapa orang, minum terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol lebih dari dua gelas sehari dapat meningkatkan risiko hipertensi bagi pria dan wanita.

7. Kelola stres

Mengelola stres secara efektif dapat membantu mengurangi tekanan darah, tetapi sayangnya, tidak ada penelitian yang menawarkan langkah demi langkah untuk mengurangi tingkat stres pada semua orang, kata Burg.

"Ada sejumlah cara yang telah dikembangkan sebagai praktik untuk menginduksi keadaan relaksasi. Tetapi bagaimana cara yang baik dan benar, ini masih harus dijawab dalam uji klinis," katanya. Namun demikian, Burg merekomendasikan bahwa orang dengan hipertensi harus mampu melakukan manajemen stres dan berlatih dengan konsisten.

8. Yoga Yoga adalah cara terbaik untuk mengatasi stres. Sebuah studi baru di India menemukan bahwa latihan pernapasan yoga mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi - di mana bekerja mempengaruhi efek sistem saraf otonom - dengan mengatur denyut jantung, pencernaan, dan fungsi lainnya.

9. Jauhi kafein Kopi memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi tidak untuk menurunkan tekanan darah. Dalam jangka pendek kafein dapat memicu lonjakan tekanan darah, bahkan pada orang tanpa hipertensi.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan membatasi asupan kafein (sekitar dua cangkir kopi per hari). Anda dapat memeriksa apakah Anda sensitif terhadap kafein atau tidak dengan memeriksa tekanan darah sebelum dan setengah jam setelah mengkonsumsi minuman berkafein. Jika meningkat sebesar 5 atau 10 poin, Anda berarti sensitif terhadap kafein.

10. Meditasi Meditasi - apakah itu melibatkan nyanyian, pernapasan, visualisasi - dapat menjadi alat manajemen stres yang efektif bagi banyak orang, kata Burg. Sekali lagi, yang penting adalah bahwa hal itu membuat Anda merasa baik, dan Anda dapat berkomitmen untuk melakukannya secara konsisten.
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

Jauhkan Serangan Jantung Dengan Rutin Bersihkan Gigi



Kebiasaan membersihkan karang gigi ke dokter gigi bukan hanya berdampak pada kesehatan gigi, tetapi juga akan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Menurut penjelasan para ahli kardiologi, tindakan membersihkan karang gigi akan mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan inflamasi dan memicu penyakit jantung atau stroke.

"Salah satu kiat mencegah penyakit jantung dan stroke memang secara rutin membersihkan karang gigi," kata Dr.Emily (Zu-Yin) Chen, ahli jantung dari Veterans General Hospital, Taipei.

Zu-Yin melakukan penelitian di Taiwan dengan mengikuti 100.000 orang yang tidak memiliki riwayat keturunan penyakit jantung atau stroke selama 7 tahun. Hasilnya diketahui, mereka yang rutin ke dokter untuk membersihkan karang gigi dua kali dalam setahun memiliki risiko 24 persen lebih rendah untuk terkena serangan jantung dan 13 persen lebih rendah terkena stroke, dibandingkan dengan orang yang tidak pernah membersihkan karang gigi.

Akan tetapi dalam penelitian ini tidak diperhitungkan faktor risiko penyakit jantung dan stroke lainnya seperti berat badan, kebiasaan merokok, dan ras.

Sementara itu studi yang dilakukan di Swedia menemukan perbedaan jenis penyakit gusi bisa dipakai untuk memprediksi risiko penyakit jantung dan stroke.

Para peneliti menemukan sedikitnya jumlah gigi dan tingginya tingkat infeksi gigi akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu makin sering mengalami gusi berdarah akibat penyakit gusi akan menyebabkan risiko stroke menjadi tinggi.
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

LATIHAN UNTUK MEMPERCANTIK PAYUDARA



Setiap perempuan pasti mendambakan punya bentuk payudara yang indah dan kencang bukan? Tetapi sayangnya tidak semua dapat memilikinya. Sejauh ini, sejumlah ahli masih merekomendasikan olahraga sebagai cara yang sempurna untuk meningkatkan kekencangan dan memperbaiki penampilan payudara.

Berikut ini adalah beberapa tahapan latihan untuk memperindah bentuk payudara.

1. Tekanan. Melakukan tekanan adalah latihan sederhana untuk memperindah bentuk payudara Anda. Caranya, berdiri tegak menghadap dinding dan sandarkan tangan Anda ke dinding. Setelah itu tekan dinding sekeras yang Anda bisa, seolah-olah Anda ingin memindahkannya, teruslah dorong selama 10 detik. Lakukan terus secara berulang.

2. Gerakan siku. Berdiri tegak, tekuk tangan Anda sedikit di siku dengan posisi tangan di pinggul. Setelah itu, cobalah untuk mempertemukan siku yang satu dan lainnya. Jangan lakukan dengan entakan, melainkan secara perlahan, lakukan peregangan otot-otot selama 10-15 detik. Ulangi sebanyak 8-10 kali.

3. Gunakan telapak tangan Latihan berikutnya untuk membentuk payudara indah adalah dengan menekan kedua telapak tangan Anda tepat di depan dada dan berikan penekanan terhadap satu sama lain selama 3-5 detik. Ulangi 8-10 kali.

4. Gaya dada. Berdiri tegak, bersandar ke dinding, memeras otot-otot dada dan buat gerakan seolah-olah Anda berenang dengan gaya dada. Latihan ini dapat menjadi alternatif buat Anda yang mungkin tidak ada waktu untuk berenang.

5. Latihan postur. Latihan terakhir untuk memperindah payudara adalah dengan membentuk postur tubuh. Ambil sebuah buku tebal, lalu taruh di atas kepala dan berjalanlah di sekitar rumah selama beberapa menit. Latihan ini akan membantu Anda mengendurkan otot-otot secara efektif dan menjaga posisi payudara sebagaimana mestinya. Jika Anda tidak bisa berjalan dengan posisi buku berada di atas kepala, Anda dapat berpegang pada kursi atau dinding, tetapi tidak bersandar di dinding.
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

6 Anggapan Salah Tentang ASI

6 Anggapan Salah Tentang ASI : Kesadaran akan pentingnya pemberian ASI secara eksklusif perlu terus ditanamkan pada setiap perempuan dan calon ibu. Tetapi sayangnya, masih ada saja anggapan keliru di masyarakat terkait pemberian ASI.

Padahal, pemberian ASI ekslusif akan memberikan keuntungan ganda baik bagi anda maupun bayi. Agar tidak ada lagi mitos keliru, berikut ini adalah beberapa hal-hal keliru yang dapat memicu kegagalan ASI. Mitos dan info keliru ini perlu diluruskan agar setiap bayi mendapatkan haknya meminum ASI dari ibunya :

1. Tanpa ASI anak tetap sehat

Jika dilihat dari luar memang tampak sehat. Tetapi tahukah Anda, bahwa bayi yang tidak mendapat ASI sebenarnya lebih rentan terpapar penyakit dan alergi seperti ekzema (radang kulit), rinitis alergik dan asma. Beberapa penelitian menunjukkan bayi yang tidak diberikan ASI lebih berisiko untuk mendapat diabetes dan obesitas dikemudian hari.

2. Payudara kecil berarti ASI sedikit

Ukuran payudara ditentukan oleh jaringan lemak, yang tidak terkait dengan produksi susu. Produksi susu tergantung pada ukuran kelenjar mamari di dalam payudara.

3. ASI bikin payudara kendur

Pemberian ASI tidak menyebabkan payudara menjadi kendur. Kendurnya payudara lebih disebabkan karena faktor usia dan gravitasi. Bahkan, pemberian ASI dapat membantu Anda mempercepat proses pelangsingan dengan membakar lemak yang tersimpan saat hamil. ASI eksklusif juga merangsang pengeluaran hormon yang membantu kontraksi dan mengembalikan rahim pada ukuran yang semula.

4. Memberi ASI menyakitkan

Sebenarnya tidak. Meskipun ada sejumlah ibu yang mungkin rasa sedikit bengkak pada tahap awal, tetapi kondisi ini tidak akan terus berlanjut. Jika Anda masih merasa sakit, ini mungkin disebabkan mulut bayi tidak menghisap puting dan areola dengan benar. Belajarlah untuk membantu bayi menyusu dengan cara yang benar.

5. ASI menyusahkan

Memberikan ASI sebenarnya memudahkan Anda. Anda tidak perlu membawa peralatan, tidak perlu khawatir tentang pasokan susu, penyimpanan dan penyediaan susu. Keuntungan lainnya, pemberian ASI bisa dilakukan setiap saat, di manapun dan tidak perlu biaya.

6. Sibuk bekerja

Pemberian ASI meskipun hanya beberapa minggu atau bulan, akan memberi manfaat kepada bayi. Pekerjaan bukanlah alasan bagi Anda untuk berhenti memberikan ASI. Minta bantuan kepada pembantu di rumah untuk memberikan ASI yang sudah terlebih dahulu diperah. Segera simpan ASI di lemari es agar tetap aman diminum bayi.
kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

Vitamin D Yang Cukup Akan Memperpanjang Umur Anda


Vitamin D Yang Cukup Akan Memperpanjang Umur Anda - Cukupkah kebutuhan tubuh Anda terhadap vitamin D? Ketahuilah bahwa vitamin D memegang peran penting dalam kesehatan. Kekurangan vitamin D bisa memicu berbagai penyakit.

Meski kita tinggal di negeri tropis yang kaya akan sinar matahari, nyatanya cukup banyak orang yang kekurangan vitamin D. Terlebih lagi bagi para wanita yang tak mau "mandi" matahari dengan alasan khawatir kulitnya akan hitam.

Riset-riset menunjukkan bahwa cukup vitamin D akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit, mulai dari depresi, sampai penyakit jantung. Berikut adalah kemampuan lain dari vitamin D yang sangat besar.

1. Mencegah diabetes

Orang yang memiliki kadar vitamin D yang cukup akan punya risiko lebih rendah dalam menderita diabetes tipe 2. Demikian kesimpulan riset yang dimuat dalam jurnal Diabetes Care. Para peneliti menyebutkan bahwa vitamin D memiliki khasiat anti-peradangan sehingga mampu mencegah penyakit ini.

2. Mengurangi gejala asma

Penelitian menunjukkan, penderita asma yang jarang terkena sinar matahari lebih sering mengalami gejala asma. Hal ini terjadi karena kekurangan vitamin D akan membuat bernapas menjadi sulit akibat membesarnya massa otot di saluran napas.

3. Mencegah kanker

Lebih dari 77 persen pasien kanker ternyata memiliki kadar vitamin D yang rendah, dan mereka yang kadarnya paling rendah adalah pasien dengan kanker stadium lanjut. Demikian menurut survei yang dipresentasikan dalam pertemuan American Society for Radiation Oncology.(sumber)
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI MENGOBATI AMBEIEN

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang terjadi karena adanya infeksi atau pembengkakan pada usus besar. Ambeien disebabkan karena kebiasaan minum air putih yang sedikit. Kurangnya minum air putih menyebabkan pembuangan air besar menjadi keras sehingga usus menjadi luka. Lambat laun usus tersebut kemudian akan menjadi bengkak karena sering mengalami luka.

Gejala dari penyakit ambeien ada beberapa indikasi tergantung dari tingkat keparahannya. Awalnya adalah keluhan-keluhan saat buang air besar seperti rasa panas, gatal, dan pedih juga nyeri di daerah sekitar anus. Gejala lain adanya benjolan lunak di dubur dan jumlahnya bisa lebih dari satu dan setelah buang air besar terdapat tetesan darah segar di daerah dubur. Jika anda merasakan gejala-gejala ini maka segeralah melakukan penanganan dengan obat tradisional ampuh atasi ambeien ini.

Tape Singkong
Makanlah tape singkong yang benar-benar masak (sangat lembek) secara rutin 3 kali sehari. Lakukan kebiasaan ini walaupun gejala ambeien sudah menghilang. Beberapa literatur menyebutkan bahwa tape dari bahan lain seperti tape ketan putih atau tape ketan hitam juga bisa mengobati ambeien,bahkan ambeien yang sudah parah sekalipun. Konon ragi yang terkandung pada tape bisa menyehatkan pencernaan dan saluran pembuangan.

Jambu Biji
Cuci bersih beberapa lembar pucuk daun jambu batu muda dan 1 buah pisang batu yang tidak dikupas. Haluskan dan peras hingga mengeluarkan air. Minum air perasan tersebut setiap hari secara rutin sampai penyakit ambeien sembuh.

Pisang Ambon
Caranya 1 buah pisang ambon di blender dan ditambah dengan susu murni sebanyak satu gelas. Minum selama 3 gelas sehari secara teratur selama seminggu

Kangkung
Cuci kangkung dengan air hangat dan di blender halus, kemudian saring airnya. Setelah itu campur dengan satu butir telor ayam kampung dan garam dapur secukupnya. Aduk hingga rata. Minum sehari sekali sebelum tidur.

Pegagan
Bersihkan dan potong-potong 5 tanaman pegagan berikut akarnya. Tambahkan 1 cangkir air panas dan didihkan sekitar 5 menit. Biarkan dingin lalu minum sedikit demi sedikit 1 cangkir sehari.

Semoga dengan resep tradisional ini bisa membantu Anda menyembuhkan ambeien.
READ MORE - Selengkapnya

Makan beramai-ramai percepat penularan Hepatitis A

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan kemungkinan Hepatitis A menjadi wabah sangat besar mengingat virus penyebab penyakit tersebut dapat dengan mudah ditularkan lewat makanan yang disantap bersama-sama.
"Jadi kalau ada satu terkena dan orang itu masuk ke kantor atau sekolah dan makan beramai-ramai, seperti sambal yang dicocol ramai-ramai, itu akan cepat menyebar (virusnya). Makanya kalau jajan lihat-lihat dulu. Bagi yang tidak bisa bawa makanan dari rumah, kalau jajan carilah tempat bersih dan jangan lupa cuci tangan sebelum makan," kata Menkes usai menghadiri apel Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2011 di Gedung Kementerian Kesehatan Jakarta, Senin.

Menkes mengungkapkan bahwa wabah Hepatitis A memang sering terjadi, bukan hanya di Depok, Jawa Barat pada pekan lalu yang masih dinyatakan sebagai kejadian luar biasa (KLB).

"Tiap tahun ada kejadian (Hepatitis A) ini ditempat berbeda-beda, karena itu, penyebarannya mudah lewat makanan," ujarnya.

Sementara itu, status KLB di Depok belum dicabut karena Kementerian Kesehatan harus menunggu hingga dua kali masa inkubasi virus yang bersangkutan untuk dapat mencabut status KLB itu.

Untuk langkah pencegahan, Menkes kembali mengingatkan mengenai pentingnya higiene pribadi seperti menerapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) yang antara lain adalah dengan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan dan sebelum melakukan beberapa kegiatan lain.

Selain itu, tidak kalah pentingnya disebut Menkes adalah sanitasi lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya atau menggunakan air bersih untuk memasak.

Wabah Hepatitis A yang melanda SMKN II Depok, Jawa Barat pada pekan lalu telah menular kepada 90 orang yaitu 89 siswa dan seorang guru sekolah tersebut.

Sekolah tersebut sempat diliburkan beberapa hari sementara Kementerian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan setempat melakukan penyelidikan mengenai sumber penularan dan melakukan disinfektan terhadap lokasi sekolah.
antara.com
READ MORE - Selengkapnya

5 Pertanda Anda Sudah Kebanyakan Minum Kopi

Konsumsi kafein dalam jumlah normal bersifat menguntungkan karena dapat mencegah kantuk, menaikkan daya tangkap pancaindera, mempercepat daya pikir, serta mengurangi rasa bosan. Meskipun kopi memang bisa mencegah kantuk, mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik. Terlalu banyak kafein bisa memengaruhi secara negatif mood, energi, bahkan kesehatan Anda.

"Beberapa riset bahkan mengaitkan dosis kopi yang tinggi dengan infertilitas, dan meningkatnya risiko patah tulang pinggul pada wanita tua," ujar Keri M Gans, MS, RD, CDN, penulis buku The Small Change Diet. Anda yang biasa mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak lalu tiba-tiba menghentikannya akan mudah marah, lelah, sakit kepala, bahkan depresi.Oleh karena itu, American Dietetic Association menyarankan untuk tidak mengonsumsi kafein lebih dari 300 mg sehari. Jumlah tersebut sama dengan sekitar dua atau tiga cangkir kopi ukuran 236 ml (atau satu gelas standar). Meskipun Anda bukan seorang penggemar kopi, Anda juga bisa mendapatkan kafein dari sumber-sumber yang tidak terdeteksi. Lalu bagaimana bisa tahu bahwa kafein yang Anda konsumsi sudah termasuk berlebihan? 

1. Ngantuk sepanjang hari bila tidak minum kopi
Setiap hari Anda harus mengandalkan kopi agar bisa bertahan sampai sore tanpa mengantuk. Pada sebagian orang, yang dibutuhkan mungkin kafein dalam bentuk lain, minuman kola misalnya. Menurut David J Clayton, MD, penulis buku The Healthy Guide to Unhealthy Living, kadar kafein dalam sekaleng minuman kola bisa sama banyaknya dengan secangkir espresso. Selain dapat memicu penurunan energi, kandungan asam pada minuman bersoda bisa merusak enamel gigi jika diminum setiap hari. Batasi minuman soda hingga sekaleng saja sehari, lalu gosoklah gigi untuk membantu mengurangi efek erosi pada enamel gigi.
2. Urine berwarna oranye
Warna kuning gelap atau oranye pada urine merupakan tanda dehidrasi. "Kopi bersifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi karena peningkatan jumlah urine, mengakibatkan Anda kehilangan banyak cairan tubuh,” kata Amy Gross, MPH, RD, CDN, pakar diet klinis di New York Presbyterian Hospital. Namun, sebenarnya Anda tidak akan mengalami dehidrasi hanya dengan mengonsumsi kafein. Baru ketika jumlahnya mencapai 500 mg, Anda akan terkena dehidrasi. 

3. Anda tidak bisa tidur
"Kafein membutuhkan sekitar 45 menit hingga satu jam untuk diserap dan bertahan lama. Artinya, ia bisa tetap ada di tubuh selama beberapa jam dan akhirnya memengaruhi siklus tidur Anda," ujar Molly Morgan, RD, pemilik Creative Nutrition Solutions di Vestal, New York, dan penulis buku The Skinny Rules.
Jika Anda butuh waktu lebih dari 30 menit untuk terlelap pada malam hari, coba hindari mengonsumsi kafein setelah pukul 12.00 untuk melihat apakah hal itu lebih mudah membuat Anda tertidur. Bila benar, hindari juga sumber kafein lainnya, termasuk teh hijau dan kopidecaf. Kopi decaf masih menyimpan sekitar sepertiga jumlah kafein, lho! 

4. Anda merasa gelisah
Pengaruh kafein pada sebagian orang memang berbeda-beda. Ada yang telapak tangannya berkeringat, jantung berdebar, sulit tidur, dan gelisah. Kafein bisa memperburuk stres dan depresi karena mengacaukan senyawa kimia di otak yang disebut adenosine. Selain itu, kafein juga bertindak sebagai stimulan yang memicu kelenjar adrenal untuk melepaskan lebih banyak hormon stres seperti adrenalin yang dapat meningkatkan detak jantung dan membuat Anda makin gelisah. 

5. Merasa panas dan mulas
Anda tahu ketika isi perut rasanya naik kembali ke kerongkongan? Hal ini terjadi ketika otot pada bagian akhir esofagus membuat makanan dan asam lambung naik sehingga ada rasa terbakar di bawah dada. Bila hal ini terjadi pada Anda, kemungkinan penyebabnya adalah kelebihan kafein. Kafein melepaskan otot di bagian akhir esofagus tersebut yang membuat asam lambung naik. Coba hentikan dulu minum kopi untuk melihat apakah rasa tak nyaman tersebut mereda.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails