Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Rahasia Kecantikan Dari Telur



Tak hanya sebagai makanan, telur ayam juga bisa digunakan sebagai pelembap atau masker yang bisa membuat kulit dan rambut lebih sehat.

Telur sebagai makanan
Dua selebritas cantik, Eva Longoria dan Renee Zellweger mengonsumsi telur sebagai rahasia kecantikan dan tubuh sehat mereka. Eva Longoria mengonsumsi dadar putih telur setiap pagi sedangkan seorang sumber di lokasi syuting “Cold Mountain” mengatakan, Renee Zellweger setiap hari memakan telur rebus tiga kali pada pagi, siang, dan malam.

Pilihan dua selebritas ini memang tak salah. Telur mengandung vitamin A, D, E, B1, B2, B6, dan B12 yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, tulang, dan tubuh. Kandungan mineralnya pun lengkap seperti zat besi, seng, kalsium, iodin, dan selenium. Selain itu, telur juga mengandung lutein yang bermanfaat untuk membuat kulit kenyal dan lembap. Protein yang dikandung telur juga bisa membantu memperbaiki kerusakan sel, mengencangkan kulit, mendorong pertumbuhan rambut dan kuku.

Namun telur, terutama kuning telur memang dikenal tinggi kolesterol. Karena itu, batasi jumlah konsumsi telur setidaknya hanya 1-2 per hari. Pilih penyajian yang rendah lemak seperti direbus atau dimasak setengah matang. Namun ibu hamil sebaiknya hanya mengonsumsi telur matang untuk menghindari risiko terkena bakteri salmonella yang bisa membahayakan janin.

Manfaat telur untuk kulit

Song Hye Kyo, bintang Korea yang dikenal lewat serial drama “Full House” mengaku telur adalah rahasia kecantikannya. Setidaknya seminggu sekali ia menggunakan masker putih telur untuk menjaga kekencangan kulit.

Untuk mengencangkan kulit wajah: Gunakan telur sebagai masker. Caranya, ambil putih telur, kocok sampai berbentuk buih lalu oleskan pada wajah. Diamkan sekitar 15-30 menit lalu basuh dengan air hangat.

Bisa juga gunakan madu dan minyak zaitun sebagai campuran masker. Campur satu sendok teh minyak zaitun dan madu dengan putih telur. Aduk rata dan aplikasikan pada kulit wajah sampai leher. Diamkan 10-15 menit lalu basuh dengan air. Telur memberi manfaat mengencangkan pori-pori wajah sementara madu dan minyak zaitun berfungsi sebagai pelembap, anti bakteri yang bisa membasmi jerawat, serta anti oksidan yang membuat kulit lebih cerah.

Untuk mengobati jerawat: Kombinasi jeruk nipis dan putih telur merupakan duo yang efektif untuk membasmi jerawat. Campur putih telur dengan perasan jeruk nipis hingga kental. Aduk rata dan gunakan sebagai masker selama 15-30 menit. Lakukan secara teratur paling tidak seminggu satu kali untuk hasil yang maksimal. Tak hanya jerawat, masker putih telur juga bisa membantu menghilangkan noda pada kulit dan membuat warna kulit lebih cerah.

Manfaat telur untuk rambut

Telur bisa digunakan untuk melembapkan rambut yang kering. Campurkan sebuah kuning telur dengan satu sendok teh madu dan minyak almond atau zaitun. Tambahkan satu sendok makan yogurt lalu kocok sampai kental. Aplikasikan pada rambut, tutup dengan handuk dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu cuci rambut seperti biasa.

Rambut berminyak pun bisa mendapatkan manfaat baik dari krimbat telur. Campurkan telur dengan perasan jeruk dan biarkan mengendap di rambut selama 30 menit. Setelah itu cuci rambut sampai bersih. Masker telur dan jeruk nipis dapat membuat rambut berkilau, menyerap minyak berlebih, dan membuat rambut tampak lebih mengembang.

Kuning telur yang mengandung vitamin A, D, E, protein, lipid, dan mineral bagus untuk kesuburan rambut. Selain itu protein yang terdapat pada telur bisa melapisi rambut dengan sempurna. Kandungan lipid atau lemak yang ada pada kuning telur juga dipercaya bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembut.

Tips
1. Jika memiliki riwayat alergi terhadap telur atau kolesterol tinggi sebaiknya konsultasikan pada dokter Anda tentang penggunaan telur yang tepat sesuai kondisi tubuh.

2. Telur yang baik adalah telur ayam kampung yang organik sehingga bebas dari bahan kimia dan hormon yang disuntikkan pada ayam.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails