Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Stop Kebiasaan Menggigit Kuku Pada Anak

Stop Kebiasaan Menggigit Kuku Pada Anak

Menggigit kuku tentu saja merupakan kebiasaan masa kecil yang umum terjadi dan pada kebanyakan kasus biasanya cukup sulit untuk dihilangkan. Padahal kebiasaan seperti ini pada dasarnya akan memicu terjadinya injeksi. Pertanyaanya sekarang yaitu apa yang dapat dilakukan sebagai orangtua?


Berikut ini beberapa ide yang dapat dilakukan oleh orangtua, yaitu :

1. Distraksi. Dalam hal ini, orangtu harus segera mengingatkan anak saat kebiasaan menggigit kuku mulai kambuh.
2. Interupsi. Orangtua dapat melakukan dengan cara membungkus ujung jari anak dengan perban, atau perekat warna warni atau bahkan perekat khusus untuk kuku sehingga anak pun tidak dapat lagi dengan mudah menggigit kukunya, sekaligus kuku anak menjadi lebih terawat.
3. Mengganti. Apabila hasrat anak untuk menggigit kuku timbul, maka orangtua dapat menawarkan sebatang wortel mentah ataupun sedotan plastik yang bersih untuk dikunyah oleh anak.
4. Meringankan. Mengajak anak untuk olahraga teratur, seperti loncat atau bahkan yoga untuk anak, hal ini dapat membantu anak meringankan beban stresnya. Pada kebanyakan kasus, keinginan untuk menggigit kuku sering timbul pada saat anak sedang stres.
5. Memperkuat. Kritik yang konstan pada anak untuk kebiasaan menggigit kuku ini malah akan membuat situasi semakin buruk. Hal yang dapat dilakukan adalah tidak membahas masalah menggigit kuu ini secara berlebihan kepada anak dan orangtua selalu memberikan dorongan agar anak tidak lagi suka menggigit-gigit kukunya.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails