Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

7 Tips untuk Menurunkan Resiko Kanker


Kanker adalah vonis yang paling tidak ingin didengar oleh siapapun. Sebab selama ini kanker dikenal sebagai penyakit yang paling sulit untuk diatasi. Penyebab kanker beragam mulai dari gen hingga gaya hidup yang tidak sehat.
Melakukan sedikit perubahan pada gaya hidup Anda tentu akan berdampak besar terhadap kesehatan. Jika ingin terhindar dari penyakit mematikan ini, sebaiknya berpikir untuk merubah gaya hidup tidak sehat Anda. Ikuti 7 langkah dibawah untuk menurunkan resiko kanker.
  • Jangan Konsumsi Tembakau
    Merokok telah lama disangkutpautkan dengan berbagai macam jenis kanker seperti kanker paru-paru, ginjal, kandung kemih, dan serviks. Bahkan bagi yang tidak mengonsumsinya, menghirup asap rokok dari perokok aktif pun dapat menaikkan resiko kanker.
  • Makan Makanan Sehat
    Makanan sehat dapat menurunkan resiko kanker. Pilihan menu yang dapat Anda ambil mestinya terdiri dari berbagai macam buah dan sayur, makanan yang rendah lemak, dan jika Anda mengonsumsi alkohol, konsumsilah dalam batas yang diijinkan.
  • Menjaga Berat Badan dan Berolahraga Rutin
    Menjaga berat badan dapat menurunkan resiko berbagai macam penyakit kanker. Untuk dapat menjaga berat badan, mengurangi porsi makan saja tidak cukup. Dalam menjaga berat badan ideal mengurangi porsi makan harus diimbangi dengan olahraga teratur. Olahraga rutin selama 30 menit dapat menurunkan resiko kanker payudara dan kanker usus.
  • Lindungi Diri Dari Sinar Matahari
    Kanker kulit adalah jenis kanker yang sering terjadi. Namun kanker kulit adalah satu dari sekian banyak macam kanker yang sangat mudah untuk dicegah. Pencegahan kanker kulit dapat dimulai dari melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari saat tengah hari. Sengatan sinar matahari yang paling kuat berada di antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jika Anda harus keluar saat siang hari membawa kacamata dan topi adalah langkah yang tepat untuk memproteksi diri dari sinar matahari. Tutupi bagian tubuh yang terpapar sinar matahari dengan menggunakan pakaian berwarna terang dan gelap yang dapat memantulkan sinar ultraviolet. Atau lindungi kulit dari sinar matahari menggunakan tabir surya.
  • Vaksin
    Beberapa kanker disebabkan oleh virus. Kanker hati misalnya disebabkan oleh hepatitis B. Vaksin hepatitis B biasanya diberikan pada bayi secara rutin namun vaksin ini juga direkomendasikan untuk orang dewasa yang beresiko, yakni mereka yang melakukan aktivitas seksual lebih dari satu pasangan, gay, dan pekerja yang bersentuhan langsung dengan darah atau cairan dari tubuh seseorang. Vaksin untuk virus HPV yakni virus yang menyebabkan kanker serviks kini juga telah tersedia.
  • Hindari Kebiasaan yang Beresiko
    Semakin banyak pasangan di tempat tidur yang Anda miliki maka semakin meningkat resiko Anda terkena kanker. HPV misalnya, virus ini menyebabkan kanker serviks, anus, penis,dan  vagina. Bergantian menggunakan jarum suntik juga dapat meningkatkan resiko HIV, hepatitis B dan C yang tentu saja bermuara pada kanker.
  • Deteksi Dini
    Pemeriksaan manual seperti merasakan adanya benjolan di payudara atau deteksi oleh dokter seperti pap smear dan lainnya akan sangat membantu Anda untuk melihat apakah Anda terkena kanker atau tidak. Pengobatan untuk kanker stadium awal cenderung lebih berhasil. Jadi deteksi dini amat penting untuk keberhasilan pengobatan jika ada kanker yang menyerang tubuh Anda.
Pencegahan kanker diatas adalah untuk menurunkan resiko. Lakukan sekarang dan hasilnya bisa Anda nikmati seumur hidup.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails