Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

CARA ALAMI UNTUK MASALAH KOLESTEROL


kolesterol

Berikut ini cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa bantuan obat-obatan:

1. Olahraga. Melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Jenis olahraganya sendiri bebas, yang penting dapat membuat tubuh bergerak, berkeringat, dan terkena sinar matahari. Gerakan saat berolahraga akan membantu membakar kalori tubuh serta melancarkan sirkulasi darah.

2. Stres. Stres dapat menjadi penyebab naiknya kadar kolesterol jahat, oleh karena itu hindari stres. Luangkanlah waktu untuk bersantai dan bersenang-senang untuk mencegah stres. Latihan relaksasi seperti yoga, meditasi juga dapat menjadi pilihan untuk melawan stress.

3. Serat. Mengonsumsi serat 25 gram per hari terbukti efektif mencegah kolesterol jahat tinggi. Makanan berserat tinggi antara lain sayuran, kacang-kacangan, dan gandum.

4. Kafein. Konsumsi kafein berlebihan juga dapat memicu naikknya kadar kolesterol. Hindari minuman mengandung kafein (seperti kopi) dan perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari.

5. Alkohol. Alkohol yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan lipid darah dan lipid hati yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Alkohol awalnya menyebabkan kesalahan metabolisme namun jika berlanjut dapat merusak hati.

6. Makanan manis. Jika kita mengonsumsi makanan manis berlebihan maka kelebihan zat gula akan diproses menjadi lemak tubuh sehingga menaikkan level kolesterol jahat.

7. Fitosterol. Fitosterol mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk memperoleh fitosterol kita dapat mengonsumsi buah-buahan, kacang –kacangan, gandum serta sayuran.

8. Berat badan. Kelebihan berat badan dapat menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan kadar koleterol jahat. Oleh karena itu usahakan menjaga berat badan pada level normal sesuai indeks masa tubuh.

Gambar: http://worldtruth.tv
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails