Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Inilah Perban yang Dapat Berubah Warna

Inilah Perban yang Dapat Berubah Warna
Kulit kita dapat saja terluka kapan pun dan di mana pun. Entah itu ketika kita beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan. Seperti ketika berolahraga, bekerja, dan bahkan melakukan pekerjaan di rumah sekalipun. Bila luka yang kita alami ringan, sering kali kita memakai perban agar cepat sembuh. Tentu saja luka tersebut harus dibersihkan dahulu sebelum kita mengenakan perban agar tidak infeksi. Perban yang kita kenakan berguna untuk menjaga agar luka kita tidak terbuka menganga sehingga mudah terkena infeksi kuman dari luar. Karena bila luka kita terkena infeksi kuman, maka dapat berakibat lebih parah dan bahkan lebih fatal. Luka tersebut bisa menjadi lebih dalam dan menyebar ke jaringan kulit lainnya. Oleh sebab itu, kita menggunakan perban untuk menghindari infeksi pada luka kita.

Namun seringkali kita membuka tutup perban kita untuk mengintip apakah luka kita sudah sembuh atau belum. Bila sudah sembuh, maka luka kita akan terlihat sudah mengering dan kulit kita terlihat lebih baik. Namun bila belum, luka kita akan terlihat masih merah dan basah serta perih. Untuk mengetahui kondisi luka kita apakah sudah sembuh atau belum, kita harus mengintip ke dalam perban tersebut. Dimana kita harus membuka salah satu sisi perban tersebut. Dan bila teryata masih belum sembuh, kita harus menutup kembali perban tersebut pada kulit kita. Selain rasa nya juga perih, membuka tutup perban luka kita. Ada bahaya lain yang tidak disadari kebanyakan orang. Karena dengan membuka tutup perban, maka kita akan mengundang kuman masuk ke dalam luka kita. Dengan begitu, kuman – kuman yang berterbangan di udara akan memiliki kesempatan lebih besar untuk hinggap pada luka kita bila hal ini sering kita lakukan. Kesempatan kuman – kuman hinggap pada luka kita semakin besar sehingga dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah. Karena setelah perban dibuka, perban tersebut akan ditutup kembali. Hal tersebut akan membuat kuman – kuman tersebut terus hinggap pada luka kita.

Hal ini membuat para ahli terinspirasi untuk mencari cara agar perban yang kita gunakan tidak perlu dibuka tutup untuk mengetahui kondisi kulit kita yang terluka. Nah, beruntung lah kita mempunyai para peneliti dari Institut Penelitian Fraunhofer untuk Modular Solid State Technologies EMFT di Munich, Jerman. Para peneliti ini telah berhasil menemukan sebuah perban yang mempunyai indikator untuk mengindikasikan kondisi luka kita. Indikator tersebut berupa perubahan warna. Jadi, perban tersebut terbuat dari sebuah bahan khusus yang dapat berubah warna. Dalam keadaan kulit norman, perban tersebut berwarna kulit. Namun ketika kondisi luka kita terinfeksi, maka warna perban akan berubah warna menjadi ungu. Sehingga kita dapat mengetahui kondisi luka pada kulit kita tanpa harus membuka tutup perban. Hanya dengan melihat warna pada perban kita, maka kita akan mengetahui keadaan luka pada kulit kita.

Perban ini terbuat dari bahan khusus yang dapat mendeteksi kadar pH pada kulit kita. Cara kerja bahan perban ini berdasarkan tingkat pH pada luka kita. Menurut penelitian, kondisi kulit yang normal dan luka yang tak terinfeksi memiliki pH di bawah 5 dan paling maksimal pH-nya berada di angka 5. Namun, kulit dengan luka yang terinfeksi dapat mencapai tingkat pH yang tinggi, yaitu antara 6,5 hingga 8,5. Sehingga bila kondisi luka kita masih belum sembuh, maka perban ini akan berwarna ungu. Dan ketika kulit kita sudah sembuh, perban ini berwarna kulit.

Dengan berkurangnya upaya kita untuk membuka tutup perban, maka akan sangat membantu proses penyembuhan luka kita. Karena ketika proses penyembuhan, tidak akan terganggu dengan dibuka tutup nya perban yang dapat mendatangkan kuman untuk menginfeksi luka kita.
(Gajitz/rei)
READ MORE - Selengkapnya

5 Tips Agar Anda Lebih Cepat Pulih dari Sakit


Ada beberapa cara yang membuat Anda bisa lebih cepat pulih dari sakit.

Infeksi virus seperti cacar, demam berdarah, tifus atau malaria biasanya akan memerlukan masa pemulihan yang lebih lama. Untuk dapat pulih cepat setelah sakit, Anda harus mendapatkan kembali kekuatan dengan cepat.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan dalam masa pemulihan, seperti dilansir boldsky :

1. Banyak istirahat
Tidak perlu untuk menjadi macho ketika sakit. Cobalah untuk beristirahat sebanyak yang Anda bisa. Tubuh kan mendapatkan kekuatan hanya ketika mendapat istirahat yang tepat.

2. Suplemen vitamin
Tubuh biasanya akan kekurangan vitamin setelah menderita penyakit berat, karena makan tidak benar sehingga menguras cadangan vitamin dan mineral dari tubuh. Misalnya, malaria memakan hemoglobin, sehingga Anda memerlukan tablet zat besi.

3. Makan makanan kekuatan
Beberapa makanan seperti sup ayam, telur, susu dan lainnya dapat meningkatkan kekuatan. Ada juga suplemen gizi buatan seperti bubuk protein dan biskuit serat yang membantu Anda memperoleh kembali kekuatan.

4. Tingkatkan sistem pencernaan
Anda mungkin memiliki masalah pencernaan parah selama masa pemulihan. Pertama, makanlah makanan yang mudah dicerna, jangan makan makanan pedas dan makan dengan interval pendek.

Beberapa obat-obatan kuat dapat membunuh bakteri alami perut yang membuat sistem pencernaan melemah. Untuk itu, yogurt atau dadih bisa membantu menumbuhkan kembali bakteri baik usus.

5. Jangan biarkan kelesuan menguasai tubuh
Seringkali ketika hanya tergeletak di rumah selama berhari-hari, itu akan membuat Anda merasa malas.

Kondisi ini bukan karena lelah, tapi lesu dan Anda harus berjuang jika ingin kembali pulih. Istirahat sebanyak yang diperlukan, tetapi tetap melakukan hal-hal dasar seperti mandi, berjalan di sekitar rumah atau ganti pakaian Anda sendiri.
READ MORE - Selengkapnya

Penyebab Nyamuk Suka Didekat Kepala


Keberadaan nyamuk kerapkali mengganggu kita, apalagi saat hewan tersebut berada di dekat kepala. Bunyi “eng…” nya itu sangat menganggu. Lantas apa penyebabnya kenapa nyamuk suka berada di dekat kepala: Berikut jawabannya:

Pertama :

Nyamuk sangat suka dengan aroma yang keluar dari kelenjer keringat di sekitar kepada. Jadi intinya sebenarnya bukan telinga, tetapi keringat di kepala. Itulah sebabnya nyamuk suka terbang diatas rambut kita, kemudia berputar-putar mengelilingi kepala, dan saat ia di dekat telinga kita maka kita akan mendengan bunyi “eng…” tersebut

Contoh paling gampangnya adalah coba saja kita tidak mandiri sore, pasti nyamuk akan berkumpul diatas kepala kita. Hal ini jarang dijumpai pada orang yang sering keramas atau bershampo. Pasti jarang sekali yang mengeluh rambutnya terkena gangguan oleh nyamuk. Bukti lain, coba tanyakan pada temen anda yang gundul, pasti mereka jarang mengeluh nyamuk terbang diatas kepala mereka. Itu karena sebenarnya rambut membuat kepala kita panas dan akhirnya berkeringat dan keringat itulah yang menyebabkan nyamuk menyukainya. Makin tebal rambut, maka resiko rambut berkumpul di atas kepala makin besar loh…

kedua :

Di bagian tubuh manusia, telinga merupakan bagian suhunya mendekati suhu inti tubuh. Artinya suhu di telinga adalah yang paling konstan, dan lebih tinggi dari bagian tubuh manapun. Ini disebabkan karena Membran tympani hanya berjarak 3,8 cm dari hipotalamus dan Darah pada arteri karotis internadan eksterna, adalah pembuluh darah yang menyuplai hipotalamus dan membran tympani.

Nyamuk mendeteksi panas. Dan ketika mendekati daerah sekitar kepala, dia sangat tertarik pada panas di daerah telinga. Itulah mengapa mereka suka ngider-ngider di sekitar telinga dan terdengar bunyi “eng…” oleh kita

ketiga :

Sebenarnya nyamuk tidak mendekati bagian teliga dan kepala saja, tapi dia juga suka mendekati bagian yang tak tertutup seperti lengan tangan, paha, betis, pokoknya yang terbuka. Yah itulah nyamuk, tujuan mereka mendekati bagian tubuh yang terbuka ya pastinya supaya lebih mudah dalam menghisap darah sebagai makanan utama mereka. Namun demikian, kita lebih cepat merespon nyamuk yang berkeliling di kepala kita dengan tepukan, tetapi saat mereka ada dikaki atau ditangan kita malah nyantai aja.

Keempat :

Seperti halnya manusia, nyamuk juga butuh ketenangan dalam menyantap makanan. Tujuan utama nyamuk muter-muter dikepala adalah untuk memastikan bahwa kita telah tertidup lelap. Nah baru mereka segera menyantap tubuh kita.. Bodoh ya nyamuk ini, jelas-jelas kita sedang ngetik dikomputer di kirain tidur ma dianya hahahah

serba-serbi-ada/rei
READ MORE - Selengkapnya

Inilah Tato Pendeteksi Penyakit Diabetes

Pola makan dan gaya hidup masyarakat perkotaan zaman sekarang dapat dikatakan tidak sehat. Dengan tersedianya berbagai restoran cepat saji, membuat masyarakat perkotaan sering memakan makanan yang tidak sehat. Akibatnya, banyak dari mereka yang mengidap berbagai macam penyakit berbahaya di usia muda. Salah satu nya adalah diabetes.

Diabetes sering juga disebut dengan penyakit kencing manis. Karena kadar gula dalam darah penderita diabetes tinggi, maka air kencing penderita pun rasa nya manis karena mengandung gula. Dulu, salah satu tes untuk diabetes adalah dengan menuangkan air kencing seorang penderita ke dekat sarang semut. Jika semut – semut itu mengerumuni air kencing tersebut, berarti air kencing orang tersebut mengandung gula.

Umumnya, para penderita diabetes dapat melakukan tes pengukuran kadar gula dalam darah beberapa kali dalam sehari. Pertama – tama, mereka harus dihubungkan ke sebuah alat berupa monitor untuk mengecek kadar gula dalam darah. Memang, pemeriksaan rutin seperti ini merepotkam.

Nah, kini para penderita diabetes tidak perlu repot melakukan tes seperti ini lagi Karena mereka dapat memonitor kadar gula darah mereka melalui tato di tubuh mereka. Tapi yang ini bukan sembarang tato loh, melainkan tato glukosa. Dimana tato glukosa ini dapat memonitor kadar glukosa dalam darah kita melalui teknologi tinta nanopartikel. Tinta ini dapat bercahaya di bawah kulit kita untuk mendeteksi kadar gula darah. Para ahli yang mengembangkan teknologi tato ini adalah para ilmuwan dariMassachusetts Institute of Technology (MIT) atau Institut Teknologi Massachusetts. Mereka juga mengatakan bahwa penderita tetap harus memakai sebuah alat untuk memonitor gula darah ini. Namun alat ini sangat sederhana dengan bentuknya yang hanya seukuran jam tangan yang ditempelkan pada kulit. Tinta untuk membuat tato glukosa ini berasal dari karbon nanotubes. Dimana karbon ini dapat memantulkan sinar infra merah ke monitor melalui kulit.

Salah satu peneliti senior dalam tim penelitian ini adalah Michael Strano. Strano adalah seorang dosen yang mengajar mata kuliah rekayasa kimia di MIT. Strano pun mengatakan bahwa karbon nanotubes akan bercahaya di bawah sinar infra merah. Sehingga penderita diabetes dapar mengetahui kondisi tubuh mereka setiap saat. Bila kadar gula dalam darah mereka tinggi, maka tato tersebut akan bercahaya saat merespons glukosa. Namun sebelumnya, Anda harus menyinari tato Anda tersebut dengan alat monitor yang berupa jam tangan tersebut. Jadi, ketika Anda menyinari karbon nanotube itu, maka partikel – partikel dari tinta tato tersebut akan memantulkan sinar itu kembali dengan panjang gelombang yang berbeda. Sinar yang dipantulkan ke alat yang berukuran jam tangan itu dapat meberitahukan seberapa tinggi kadar glukosa dalam darah Anda.

Selain itu, Strano mengatakan bahwa ukuran dari monitor yang harus Anda pakai di kulit Anda seukuran dengan jam tangan Anda. Atau bahkan bisa lebih kecil lagi, tergantung ukuran baterainya.(Gajitz/rei)
READ MORE - Selengkapnya

10 Jenis Alergi Paling Aneh



Dari semua alergi yang ada, terdapat juga jenis alergi yang jarang ditemui dan langka. Berikut adalah 10 alergi yang aneh yang pernah ada.

1. Alergi seks

Kesensitifan benih plasma merupakan kondisi yang langka dan dapat menyebabkan reaksi negatif terhadap cairan mani. Gejalanya meliputi munculnya ruam, pembengkakan dan sesak nafas. Namun ada terapi untuk mengatasi alergi ini, seperti menggunakan kondom atau menghabiskan banyak waktu di tempat tidur untuk membuat diri kita nyaman.

2. Alergi air

Meskipun air ada di sekeliling kita, namun percaya atau tidak, ada juga orang yang alergi terhadap air. Alergi air (Aquagenic urticaria) kondisi dimana air dalam suhu apapun dapat mengakibatkan gatal-gatal dan ruam parah. Karena alergi ini belum ada obatnya, maka bagi penderita alergi ini tidak diperbolehkan untuk mandi dan berenang.

3. Alergi sepatu

Ya, ada juga orang yang alergi sepatu. Gejalanya meliputi peradangan dan kulit pecah-pecah akibat material yang digunakan sebagai bahan dasar sepatu itu. Gejala ini bisa semakin parah bila kaki penggunanya juga berkeringat. Karena itu untuk menghindari gejala tersebut, pemakainya harus menggunakan kaos kaki.

4. Alergi olahraga


Meskipun alergi ini bisa dijadikan alasan untuk menghindari pelajaran olahraga, namun penderita alergi ini mempunyai masalah yang tidak bisa dianggap mudah. Gejalanya dimulai dari ruam, masalah pencernaan, hingga ke anafilaksis yang parah. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati alergi ini adalah menggunakan antihistamin atau tidak terlalu banyak berolahraga.

5. Alergi matahari

Alergi ini merupakan reaksi kekebalan tubuh terhadap sinar matahari yang mengenai kulit. Gejalanya meliputi gatal yang luar biasa, pusing dan mual. Bahkan ada juga yang sampai kulitnya melepuh atau pendarahan dalam. Satu-satunya cara untuk menghindari alergi ini adalah menggunakan perlindungan kulit saat bepergian atau tidak keluar rumah saat siang hari.

6. Alergi pakaian dalam


Seperti halnya sepatu, pakaian dalam juga memiliki bahan dasar yang bisa mengakibatkan alergi. Yang paling sering adalah bahan dari karet dan lateks. Jadi untuk penderita alergi ini harus bisa memilih pakaian dalam yang cocok untuknya.

7. Alergi teknologi

Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini, sangat sulit untuk menghindari teknologi. Contohnya seperti televisi layar datar, telepon atau internet. Namun ternyata ada juga orang yang sebaiknya tidak mendekati teknologi tersebut. Beberapa gejala bisa muncul jika penderita alergi ini mendekati medan elektromagnetik. Karena itu rumah mereka tidak boleh menggunakan ponsel dan microwave.

8. Alergi cokelat


Beberapa orang mungkin tidak bisa hidup tanpa cokelat, tapi ada juga yang bisa. Gejala alergi ini meliputi pusing, ruam atau sesak nafas.

9. Alergi dingin

Penderita alergi dingin bisa mengakibatkan pingsan, syok atau bahkan kematian. Meskipun alergi ini belum bisa disembuhkan, ada obat yang bisa menekan gejala alergi ini.

10. Alergi semua makanan dan minuman kecuali air mineral


Alergi ini sangat langka sampai tidak ada nama untuk alergi ini. Penderita alergi ini bisa mendapatkan masalah pada perut atau muntah-muntah. Karena itu penderita ini kebanyakan dirawat di rumah sakit. Penderitanya harus bisa pandai-pandai memilih makanan atau minuman agar tidak terjadi gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas.(Urbantitan/rei)
READ MORE - Selengkapnya

Tips Jitu Supaya Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Tips Jitu Supaya Tubuh Tetap Sehat dan Bugar 
Berikut 6 langkah untuk meningkatkan metabolisme tubuh, seperti dilansir dari self antara lain:

1. Penuhi kebutuhan protein

“Protein berguna untuk membangun otot. Semakin banyak kerja otot Anda, semakin banyak kalori yang Anda keluarkan,” kata Roberta Anding, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Sebuah studi dalam Journal of American Dietetic Association menyatakan otot-otot Anda hanya memerlukan 30 gram protein setiap hari. Jika asupan protein tubuh Anda lebih dari itu akan disimpan sebagai lemak.

Asupan protein yang sehat minimal 46 gram per harinya yang perlu Anda cukupi dengan menu makanan yang seimbang ketika sarapan, makan siang dan makan malam.

2. Hindari stres

Tidak mungkin untuk menciptakan kehidupan yang benar-benar bebas dari rasa khawatir, tetapi kecemasan yang konstan dapat menyebabkan kelenjar adrenalin memompa keluar kortisol terlalu banyak.

Tingginya kadar perubahan hormon stres tersebut membuat metabolisme tubuh Anda menyimpan lemak, mengirimkan timbunan lemak di perut dan akan mempengaruhi organ-organ vital Anda.

Menurut review di The Journal of Alternative and Complementary Medicine, yoga dapat mengurangi stres dengan mengirimkan sinyal ke otak untuk menurunkan tingkat kortisol. Ada bukti bahwa olah raga seperti meditasi dan tai chi mungkin memiliki efek yang sama.

3. Olahraga teratur

Sebuah studi yang dilakukan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise menyatakan olahraga dengan intensitas yang tinggi selama 45 menit dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda sebanyak 37 persen dan efeknya akan bertahan hingga 14 jam pasca latihan.

Sebuah latihan yang kuat akan menaikkan suhu internal Anda, membakar kalori berlebih dan menjaga metabolisme tubuh.

4. Bentuk otot Anda

“Seiring pertambahan usia, Anda mulai kehilangan massa otot. Olahraga angkat beban dapat membantu Anda mempertahankan dan membangun otot sehingga metabolisme Anda tetap tinggi,” kata Geralyn Coopersmith, seorang ahli fisiologi olahraga.

Dua atau tiga kali seminggu, Anda harus membakar kalori dengan latihan kekuatan atau kardio minimal 15 sampai 30 menit.

5. Perbaiki jam tidur Anda

Sedikitnya dua malam tanpa tidur dapat mengacaukan metabolisme Anda dan meningkatkan tingkat hormon ghrelin, yang merangsang rasa lapar dan penurunan kadar hormon leptin.

Penelitian juga mencatat bahwa kurang tidur menyebabkan resistensi insulin, mengganggu metabolisme tubuh dalam memproses lemak dan menyebabkan kenaikan berat badan. Anda perlu tidur sebanyak 7 hingga 8 jam seharinya agar metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik.

6. Konsumsi makanan berserat

Serat dalam makanan dapat membantu menstabilkan tingkat gula darah, menjaga keseimbangan metabolisme. Antioksidan dalam buah dan sayuran juga melindungi tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas dapat membahayakan sel-sel sehat tubuh Anda yang dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan hasil terbaik, makanlah makanan berserat tinggi setiap harinya seperti kacang kenari, biji bunga matahari, coklat gelap, kol merah dan kubis.
READ MORE - Selengkapnya

Tips Sederhana Merampingkan Paha


Bagi sebagian wanita, paha yang tampak gemuk dan berlemak membuat mereka tidak percaya diri. Hampir semua wanita ingin pahanya terlihat indah dan seksi, terutama ketika menggunakan mini dress atau celana pendek. Lalu, bagaimana membuat paha terlihat lebih ramping? Ada langkah sederhana yang dilansir All Women Stalk, dari mengubah gaya hidup sampai trik menyiasati paha yang besar.

1. Konsumsi Makanan Sehat
Anda dapat melakukan berbagai olahraga secara rutin, tetapi harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. Anda bisa merampingkan paha dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan protein tanpa lemak, ditambah latihan yang tidak berlebihan.

2. Lakukan Latihan Squat
Squat adalah latihan yang paling tepat untuk membentuk otot paha bagian depan dan otot bokong Anda. Namun, squat bisa membuat punggung dan leher cedera kalau tidak dilakukan dengan benar. Anda harus meluruskan punggung ketika squat sehingga tulang punggung tidak terbebani. Squat bisa membantu mengecilkan ukuran paha serta pinggul Anda.

3. Latihan Kardio
Cara lain yang sehat untuk mengecilkan paha adalah dengan melakukan latihan kardio. Latihan kardio yang teratur dapat membakar banyak kalori dalam tubuh. Ingat, Anda tidak bisa mengecilkan tubuh hanya pada satu bagian saja, makanya Anda butuh latihan lain yang juga berpengaruh terhadap ukuran pinggang.

4. Menggosok Tubuh (Dry Body Brushing)
Anda bisa menggosok tubuh dalam keadaan kering yang akan membantu memperbaiki kulit. Membersihkan kulit dengan cara menggosoknya dalam keadaan kering dapat menghilangkan kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan kulit, mengurangi selulit, serta menyingkirkan racun dari tubuh Anda. Racun merupakan salah satu faktor penyebab lemak menumpuk dan paha terlihat lebih besar.

Adapun trik yang bisa dilakukan untuk membuat paha tampak lebih kecil dalam waktu singkat, di antaranya:

- Salah satu cara cepat agar paha kelihatan kecil dengan menggunakan pakaian yang bisa menutupi paha gemuk Anda, seperti memakai stoking atau celana ketat warna gelap. Pakaian ini dapat membantu Anda terlihat lebih seksi dan menawan.

- Jika Anda akan menghadiri suatu acara dan ingin paha tampak indah ketika mengenakan mini dress, gunakan bronzer. Aplikasikan bronzer atau bedak yang satu tingkat lebih gelap dari warna kulit Anda tepat di bagian paha depan. Bronzer akan membuat paha tampak bercahaya, dan memberi ilusi lebih ramping.(rei)
READ MORE - Selengkapnya

Manfaat Pete Yang Kadang Diremehkan



Manfaat Pete Yang Kadang Diremehkan
Jengkol dan pete, inilah dua buah yang dianggap seperti pasangan sejoli karena baunya yang sama-sama menyengat dan sering dihindari orang. Banyak yang menganggap bahwa kedua jenis buah itu tidak layak dikonsumsi atau mungkin malu untuk mengkonsumsinya meski suka. Baunya memang jadi masalah utama bagi penikmatnya. Karena itulah kedua buah ini sering digolongkan sebagai makanan kelas rendah; selain karena murah, tak banyak kalangan orang berada yang mau memakannya. Tapi tahukah anda bahwa jengkol dan pete memiliki berbagai manfaat yang sangat penting untuk tubuh kita? Berikut ini adalah faktanya.

Pertama adalah jengkol. Jengkol sendiri terdiri dari berbagai vitamin, asam jengkolat, mineral, dan serat yang tinggi. Jengkol memiliki khasiat diuretic yang dapat membantu melancarkan pembuangan urine, dan hal ini sangat menguntungkan bagi penderita penyakit jantung koroner. Seratnya dapat melancarkan buang air besar, dan secara tidak langsung dapat membantu melangsingkan perut yang buncit akibat sulit BAB. Karena itu juga jengkol digunakan sebagai bahan cuci perut yang ampuh selain apel.

Manfaat lainnya adalah mencegah penyakit diabetes/kencing manis dikarenakan kandungan asam dan mineralnya. Namun asam jengkolat yang terdapat di jengkol berupa kristal dan tidak mudah larut oleh air. Karena itu saran dalam mengkonsumsi jengkol adalah jangan berlebihan, karena ginjal bisa jadi tidak dapat menyaring asam tersebut dalam jumlah yang kelewat banyak hingga akhirnya mengalami sulit berhenti buang air kecil atau sering disebut anyang-anyangan.

Sedangkan pete/petai, memiliki manfaat yang lebih banyak lagi dibandingkan jengkol. Dan menurut saya bau pete lebih menyengat jika dibandingkan saudaranya; jengkol. Yah, mungkin ini bayaran dari banyaknya untung yang didapat jika memakan pete—yaitu baunya juga lebih menyiksa. Pete mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa dan dikombinasikan dengan serat tinggi.

Kandungan gula ini membuat pete jadi banyak diambil manfaatnya sebagai penambah tenaga. Tak heran jika banyak atlit yang menkonsumsi pete untuk menjaga tubuh mereka agar tetap fit. Penelitian juga menyebutkan bahwa dengan menkonsumsi 2 porsi pete per hari dapat menambah suplai tenaga hingga 90 menit.

Kandungan tryptophan dan vitamin B6 di dalam pete juga bisa membantu emosi seseorang untuk menjadi lebih tenang dan bisa mengurangi tingkat depresi. Bagi para penderita tekanan darah tinggi, buah ini juga termasuk makanan yang aman dikonsumsi. Ini karena banyaknya kalium yang terkandung di pete tetapi rendah garam. Begitu tingginya kandungan kalium di pete hingga membuat FDA Amerika member ijin kepada perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi terhadap kemampuan pete dalam menekan resiko darah tinggi dan stroke.

Kaliumnya yang tinggi juga dapat meningkatkan konsentrasi otak dan secara tidak langsung membantu menumbuhkan kecerdasan anak di usia pertumbuhan. Pete juga bisa membantu orang yang ingin berhenti dari kecanduan rokok. Kandungan vitamin B6, B12, magnesium dan kaliumnya dapat menekan kebutuhan nikotin dan membuat orang tersebut justru merasa tak perlu lagi dengan nikotin. Olesan buah pete pada kulit juga bisa menghindari Anda dari gigitan nyamuk. Jadi tidak perlu membuang uang beberapa ratus perak untuk lotion nyamuk, karena olesan pete pun tak kalah ampuh dan lebih alami. Tapi sayangnya cara ini akan sedikit mengganggu karena dijamin kulit Anda jadi bau pete juga. Hm, yang satu ini kurang efisien, ya.

Selain manfaat-manfaat tersebut, masih banyak lagi segudang manfaat pete yang membuat buah ini menjadi perhatian ahli medis. Antara lain mencegah kegemukan, mengobati anemia, mengobati sembelit, memulihkan seseorang dari mabuk, menyembuhkan luka lambung, mengatur suhu tubuh, bahkan untuk menghaluskan kulit juga—dan pete jadi banyak diekspor ke negara-negara China, Jepang, Korea sebagai bahan kosmetik.

Tidak hanya di Asia, jengkol dan petai sudah mendunia dan penyebarannya benar-benar dirasa bermanfaat bagi orang-orang. Jika disini kita seringkali malu kalau ketahuan makan jengkol dan pete, di luar negeri orang-orang justru mencarinya dan tak keberatan untuk menjadikannya sebagai cemilan harian mereka. Meskipun baunya tak sedap, tapi demi manfaatnya yang begitu besar menjadikan kedua buah ini pantas dinomorsatukan. Asal tidak ada orang lain yang kebauan—cukup diri sendiri saja, hehe—maka tidak masalah lagi jika kita menkonsumsi jengkol dan pete, ya kan?
Sumber: Indo Leaks, askep-askeb
READ MORE - Selengkapnya

Pria Yang Rajin Berjemur lebih Perkasa

Pria Yang Rajin Berjemur lebih Perkasa
Ada cara mudah dan murah untuk meningkatkan keperkasaan pria, yakni dengan rajin berjemur. Menurut penelitian, paparan sinar matahari dan jumlah vitamin D yang cukup akan meningkatkan produksi testosteron, hormon yang mempengaruhi libido.

Dalam studi yang dimuat dalam Journal Clinical Endocrinology terhadap lebih dari 2.299 pria diketahui pria yang memiliki kadar vitamin D yang tinggi ternyata memiliki level hormon seks yang tinggi pula.

Kadar hormon testosteron yang rendah akan memengaruhi libido pria dan menurunkan kadar energi. Testosteron juga berperan penting, baik pada pria atau wanita, untuk menjaga kekuatan otot dan kepadatan tulang.

Peneliti dari Medical University of Graz, Austria, menemukan pria yang memiliki kadar vitamin D kurang dari 30 nanogram per milimeter darah, memiliki testosteron lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang kekurangan vitamin D.

Karena para responden dalam penelitian tersebut adalah pria yang tinggal di negara empat musim, maka diketahui level testosteron mereka memuncak di bulan Agustus dan turun drastis di musim dingin, terutama di bulan Maret.

Profesor Winfriend Marz, yang melakukan riset ini, menyebutkan bahwa fokus penelitian para ilmuwan saat ini adalah mencari tahu apakah suplemen vitamin D memiliki efek yang sama pada level testosteron.

Kendati begitu, para ahli kanker mengingatkan bahwa terlalu banyak paparan sinar matahari berakibat buruk pada kesehatan. 

"Secara medis sebenarnya kita bisa meningkatkan kadar libido pria melalui pemberian terapi suplemen testosteron," kata Allan Pacey, pakar andrologi.

Sumber :
BBC-kompas.com
READ MORE - Selengkapnya

Kesalahan Terbesar Saat Diet



Kesalahan Terbesar Saat Diet
Kesalahan terbesar saat diet adalah ingin cepat dan terlalu berorientasi terhadap hasil akhir itu sendiri.


“Lemak harus dibakar sebagai energi kalau kita ingin membuangnya,” ujar pakar diet, nutrisi dan fitness L. Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt.

Menurut Denny, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

Pertama, ketika ada orang mengatakan ‘saya ingin turun 5kg dalam waktu 7 hari‘, coba dikalkulasi. 1 gram lemak mengandung 9 Kalori. 1000 gram lemak atau 1 kg berarti 9000 Kalori. Kalau 5kg, sama dengan 45,000 Kalori.

Nah, olahraga apa yang kira-kira bisa membakar 45,000 Kalori dalam waktu 1 minggu? Atau kalau dibagi 7, berarti 1 hari kita harus membakar lemak sebanyak 6,428 Kalori. Padahal kita sehari olahraga 1 jam saja kurang lebih hanya membakar 400-500 Kalori saja. Mungkinkah ini terjadi? Secara perhitungan logika saja pemintaan turun 5kg dalam waktu 7 hari itu sama sekali MUSTAHIL.

2. Pembakaran lemak terjadi ketika kita berolahraga. Lemak akan dibawa dari sel-sel lemak, tempat penyimpanannya, menuju ke dalam sel otot tempat terjadinya pembakaran. Lemak tidak dikeluarkan lewat keringat, urine maupun BAB. Pikirkan saja, kalau turun 5 kg lemak dalam 7 hari, berarti sehari ada 700gram lemak masuk melewati darah kita. Ingat, bahwa proses pengangkutan lemak menuju sel-sel otot adalah melalui darah.

Kalau memang benar ada 700 gram lemak sehari yang melewati darah kita, maka kita akan stroke secara instan! Mau kurus atau mati? Kenyataannya hal tersebut juga tidak akan bisa terjadi, walaupun dalam tingkat extreme, memang akan terjadi peningkatan trigliserida (lemak dalam darah) ketika Anda sedang berusaha membakar lemak sebanyak mungkin.

“Jadi, penurunan berat badan sebaiknya berdasarkan pemikiran bahwa pola hidup (makan dan olahraga) kita selama ini keliru, sehingga terjadi penimbunan lemak,”

Dan yang sebaiknya dilakukan adalah perubahan pola hidup menjadi lebih sehat, sehingga tubuh kita juga akan beradaptasi terhadap pola hidup yang baru dan bentuk badan akan mengikutinya.(*)

Penulis : Ina Maharani
READ MORE - Selengkapnya

Tips Melenyapkan Komedo Yang Mengganggu

Tips Mudahnya Melenyapkan Komedo Wajah Yang Mengganggu

Siapa sih yang mau wajahnya yang mulus dihiasi komedo, kamu? Pasti tidak kan?
Komedo sebenarnya adalah kotoran yang menyumbat pori-pori dan kalau dibiarkan akan menjadi hitam. Komedo akan membuat wajah terlihat kusam.

Bagaimana seandainya di ujung hidung atau pipi Anda terdapat butiran-butiran lemak berwarna putih, atau hitam bernama komedo?. Nggak banget, kan? Berikut ini Cara Mudah Melenyapkan Komedo Yang Mengganggu secara mudah, cepat, dan sederhana.

1. Lakukan facial. 
Lakukan secara teratur dan setelah masa menstruasi. Lebih baik lagi bila facial ini dilakukan di bawah pengawasan dokter kulit.

Saat melakukan facial, terdapat scrubbing yang bisa membuatkomedo dan kotoran di kulit terlepas. Jugapenguapan yang fungsinya membuka pori kulit, hingga komedo lebih mudah dikeluarkan.

2. Pakailah pembersih wajah yang tepat. 
Karena itu kenalilah jenis kulit wajah anda. Kulit wajah berminyak biasanya menjadi suplai utama banyaknya komedo. Rajinlah membersihkan wajah anda.

3. Gantilah sarung bantal sesering mungkin.
Sarung bantal kerap menjadi tempat lemak dan kotoran rambut berkumpul. Saat tidur, jika wajah telah Anda bersihkan, namun sarung bantal Anda kotor, maka kotoran akan kembali menempel di kulit wajah dan memicu komedo.

4. Batasi konsumsi makanan berlemak.
Seperti durian, kacang-kacangan, telur, mede, keju, alpukat, mangga, segala jenis susu, gorengan, santan dan daging berlemak.

5. Jangan gunakan bedak padat. 
Untuk anda para wanita, bedak padat adalah sumber utamakomedo, karena sifatnya yang menempel di wajah. Alas bedak juga bisa menjadi penyebab timbulnya komedo, terlebih bila sisanya masih menempel di kulit.
READ MORE - Selengkapnya

Hal Yang Menyebabkan Mata Kedutan


Mata kedutan merupakan gerakan tiba-tiba pada kelopak mata atas dan bawah, dan gerakannya terjadi secara spontan. Mata kedutan biasanya terjadi beberapa kali dalam sehari dan beberapa menit atau detik dalam sekali.

Menurut Burt Dubow, OD, FAAO, pakar mata dari Contact Lens and Cornea Section of the American Optometric Association, kedutan bukan masalah medis yang serius. Kedutan adalah kontraksi yang melibatkan otot orbicularis oculi. Kedutan terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan (kontraksi) yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang membuat mata kejang sesaat. Sehingga tidak perlu dikhawatirkan sebagai penyakit berbahaya karena tidak mempengaruhi kemampuan penglihatan.

Kedutan baru bisa dianggap berbahaya jika terjadi secara terus menerus dalam waktu yang lama. Ada 7 faktor yang menyebabkan mata kedutan seperti yang dikutip dari allaboutvision.

1. Stres

Mata kedutan bisa terjadi akibat stres, karena mata menjadi begitu tegang. Untuk mengurangi pergerakan mata maka perlu dilakukan kegiatan yang bisa melepaskan stres.

2. Kelelahan

Kelelahan seperti kurang tidur dapat menyebabkan kejang pada kelopak mata. Perbanyak waktu istirahat Anda untuk mengurangi mata kedutan.

3. Mata lelah

Mata Anda mungkin bekerja terlalu keras yang memicu kelopak mata bergerak-gerak. Mata yang tegang karena terus menatap komputer salah satunya menjadi penyebab yang sangat umum.

4. Kafein dan Alkohol

Menurut banyak ahli, terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan alkohol dapat menyebabkan mata berkedut. Hal ini terjadi karena tekanan pada pembuluh darah meningkat.

5. Mata kering

Lebih dari separuh penduduk yang berusia lanjut mengalami mata kering akibat proses penuaan. Mata kering juga sangat umum bagi orang-orang yang menggunakan komputer, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antihistamin, antidepresan, memakai lensa kontak dan mengonsumsi kafein atau alkohol. Lelah dan stres juga bisa memicu mata kering.

6. Ketidakseimbangan Nutrisi

Menurut beberapa penelitian, kekurangan zat gizi tertentu seperti magnesium dapat memicu kejang kelopak mata. Sebaiknya segera minta pendapat pada ahli gizi untuk mengurangi serta mencegah kekurangan gizi.

7. Alergi
Orang-orang dengan mata alergi memiliki gejala antara lain gatal, bengkak dan mata berair. Ketika mata digosok, akan mengeluarkan histamin yang memicu keluarnya air mata. Beberapa bukti menunjukkan bahwa histamin dapat menyebabkan kelopak mata bergerak.(Detik/rei)
READ MORE - Selengkapnya

Cara Memutihkan Kulit Badan Secara Alami

Tips Cara Memutihkan Kulit Badan Secara Alami
Mempunyai kulit putih mulus serta bersih berseri sudah pasti adalah dambaan setiap wanita. Karena itu, banyak salon kecantikan di berbagai daerah dipenuhi oleh kostumer yang ingin mempercantik diri, khususnya perawatan kulit. Padahal sebenarnya untuk melakukan perawatan kulit kita tidak harus kesalon kecantikan. Karena dengan menggunakan bahan alami saja sebenarnya sudah, cukup asalkan metode penerapannya benar. Oleh karena itu kali ini saya ingin mengulas mengenai bagaimanaCara Memutihkan Kulit Badan Secara Alami.

1. Pastikan untuk mencuci kulit secara menyeluruh minimal dua kali sehari dengan menggunakan sabun serta kain lap. Bilas kulit menggunakan sabun dan mengelapnya dengan kain lap sehingga kulit bersih dari sabun. Pada dasarnya, kain lap lembut membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

Anda juga dapat menggunakan air jeruk nipis dan masker tomat di kulit setiap pagi sebelum mencuci muka.
Untuk membuat air jeruk nipis dan masker tomat,
campurkan sepotong tomat dengan segelas jus jeruk nipis dalam blender.
Setelah itu, oleskan lapisan masker ini dengan tipis pada kulit dan biarkan selama 10-15 menit.
Jika maskernya masih tersisa, Kamu bisa menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat selama seminggu untuk bisa digunakan kembali.

2. Bersihkan masker dengan menggunakan air dingin dan sabun serta lap kain. Sadarilah bahwa jus jeruk nipis, menjadi asam alami, memiliki kecenderungan untuk menyengat kulit Kamu dan itu merupakan gejala normal. Bila digunakan secara teratur, kulit akan terbiasa dan sensasi tersebut akan berkurang.

3. Sebelum tidur, jangan lupa menerapkan jus lemon dan masker madu. Campuran satu sendok teh madu dengan satu sendok teh jus lemon. Lalu, oleskan ke kulit Kamu dan biarkan selama setidaknya 10 sampai 15 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat. Madu berfungsi untuk melembabkan kulit sedangkan lemon berguna buat memutihkan kulit.

4. Gunakan gel lidah buaya organik 2 kali dalam sehari (pagi dan malam) setelah mencuci kulit. Lidah buaya dapat berfungsi sebagai pelembab, menyembuhkan iritasi, dan mencerahkan kulit.

5. Eksfoliasi kulit menggunakan gula pasir dan minyak zaitun. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dan 1sdm gula pasir, buatlah seperti pasta. Gunakan jari untuk menggosokkan ke kulit dengan gerakan memutar.Hati-hati kulit di sekitar mata, jangan sampai pasta terkena mata. Cara ini akan menghilangkan sel-sel kulit mati di lapisan permukaan, memerlihatkan dan mendorong pertumbuhan kulit baru, serta membuat kulit terlihat segar.


6. Lemon jus dan putih telur dapat digunakan untuk membuat krim pemutih kulit secara alami di rumah.

Caranya sebagai berikut:Ambil putih telur dan jus lemon dengan takaran yang sama.

Campur kedua bahan tersebut dan panaskan di wajan kecil. Tunggu sampai campuran berubah menjadi semi-padat.
Kemudian keluarkan krim tersebut dari wajan dan simpan di dalam toples. Masukan ke kulkas sampai dingin.
Oleskan krim tersebut pada kulit di tubuh/badan Anda dan tunggu sampai 15 menit sebelum dibilas.

Hal ini sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam dari sinar matahari. Gunakan krim ini setiap hari sampai Anda mendapatkan warna kulit putih bersih yang diinginkan.
READ MORE - Selengkapnya

Obat Alami Herbal Tradisional Untuk Alergi Kulit Gatal


Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar, atau bahkan mungkin pernah mengalami sendiri timbulnya bercak-bercak atau bentolan kulit yang gatal serta tersebar di atas permukaan tubuh, beberapa saat setelah mengkonsumsi suatu jenis makanan. Keluhan atau gambaran seperti itu merupakan salah satu dari sekian banyak manifestasi penyakit alergi yang sering dijumpai. Sungguh tak mengenakkan bukan jika disaat kita sedang banyak kegiatan tapi timbul alergi gatal. Nah, kalo sudah begini siapa yang dibikin repot? Obati aja alergi gatal anda dengan obat tradisional alergi gatal yang juga ampuh segera meredakan gatal-gatal yang anda rasakan.

Reaksi alergi tentunya merupakan manifestasi pada seseorang secara keseluruhan. Gejalanya akan tergantung pada fungsi organ tersebut yaitu dapat terangsang atau tertekan. Suatu alergi yang menyerang mata akan menimbulkan mata merah dan gatal; jika menyerang hidung akan pilek atau bersin-bersin; bila menyerang paru-paru akan menyebabkan asma atau batuk; jika menyerang saluran pencernaan menyebabkan sakit perut, kembung, diare atau muntah-muntah; menyerang persendian dapat menyebabkan nyeri dan kaku; jika yang terserang kepala dapat menimbulkan sakit kepala, jika menyerang kulit menimbulkan eksim, bentol-bentol/gatal-gatal, dan sebagainya. Anda tak mungkin bisa istirahat dengan nyaman ataupun melakukan berbagai aktivitas bila anda tak mengobati terlebih dahulu alergi gatal-gatal anda. Bisa anda bayangkan sendiri bagaimana rasanya kalo sudah gatal-gatal, makanya segera lakukan penanganan agar alergi anda segera sembuh, anda bisa menggunakan obat alergi gatal tradisional yang anda rasakan ini.

Cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasi alergi yaitu :

15 gram jahe + 30 cc cuka beras putih/rice venegar + gula merah secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum. Lakukan secara teratur sehari sekali.

Jika alergi menyerang hidung sehingga menimbulkan pilek atau bersin-bersin dapat menggunakan cara tradisional berikut:

7 lembar daun sambung nyawa + 30 gram sambiloto segar direbus dengan 500
cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. daun lidah buaya secukupnya dikupas kulitnya lalu dijus. Teteskan jus lidah buaya ke dalam hidung sebanyak 3 tetes dengan menggunakan pipet.

Sedangkan bila alergi menyerang kulit sehingga menimbulkan gatal-gatal atau eksim dapat digunakan :

sambiloto segar secukupnya + kunyit segar secukupnya + belerang secukupnya dihaluskan hingga lembut, lalu dioleskan pada bagian kulit yang terkena alergi. daun ketepeng china segar secukupnya dihaluskan lalu dioleskan pada bagian kulit yang terkena alergi.

Mengobati alergi gatal bukan perkara yang sulit bukan, anda bisa dengan segera melakukan penanganan secepatnya jika alergi ini timbul dan terbukti ampuh segera meredakan rasa gatal anda. Obat tradisional alergi gatal ini bisa anda jadikan referensi dan anda pakai jika sewaktu-waktu anda terserang alergi gatal ini.
READ MORE - Selengkapnya

Kisah Botol Pemanas dan Sebuah Boneka

Kisah Botol Pemanas dan Sebuah Boneka Dr. Helen Roseveare, seorang misionaris di Zaire, menuliskan satu pengalamannya saat melayani di Afrika. 

“Suatu sore, saya menolong seorang ibu melahirkan di bangsal bersalin. Meskipun kami telah berusaha keras, ibu itu meninggal. 

Kami harus merawat bayi prematurnya dan gadis kecilnya yang baru berumur 2 tahun. Sangat sulit untuk menjaga agar bayi prematur itu dapat bertahan hidup karena bangsal ini belum memiliki listrik ataupun inkubator. Padahal suhu di malam hari sangatlah dingin, meskipun negara ini terletak di wilayah equator. 

Seorang assisten mengambilkan botol pemanas kami yang terakhir untuk menjaga agar tubuh bayi itu tetap hangat. 

Namun, kami kembali putus asa karena botol pemanas yang terakhir itu pecah. Saya segera menyuruh salah satu assisten untuk membungkus bayi itu dengan selimut tebal dan membawanya ke dekat perapian, supaya bayi itu tetap hangat dan tidak kedinginan. 

Keesokan harinya, saya mengikuti persekutuan doa dengan anak-anak yatim piatu. Saya menceritakan kepada mereka tentang bayi prematur itu, kakaknya yang masih berusia 2 tahun dan botol pemanas yang pecah. 

Saat berdoa, Ruth, seorang anak Afrika yang baru berumur 10 tahun, berkata, “Tuhan, kirimkan kepada kami sebuah botol pemanas sore ini. Bila Engkau mengirimkannya besok pagi, maka akan terlambat karena bayi itu tentu sudah meninggal. Dan jika Engkau mau melakukannya, maukah Tuhan juga mengirimkan sebuah boneka untuk kakaknya supaya dia tahu bahwa Engkau mengasihi dia juga. Amin.” 

Terus terang, saya tidak dapat percaya bahwa Tuhan akan melakukan hal itu. Betul, saya tahu bahwa Tuhan dapat mengerjakan segala sesuatu, seperti yang tertulis dalam Alkitab. Tapi tetap membutuhkan waktu. Saya belum pernah mendapat kiriman paket dari rumah selama 4 tahun terakhir ini. 

Dan jika seseorang mengirimkan paket, apakah mungkin bila dia mengirimkan botol pemanas ke Afrika, sebuah negara tropis? Saat senja, saya mendengar suara mobil datang. Dan ketika tiba di rumah, saya melihat ada sebuah paket besar telah diletakkan di beranda! Mata saya berkaca-kaca saat melihatnya dan saya segera memanggil semua anak sehingga kami dapat membuka paket itu bersama. 

Selain baju dan obat-obatan, saya tidak dapat mempercayai penglihatan saya! Sebuah botol pemanas dari karet yang baru! Saya menangis. 

Saya tidak berani untuk meminta itu secara langsung pada Tuhan, tetapi Ruth yang melakukannya. 

Ruth berkata, “Bila Tuhan mengirimkan botol pemanas berarti Dia juga mengirimkan sebuah boneka!” Dia membongkar semua isi paket dan akhirnya dia menemukan sebuah boneka cantik. Mata Ruth bersinar dan dia berkata, “Dapatkah kita menemui gadis kecil itu dan memberikan boneka ini sehingga dia tahu bahwa Tuhan mengasihinya?” 

Paket itu dikirim oleh sekelompok anak sekolah minggu 5 bulan yang lalu. Guru Sekolah Minggu mereka sangat taat pada Tuhan bahkan ketika Tuhan memintanya untuk mengirim sebuah botol pemanas dari karet ke negara di wilayah ekuator. Salah satu muridnya juga memberikan sebuah boneka, 5 bulan sebelum Ruth berdoa, “Tuhan, kami membutuhkannya sore ini juga.”


Copyright wasawa.blogspot.com
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT PEPAYA SEBAGAI PENGOBATAN HERBAL

MANFAAT PEPAYA SEBAGAI PENGOBATAN HERBAL

Pohon pepaya sudah terkenal sejak dahulu sebagai tanaman berkhasiat atau herbal yang dapat meyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman berkhasiat ini selain pergunakan untuk obat tradisional, juga di pergunakan untuk berbagai macam keperluan seperti memasak daging dan menambah nafsu makan. Setiap bagian pohon pepaya dapat dimanfaatkan, mulai akar, batang, daun, buah, bahkan biji buahnya.

Artikel ini hanya akan membahas manfaat daun pepaya, karena satu bagian ini pun sudah memiliki banyak manfaat.

1.Pelembut daging. 
Para ibu rumah tangga mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat daun pepaya untuk melunakkan daging. Kandungan getah (lateks) dalam daun yang akan meresap ke dalam daging dan melunakkannya. Caranya, masukkan daun pepaya dalam rebusan daging, atau bungkus daging dalam daun pepaya ketika direbus.

2.Obat jerawat. 
Tahukah Anda, daun pepaya juga dapat mengatasi jerawat yang membandel? Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

3. Menambah nafsu makan. 
Tak sulit membuat ramuan penambah nafsu makan ini, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

4. Antikanker. 
Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

5. Memperlancar pencernaan. 
Senyawa karpain yang dikandung daun pepaya ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan, sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.


6. Pengontrol tekanan darah. 
Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Rebus terus hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.

7. Obat demam berdarah.
Campur 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.

8. Obat nyeri haid.
Ambil 1 lembar daun pepaya, asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga masak. Dinginkan sebelum diminum
READ MORE - Selengkapnya

Ramuan Tradisional Untuk Pengobatan Penyakit Wasir

Ramuan Herbal Untuk Pengobatan Penyakit Wasir
Wasir atau bisa disebut ambeien merupakan kelainan akibat membesarnya pembuluh darah balik (vena) pada bagian bawah usus besar (rektum) di daerah dubur. Secara anatomis, wasir sebenarnya bukan penyakit, tapi perubahan pada bantalan pembuluh darah di dubur. Bantalan itu melebar dan membesar.

Wati, Customer Service Jamu Putri Gunung Jati Surabaya mengatakan, secara umum penyebab wasir antara lain karena tubuh kurang serat, terlalu banyak duduk, kurangnya cairan dalam tubuh, dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Sedangkan ambeien ada dua macam yaitu ambeien luar dan ambeien dalam. Artinya, ambeien dalam benjolannya berada didalam sedangkan ambeien luar benjolannya diluar anus.

Pengobatan wasir dilakukan berdasarkan tingkat keparahannya. Bila wasir masih dalam derajat ringan, obat tradisional, terutama herba berkhasiat bisa Anda coba. Menurut buku Terapi Herba, Buah, dan Sayuran 10 Penyakit Utama, ada beberapa resep herba untuk mengatasi wasir.

1. Sosor bebek
Efek : Antiradang, mengurangi pembengkakan, menghentikan pendarahan.
Ramuan : Ambil 50 helai daun sosor bebek, cuci bersih, lalu diangin-anginkan sampai kering. Kemudian tumbuk halus dan simpan dalam wadah tertutup rapat. Satu sendok makan bubuk daun sosor bebek itu seduh dalam satu cangkir air panas (boleh ditambah madu). Aduk-aduk. Minum setelah hangat. Ramuan ini bisa diminum 3 kali sehari.

2. Daun Saga

Ambil daun saga 1 genggam, herba pegagan 1 genggam, daun patikan China (serbuk) 1 sendok teh, akar kelembak (serbuk) ½ sendok teh, rimpang temulawak 7 keping, dan air 1 gelas.
Semua bahan direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih lalu disaring kemudian tambahkan madu1 sendok makan, setelah hangat diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

3. Urang-aring
Ambil herba urang-aring 7 buah, akar patikan China 7 buah, daun iler 7 helai, kayu ules 1 buah, dan air 1 gelas. Semua bahan direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih lalu saring dan ditambah madu 1 sendok makan lalu diminum 2 kali sehari.
4. Tapak liman (Elephantopus scaber)
Rebus 0,5 kg daun tapak liman dalam 1,5 l air mendidih. Sebaiknya rebus dalam dalam panci dengan tutup berlubang di bagian tengah. Setelah cukup panas, segera angkat panci dan uap air yang keluar dari lubang tutup panci diarahkan tepat ke lubang dubur penderita wasir. Lakukan 2 kali sehari.

5. Buah tomat
Rebus beberapa buah tomat yang sudah masak dalam minyak kelapa selama kira-kira 10 menit, lalu disaring dengan sepotong kain bersih. Setelah dingin oleskan pada wasirnya.

6. Lidah buaya (Aloe vera)
Efek : Pencahar (laxative), antiradang, melembutkan kulit (emoliens)
Ramuan : Lidah buaya secukupnya dijus, tambahkan norit dan bubuk gambir secukupnya. Aduk hingga merata kemudian oleskan di bagian wasir.
Resep kedua, daging lidah buaya diparut atau dijus. Tambahkan segelas air matang dan 2 sendok makan madu murni. Aduk lalu disaring. Air sarinya diminum.
,
7. Akar kangkung
Yang paling baik adalah akar kangkung cabut. Sebagai obat luar untuk wasir, akar kangkung dicuci bersih lalu direbus. Air rebusannya digunakan untuk membasuh atau membersihkan anus.
Ramuan : Ambil satu genggam akar kangkung, tambahkan adas 1 sendok teh, pulasari 1/3 jari. Kemudian rebus dengan 2-3 gelas air dengan api kecil, teruskan sampai airnya tinggal 1-1 1/2 gelas, dinginkan, saring dan minum dua kali sehari.
Resep kedua, segenggam kecil akar kangkung dicuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga separuhnya. Setelah dingin, minum sehari 2 gelas setengah gelas.

8. Terung ungu
Ambil 15 gr akar terung ungu, lalu keringkan dan giling hingga menjadi bubuk. Kemudian 3 g bubuk akar terung ungu itu dicampurkan dengan bubuk sambiloto, jus lidah buaya secukupnya dan diaduk rata. Oleskan pada bagian wasir.

9. Pisang batu/klutuk
Ambil 3-5 pisang batu muda, cuci bersih kemudian parut dan diperas. Air perasannya ditambah sedikit pulosari dan gula aren atau gula merah. Diaduk merata, disaring, dan diminum 1-2 kali sehari.

10. Pegagan
Efek: Anti-infeksi, menyejukkan. Di tanah air disebut juga dengan Antanan atau Kalikuda. Daun ini dikenal sebagai obat penguat lambung.

Ramuan : Ambil segenggam daun pegagan yang segar, lalu rebus dengan tiga gelas air dalam api kecil. Setelah airnya tinggal setengah gelas, dinginkan lalu disaring. Minum dua kali sehari.

11. Daun Handeuleum
Daun ini di Jawa disebut dengan Daun Ungu, di Madura disebut dengan Karotong sedangkan di Bali dikenal sebagai Temen. Dalam bahasa Latin disebut dengan Latya graptophyllum pictum L.Griffith. Daun yang berwarna lembayung atau ungu ini, bisa dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus bahkan bisa dibuat sayur.
Ramuan : Ambil 7-8 lembar daun ini, adas 1 sedok dan pulosari setengah jari. Kemudian rebus dengan 2 gelas air (500 ml), dengan api kecil, sehingga airnya tersisa 1 gelas lagi. Untuk penderita wasir derajat 3-4, minum sehari tiga kali. Sedangkan untuk wasir yang masih ringan, air rebusan tadi bisa diminum dalam 2-3 kali. Jika ingin lebih enak, maka bisa ditambahkan seiris temu lawak dalam rebusan tadi.

12. Tape.
Biasakan makan tape, baik tape ketela pohon maupun tape ketan setiap hari. Dalam waktu tiga hari (bila sudah keluar darah dari dubur), darah akan berhenti/mampet, dan kemungkinan dalam waktu satu minggu akan sembuh.

13. Daun Salak.
Kalau ambeien/wasir belum parah atau masih gejala, dapat juga dicoba resep tiga helai daun salak direbus dengan air sebanyak satu gelas. Lalu air rebusan tadi disaring dan diminum dengan gula merah. Minum dua kali sehari, pagi dan malam. Lakukan secara rutin.
Sumber
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails