Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Mengenal Manfaat Kayu Manis

Kayu manis, merupakan rempah manis yang juga bermanfaat untuk masalah kesehatan.Kayu Manis atau Cinnamon

Aromanya yang harum dan rasanya yang khas membuat kayu manisbiasa digunakan sebagai pelengkap pada kue atau pada minuman. Selain harum dan manis, kayu manis juga memiliki bermanfaat untuk mengatasi keluhan-keluhan kesehatan yang dirasakan oleh tubuh. Mari berkenalan dengan rempah-rempah manis ini.Bagikan di:

Mengenal Kayu Manis

Cinnamon merupakan nama lain dari kayu manis yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti kayu yang manis. Tanaman ini banyak tumbuh di Pulau Jawa. Termasuk dalam famili Laureceae, pohon kayu manis (atau nama ilmiahnya Cinnamomum zeylanicum), pohon kayu memiliki tinggi maksimum 9 meter dengan kulit kayu berwarna abu-abu licin. Daunnya berbentuk mata tombak dengan panjang sekitar 20 cm dan lebar 5 cm. Daun berwarna hijau pada bagian atas dan warna putih pada bagian bawah. Berbunga kecil dengan warna putih atau kekuning-kuningan yang membentuk gugusan.

Bagian dari pohon kayu manis yang dimanfaatkan adalah kayu bagian dalam yang berwarna lebih gelap karena pada bagian dalam tercium bau yang harum sedangkan kulit bagian luar tidak berbau harum. Bagian dalam kulit kayu ini akan dikeringkan di bawah sinar matahari. Hasilnya, kulit kayu akan membentuk gulungan yang kemudian dipotong sepanjang 5-8 cm menjadi batang-batang kecil atau ditumbuk menjadi bentuk bubuk. Bentuk seperti inilah yang biasa kita temukan dan dimanfaatkan sebagai pengharum dan penambah rasa pada makanan, minuman atau dijadikan bahan aromaterapi dan parfum.


Cara Penyajian Kayu Manis

Beberapa cara penyajian kayu manis sebagai penikmat pada makanan dan minuman antara lain:

Gunakan batang kayu manis ukuran kecil sebagai pengaduk pada minuman panas seperti cokelat, susu panas atau pada minuman sereal
Diseduh bersamaan dengan teh.
Campurkan bubuk kayu manis pada kue atau tambahkan potongan-potongan kecil kayu manis sebagai penghias kue Anda.
Dipakai sebagai bumbu pada masakan seperti saat memmbuat nasi, pasta, daging atau sayur.


Manfaat Kayu Manis

Selain sebagai pengharum dan penguat rasa pada makanan dan minuman, kayu manis atau cinnamonmemiliki beberapa khasiat untuk meredakan masalah kesehatan karena kayu manis mengandung mangan, zat besi dan kalsium. Manfaatnya untuk keluhan kesehatan, antara lain untuk menurunkan gula darah, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya ingat, meredakan nyeri otot dan sendi, mengatasi masalah gusi dan gigi, sariawan, meredakan sakit kepala, migren, mengatasi radang tenggorokan, meringankan masalah perut dan kram saat haid serta menghilangkan masalah bau mulut.

Anda dapat meminum rebusan parutan kayu manis untuk mencoba mengatasi masalah kesehatan yang Anda alami apabila Anda tidak mencampur dengan makanan atau minuman. Untuk masalah radang tenggorokan, sariawan atau bau mulut, cukup dengan berkumur dengan rebusan air dengan perbandingan ½ sendok teh kayu manis dengan 1 gelas air.

Untuk penyimpanan lebih lama, kayu manis dalam bentuk bubuk lebih tepat karena dapat disimpan selama 6 bulan, sedangkan kayu manis batangan tidak selama kayu manis dalam bentuk bubuk. Simpan kayu manis dalam tempat yang sejuk, kering dan gelap.
READ MORE - Selengkapnya

Waspada Demam Paska-Persalinan


Sehabis melahirkan, suhu tubuh Anda biasanya akan lebih tinggi 0,5 derajat dibandingkan dengan suhu normal (36-37°C) sampai 12 jam pertama. Hal itu normal.

Setelah 24 jam, suhu tubuh akan kembali normal. Tapi bagaimana kalau suhu tubuh tidak juga turun, bahkan cenderung naik?

Menurut dr. Irham Suhaemi, Sp.OG, ada kemungkinan itu infeksi nifas. “Yang bisa kita bilang infeksi nifas atau puerperalis infection kalau terjadi peningkatan suhu tubuh ibu melebihi 38°C sampai 10 hari setelah melahirkan,” kata dr. Irham.

Artinya, suhu tubuh Anda naik karena ada kuman penyebab infeksi masuk ke ke salah satu organ tubuh.
Infeksi nifas disebabkan oleh bakteri dan jamur yang masuk ke organ-organ yang diserang dengan berbagai cara.

Begitu mudahnya bakteri dan jamur menyerang sehingga penyakit ini menjadi salah satu penyebab kematian ibu yang tertinggi pada masa lalu.

Beruntungnya, di masa ini kematian ibu karena infeksi nifas menurun drastis karena adanya pencegahan dan pengobatan dilakukan melalui pelayanan kesehatan yang mulai merata.

Tapi, bukan berarti Anda tidak waspada. Sebab, masih ada 2-4 persen ibu melahirkan yang mengalami infeksi nifas.

Nah, bagaimana mengetahui organ mana yang terserang kuman? Gejala umumnya adalah suhu tubuh tinggi, tapi beda organ yang terinfeksi, beda pula gejalanya.

Jangan anggap enteng gejala-gejala tersebut. Sebab, infeksi mudah menyebar dan jika dibiarkan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius.
READ MORE - Selengkapnya

KELAHIRAN ANAK KEMBAR (humor)

ada 4 bapak yang lagi nunggu anaknya dilahirkan. tidak lama kemudian suster kluar dan bicara kepada Bpk-bpk tersebut

suster: pak selamat ya anak bapa kembar
Bpk1 : iya kan saya kerjanya di PT kembar jaya

suster: pak selamat ya anak bapak kembar 3
Bpk2 : jelas orang saya kerjanya di 3 roda

suster: pak selamt ya anak bapak kembar 7
Bpk 3 : ya pasti donk sus saya kan kerjanya di 7-Up

[tiba-tiba bapak yg ke 4 pingsan]

[saat terbangun]
suster: pak kenapa bapak pingsan ya?
Bpk 4: saya tdak sanggup mendengar anak saya da brp karna saya kerja di Auto2000

READ MORE - Selengkapnya

Aturan Penting Saat Minum Jus

Jus buah merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Tetapi, jangan salah mengolahnya agar tubuh mendapatkan manfaat yang maksimal. Ternyata, minum jus ada aturannya agar jus bernilai maksimal bagi kesehatan tubuh.Bagikan di:

Minum jus membantu kita memperoleh manfaat dari buah dengan cara yang praktis. Kita dapat memperoleh khasiat dari berbagai buah tanpa harus memakannya satu per satu. Tubuh juga lebih mudah menyerap nutrisi yang ada pada jus. Sehingga, jus menjadi minuman yang sehat dan praktis.

Aturan Penting saat Minum Jus

Pengolahan jus yang tidak benar, waktu yang tidak tepat atau cara pandang yang salah terhadap jus membuat nilai jus berkurang bagi tubuh. Agar minuman segar ini tidak sia-sia, beberapa aturan dalam minum jus antara lain:

Jus asam bukan untuk pagi hariSenang membuka hari Anda dengan minum jus di pagi hari? Memang, pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk minum jus, karena jus buah mengandung banyak air dan serat yang akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Agar tidak sakit perut, hindari buah-buahan asam untuk jus di pagi hari. Pisang, pepaya,apel atau wortel bisa menjadi pilihan buah yang tepat untuk jus di pagi hari.

Jus bukan pengganti makananSaat sedang diet atau untuk kesehatan, boleh saja mengganti makan malam Anda dengan segelas jus. Tetapi, bukan berarti sarapan dan makan siang juga hanya dengan minum jus dengan maksud menurunkan berat badan. Kebutuhan nutrisi tetap harus dipenuhi dari makanan lain. Buah-buahan tidak akan dapat memenuhi kebutuhan 1.800 kkal, jumlah minimum kalori yang harus dipenuhi dalam sehari. Akibatnya, kekebalan tubuh akan melemah.

Walau berat badan mungkin dapat turun dengan drastis tetapi akan cepat naik saat makan dengan pola yang semula. Karena minum jus tidak mengurangi lemak, hanya mengurangi air dalam tubuh.

Jus bukan pengganti buah

Terus-menerus mengkonsumsi jus, tanpa mengkonsumsi buah secara langsung tidak baik. Ini dapat meningkatkan berat badan. Perlunya tetap mengkonsumsi buah segar bermanfaat bagi lambung, karena pada saat proses mengunyah, lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal. Jadi, tetaplah konsumsi buah segar, tidak seluruhnya dapat diganti dengan jus.

Jus diminum beserta ampasnyaJika Anda membuat jus dengan menggunakan juicer, ampasnya akan terpisah. Walau mungkin terasa tidak enak, jangan buang ampas buah yang telah terpisah. Jika menggunakan blender, jangan saring untuk mendapatkan airnya saja, biarkan ampas tetap tercampur dan diminum. Pada ampas buah terdapat serat dan vitamin, yang paling umum adalah vitamin C. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Jus jangan disimpan dalam waktu lamaJus yang telah dibuat sebaiknya segera diminum. Membuat jus yang baru kemudian diminum pada siang atau sore hari menurunkan manfaat dari jus. Vitamin yang ada dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita. Jika tidak bisa mengkonsumsi jus secara langsung, dapat dilakukan dengan cara membuat jus sedingin mungkin, kemudian disimpan dalam termos alumunium yang tertutup rapat. Kondisi dingin dan perlindungan dari cahaya membantu mempertahankan vitamin yang ada pada jus selama 4 jam.

Jus tidak selalu rendah kaloriTidak berarti semua buah rendah kalori dan akan membantu diet Anda. Buah seperti alpukat, nangka dan durian adalah buah-buahan dengan kalori tinggi, yaitu sekitar 200 kkal. Jika ingin jus dengan kalori rendah, dapat memilih buah jeruk, apel, melon, semangka atau pir yang kandungan kalorinya sekitar 80 kkal. Jika berat badan berlebih, sebaiknya pilih jus buah dengan kalori rendah.

Jus tidak selalu harus buahSayur-sayuran dapat dibuat menjadi jus. Rasa pahit pada sayur dapat diatasi dengan mengkombinasikan sayuran dengan buah, sehingga rasanya lebih segar.

Tidak hanya sayur, jus dapat merupakan kombinasi dari buah dan rempah-rempah. Misalnya, dengan menambahkan jahe yang dapat menghangatkan tubuh juga menambah daya tahan tubuh. Dapat juga tambahkan sedikit kayu manispada jus Anda.

Jus menggunakan buah-buahan segarAgar mendapatkan khasiat yang maksimal, gunakan buah atau sayuran segar yang masih dalam kondisi segar. Jangan karena melihat buah atau sayur mulai layu, lalu karena sayang akhirnya dibuat jus. Ini akan membuat kualitas jus berkurang.

Jus dengan berbagai variasiJangan hanya membuat jus dari buah yang itu-itu saja. Misalnya, karena menyukai buah jeruk, setiap hari jus yang diminum hanya jus jeruk. Ganti dengan buah lain yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda agar tubuh memperoleh manfaat. Mengkombinasikan berbagai buah dalam satu gelas jus merupakan cara praktis agar tubuh memperoleh beberapa manfaat dalam satu kali teguk. Campuran jeruk dan apel, pisang dan apel, wortel dan tomat atau apel dan anggur merupakan kombinasi yang dapat dicoba karena memberi beberapa manfaat sekaligus.

Jus dengan tambahan gula, madu atau susuUntuk menambah kenikmatan jus, biasanya ditambahkan gula, madu atau susu. Ada beberapa aturan jika ingin menambahkan jus Anda dengan salah satu pasangannya ini. Perhatikan banyaknya gula atau madu yang akan digunakan atau pilihan susu.

Jika ingin menambahkan dengan gula, coba ingat-ingat dahulu sudah berapa banyak gula yang Anda konsumsi hari ini. Idealnya, tubuh hanya boleh menerima 50 gr gula per hari. Satu sendok teh gula, beratnya sekitar 4 gram. Jika dari pagi Anda sudah menikmati ice cream, kue, cake atau teh manis, sesuaikan gula yang akan ditambahkan dalam jus agar tidak kelebihan konsumsi gula.

Madu merupakan pemanis alami yang mengandung karbohidrat, protein, asam amino, vitamin dan mineral. Tetapi, kandungan kalori dari madu lebih besar daripada gula. Satu sendok madu memiliki kalori 64 kkal. Maka, jika ingin menambahkan madu, sebaiknya hanya dalam porsi kecil, terlebih rasa madu yang lebih manis dari gula.

Menambahkan jus dengan susu membuat jus mendapat tambahan protein, kalsium dan lemak dari susu. Yang harus diperhatikan adalah jenis susu yang akan ditambahkan. Jika tidak ada masalah dengan berat badan, dapat menggunakan susu full cream. Kebalikannya, adalah menggunakan susu low fat jika ingin menjaga berat badan dan agar lemak tidak berlebih.


Pilih Jus yang Tepat

Mengkonsumsi jus dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah kesehatan yang Anda hadapi. Pilih buah sesuai kebutuhan tubuh atau untuk membantu mengurangi masalah kesehatan Anda. Misalnya, untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau mengencerkan dahak dapat membuat jus belimbing. Jus tomat untuk membantu mengontrol gula dalam tubuh. Sedangkan campuran mentimun dan wortel untuk mengatasi keluhan rematik.

Dengan mengikuti aturan yang benar saat minum jus, minuman sehat ini akan semakin terasa manfaatnya bagi tubuh.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS JIKA BAYI DIGIGIT SERANGGA


Gerakan tubuh aakan memperparah penyebaran racun akibat gigitan serangga.

Jadi, jika bayi Anda digigit semut merah, laba-laba, lebah, atau nyamuk, usahakan agar ia tidak banyak bergerak supaya racun tidak semakin menyebar.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan alat penyengat dari tubuh bayi.

Gunakan jari atau benda tipis tetapi tidak tajam, misalnya kartu kredit, untuk mengeluarkan penyengatnya.

Jangan mencubit tempat gigitan serangga sebab akan memperparah penyebaran bisa. Setelah penyengat terlepas, kompres bagian yang bengkak karena gigitan dengan waslap yang sudah dibasahi dengan air dingin atau es.

Biasanya, enam jam setelah dikompres bengkak akan hilang.

READ MORE - Selengkapnya

Bahaya Terlalu Sering Caesar

Bahaya Terlalu Sering Caesar


Ibu yang melahirkan dengan cara Caesar lebih dari empat kali, memiliki risiko komplikasi dan melahirkan secara prematur di kehamilan berikutnya.

Hal tersebut diungkapkan berdasarkan hasil penelitian Universitas Oxford, beberapa waktu lalu.

Fenomena kelahiran caesar lebih dari sekali atau bisa disebut multiple repeat caesareans saat ini sering dilakukan oleh banyak ibu di Eropa.

Dokter Mandish Dhanjal, ahli dan pengamat persalinan dari Inggris, mengatakan persalinan Caesar kini semakin diminati. Tetapi karena ada bahaya di balik persalinan ini, para dokter kandungan wajib memberitahu risikonya pada pasien.

“Multiple caesarean bisa menyebabkan banyak komplikasi, terutama plasenta previa dan plasenta accreta, yaitu kondisi plasenta yang menutupi jalan lahir,” tambah dr. Mandish. (anggita/visualphotos)
READ MORE - Selengkapnya

TIPS AMAN UNTUK MENINGGIKAN BADAN

Banyak cara untuk meninggikan badan, salah satunya yaitu dengan menghindari stres, memperbanyak olah raga, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa cara alami meninggian badan yang aman dan bisa anda praktekkan.

Perbanyak olahraga 
Terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat membantu Anda memiliki tubuh yang tinggi. Beberapa olahraga tersebut yaitu berenang, bersepeda, olahraga dengan perenggangan otot-otot dari sisi tubuh anda, serta olahraga dengan lakukan lompatan tali.

Perbanyak konsumsi makanan bergizi 
Tubuh Anda membutuhkan konsumsi makanan bergizi, seimbang dan teratur jika Anda menginginkan tubuh yang tinggi. Beberapa makanan tersebut harus mengandung mineral, vitamin, serta protein yang cukup. Dan zat bergizi tersebut dapat diperoleh dari berbagai sayuran, buah-buahan, serta juga susu. 

Tidur cukup 
Tidur yang cukup serta bekualitas bisa mengatur kekuatan tubuh anda untuk tumbuh dengan alami. Istirahatlah dengan teratur 7-8 jam tiap-tiap harinya, serta janganlah lupa untuk senantiasa bangun pagi. 



Jauhi stress 
Untuk mendapatkan tubuh yang tinggi, Anda juga harus berusaha dapat mereduksi stres. Anda bisa bermeditasi untuk mengeliminasi stres. Cara lainnya yakni dengan berrekreasi untuk melepas kepenatan hidup. Stres bisa menghalangi sistem perkembangan tubuh. 

Menegakkan posisi punggung 
Waktu anda duduk atau berdiri, berusahalah untuk senantiasa menegakkan punggung anda. Posisi duduk atau berdiri yang membungkuk dapat menghalangi perkembangan. Dengan demikian, hilangkanlah kebiasaan membungkuk, yang barangkali kerap anda kerjakan pada waktu bekerja atau belajar.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika Anda ingin memiliki tubuh yang tinggi, gagah, dan berwibawa :)
READ MORE - Selengkapnya

Masalah Payudara Pada Ibu Menyusui

Masalah Payudara

Anda pasti berniat untuk memberikan yang terbaik untuk bayi mungil Anda, termasuk mengikuti anjuran untuk memberikan ASI. Tetapi, masa awal menyusui dapat menjadi masa yang sangat sulit. Beberapa kendala pada payudara membuat menyusui menjadi kegiatan yang menyiksa bagi ibu dan dapat membuat ibu menyerah untuk menyusui bayinya. Jangan cepat berputus asa. Masalah-masalah yang umum terjadi saat menyusui dapat diatasi jika Anda mempunyai keinginan kuat untuk menyusui buah hati Anda.

Puting Datar atau Terbenam

Kendala Puting Datar atau Puting TerbenamBeberapa wanita memiliki payudara dengan masalah seperti ini. Bentuk seperti ini dapat menjadi masalah pada saat menyusui. Putting yang terbenam membuat bayi sulit untuk menyusu sehingga bayi dapat menolak saat disusui karena kesulitan mendapatkan ASI.

Rasa percaya diri bahwa sang ibu tetap dapat menyusui adalah modal utama untuk mengatasi masalah ini. Anda dapat mencoba menyusui bayi dengan cara menggendongnya pada posisi yang tepat sehingga bayi mudah menyusu. Isapan bayi dapat membantu mengeluarkan putting payudara yang terbenam.

Mengatasi Puting Datar atau Puting TerbenamBeberapa alat bantu yang dapat digunakan untuk mengeluarkan puting adalah dengan menggunakan pompa manual untuk menarik puting atau menggunakan alat suntik tanpa menggunakan jarum untuk menarik puting.

Puting Lecet

Kendala Puting LecetAdalah hal biasa yang dialami ibu saat awal menyusui. Rasa sakit karena gigitan bayi dan puting yang menjadi retak terasa sangat menyakitkan dan dapat membuat ibu tidak mau memberikan ASI.

Mengatasi Puting LecetYang harus diperhatikan pada masalah ini adalah cek terlebih dahulu apa penyebab lecet atau sakit pada payudara ibu. Apakah lecet karena adanya infeksi atau bukan. Penyebab umum payudara terasa sakit adalah karena puting yang kering dan membentuk retakan-retakan. Jika bukan karean infeksi, Anda tidak perlu memberikan salep atau obat-obat tertentu. Cukup oleskan ASI pada puting.

Untuk mencegah puting menjadi kering dan pecah, sebaiknya jangan menggunakan sabun saat membersihkannya dan jangan menggosok terlalu keras saat menggunakan handuk atau kain. Hal tersebut dapat menghilangkan minyak alami yang berguna untuk menjaga kelembapan payudara.

Selanjutnya, perhatikan bagaimana pelekatan mulut bayi pada payudara ibu saat bayi menyusu. Usahakan agar yang diisap oleh bayi bukan hanya puting, tetapi mulut mungil bayi juga harus meliputi areola (bagian kecoklatan di sekitar puting). Dengan teknik pelekatan yang tepat, putting ibu tidak akan terluka akibat isapan bayi sekaligus merangsang produksi ASI.

Payudara Bengkak

Kendala Payudara BengkakAkibat banyaknya produksi ASI, payudara sering menjadi bengkak dan terasa sakit. Bila tidak segera diatasi dapat menyebabkan peradangan pada payudara atau yang juga disebut mastitis dan dapat menyebabkan berkurangnya ASI yang dihasilkan.

Salah satu penyebab payudara menjadi bengkak adalah karena pelekatan bayi yang tidak sempurna saat menyusui, terlambat waktu untuk menyusui atau pengosongan payudara yang tidak optimal.

Mengatasi Payudara BengkakUntuk mengatasi masalah ini, ibu hendaknya menyusui bayi tanpa dijadwalkan, artinya biarkan bayi menyusu sesukanya. Jika bayi sudah tidak mampu untuk menyusu, ibu dapat memerah ASI dengan menggunakan tangan atau pompa ASI untuk mengosongkan payudara dan menyimpan ASI hasil perahan.

Dengan tekad yang kuat dan pikiran positif, ibu dapat dengan sukses memberikan ASI pada buah hatinya. Rasa sakit biasanya hanya bersifat sementara, karena biasanya setelah beberapa minggu, payudara akan kembali normal dan tidak terasa sakit. Anda pun akan merasakan bahagianya dapat menyusui bayimungil Anda. Ya, berbagai masalah pada payudara selama masa menyusui dapat diatasi dan dengan terus berpikiran positif dapat membantu ibu mengatasi masalah ini.
READ MORE - Selengkapnya

Pemeriksaan Fungsi Hati


Sakit hati berikut bukanlah karena putus cinta atau kesal dengan seseorang, tetapi merupakan masalah yang dialami organ hati yang ada pada tubuh manusia. Hati yang memiliki berbagai fungsi dapat mengalami masalah yang mengganggu kehidupan. Agar terhindar dari berbagai masalah pada organ ini, pemeriksaan secara dini terhadapfungsi hati perlu dilakukan.

Fungsi Hati

Hati pada manusia memiliki fungsi yang banyak, lebih dari 500 fungsi hati. Beberapa fungsi hati yang penting antara lain menetralisir racun dalam tubuh sebagai organ yang mengontrol lemak, asam amino dan kadar gula dalam darah, memerangi infeksi, memproses makanan yang sudah selesai dicerna oleh usus halus, mengatur kerja empedu, menghasilkan enzim dan protein yang berguna untuk berbagai proses dalam tubuh seperti dalam proses pembekuan darah dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak.

Fungsi hati biasanya tetap akan berfungsi dengan baik tanpa dipengaruhi faktor umur. Namun, beberapa "musuh" yang dapat merusak hati antara lain karena konsumsi alkohol yang berlebihan, perlemakan hati dan virus hepatitis yang menyerang hati. Pemeriksaan dini terhadap fungsi hati dapat menyelamatkan hati agar dapat tetap menjalankan fungsinya.

Pemeriksaan Fungsi Hati

Pemeriksaan terhadap fungsi hati secara umum meliputi Alanine aminotransferase (ALT), Aspartarte aminotransferase (AST), Alkaline phosphatase (ALP), Gamma glutamyl transferase (GGT atau Gamma GT), Bilirubin, Albumin, pemeriksaan massa prothrombin (PT) dan International Normalised Ratio (INR).

Masing-masing pemeriksaan tersebut menjadi petunjuk untuk mengetahui apakah ada masalah pada fungsi hati atau tidak. Hasil yang ingin diketahui dari pemeriksaan yang telah disebutkan sebelumnya adalah:


Alanine aminotransferase (ALT) dan Aspartarte aminotransferase (AST)Pemeriksaan Alanine aminotransferase (ALT) dan Aspartarte aminotransferase (AST) bertujuan untuk mengetahui inflamasi yang terjadi dalam tubuh. Angka yang tinggi biasanya menjadi indikasi adanya gangguan hati. Pada penderita hepatitis, nilai ALT 20-50 kali lebih tinggi dibanding pada orang yang normal. Nilai AST yang tinggi menunjukkan adanya gangguan otot pada salah satu bagian tubuh.

Alkaline phosphatase (ALP)Pemeriksaan Alkaline phosphatase (ALP), bertujuan untuk mengetahui apakah ada sumbatan pada saluran empedu.

Gamma glutamyl transferase (GGT atau Gamma GT)Pemeriksaan Gamma glutamyl transferase (GGT atau Gamma GT), bertujuan sebagai indikator untuk para pengguna alkohol. Pemeriksaan GGT ini biasa dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan ALP untuk meyakinkan bahwa kenaikan angka pada ALP disebabkan karena adanya masalah pada hati, bukan karena faktor lain.

BilirubinPemeriksaan Bilirubin, bertujuan untuk mengetahui kadar "penyakit kuning" karena gangguan pada hati. Angka yang tinggi menggambarkan bahwa pasien mengalami gangguan tersebut yang biasa ditandai dengan mata dan kulit yang menjadi kuning.

AlbuminPemeriksaan Albumin, bertujuan untuk mengetahui penurunan kadar albumin yang biasa terjadi pada penyakit hati kronik. Tetapi, penurunan albumin juga bisa disebabkan karena kekurangan protein.

Massa Prothrombin (PT) dan International Normalised Ratio (INR)Pemeriksaan Massa Prothrombin (PT) dan International Normalised Ratio (INR), bertujuan sebagai indikasi apakah penyakit hati semakin buruk atau tidak. Peningkatan angka menunjukkan penyakit kronik menjadi semakin buruk.

Jika ada kecurigaan penderita mengalami kanker hati, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Misalnya, pemeriksaan kadar protein dalam darah yang disebut Alpha fetoprotein (AFP). Kenaikan nilai AFP menunjukkan tingkat parahnya kanker hati yang diderita, sedangkan penurunan nilai AFP menujukkan menjinaknya kanker karena pengobatan yang berhasil. Pemeriksaan ini sangat penting pada penderita kanker untuk memantau efektivitas pengobatan yang sedang dilakukan. Pada penderita kanker bilier, pemeriksaan yang biasa dilakukan adalah CA 19-9 dan CEA.

Pemeriksaan hati yang rutin sangat baik untuk memastikan agar organ ini dapat terus bekerja secara maksimal. Hindari sakit hati dengan melakukan pemeriksaan fungsi hati sebelum terlambat.

READ MORE - Selengkapnya

Tips Untuk Mencegah Kram Pada Kaki


Cara Untuk Mencegah Kram Pada Kaki - Kram atau yang biasa disebut kejang otot bisa terjadi kapan dan di mana saja, termasuk jari-jari kaki. Untuk mencegahnya terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar peredaran darah di jemari kaki menjadi lebih lancar dan tidak mudah alami kram. 

Kram biasanya terjadi karena ukuran sepatu yang terlalu ketat atau kebiasaan sering berolahraga di atas permukaan yang keras tanpa alas kaki. Ketidakseimbangan cairan dan mineral tubuh juga bisa memicu terjadinya kram otot pada jemari kaki. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kram pada jari kaki: 

1. Pilih sepatu yang longgar 
Sepatu yang terlalu ketat di bagian ujung membuat jari kaki sering mengalami tekanan saat melangkah, apalagi saat berjinjit. Akibatnya aliran darah di tempat itu kurang lancar sehingga jari mudah kram. 

2. Jauhi Hak Tinggi 
Kalaupun terpaksa harus mengenakan hak tinggi, sesekali lepaskan agar jari kaki punya kesempatan untuk istirahat. Sekalipun ukurannya longgar, bentuk sepatu hak tinggi menyebabkan jari selalu menekuk sehingga aliran darah tidak lancar. 

3. Cukupi Kebutuhan Mineral Tubuh 
Salah satu pemicu kram pada jari kaki adalah kekurangan mineral terutama kalsium, kalium dan magnesium. Asupan minimal yang disarankan adalah 1.000 mg kalsium dan 4,7 gram kalium setiap hari. Khusus magnesium, anjuran per harinya adalah 400-420 mg untuk pria dan 310-320 mg untuk wanita. 

4. Jaga Keseimbangan Cairan Tubuh 
Kekurangan cairan tubuh juga merupakan faktor risiko terjadinya kram otot, termasuk di jari kaki. Perbanyak minum air putih terutama saat melakukan olahraga berat dan banyak mengeluarkan keringat. 

5. Pijat atau Rendam di Air Hangat 
Banyak cara untuk melancarkan peredaran darah di kaki, namun yang paling mudah dan nyaman untuk dilakukan adalah sering-sering memijatnya. Cara lain yang cukup menyenangkan adalah sering-sering merendam dalam air hangat. 

6. Olahraga Jari Kaki 
Tidak butuh peralatan khusus untuk melatih kelenturan dan kekuatan jari kaki. Cukup dengan menggerak-gerakkannya untuk mengambil handuk atau kelereng di lantai sambil berdiri misalnya, atau gerakkan saja sesuka hati sambil duduk santai menonton.
READ MORE - Selengkapnya

Beginilah Kalau Anak Medan Kuliah di Jogya

Poltak, anak Medan kuliah di Jogja.., lagi kesengsem sama Sulastri, gadis manis asal Solo… Suatu hari Poltak mengajak pacarnya, Sulastri, jalan-jalan keliling kota dengan sepeda motor RX-King-nya..
Di tengah jalan mereka berbincang2.., krn motornya melaju sangat cepat.., maka si Sulastri mulai protes..:

Sulastri: “Mas, ojo kesusu..”. ( jangan terlalu cepat)

Poltak diam aja.., karena dikiranya dia duduk terlalu dekat dengan Sulasti.., dengan sopan duduknya bergeser maju sedikit ke depan agar tdk terlalu dekat dgn dada Sulastri. Motor tetap saja terus melaju kencang…

Sulastri: “Maasssss… ojo kesusu tho ?!!..”. (dengan logat Jawa kental).

Poltak masih diam, tapi duduknya makin maju sampai ke tangki motor…

Sulastri: “Mas iki piye tho, mbok jangan kesusuuu….”.

Poltak hilang kesabarannya, badannya makin maju sampai mepet stang motor, dan keluarlah logat Bataknya..:

Poltak: “BAHHH !!…, PANJANG KALLEE SUSU KAUUU TU, LASTRIII …??!!!
READ MORE - Selengkapnya

ANAK-ANAK DAN ANJING PELIHARAANNYA (gambarlucu)

READ MORE - Selengkapnya

HOMOR MALAM : DIRUANGAN PERSIDANGAN

Seorang Suami dan Istrinya tengah menghadiri sidang perceraiannya. Dalam sidang akan memutuskan siapa yang mendapat hak asuh anak.

Sambil berteriak histeris dan melompat – lompat si istri berkata :
“Yang Mulia, Saya yang mengandung, melahirkan bayi itu ke dunia dengan kesakitan dan kesabaran saya!! ”
“Anak itu harus menjadi hak asuh Saya!!”

Hakim lalu berkata kepada pihak suami:
“Apa pembelaan anda terhadap tuntutan istri Anda”

Si Suami diam sebentar, dengan nada datar ia berkata :
“Yang mulia… Jika saya memasukkan KOIN ke mesin minuman Coca-Cola, mesinnya BERGOYANG SEBENTAR, dan minumannya keluar, Menurut Pak Hakim … Minumannya milik saya atau mesinnya?”
READ MORE - Selengkapnya

Teh Celup Bisa Sebabkan Kemandulan

Teh adalah minuman yang di akui dunia bisa menyehatkan tubuh kita. Teh juga menjadi minuman yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat dunia yang sekali lagi sadar kesehatan. Selain itu, teh juga sebagai ajang pergaulan yang baik, seperti untuk menyuguh untuk tamu dan akan menyegarkan dan membuat nyaman. 
Minum teh memang sudah menjadi tradisi saat berpuasa. Ketika sahur tiba, teh hangat biasanya menjadi teman santai sambil menunggu waktu imsyak. Bahkan saat berbuka puasa, suguhan es teh manis rasanya tepat sebagai penghilang rasa haus seharian. Meski memiliki banyak manfaat kesehatan, nyatanya teh juga menjadi sumber penyakit, seperti kemandulan hingga bayi terlahir cacat. Terlebih bagi anda yang lebih suka memilih teh celup dengan keunggulannya yang serba praktis.
Tidak banyak masyarakat yang tahu bahwa teh mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia Sinensis dengan air panas. Teh dikemas dalam bentuk teh celup juga teh bubuk. Namun, ada yang perlu diperhatikan pada teh celup, yaitu dalam pemakaiannya. Teh celup sebaiknya tidak dicelupkan terlalu lama. Ini berlaku untuk semua teh, berwarna maupun teh hijau.
Apakah anda tahu bahwa teh celup sebenarnya mempunyai indikasi berbahaya ??
teh celup bisa menjadi sumber penyakit karena adanya kandungan zat klorin dalam kantung kertas pembungkus serbuk teh. Zat klorin sendiri merupakan zat kimia yang lazim digunakan dalam industri kertas. Fungsi klorin adalah sebagai disinfektan kertas, yaitu mencegah kertas dari kebusukan dan menjadikan kertas menjadi tahan lama.
Selain itu, klorin juga berfungsi sebagai pembersih kertas, sehingga kertas yang dicampuri klorin terlihat lebih bersih dan cerah. Jika di konsumsi dalam waktu yang lama, klorin tidak ubahnya seperti racun serangga.
Meski belum terbukti kebenarannya, beberapa peneliti juga mencurigai keterkaitan antara asupan klorin dalam tubuh manusia menyebabkan kemandulan pria, bayi lahir cacat, keterbelakangan mental, hingga kanker.
Namun kita semua tidak perlu risau, ada tips ringan yang bisa digunakan untuk menghindari terlarutnya zat klorin dalam teh yang kita minum.
  • Untuk bisa tetap menikmati kesegaran teh celup, usahakan jangan terlalu lama merendamnya dalam air. Jangan sampai merendam lebih dari 3 atau 5 menit.
  • Untuk alternatif lain, pembaca bisa mengganti konsumsi teh celup dengan teh tubruk.
 Sumber : merdeka.com

READ MORE - Selengkapnya

KOPI UNTUK KESEHATAN USUS

Menikmati kopi di pagi dan sore hari bukan hanya kegiatan yang menyenangkan, namun juga menyehatkan. Ya, mengonsumsi paling tidak empat cangkir kopi setiap harinya akan membuat Anda terhindar dari risiko terkena kanker usus. Demikian seperti yang disebutkan dalam sebuah penelitian di Inggris.

Untuk mengetahui manfaat kopi dalam menangkal serangan kanker usus, para ilmuwan dari Institute Kanker di Rockbille Maryland, meminta para responden untuk rutin mengonsumsi kopi. Peserta diminta untuk meminum kopi sebanyak 4 gelas per hari. Diketahui, mereka yang mengonsumsi kopi secara rutin ternyata memiliki 15 persen risiko lebih kecil terkena kanker usus. Sedangkan, mereka yang minum enam gelas atau lebih, maka risiko terserang kanker usus berkurang hingga 40 persen.



Peneliti menyatakan, meskipun teh mengandung kafein seperti kopi, pengurangan risiko kanker usus ini tidak terdapat pada para penggemar teh. Diketahui lebih dari 40 ribu orang per tahun di Inggris terkena kanker usus. Sekitar 16.000 orang per tahun meninggal karena menderita penyakit ini. Kebanyakan penderita mengabaikan gejala dini dan hanya mencari pengobatan sekali begitu penyakit mereka bertambah parah. Makan makanan banyak lemak dan daging merah disertai kurang olahraga diduga menjadi beberapa faktor penyebab penyakit ini.

Beberapa penelitian sebelumnya memang pernah menyebutkan kalau kopi bisa melindungi tubuh meskipun penelitian tersebut tidak diyakini kebenarannya.

Dalam penelitian sebelumnya, peneliti mengambil sampel 490.000 orang yang ikut diet sehat. Hasilnya, seperti dikutip dalam American Journal of Clinical Nutrition, beberapa tumor sedikit mengecil pada orang yang minum 4 gelas kopi sehari. Tumor makin mengecil pada orang yang minum kopi 6 gelas sehari untuk beberapa jenis kanker.

Direktur Eksekutif Asosiasi Kopi Inggris Dr Euan Paul mengatakan "Penelitian ini jelas membangkitkan semangat kalau kopi juga bisa mengurangi risiko kanker usus karena 40.000 orang terkena kanker ini di Inggris, membuat kanker usus menjadi penyakit ketiga terbesar di sana."

Meski demikian, diperlukan sikap yang bijak dalam mengonsumsi kopi. Sebaiknya Anda tidak menambahkan banyak gula atau krim pada segelas kopi Anda. Selain itu hindari mengonsumsi koopi menjelang tidur, karena kafein yang terkandung di dalamnya akan mengacaukan waktu tidur Anda
READ MORE - Selengkapnya

KARPAL SINDROM : Pengguna komputer harus hati-hati

Bagi Anda yang selalu bekerja dengan menggunakan KOMPUTER Kesalahan dalam penggunaan MOUSE sehari-hari Akan berakibat pada KARPAL SINDROM! 
Coba dehperhatikan pada Pembedahan Pasien dengan KARPAL SINDROM  berikut ini :

Sindroma terowongan karpal, atau yang dalam nama aslinya disebut Carpal Tunnel Syndrome, dan kerap disingkat menjadi CTS.
Sindroma terowongan karpal lebih sering terjadi pada wanita, dengan perbandingan 3 : 1, terhadap pria.
Usia terjadinya penyakit ini terutama antara 30-60 tahun.
Pertambahan usia dapat memperbesar risiko terjadinya sindroma terowongan karpal.
Selain berhubungan dengan pekerjaan, kelainan ini dapat pula terjadi akibat berbagai kondisi medis, seperti rematik, hipotiroid, kehamilan, asam urat, diabetes, tumor, dan lain-lain.
Apa yang dimaksud dengan Sindroma Terowongan Karpal?
Terowongan karpal merupakan suatu lorong atau terowongan yang terbentuk mulai dari ujung lengan bawah melalui tulang-tulang pergelangan dan berakhir pada tulang-tulang telapak tangan (tulang-tulang carpal)
Melalui terowongan karpal ini terdapat saraf yang bernama saraf medianus, yang mensarafi sistem perasa (sensorik) dan penggerak (motorik) pada tangan dan jari-jari tangan.
Saraf medianus juga mensarafi otot-otot pada pangkal ibu jari (otot-otot tenar).
Kelainan ini dapat terjadi akibat adanya proses peradangan pada jaringan-jaringan di sekitar saraf medianus (tendon dan tenosynovium) – dalam terowongan karpal.
Peradangan tersebut mengakibatkan jaringan di sekitar saraf menjadi bengkak, sendi menjadi tebal, dan akhirnya menekan saraf medianus. 
Penekanan saraf medianus ini lebih lanjut akan menyebabkan kecepatan hantar (konduksi) dalam serabut sarafnya terhambat, sehingga timbullah berbagai gejala pada tangan dan pergelangan tangan.
Gejala-Gejala
1. Rasa lemah, agak kaku atau rasa janggal pada tangan dan pergelangan tangan.
2. Kesemutan atau kebas pada pergelangan tangan dan pada jari-jari tangan, terutama: ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan sebagian jari manis.
3. Gejala lainnya rasa seperti panas atau nyeri, terutama pada malam hari, dan sering disertai kesemutan (nocturnal paresthesia).
Keluhan-keluhan ini kadang-kadang dapat dirasakan pada seluruh bagian tangan. 
Keluhan lain yang dapat terjadi antara lain: nyeri pada lengan bawah dan siku, serta kadang-kadang bahu, yang dipicu dan diperberat dengan aktivitas.
Berbagai Kondisi Medis Penyebab Sindroma Terowongan Karpal
Sindroma terowongan karpal dapat terjadi akibat adanya penyakit lain yang memicunya. 
Berbagai penyakit degeneratif dapat menyebabkan munculnya sindroma terowongan karpal sebagai salah satu bentuk komplikasi.
Kondisi-kondisi medis penyebab sindroma terowongan karpal di antaranya: diabetes melitus (komplikasi dari neuropati diabetik), perubahan hormonal khususnya pada wanita (kehamilan, menopause, penggunaan kontrasepsi oral), obesitas, hipotiroid, arthritis rheumatoid, lupus eritematosus sistemik, gout, cedera (dislokasi dan fraktur), keganasan (misalnya mieloma multipel, limfoma non-Hodgkin), dan faktor genetik (keturunan).
Hubungan dengan Pekerjaan
Berbagai pekerjaan yang banyak menggunakan tangan dalam jangka waktu lama, sering dihubungkan dengan terjadinya sindroma terowongan karpal. 
Pekerjaan yang dimaksud umumnya menggunakan kombinasi antara kekuatan dan pengulangan gerakan yang sama pada jari-jari dan tangan, selama periode waktu yang lama.
Sindroma terowongan karpal dapat pula tercetus akibat paparan terhadap getaran/vibrasi (misalnya pekerjaan pengeboran), atau akibat kesalahan posisi tangan yang tidak ergonomis (misalnya pekerjaan dengan komputer), yang terjadi dalam jangka waktu lama.
Beberapa jenis pekerjaan yang dapat menjadi faktor risiko tercetusnya sindroma terowongan karpal antara lain: pengemasan bahan makanan, pengecoran atau pengeboran, penggergajian, perakitan mesin, pekerja pos, dokter gigi dan/atau teknisi gigi, pekerjaan dengan komputer, dekorator, produksi pakaian jadi, pekerjaan kayu (bertukang), dan lain-lain.
Bila memang keluhan terjadi pada Anda, dan berhubungan dengan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, maka penanggulangan terpenting adalah mengurangi beban penggunaan tangan Anda.
Istirahatkan tangan atau pergelangan tangan Anda, sekurang-kurangnya 2 minggu.
Dengan demikian, proses peradangan akan mereda, dan mengurangi penekanan pada saraf medianus.
Bila memungkinkan, bahkan sangat dianjurkan untuk mengganti jenis pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan.
Hal ini sangat penting, karena dengan meneruskan aktivitas, sindroma terowongan karpal akan menjadi semakin berat dan semakin sulit diobati. 
Lebih lanjut, bila suatu pekerjaan atau aktivitas telah diketahui dapat memicu penyakit ini, bukan mustahil sindroma terowongan karpal akan berulang kembali bila aktivitas/pekerjaan tersebut dilanjutkan.
So, berhati-hatilah rekan-rekan yang setiap hari pekerjaannya berkaitan dengan komputer..........sumber
READ MORE - Selengkapnya

KURANGI MINUM ES TEH UNTUK KESEHATAN GINJAL ANDA

Minuman teh dicampur dengan es sebagai pelepas dahaga di siang hari yang terik tentunya sangat menyenangkan. Namun, bagi Anda yang memiliki kecenderungan mengalami pembentukan batu ginjal sebaiknya berhati-hati. Penelitian terbaru menyarankan, sebaiknya beralih dari es teh ke air putih dengan lemon atau jus lemon.
Menurut para ahli, batu yang terbentuk dari kristal di dalam ginjal atau saluran air seni dari ginjal ke kandung kemih mempengaruhi sekitar 10% populasi Amerika Serikat. Pria tercatat memiliki risiko empat kali lebih besar dibandingkan wanita.
Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam air seni, ginjal atau saluran kemih. Mineral tak terpakai itu umumnya bisa keluar dari tubuh bersama urin, tapi dalam kondisi tertentu bisa mengendap dan membatu di dalam saluran kemih.
Risiko pembentukan batu ginjal tesebut biasanya akan meningkat setelah usia 40 tahun. Kandungan zat oxalate sebagai salah satu kunci pembentukan batu ginjal, terdapat didalam es teh dalam tingkat konsentrasi tinggi.
"Untuk banyak orang, es teh adalah salah satu minuman yang paling buruk. Terutama bagi orang yang memiliki risiko pembentukan batu ginjal, minuman itu sangat berisiko," ujar Instruktur department of urology di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine, John Milner.
Kegagalan untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh adalah penyebab utama pembentukan gagal ginjal. Tingginya suhu udara dan tingkat kelembaban, sering menyebabkan keringat berlebih dan dehidrasi, didukung oleh tingginya konsumsi es teh, dapat meningkatkan risiko gagal ginjal saat ini.
Tea Association dari Amerika Serikat melaporkan, warganya mengonsumsi sekitar 1,91 miliar galon es teh per tahun. Hal tersebut dilatari dengan keyakinan bahwa minuman tersebut lebih sehat dibandingkan minuman lain seperti soda dan bir.
Milner mengatakan, minum air putih adalah cara terbaik untuk menjaga cairan dalam tubuh. Jika seseorang cenderung terkena batu ginjal, pilihan terbaik adalah minum air putih dengan lemon atau jus lemon.
"Lemon memiliki kandungan sitrat yang tinggi, sehingga dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Jus lemon yang tidak dicampur dengan bahan-bahan perasa lainnya, dapat membantu melarutkan batu ginjal terutama bagi orang-orang yang berisiko tinggi," jelas Milner.
Makanan lainnya yang memiliki tingkat oxalate tinggi yang perlu dihindari oleh orang yang memiliki kecenderungan batu ginjal antara lain, bayam, coklat dan kacang. Selain itu, perlu juga mengurangi konsumsi garam, minum air putih yang cukup setiap hari, serta makan makanan dengan kandungan kalsium tinggi agar dapat menetralkan penyerapan tubuh terhadap oxalate. (healthdaynews.com)
READ MORE - Selengkapnya

Tips Mudah Meningkatkan Kecerdasan Anak

Meningkatkan kecerdasan anak tidak harus ditempuh dengan cara yang rumit dan kompleks, banyak pilihan cara yang lebih sederhana dan menyenangkan. Berikut ini 5 langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kognitif anak Anda menurut Jamie Loehr, M.D. dan Jen Meyers dalam bukunya berjudul Raising Your Child :

Rutin membaca 20 menit setiap hari

Di usia 12 – 18 bulan merupakan fase penyerapan informasi bagi anak. Manfaatkan moment ini untuk memberikan input lebih banyak dengan membaca bersama, lakukan minimal 20 menit setiap harinya.

Perkenalkan tentang bentuk, warna dan angka

Ajarkan si kecil tentang bentuk benda, warna dan angka setiap saat. Sebagai contoh, ketika si anak sedang memegang bola, katakan “ini bola bentuknya bulat dan berwana biru”. Ketika sedang membereskan mainannya, masukan setiap mainan ke dalam tempatnya sambil ajari dia berhitung “ satu, dua, tiga” dan seterusnya.

Mengenal bagian tubuh

Ajarkan anak Anda nama-nama bagian tubuhnya. Sambil menyebutkan, tunjuklah bagian tubuh yang dimaksud misalnya mata, hidung, kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya.

Berikan instruksi

Anak akan merasa senang jika berhasil mengikuti instruksi dari orang tuanya. Berikan instruksi mudah seperti misal memintanya untuk menutup pintu atau mengembalikan mainan ke tempatnya.

Memilih mainan kesukaannya

Ajak anak Anda ke toko mainan, lihat buku katalog bersama-sama lalu minta si anak untuk memilih mainannya sendiri. Setelah itu, ajak anak Anda untuk mencari dan menemukan mainan yang dia pilih.
READ MORE - Selengkapnya

RENUNGAN DARI SEBUAH KOTAK KADO EMAS

Di sebuah keluarga miskin, seorang ayah tampak kesal pada anak perempuannya yang berusia tiga tahun. Anak perempuannya baru saja menghabiskan uang untuk membeli kertas kado emas untuk membungkus sekotak kado.

Keesokan harinya, anak perempuan itu memberikan kado itu sebagai hadiah ulang tahun pada sang ayah.

“Ini untuk ayah,” kata anak gadis itu.

Sang ayah tak jadi marah. Namun ketika ia membuka kotak dan mendapatkan isinya kosong, meledaklah kemarahannya.

“Tak tahukah kau, kalau kau menghadiahi kado pada seseorang, kau harus memberi sebuah barang dalam kotak ini!”

Anak perempuan kecil itu menatap ayahnya dengan mata berkaca-kaca. Ia berkata terisak-isak, “Oh ayah, sesungguhnya aku telah meletakkan sesuatu ke dalam kotak itu.”

“Apa yang kau letakkan ke dalam kotak ini? Bukankah kau lihat kotak ini kosong?” bentak ayahnya.

“Oh ayah, sungguh aku telah meletakkan hampir ribuan ciuman untuk ayah ke dalam kotak itu,” bisik anak perempuan itu.

Sang ayah terperangah mendengar jawaban anak perempuan kecilnya. Ia lalu memeluk erat-erat anak perempuannya dan meminta maaf.

Konon, orang-orang menceritakan bahwa, pria itu selalu meletakkan kotak kado itu di pinggir tempat tidurnya sampai akhir hayat. Kapan pun ia mengalami kekecewaan, marah atau beban yang berat, ia membayangkan ada ribuan ciuman dalam kotak itu yang mengingatkan cinta anak perempuannya.

Dan sesungguhnya kita telah menerima sebuah kotak emas penuh berisi cinta tanpa pamrih dari orang tua, istri/suami, anak, pasangan, teman dan sahabat kita. Tak ada yang lebih indah dan berharga dalam hidup ini selain cinta.

(Judul asli: A Little
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails