Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENJAGA KESEHATAN ORGAN HATI


ORGAN hati dengan berbagai fungsinya yang kompleks sangat penting bagi kesehatan seseorang.

Kelenjar terbesar di dalam tubuh yang terletak dalam rongga perut sebelah kanan ini antara lain berfungsi menetralkan dan membuang racun, menyimpan dan memasok energi tubuh, melindungi tubuh dari infeksi, serta mengatur kadar kolesterol dan vitamin dan perlengkapan mineral dalam tubuh.

Untuk menjaga organ hati selalu dalam kondisi sehat, berikut beberapa tipa yang dapat Anda lakukan seperti dikutip darihealthtoday.

Makan sehat. Diet (pola makan) yang tidak sehat dapat menyebabkan kekurangan gizi atau obesitas, dua kondisi yang dapat mempengaruhi fungsi hati. Makan makanan yang sehat dan seimbang akan membantu menjaga hati Anda dalam kondisi baik. Ada baiknya isi kulkas Anda dengan bahan makanan, yang rendah lemak, tinggi serat makanan, seperti sayur dan buah. Kurangi makanan dengan kadar gula tinggi serta konten garam.

Hati-hati dengan obat-obatan. Obat-obat dan suplemen tertentu jika tidak diminum dengan benar dapat membahayakan hati. Selalu ikuti petunjuk dosis dan saran dokter untuk menghindari interaksi obat untuk menghindari overdosis.

Seks aman. Hepatitis A, B dan C adalah penyakit hati yang dapat ditularkan dalam berbagai cara, termasuk seks tanpa kondom. Mempraktekkan seks yang aman, misalnya, menghindari berganti pasangan seksual akan membantu mengurangi kesempatan Anda tertular hepatitis B dan C.

Tetap hidup bersih. Hepatitis A terutama menyebar akibat kurangnya kebersihan makanan yang terinfeksi. Selalu konsumsi makanan yang dipersiapkan dengan benar.

Batasi paparan bahan kimia beracun. Paparan pada gas yang keluar dari cat atau bahan kimia lain membuat organ hati bekerja keras mendetoksifikasi tubuh Anda. Sebaiknya batasi dan hindari paparan zat kimia.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails