Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

SOLUSI UNTUK BAYI YANG DIARE

Solusi bayi diare adalah dengan melakukan perawatan terhadap bayi diare melalui cara yang aman, salah satunya dengan memberikan resep oralit kepada bayi yang mengalami diare. Tentunya bagi pasangan muda yang baru mempunyai momongan, pasti kebingungan saat bayi anda terkena diare. Tidak perlu cemas lagi. Berikut saya berikan solusi untuk bayi diare. 

Pastinya Anda tidak tega jika harus memberikan obat-obatan kimia pada Si Kecil yang tengah menderita sakit, termasuk sakit diare, bukan?

Baiklah, sebelum dibahas mengenai cara membuat oralit dan pemberian oralit, kita mesti tahu dulu sebagian pemicu berlangsungnya diare pada bayi, agar di masa datang tak lagi terulang lagi diare pada anak kita. Biasanya diare pada bayi dikarenakan : 

  • Infeksi yang dikarenakan oleh bakteri atau parasit, seperti infeksi tenggorokan, infeksi telinga, campak, malaria, dsb.
  • Diare juga dapat terjadi karena terserang virus
  • Keracunan makanan, mungkin saja keracunan ataupun alergi dikarenakan makanan, ada campuran pemanis buatan pada makanan bayi.Solusi bayi diare salah satunya yaitu dengan penanganan umum bayi diare melalui pemberian oralit. Berikut cara membuat oralit di rumah. Membuat oralit di rumah dilakukan jika Anda darurat tidak bisa mendapatkannya segera dari puskesmas atau apotek.

Campur 1 sdt penuh gula + ¼ sdt garam + 1 gelas air masak. Bila anda bingung dalam menentukan penakarannya, anda bisa mendapatkan takaran sendok pembuat oralit ini di apotik paling dekat. 

Dosis oralit yang diberikan untuk bayi dan anak sesuai usia adalah sebagai berikut: 


  1. 1 th. ke bawah : berikanlah 1 gelas didalam 3 jam pertama, setelah itu berikanlah 0, 5 gelas setiap kali sesudah buang air.
  2. 5 th. ke bawah : berikanlah 3 gelas pada 3 jam pertama, setelah itu 1 gelas setiap sesudah buang air.
  3. 5 th. ke atas : berikanlah 6 gelas pada 3 jam pertama, setelah itu berikanlah 1, 5 gelas setiap sesudah buang air.
  4. 12 th. ke atas / dewasa : berikanlah 12 gelas pada 3 jam pertama, setelah itu berikanlah 2 gelas setiap sesudah buang air.Itulah solusi bayi diare dengan cara memberikan ramuan oralit sesuai dengan dosis yang harus diberikan kepada anak Anda. Nah, untuk mencegah tidak terjadinya diare pada bayi, berikut cara-cara yang dapat dilakukan:

Tetap memberikan ASI kepada bayi anda.
Setelah bayi berumur 6 bln., cermati gizi seimbang. Bayi pada usi ini sudah tidak hanya minum ASI.
Jagalah kebersihan makanan, minuman, peralatan makan dan bahkan alat bermain bayi. Dan jangan lupa lakukan membersihkan tangan si bayi.Demikian cara pencegahan dan solusi bayi diare yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails