Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

FAKTOR PENYEBAB NAFSU MAKAN TURUN

Penyebab Nafsu Makan Turun bisa beragam. Yang dimaksud dengan hilangnya nafsu makan adalah tidak ada keinginan untuk makan walaupun ada rasa lapar. Akibatnya tubuh menjadi lemah dan lemas. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh adanya gangguan lainnya atau memang adanya penyakit tidak nafsu makan yang dikenal dengan sebutan anoreksia nervosa.

Penyebab kurang atau tidak nafsu makan dapat dipicu oleh influenza, demam tifus, malaria, atau peradangan. Adapun untuk jenis penyakit anoreksia nervasa dilatarbelakangi oleh kondisi emosional yang labil. Gejala penyakit ini adalah penolakan terhadap berbagai jenis makanan yang disertai lemah, letih, dan lesu. Terkadang penderita mengalami gejala malnutrisi (kekurangan gizi) dan anemia (kekurangan darah) bahkan kolaps.

Di samping itu, terdapat dua penyebab lain dari kurangnya nafsu makan yaitu faktor internal dan eksternal. Penyebab dari faktor internal tubuh sendiri yaitu adanya rasa kelemahan energi limpa, sehingga lambung tidak dapat berfungsi dengan baik. Makanan tidak cepat tercerna, lambung tidak terangsang untuk diisi lagi. Selain itu, penyebab hilangnya nafsu makan karena angin dingin dan lembab yang masuk ke lambung dan mengganggu pencernaan.

Penyebab Nafsu Makan Turun Secara eksternal yaitu mengkonsumsi makanan berlemak secara terus-menerus, terlalu banyak berfikir, sedih, stres, cemas dapat mengganggu energi lambung, kelelahan yang berlebihan dan berlangsung lama juga bisa menjadi penyebab hilangnya nafsu makan. Lalu bagaimana solusi untuk nafsu makan turun? Solusinya adalah sebagai berikut :
  • Hindari Stress. Stress terbukti merupakan salah satu penyebab utama menurunnya nafsu makan. Untuk hindari stress anda bisa relax dengan rekreasi atau melakukan kegiatan sesuai hobi anda.
  • Makanlah banyak buah-buahan dan sayuran untuk menimbulkan nafsu makan.
  • Makanlah makanan yang hangat dan kaya rempah. Makanan yang hangat dan kaya akan bumbu akan meningkatkan nafsu makan secara cepat.
Gunakan suplemen vitamin penambah nafsu makan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FAKTOR PENYEBAB NAFSU MAKAN TURUN"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner