Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

HAL TENTANG RAMUAN TRADISIONAL YANG PERLU DIKETAHUI

HAL TENTANG RAMUAN TRADISIONAL YANG PERLU DIKETAHUI
Ramuan tradisional adalah metode pengobatan yang menggunakan khasiat dari tanaman obat untuk membantu kesembuhan dari penyakit. Ramuan obat ini umumnya diketahui resep pembuatannya secara turun-temurun. Kebanyakan dari ramuan obat tradisional dibuat menjadi bubuk atau jamu tradisional yang biasanya dijual di toko-toko. Biasanya ramuan obat dibuat dari tanaman yang ada di sekitar lingkungan, halaman rumah, dari dapur yang biasanya dijadikan bumbu masak. Tentunya ramuan obat tradisional ini memiliki manfaat yang telah terbukti dari berbagai pengalaman yang dirasakan masyarakat. Namun tidak jarang juga ramuan obat ini belum mengalami proses penelitian. Hal ini dikarenakan ramuan yang digunakan merupakan resep dari nenek moyang keluarga yang sudah teruji dari pengalaman.

Tanaman Obat Tradisional

Tanaman obat merupakan tanaman yang memiliki khasiat menyembuhkan atau mengurangi gejala-gejala dari penyakit. Tanaman obat akhir-akhir ini dipercaya sebagai alternatif pengobatan tradisional. Banyak masyarakat yang merasa metode kedokteran memakan waktu yang lama, padahal hal ini sebenarnya justru cara yang paling aman untuk menyembuhkan penyakit. Orang-orang yang merasa tidak puas dengan metode kedokteran akhirnya beralih haluan memilih ramuan tradisional. Para peneliti telah mengupayakan penggunaan tanaman obat yang aman sehingga tidak menimbulkan efek samping yang negatif terhadap pengguna.

Keuntungan Ramuan Tradisional

Tanaman obat mudah didapat dan harganya relatif murah sehingga masyarakat lebih suka memilihnya sebagai pengobatan alternatif. Tanaman obat yang dijadikan sebagai ramuan tradisional dapat memiliki efek yang saling membantu karena di dalam ramuan tersebut terdapat berbagai macam tanaman obat. Hanya dalam satu tanaman obat dapat memberikan efek farmakologis yang bermacam-macam. Namun, tidak selalu efek farmakologis ini lebih dari satu.

Kerugian Ramuan Tradisional

Umumnya, tanaman obat belum diketahui takaran yang tepat sehingga bila digunakan secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Hal ini disebabkan karena beberapa macam tanaman obat yang selama ini dikonsumsi ternyata belum melalui proses penelitian sehingga tidak diketahui dosis yang tepat bagi manusia. Selain itu belum juga diketahui efek samping yang berbahaya bagi tubuh manusia. Oleh karena itu dalam menggunakan ramuan tradisional sebaiknya memperhatikan kontraindikasinya terlebih dahulu..
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails