Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KEUNTUNGAN DARI PENGOBATAN TRADISIONAL

KEUNTUNGAN DARI PENGOBATAN TRADISIONAL

Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing lagi dengan ungkapan obat tradisional. Obat tradisional yang sering kali digunakan oleh masyarakat adalah obat yang berasal dari tanaman–tanaman herbal. Indonesia yang berada di kawasan tropis tentu memiliki kekayaaan tumbuh–tumbuhan. Kekayaan tersebut menjadi keuntungan tersendiri karena setiap tanaman memiliki kandungan zat aktif yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sejatinya Indonesia telah memanfaatkan tanaman herbal tersebut sejak zaman nenek moyang. Namun seiring berkembangnya zaman, tanaman herbal mulai ditinggalkan karena alasan tidak ada bukti yang membuktikan bahwa tanaman tersebut benar–benar berkhasiat terutama mengenai efek samping dari tanaman tersebut. Namun, para peneliti kesehatan mulai menggali lagi manfaat dari tanaman–tanaman yang selama ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Melalui rasa penasaran ini lah kemudian diketahui berbagai kandungan aktif, manfaat bagi kesehatan, bahkan saat ini telah menjadi alternatif utama dalam bidang pengobatan penyakit–penyakit yang mengancam jiwa.

Efek Samping Obat Tradisional

Jika berbicara mengenai efek samping, tentunya setiap obat memiliki efek tersendiri kepada tubuh ketika kita mengonsumsinya. Namun, tentu kita harus pandai–pandai memilih obat yang efektif melawan penyakit namun memiliki nilai efek samping rendah. Dalam hal ini obat tradisional dapat menjadi solusi. Melalui berbagai penelitian dan pengalaman masyarakat selama ini efek samping yang ditimbulkan oleh obat yang berasal dari tanaman herbal memang lebih kecil. Tentunya jika ktia memperhatikan bagaimana cara penggunaannya, waktu penggunaan, takaran, serta sesuai dengan indikasi.
Lebih Sesuai dengan Penyakit Metabolik dan Degeneratif

Jika mengatakan suatu penyakit, masyarakat akan lebih mudah menyebutkan penyakit–penyakit metabolik dan degeneratif. Penyakit seperti diabetes mellitus, batu ginjal, kolesterol tinggi, rematik, dan tekanan darah tinggi merupakan momok bagi sebagaian besar masyarakat. Penyakit–penyakit tersebut memang berkaitan dengan gaya hidup seseorang, oleh karena itu distribusinya lebih luas dibanding dengan penyakit lain. Dibutuhkan pencegahan yang baik dalam menghadapi penyakit tersebut. Namun jika telah terlanjur terpapar masyarakat saat ini dapat mengambil alternatif pengobatan tanaman herbal. Alasannya adalah konsumsi obat tradisional dalam jangka waktu panjang akan lebih aman dibandingkan konsumsi obat modern saat ini.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails