Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Khasiat Daun Kenikir Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kenikir Bagi Kesehatan
Cosmos caudatus kunth, atau yang lebih dikenal dengan daun kenikir mungkin cukup akrap di telinga masyarakat Jawa. Umumnya dijadikan salah satu sayuran dalam pecel, ataulalapan yang lain. Selain baunya yangkhas saat disantap dan rasanya yang enak ternyata kenikir juga banyak mengandung khasiat.

Di daerah Sumatra atau masyarakat Melayu pada umumnya menyebutnya ulam raja. Pohon kenikir merupakan tumbuhan tropika yang berasal dariAmerika Latin, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. 

Kenikir merupakan sejenis spesis bunga intan berayun yang berwarna unggu atau kuning dan berbunga kecil. Manakala tumbuhan bunga yang berwarna kuning jarang digunkan sebagai sayuran, yang berbunga unggu merupakan sayuran yang sangat populer dimakan.

Kenikir yang berbunga putih keunguan memiliki aroma yang cukup khas, sedikit wangi dan rasa yang agak getir. kenikir tumbuh baik di dataran rendah dengan kondisi tanah yang subur, liat, dan berdrainase baik, sampai pegunungan kurang lebih 700 m dpl., terutama di tempat terbuka yang mendapatkan sinar matahari penuh.

Daun kenikir mengandung saponin, flavonoida polifenol, dan minyak atsiri. Secara tradisional daun ini juga digunakan sebagai obat penambah nafsu makan , lemah lambung, memperbaiki peredaran darah dan mencuci darah, untuk menguatkan tulang serta dapat juga sebagai pengusir serangga.

Dalam sebuah penelitian juga menemukan kalau daun kenikir mengandungsenyawa yang memiliki daya antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik(jalur mitokondria). Pemacuan apoptosis merupakan salah satu cara penghambatan karsiogenesis atau penyebab kanker. Senyawa radikalbebas dapat menghambat apoptosis melalui inhibisi pelepasan sitokrom c, yaitu sitokrom c berperan dalam aktivasi protein-protein regulator positif apoptosis. Sifat antioksidan yang dimiliki kenikir memungkinkan pengembangan tanaman ini sebagai agen kemopreventif.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails