Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Kesehatan Gusi Beresiko Pada Kesehatan Diabetes Dan Jantung


Satu hal yang mungkin tidak pernah Anda sangka adalah bahwa penyakit gusi merupakan faktor risiko diabetes dan penyakit jantung yang terselubung.

Orang-orang dengan penyakit gusi memiliki kemungkinan terkena diabetes dua kali lebih besar, menurut para periset dari Columbia University. Bakteri di balik penyakit gusi memicu inflamasi atau peradangan di dalam arteri dan kemudian membuat jaringan-jaringan lebih resisten terhadap insulin, akibatnya pengendalian gula darah menjadi buruk dan terjadilah diabetes.

Sementara menurut David Cochran DDS, seorang profesor di University of Texas Health Sciences Center, peradangan di arteri akibat penyakit gusi juga bisa memicu masalah jantung. Karena itu, jangan pernah sepelekan penyakit gusi.

Di samping melakukan pemeriksaan gusi secara teratur, memilih makanan dan minuman tertentu yang dapat membantu melindungi gusi bisa menjadi solusi sehat Anda. Nah, ini dia beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan gusi Anda:

Raisin
Anda mungkin berpikir bahwa raisin atau kismis yang manis dan lengket tidak baik untuk kesehatan mulut dan gusi Anda. Nyatanya, penelitian telah menunjukkan bahwa raisin mengandung antioksidan yang dapat memerangi tumbuhnya sejenis bakteri penyebab peradangan dan penyakit gusi.

Buah dan Sayuran Kaya Vitamin C
Vitamin C berperan menjaga kesehatan gusi dengan cara mendukung produksi kolagen yang dibutuhkan untuk pembentukan jaringan gusi. Jeruk, kiwi, dan strawberry adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Sedangkan dari sayuran, Anda bisa menemukan kandungan vitamin C yang tinggi pada kubis dan paprika.

Produk Susu
Yoghurt, keju, dan susu rendah lemak baik untuk menjaga kesehatan gusi karena mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat membuat gusi kuat dan tahan terhadap penyakit.

Teh Hijau Hangat
Teh hijau mengandung katekin, antioksidan yang membantu memerangi bakteri penyebab penyakit gusi dalam mulut Anda. Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi untuk melawan peradangan.

Itulah makanan dan minuman yang dapat Anda andalkan sebagai solusi sehat mencegah penyakit gusi. Mana saja yang sudah biasa Anda konsumsi?

loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails