Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Hipnoterapi terbukti Efektif Atasi Psikosomatis


Anda pernah melihat tayangan hipnotis di televisi? Ternyata teknik hipnoterapi terbukti efektif mampu mengatasi berbagai penyakit psikosomatis dan problem perilaku. Namun sayangnya teknik ini belum banyak dikenal di masyarakat luas.

“Efektivitas hipnoterapi merupakan salah satu modalitas terapi untuk mengatasi berbagai masalah terkait emosi, perilaku maupun pengambilan keputusan terbukti jauh mengungguli modalitas terapi lainnya,” ungkapPresiden Asosiasi Hipnoterapis Klinis Indonesia (AHKI) DR Adi W Gunawan, CCH di Jakarta belum lama ini.

Hipnoterapi klinis adalah teknik terapi yang dilakukan dalam kondisi hipnosis sehingga dapat menjangkau pikiran bawah sadar, dimana tersimpan program maupun emosi yang menjadi akar masalah serta menghalangi pencapaian level kehidupan yang lebih tinggi.

Efektivitas hipnoterapi sebagai salah satu modalitas terapi untuk mengatasi berbagai masalah terkait emosi, perilaku maupun pengambilan keputusan terbukti jauh menggunguli modalitas terapi lainnya.

Adi mengatakan, seorang hipnoterapis klinis membantu klien masuk ke kondisi rileksasi sangat dalam yang disebut kondisi somnambulis. Selanjutnya menavigasi klien agar dapat menemukan mental block atau akar masalah yang menghambat dan menghalangi keberhasilannya.

“Bila faktor penghalang atau sumber masalah ditemukan, akan dengan mudah diselesaikan,” katanya.

Hipnoterapi klinis secara khusus membantu klien mengakses dan melakukan restrukturisasi pikiran bawah sadar mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan emosi dan perilaku terkait berbagai aspek kehidupan, seperti kesehatan, pekerjaan, karier, keuangan, rumahtangga, relasional, sosial, spiritual, pengembangan diri dan lain-lain.

“Hipnoterapi klinis memiliki efek yang sangat besar terhadap kehidupan seseorang. Karenanya hipnoterapiklinis hanya boleh dilakukan oleh terapis yang telah tersertifikasi sebagai certified hypnotherapist (CHt),” katanya.

Untuk mendapatkan sertifikat itu, seorang hipnoterapi harus menempuh pendidikan 100 jam di kelas, dan certified clinical hypnotherapist (CCH) yang telah menempuh pendidikan sekurangnya 200 jam di kelas di luar praktek klinis dengan jumlah minimal yang ditentukan oleh lembaga.

Berdasarkan survei dan literatur ilmiah dan membandingkan tingkat kesembuhan yang berhasil dicapai oleh modalitas terapi berbeda diperoleh data psikoanalisa diketahui 38 persen kesembuhan setelah dilakukan 600 sesi terapi.

Terapi perilaku (behavior therapy) sebanyak 72 persen kesembuhan setelah dilakukan 22 sesi terapi. Sedangkan hipnoterapi kesembuhannya mencapai 93 persen setelah 6 sesi terapi.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails