Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Kajian Medis Buah Nanas Muda


Kehamilan merupakan masa-masa membahagiakan sekaligus mengkhawatirkan. Bahagia, sebab dalam rentang bulan, jumlah anggota keluarga akan bertambah. Tapi juga menkhawatirkan sebab masa kehamilan sesungguhnya cukup rawan, jika salah bertindak maka taruhannya adalah kesehatan sang ibu pun bayi yang dikandungnya. 

Salah satu larangan yang sering kita dengar seputar kehamilan adalah buah nanas muda. Sejak dahulu kala, nenek moyang kita melarang wanita yang tengah hamil muda mengkonsumsi buah nanas yang masih muda. Konon kabarnya, buah dengan kulit bersisik ini bisa menyebabkan keguguran janin. Mitos atau fakta? 


Buah nanas muda memiliki warna hijau yang terlihat jelas pada kulit buahnya yang bersisik. Adapun daging buahnya cenderung berwarna kuning muda dan memiliki cita rasa asam yang dominan ketimbang manis. Memang, bagi sebagian orang, rasa nanas muda ini cukup menggoda. Tapi, di balik rasa tersebut, terdapat ancaman serius utamanya bagi mereka yang sedang hamil. Kepercayaan ini bukan sekedar mitos belaka sebab penelitian membuktikan bahwa buah nanas muda banyak mengandung senyawa bromelain. 

Unsur tersebut sendiri memiliki sifat yang merugikan yakni melemahkan leher rahim atau serviks. Jadi, jika Anda mengkonsumsi buah nanas muda, maka kandungan senyawa di dalamnya akan memicu kontraksi berlebihan dan dini pada rahim. Hal ini tidak selalu berujung pada keguguran, sebab kondisi rahim masing-masing wanita berbeda-beda.Untuk lebih amannya, jauh lebih baik jika Anda mengkonsultasikan pada dokter kandungan mengenai aman tidaknya jika Anda mengkonsumsi buah nanas. 

Perlu juga dipahami bahwa laporan kasus kehamilan yang gugur akibat buah nanas muda memang jarang. Namun, jika Anda percaya pada nasehat leluhur, sebaiknya Anda menghindari nanas sebab biasanya sebuah larangan yang diturunkan dari generasi yang satu ke generasi lainnya selalu didasarkan pada pengamatan juga pengalaman yang mendalam. 

Menyebabkan Diare Juga Maag 

Selain kandungan bromelain yang tinggi, buah nanas muda juga mengandung kadar asam yang melimpah. Dengan demikian sangat berpotensi memicu penyakit maag juga diare bagi calon ibu yang kondisi pencernaannya sensitive. Memang buah yang satu ini mengandung vitamin c dan juga nutrisi membangun lainnya, namun dalam kondisi dan jumlah tertentu, buah ini akan berbalik merugikan Anda. Karena itu, waspada dini merupakan pilihan yang bijak. Salah satu hal yang wajib Anda lakukan adalah membatasi jumlah buah nanas muda yang Anda konsumsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya, segera berkonsultasi untuk memastikan apakah nanas muda aman atau justru berbahaya bagi Anda.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails