Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Ibu Hamil Makan Buah Nanas?

Anjuran memperbanyak kosumsi buah sudah jamak kita dengar. Tapi tunggu dulu, harus kita akui juga bahwa dalam bebera kondisi, seseorang malah dilarang mengkonsumsi buah tertentu. Salah satu yang mungkin pernah Anda dengar adalah nanas. Bolehkah ibu hamil makan buah nanas? Pertanyaan itu sudah pasti pernah singgah di telinga Anda. Dan jawabannya adalah? 

Maybe Yes Maybe NO! 

“Maybe Yes Maybe No” boleh jadi merupakan jawaban yang terbaik kita lontarkan apabila ada yang bertanya : Bolehkah ibu hamil makan buah nanas? Pasalnya, untuk menjawab pertanyaan ajaib ini, terlebih dahulu kita harus memastikan kondisi si ibu hamil. Apabila menurut dokter kandungan, kehamilan si wanita kuat dan baik-baik saja, mengapa harus menghindari buah nanas? Sebaliknya, meskipun si wanita ngidam buah nanas, tapi kondisi kehamilannya lemah dan pencernaannya sensitive, ia lebih baik menghindari nanas! Jadi, intinya berkonsultasilah pada dokter kandungan. Buah, termasuk nanas, sangat baik. Tapi kondisional! 

Kandungan Bromelain Yang Tinggi 

Tahukah Anda bahwa nanas, khususnya yang masih muda, banyak mengandung bromelain.Senyawa ini cukup merugikan bagi wanita sebab bisa melemahkan rahim. Memang mengkonsumsi buah nanas muda tidak selalu berakhir dengan keguguran. Tapi, apabila wanita tersebut memang memiliki leher rahim yang lemah dan ditambah lagi dengan pengaruh nanas, maka potensi keguguran tentu akan semakin besar. Bromelain pada nanas ini diketahui bisa memicu kontraksi yang berlebihan di mulut rahim. Jadi, waspada! 

Selain itu, jika seseorang bertanya pada Anda “Bolehkah ibu hamil makan buah nanas?”,sebaiknya Anda menjawabnya dengan kata “tidak”. Mengapa? Sebab kadar asam pada buah nanas cukup tinggi sehingga bisa memicu rasa kurang nyaman pada perut mereka yang mengkonsumsinya. Dan apabila pencernaan sensitif, nanas bisa saja memicu diare. Bagi ibu hamil, diserang diare saja tentu hal yang merepotkan bukan? Jadi, hindari saja nanas. itu pilihan yang paling aman. Pilih buah-buah lainnya yang direkomendasi oleh dokter kandungan Anda. Memang nanas merupakan sumber vitamin C yang baik. Tapi, bukan satu-satunya kok! Masih ada tomat, jeruk, markisa, sirsak dan buah nikmat lainnya. Selamat berburu buah ya!
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails