Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

INFO SEPELE TAPI PENTING DARI TABIR SURYA


Bahan Tambahan Tabir Surya yang Merusak
Pada tabir surya, kadangkala ditambahkan bahan oxybenzone dan ocyinoxate yang berfungsi menangkal efek dari sinar matahari. Tetapi rupanya, bahan tersebut dapat menimbulkan iritasi kulit dan mengganggu hormon yang ada dalam tubuh. Kandungan lain yang biasa ditambahkan adalah retinyl palmitate yang merupakan bentuk lain dari vitamin A. Efek negatifnya dari kandungan ini adalah dapat menimbulkan jaringan abnormal kulit.

Tabir Surya Tidak Melindungi dari UVASPF 15 atau SPF 30 — 
Anda mungkin sering melihat label ini saat akan membeli tabir surya. Angka tersebut menunjukkan kemampuannya melindungi dari sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Sinar matahari sendiri terdiri dari UVA dan UVB. Sinar UVA inilah yang sering tidak dapat dilindungi dengan penggunaan tabir surya. Efek buruk dari UVA adalah dapat menimbulkan penuaan pada kulit dan kanker kulit. Untuk mendapatkan perlindungan dari UVA, pilih tabir surya yang mengandung titanium dioxide, zinc oxide dan avobenzone.

Arti SPFTabir surya yang bertuliskan SPF 30 (Sun Protection Factor)
bukan berarti akan melindungi Anda 2 kali lipat daripada penggunaan SPF 15. Begitu juga dengan tabir surya bertuliskan SPF 50 atau SPF 100. Faktanya adalah angka tersebut merupakan kemampuan tabir surya menyaring UVB. SPF 15 dapat menyaring 93% UVB, SPF 30 menyaring 97%, SPF 50 menyaring 98%, dan SPF 100 hingga 99%. Selisih yang tidak sampai 2 kali lipat dari label SPF yang tertulis. Pilih penggunaan yang tepat adalah tergantung jenis kulit Anda. Jika kulit normal dapat menggunakan SPF 30 sedangkan klit sensitif dapat memilih tabir surya dengan kandungan SPF lebih tinggi.

Kedaluwarsa Tabir Surya
Walau tanggal kedaluwarsa tabir surya Anda belum tiba. Belum tentu tabir surya masih aman untuk digunakan. Rata-rata masa sampai tabir surya kedaluwarsa adalah selama 3 tahun, tetapi itu jika Anda menyimpannya secara tepat. Tabir surya harus disimpan pada suhu yang sejuk. Membiarkannya terjemur saat Anda berada di pantai atau kolam renang dapat menyebabkan tabir surya menjadi rusak. Memasukkannya dalam tas dapat melindungi tabir surya.

Tabir Surya AlamiTomat,
jambu, anggur dan semangka adalah buah yang baik untuk kulit karena kandungan likopen. Tomat yang dimasak akan menghasilkan lebih banyak zat likopen. Zat likopen dapat berfungsi sebagai tabir surya alami dari dalam tubuh. Mengkonsumsinya dapat membantu kulit lebih bertahan menghadapi efek buruk dari UVA dan UVB. Walau demikian, perlindungan dari tabir surya yang melindungi dari luar tetap dibutuhkan saat Anda melakukan aktivitas di bawah sinar matahari.

Saat Anda menggunakan tabir surya tidak berarti Anda telah terlindungi sepenuhnya. Ini bukan berarti Anda dapat berjemur lama-lama di bawah sinar matahari karena telah menggunakan tabir surya. Fakta-fakta tersebut dapat membantu Anda untuk memilih tabir surya yang sesuai.

Oleskan tabir surya dalam jumlah yang cukup dan dioleskan kembali setiap 2 jam atau apabila tubuh banyak mengeluarkan keringat atau apabila Anda telah keluar dari air saat di pantai atau kolam renang. Air dan keringat dapat membuat olesan tabir surya terbilas dari tubuh. Untuk melindungi tubuh lebih aman, dapat mengenakan pakaian pelindung, topi lebar dan sebisa mungkin menghindari aktivitas di bawah terik-teriknya matahari pada siang hari
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INFO SEPELE TAPI PENTING DARI TABIR SURYA "

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner