Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENGATASI BATUK YANG DISEBABKAN GATAL DI TENGGOROKAN

berikut ada beberapa cara atasi batuk karena gatal tenggorokan.

Batuk kering disertai rasa gatal di tenggorokan biasanya disebabkan alergi. Bisa karena makanan, udara dingin, atau udara yang terlalu kering. Sebagai langkah awal, periksakan diri ke dokter untuk memastikan ada tidaknya radang. Jika terdapat radang, Anda dapat segera mendapatkan pengobatan tepat. Namun, bila tak ada radang, Anda harus mencari pemicu rasa gatal, kemudian hindarilah hal-hal tersebut. 

Selain itu, ruangan ber-AC juga bisa memicu rasa gatal pada tenggorokan. Coba matikan AC ketika tidur, ganti dengan pelembap udara khusus ruangan ber-AC. Atau, letakkan handuk basah di kamar Anda untuk melembapkan udara.

Jangan lupa minta obat alergi berupa antihistamin kepada dokter, untuk mengurangi batuk dan menyembuhkan luka-luka kecil di tenggorokan yang memicu rasa gatal. Sering-seringlah minum air hangat. Berkumur dengan air garam juga bisa dicoba karena garam berperan sebagai antiseptik sederhana.
informasi ini darifemina.co.id

Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi Batuk Karena Gatal di Tenggorokan, seperti dikutip dari Timesofindia, yaitu:

1. Minum madu, diketahui madu terbukti efektif menjadi obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu yang dikonsumsi bersama dengan teh jahe bisa lebih membantu.

2. Permen pelega tenggorokan, mengonsumsi permen bisa membantu mengeluarkan air liur sehingga mengurangi kekeringan serta gatal yang muncul di tenggorokan.

3. Berkumur dengan air garam, buatlah air hangat yang ditambahi sedikit garam lalu berkumur-kumur sebelum tidur.

4. Jika sedang musim dingin cobalah menggunakan pelembab udara, karena jika lingkungan kurang lembab bisa memicu gatal di tenggorokan.
disarikan dari  health.detik.com 
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGATASI BATUK YANG DISEBABKAN GATAL DI TENGGOROKAN"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner