Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

JENIS BAHTERI YANG DIBUTUHKAN MANUSIA

Menurut dari jenis bentuknya, bakteri dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis yakni coccus ( berwujud bulat) , bacillus ( berwujud seperti batang ), spirochete ( berbentuk spiral ), serta vibrio ( berwujud koma ).

Bakteri yang menguntungkan dimaksud adalah ‘probiotik’ dan bakteri yang membantu probiotik berfungsi dengan baik disebut ‘prebiotik’.

System tubuh manusia untuk melawan penyakit lewat lapisan kulit, system kekebalan tubuh, susunan mukosa, dan lewat ‘mikroflora usus’. Mikroflora usus yang ada dalam usus ini tidak lain yaitu koloni bakteri yang menguntungkan.

Berikut ini sebagian bakteri yang menguntungkan untuk manusia :

1. Lactobacillus acidophilus
Lactobacillus acidophilus adalah bakteri yang paling ramah bagi manusia. Lactobacillus adalah nama genus, dan acidophilus yaitu salah satu dari ragamnya ragamnya. Bakteri ini secara alami ada dalam product susu atau memang sengaja ditambahkan ke dalam suplemen susu untuk menghasilkan susu yang lebih baik.

2. Tobacillus acidophilus
Bakteri tobacillus acidophilus juga merupakan ke dalam genus Lactobacillus. Tobacillus acidophilus adalah bakteri pencinta asam. Bakteri dari jenis ini sering ditemukan pada buttermilk, yoghurt, sour krim, serta frozen dessert. Bakteri tobacillus acidophilus dapat merubah gula dan karbohidrat jadi asam laktat makanya disebut bakteri asam laktat. Cara kerja dari bakteri tobacillus acidophilus yakni dengan menurunkan pH serta mengurangi resiko pertumbuhan organisme lain dalam makanan. Proses ini berguna buat manusia lantaran dapat menghambat infeksi gastrointestinal.

3. Cyanocobalamin
Bakteri cyanocobalamin menunjang produksi vitamin B12 selama proses pencernaan. Bakteri cyanocobalamin bertindak untuk probiotik. Probiotik bertanggungjawab pada kesehatan pencernaan secara keseluruhan dikarenakan memecah senyawa kompleks pada makanan sehingga menjadi mudah diserap dalam darah.

4. Acidophilus bifidus
Bakteri acidophilus bifidus menunjang menurunkan kandungan kolesterol dan menghambat perkembangan jamur ‘jahat’ seperti Candida albicans. Bakteri acidophilus bifidus dapat membersihkan aliran darah dengan membuang toksin. Oleh sebab itu, bakteri ini bertindak dalam menaikkan system kekebalan dalam tubuh.

5. Streptomyces
Streptomyces dimanfaatkan dalam pembuatan antibiotik.

6. Rhizobium
Rhizobium berfungsi penting dalam fiksasi nitrogen.

7. E. coli
Escherichia coli ini dalam usus di kenal sebagai bakteri enterik. Bakteri E. coli membantu sistem pencernaan serta melindungi agar badan selalu sehat. Mereka juga menghasilkan vitamin B-kompleks serta vitamin K.

8. Streptococcus mutans
Streptococcus mutans merupakan bakteri yang ditemukan di mulut, berperan merubah sukrosa ( gula ) jadi asam laktat.

9. Staphylococcus epidermidis dan Proprionibacterium acnes
Staphylococcus epidermidis dan Proprionibacterium acnes ialah bakteri yang umumnya terdapat pada kulit dan berbentuk komensal. Ke dua bakteri ini memiliki fungsi untuk menghambat penyebaran jamur tertentu.

10. Acidophilus Bacteria
Acidophilus bacteria di temukan pada organ reproduksi wanita. Jenis dari bakteri ini menghasilkan asam laktat yang dapat menahan perkembangan jamur.

11. Flora Usus
Flora usus memegang fungsi utama dalam pembentukan beberapa sel baru untuk re-generasi jalur usus melalui fermentasi serat makanan dan juga menghasilkan asam lemak. Bakteri usus juga membuahkan lebih dari satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

12. Probiotik
Probiotik menunjang sintesis vitamin K yang dibutuhkan buat pembekuan darah. Probiotik juga membantu sistem penyerapan magnesium.

13. Saccharomyces boulardii
Bakteri saccharomyces boulardii bisa membantu mengurangi kemungkinan diare yang berkaitan dengan antibiotik pada anak-anak.

14. Bakteri Anaerob yang Menguntungkan
Bakteri anaerob yang menguntungkan juga berperan untuk mendukung proses fermentasi cuka serta pembuatan pada keju. Demikian beberapa dari jenis bakteri yang menguntungkan manusia yang perlu kita ketahui.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JENIS BAHTERI YANG DIBUTUHKAN MANUSIA"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner