Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

http://mypotik.blogspot.com/2015/04/tips-menjaga-kesehatan-mata-di-depan.html

Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

Tak hanya mahasiswa saja yang berjam-jam di depan layar komputer. Para karyawan kantor sudah menjadi kebiasaan lama di depan layar komputer karena tuntutan pekerjaan. Bahkan bisa jadi lebih dari delapan jam karyawan mengerjakan pekerjaannya menggunakan komputer, apalagi jika ada lembur.

Kondisi seperti di atas membuat mata terus berakomodasi. Pada hal mata juga harus istirahat supaya tidak terus-terusan dipaksa bekerja. Sinar dari layar komputer tidak baik untuk mata jika terlalu lama.


1. Istirahat Beristirahatlah sejenak meskipun tugas menumpuk di depan Anda setelah beberapa jam di depan layar komputer. Ini adalah salah satu tips perawatan mata dianjurkan saat bekerja pada komputer untuk menghindari ketegangan mata.

2. Menggosokkan telapak tangan
Gosok telapak tangan Anda terhadap satu sama lain sampai Anda merasa hangat. Usapkan telapak tangan di mata Anda selama 60 detik. Ini akan membantu Anda bersantai setelah mata Anda lelah. Ulangi dua atau tiga kali sampai Anda merasa tenang.

3. Sesuaikan jarak mata
Menyesuaikan jarak layar layar ke mata sangat penting supaya mata tetap sehat. Jangan di depan layar komputer terlalu dekat dengan mata. Atur jarak mata 30 cm atau lebih ke layar komputer atau laptop Anda supaya mata lebih rileks.

4. Ikuti aturan 20-20-20
Latihan ini akan membantu Anda bersantai sambil bekerja selama berjam-jam di depan komputer. Berpaling dari layar komputer Anda setiap 20 menit dan menatap setiap objek yang jauh setidaknya 20 meter jauhnya selama setidaknya 20 detik.

5. Menjaga kontras
Pilih huruf gelap dan latar belakang cahaya pada layar pada saat Anda bekerja dengan komputer Anda. Ini adalah salah satu di antara tips perawatan mata yang paling praktis saat bekerja pada komputer.

6. Hindari silau
Sangat penting untuk bekerja dalam suasana di mana terdapat pengaturan cahaya yang tepat. Ruangan bekerja harus bercahaya cukup, namun cahaya tersebut tidak menyilaukan mata Anda. Cahaya yang membuat silau biasanya berasal dari lampu yang letaknya kurang tepat atau sinar dari luar ruangan seperti sinar matahari. Jika terdapat sinar matahari yang masuk ke ruangan Anda dan menyilaukan, sebaiknya tutup gorden jendela.

7. Kurangi kecerahan
Jangan bekerja dengan komputer yang tingkat kecerahan layarnya tinggi. Ini akan membuat mata Anda cepat lelah. Selain untuk menghemat baterai pada laptop, layar yang redup membuat mata menjadi nyaman meskipun bekerja berjam-jam.

8. Melihat warna hijau
Hijau dianggap sebagai warna terbaik untuk menjaga mata Anda rileks. Melihat keluar jendela di antara pekerjaan Anda. Jika Anda bekerja di ruangan yang langsung bisa melihat keluar, maka ini akan lebih baik. Lihatlah warna hijau daun dan pemandangan ke luar supaya mata beristirahat sejenak. Jika tempat kerja Anda tidak bisa langsung melihat ke luar jendela, maka ganti wallpaper komputer Anda dengan pemandangan alam dengan dominan warna hijau.

9. Sering berkedip
Salah satu tips perawatan mata yang paling efektif saat bekerja pada komputer adalah untuk mengedipkan mata Anda. Hal ini akan membantu menjaga kelembaban alami air mata di mata Anda dan menghindari kekeringan dan masalah lain yang terkait.

10. Pertimbangkan kacamata komputer
Kacamata komputer dibuat khusus untuk orang-orang yang bekerja di depan komputer. Jika Anda ingin tahu bagaimana untuk menghindari ketegangan mata Anda di depan layar komputer, maka ini akan membantu Anda mengurangi silau, meningkatkan kejelasan, dan mata Anda menjadi santai.
loading...

Artikel Terkait

1 komentar:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails