Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS UNTUK KULIT BERPANU

http://mypotik.blogspot.com/2015/04/tips-untuk-kulit-berpanu.html


Panu dapat diderita oleh orang-orang dari berbagai warna kulit. Panu lebih mungkin terjadi pada remaja dan dewasa muda.

Tanda dan gejala panu

Pemutih asam dari ragi tumbuh menyebabkan area kulit menjadi warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Tanda dan gejala infeksi khusus panu meliputi:

  • Kulit berwarna putih, merah muda, merah, atau coklat dan dapat terang atau lebih gelap daripada kulit di sekitarnya.
  • Bintik-bintik yang mungkin terjadi di manapun pada tubuh Anda, tetapi yang paling sering terlihat pada leher, dada, punggung, dan lengan.

Bintik-bintik mungkin hilang selama cuaca dingin dan lebih buruk selama cuaca hangat dan lembab. Bintik-bintik ini mungkin kering dan bersisik dan mungkin gatal atau sakit, meskipun hal ini tidak umum.

Pengobatan panu

Pengobatan panu terdiri dari krim, lotion, atau sampo yang diletakkan pada kulit. Pengobatan panu juga dapat mencakup obat-obatan yang diberikan sebagai pil. Jenis pengobatan tergantung pada ukuran, lokasi, dan ketebalan daerah yang terinfeksi.

Pilihan pengobatan termasuk:

Antijamur topikal
Produk-produk ini diaplikasikan langsung ke kulit Anda dan mungkin dalam bentuk salep, sampo, krim, busa, atau sabun. Mereka menjaga pertumbuhan ragi di bawah kontrol. Produk topikal anti-jamur yang mengandung bahan-bahan seperti seng, pyrithione, selenium sulfida, miconazole, clotrimazole, dan terbinafine. Tapi kadang-kadang resep obat dari dokter mungkin diperlukan.

Pil anti-jamur
Ini dapat digunakan untuk mengobati kasus yang lebih serius atau panu berulang. Atau dalam beberapa kasus dapat digunakan karena panu memberikan resolusi sederhana dan lebih cepat dari infeksi. Obat-obatan ini diberikan dengan resep dokter dan dapat memiliki efek samping. Jadi sangat penting untuk dipantau oleh dokter Anda saat menggunakan pil anti-jamur. Pengobatan biasanya menghilangkan infeksi jamur. Namun, perubahan warna kulit bisa memakan waktu hingga beberapa bulan untuk memulihkan.

Panu bisa berulang sangat umum terjadi karena ragi yang menyebabkan infeksi adalah jamur yang normal yang hidup di kulit. Pembersih obat dapat digunakan satu atau dua kali sebulan untuk membantu mencegah panu datang kembali. Anda mungkin perlu untuk menggunakan obat yang pernah digunakan jika infeksi panu kembali lagi, terutama jika Anda tinggal di daerah yang hangat dan lembab.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengatasi panu:

  • Hindari menggunakan produk kulit berminyak.
  • Kurangi paparan kulit terhadap sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat memicu atau memperburuk keadaan, berwarna cokelat membuat ruam lebih terlihat.
  • Jika Anda harus pergi keluar di bawah sinar matahari, pertimbangkan untuk menggunakan krim kulit anti-jamur setiap hari selama beberapa hari sebelum terkena paparan sinar matahari.
  • Kenakan tabir surya setiap hari. Menggunakan formula tidak berminyak dengan faktor perlindungan matahari minimum (SPF) 30.
  • Jangan memakai pakaian ketat.
  • Kenakan kain berpori seperti kapas, untuk mengurangi keringat.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails