Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

EFEK BURUK SABUN BADAN JIKA DIGUNAKAN PADA WAJAH

EFEK BURUK SABUN BADAN JIKA DIGUNAKAN PADA WAJAH


Meskipun sabun wajah dengan sabun badan pada dasarnya berbahan sama, namun dari signifitasnya berbeda. Untuk itu sebaiknya tidak menggunakutan sabun  badan untuk wajah karena menimbulkan efek buruk.

Sabun wajah mengandung surfaktan untuk kulit yang lebih ringan dan lebih lembut daripada surfaktan pada sabun badan. Sabun mandi yang banyak di pasaran yang kita sebut sebagai sabun, sebenarnya adalah detergent, yaitu bahan yang digugunakan adalah Sodium Lauryl Sulfate (SLS). SLS itu berfungsi sebagai surfactant (surface active agent) atau agen pembersih. Karena bersifat pembersih, maka lemak-lemak yang berfungsi untuk melindungi kulit juga ikut larut, sehingga kulit menjadi kering dan akan mengakibatkan iritasi. Bahaya iritasi pada kulit wajah menjadi ancaman menakutkan bagi kaum perempuan.

Sabun mandi komersial pada umumnya mengandungi banyak bahan-bahan kimia seperti kandungan petroleum, synthetic chemical, dan petrochemical (chemicals harmful) yang dapat merusak kulit dan dapat bersifat karsinogenik (pemicu kanker). Sedangkan, sabun untuk muka mengandung berbagai macam minyak yang terbuat dari lemak hewan. Seperti pada sabun untuk kesehatan terdapat TCC (trichloro carbanilide) Hypo-allergenic blend untuk membersihkan lemak dan jerawat.

Oleh karenanya, Anda harus berhati-hati ketika mandi karena jangan sampai sabun badan digunakan untuk sabun wajah. Hal ini karena tingkat keasaman yang dihasilkan oleh sabun berbeda-beda sesuai dengan penggunaannya di bagian-bagian tubuh Anda. Yang membedakan sabun wajah dan sabun tubuh adalah kadar keasamannya, karena pH di kulit wajah dan kulit tubuh kita pun tidak sama. Kulit wajah memiliki pH 4,0-5,5 (sedikit lebih rendah daripada pH kulit tubuh).

Jika Anda sering menggunakan sabun mandi sebagai pembersih wajah, maka dapat membuat kulit wajah Anda menjadi kering, kusam bahkan iritasi. Sehingga membuat wajah terlihat kurang menarik. Pada prinsipnya membersihkan kulit dengan sabun adalah menghilangkan residu, kotoran atau minyak sehingga harus dilakukan dengan rutin dan dengan sabun yang memang sesuai, terutama pada wajah.


Jadi gunakanlah sabun khusus untuk wajah Anda agar tetap terjaga kecantikan wajahnya. Sabun khusus wajah ini sudah banyak kita jumpai di pasaran
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails