Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

SAKIT PERUT SEBELAH KIRI PADA WANITA, APA PENYEBABNYA?

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/sakit-perut-sebelah-kiri-pada-wanita.html
SAKIT PERUT SEBELAH KIRI PADA WANITA, APA PENYEBABNYA?

Ada beberapa hal yang menyebabkan perut terasa sakit dan juga nyeri, salah satunya karena menstruasi. Namun tahukah Anda, tidak hanya menstruasi yang menyebabkan sakit perut. Bahkan sakit perut dapat menjadi sebuah indikasi bahwa kita sedang mengalami gangguan kesehatan dan biasanya sakit perut sebelah kiri pada wanita sangat berhubungan dengan sistem reproduksi. Oleh karena itu, jika Anda mengalami sakit perut sebelah kiri pastikan tidak mengabaikannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita yang perlu diketahui.


Penyebab dari sakit perut sebelah kiri pada wanita

Batu ginjal

Penyebab yang pertama adalah batu ginjal. Salah satu gejala batu ginjal yang wajib Anda waspadai adalah sakit perut sebelah kiri bawah. Batu ginjal tersebut akan turun ke saluran kencing atau ureter. Sehingga hal ini akan menyebabkan sakit perut bagian bawah. Selain wanita, para pria yang menderita batu ginjal juga akan mendapati gejala yang satu ini. selain sakit perut, batu ginjal juga disertai dengan rasa mual, muntah serta susah buang air kecil.

Kanker

Selain batu ginjal, kemungkinan lain penyebab sakit perut yang disebelah kiri adalah adanya kanker. Ketika kanker sudah berkembang ke perut sebelah kiri, tentu saja hal ini dapat menyebabkan perut terasa sakit dan nyeri. Selain sakit perut, konstipasi, hilangnya nafsu makan, kebiasaan buang air besar dan berat badan menurun juga merupakan gejala kanker perut.

Kehamilan ektopik

Penyebab selanjutnya adalah karena kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan menyebabkan tubuh ibu hamil secara spontan mengusir janin keluar selama tahap awal kehamilan. Jika ibu hamil mengalami hal ini, tanda utama yang sering muncul adalah pendarahan pada vagina dan sakit perut di bagian kiri.

Aneurisma aorta perut

Aorta perut merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju ke perut. Jika pembuluh darah tersebut pecah tentu saja hal ini akan menyebabkan sakit perut yang sangat parah. Selain di bagian kiri, sakit perut yang disebabkan karena hal ini juga dapat menyebar ke perut tengah dan belakang. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang sering dilakukan adalah dilakukannya operasi aneurisma aorta.

Sembelit

Sembeli atau susah buang air besar juga dapat menyebabkan nyeri perut dibagian kiri maupun kanan. Biasanya rasa sakit tersebut akan datang setelah buang air besar. Untuk menghindari hal ini pastikan Anda selalu mencukupi kebutuhan air serta mengonsumsi makanan yang mengandung serat dalam setiap harinya. Beberapa makanan yang kaya akan serat, antara lain buah-buahan dan juga sayuran hiaju.


Endomeriosis

Penyebab sakit perut sebelah kiri selanjutnya adalah karena endomeriosis. Endomeriosis merupakan penyakit yang disebabkan karena sel-sel endometrium (selaput bagian dalam rahim) berkembang di luar rongga rahim. Sakit perut yang disebabkan oleh penyakit ini bisa menjadi lebih buruk ketika menstruasi.

Divertikulitis

Bagi seseorang yang sudah berusia 60 tahun, sakit perut sebelah kiri bawah bisa jadi dapat disebabkan oleh divertikulitis. Secara medis, penyakit yang satu ini juga dapat diartikan sebagai gangguan pencernaan pada usus besar yang menyebabkan peradangan kantong yang terapat pada sisi luar usus besar.

Fibroid

Fibroid merupakan suatu kondisi tumbuhnya otot-otot di dalam rahim secara tidak normal. Fibroid juga bisa disebut batu rahim. Hal ini karena penyakit ini muncul seperti bila keras pada dinding rahim. Dan mereka akan membelah dan tumbuh secara berlahan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab dari sakit perut. Untuk mengatasinya, seringkali dilakukan operasi.

Pelvic Inflammatoty Disease

Pelvic Inflammatoty Disease atau PID merupakan infeksi bakteri rahim, ovarium dan juga tuba fallopi atau yang biasa disebut dengan penyakit radang panggul. Penyakit ini menyebabkan meningkatnya keputihan dan rasa sakit pada perut bagian bawah. Penularan penyakit PID ini adalah lewat hubungan seksual. Penularannya pun dari miss V dan leher rahim sampai ke perut.

Gangguan lambung

Jika perut sebelah kiri atas nyeri dan sakit kemungkinan besar juga dapat disebabkan karena gangguan lambung. Beberapa gangguan lambung yang dapat terjadi adalah gastritis, tukak lambung dan juga esophagitis. Bagi Anda yang memiliki riwayat sakit lambung, sebaiknya segera periksakan ke dokter jika mengalami hal ini. Karena terlambat dalam penanganan dapat membuat penyakit ini semakin berbahaya.

Radang pankreas

Berikutnya adalah radang pankreas. Seperti yang Anda ketahui pankreas merupakan salah satu organ tubuh yang terletak di sebelah kiri. Mungkin saja jika organ ini mengalami masalah kesehatan sehingga menyebabkan sakit perut.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails