Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

LANGKAH SEDERHANA MENJAGA KESEHATAN MATA SAMPAI TUA

http://mypotik.blogspot.com/2017/09/langkah-sederhana-menjaga-kesehatan.html
LANGKAH SEDERHANA MENJAGA KESEHATAN MATA SAMPAI TUA


Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting. Karena dengan mata kita bisa melihat keindahan pemandangan, menonton tv, dan lain sebagainya. Dari fungsinya yang sangat penting tersebut sehingga para pakar menyatakan bahwa sekitar 83 persen jalur informasi dilakukan oleh mata.

Agar mata tetap sehat hingga tua, kita dapat melakukan langkah-langkah berikut :

1. Memilih Makanan yang Sehat

Agar mata tetap sehat kita perlu memilih makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Makanan yang kaya Omega-3, lutein, zinc, Vitamin C dan E dapat menjaga kesehatan mata dan menghindari dari penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Berikut makanan yang baik untuk kesehatan mata:
  • sayuran hijau seperti kale, bayam, sawi
  • Ikan seperti salmon dan tuna
  • Telur, kacang, sayuran kacang-kacangan serta makanan protein yang tidak berasal dari daging lainnya.
  • Jeruk, lemon, sitrus.
Jaga pola makan sehat agar terhindar dari obesitas yang bisa menyebabkan diabetes tipe 2. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan.

2. Berhenti merokok

Berhentilah untuk merokok, karena rokok dapat membuat Anda berisiko terkena penyakit katarak, kerusakan saraf-safat optik, serta degenarasi pada mata.

baca juga artikel lainnya tentang kesehatan PENGOBATAN EFEKTIF UNTUK MENGATASI BOPENG PADA WAJAH

3. Menggunakan kacamata anti UV

Jika cahaya matahari sangat terik, sebaiknya gunakan kacamata hitam agar sinar matahari tidak langsung mengenai mata anda. Mata yang terlalu banyak mendapatkan paparan sinar UV bisa meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Sebaiknya pilih kacamata yang bisa menahan UVA dan UVB sampai 99 hingga 100 persen.

4. Gunakan pelindung mata

Anda yang bekerja pada tempat yang berisiko mencederai mata sebaiknya menggunakan pelindung mata. Beberapa pekerjaan seperti mengelas dan pemotongan kayu merupakan tempat kerja yang berbahaya bagi mata.

5. Hindari terlalu lama menatap layar computer

Terlalu lama menatap layar computer ataupun smartphone dapat memgakibatkan pandangan jadi kabur, mata kering, mata sulit fokus, nyeri punggung, leher dan bahu. Sehingga agar mata tetap sehat pastikan jarak mata dengan layar sekitar 35 cm, pilih kursi yang nyaman, dan biasakan setiap 20 menit istirahatkan mata dengan melihat sejauh 20 meter ke depan selama 20 detik. Dan setiap dua jam sekali istirahat selama 15 menit.

6. Rutin memeriksakan mata ke dokter mata

Sebaiknya lakukan pemeriksaan pada mata sejak dini. Hal ini untuk mengetahui mengenai kondisi rabun jauh, rabun dekat, maupun silinder pemeriksaan mata, selain itu juga dapat untuk mengetahui lebih awal penyakit mata glukoma. Glukoma merupakan penyakit pada mata yang tidak memiliki gejala. Sehingga alangkah baiknya jika mengatahui penyakit ini lebih awal.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails