Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENGOBATAN EFEKTIF UNTUK MENGATASI BOPENG PADA WAJAH



Wajah merupakan bagian tubuh yang memberikan kesan pertama pada setiap orang yang berinteraksi dengan kita. Wajah bersih, rapi dan terawat juga akan meningkatkan rasa percaya diri Anda menjalani aktivitas sehari-hari.

Salah satu masalah wajah yang sering mengganggu adalah bopeng pada kulit wajah. Bopeng sulit untuk disembunyikan dengan menggunakan kosmetik. Justru riasan wajah ini tidak merata dan memberikan kesan bergelombang. Menggunakan riasan terlalu tebal juga tidak baik karena terkesan norak dan menor. Jika dibiarkan terus menerus maka akan semakin menyeramkan.

Adanya bopeng seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya itu bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang namun disisi lain bopeng di wajah pula dapat menimbulkan masalah yang lebih serius. Anda sebaiknya janganlah menganggap hal yang sepele adanya bopeng ini :
  • Berpotensi besar kulit wajah terkena iritasi, karena pada cekungan-cekungan bopeng memungkinkan bakteri ataupun debu menempel disana
  • Apabila bekas bopeng dibiarkan maka yang terjadi bekas bopeng tersebut akan semakin melebar bahkan timbul di area kulit lainnya
  • Kulit nampak kusam, terlihat rusak seperti yang tidak terawat
Baca juga artikel lain tentang kesehatan PENYAKIT ALERGI KULIT TAK KUNJUNG SEMBUH

Malas mengobati bopeng di kulit wajah bisa membuat peradangan semakin menyebar dan parah. Pasalnya bakteri penyebab peradangan bisa dengan mudah menyebar ke area disekitarnya. Karena itu, Anda harus mengobati bopeng ini sekaligus area di sekitarnya untuk mencegah peradangan menyebar.

Sekilas Informasi Mengenai Bopeng Di Kulit Wajah

Bopeng ialah bentuk cekungan-cekungan pada wajah akibat dari penderita jerawat yang menggaruk jerawat dengan tangan atau kuku sehingga terjadilah perpecahan pada jerawat sebelum waktunya yang kemudian meninggalkan bekas. Sebenarnya bopeng dapat dicegah asalkan penderita tidak menggaruk atau memencetnya, tapi dibiarkan sampai jerawat hilang dengan sendirinya. Untuk mempercepat proses tersebut anda bisa membaca cara menghilangkan jerawat alami.

Memencet jerawat menggunakan kuku atau alat lain selain dapat menimbulkan bopeng juga memiliki resiko lain yang cukup berbahaya. Jerawat yang dipencet akan menimbulkan perdangan disekitar area jerawat dan apabila alat yang dipakai tidak higienis akan mengakibatkan bakteri masuk dan menginveksi jerawat sehingga akan menimbulkan lebih banyak jerawat bahkan dapat merangsang tumbuhnya jerawat batu.

Penyebab lain bopeng di kulit wajah
Tidak hanya jerawat saja yang berbekas menjadi bopeng, ada beberapa hal yang menyebabkan bopeng itu tumbuh di kulit wajah, diantaranya :
  • Menumpuknya kulit mati - Menumpuknya sel-sel kulit mati juga merupakan salah satu penyebab terjadinya bopeng. Pada saat banyaknya kulit mati yang menumpuk membuat kulit wajah menjadi kusam dan mudah sekali untuk terjadi infeksi yang mana akhirnya akan membuat kulit wajah menjadi bopeng.
  • Luka (cacar, cakaran kuku dan lainnya) - Bekas luka di wajah juga merupakan salah satu penyebab bopeng. Jangan pernah menggaruk – garuk bekas gigitan nyamuk yang mana akan membuatnya menjadi korengan dan akhirnya bekas bopeng yang sulit dihilangkan. Bekas penyakit cacar juga akan menjadi bopeng jika pada saat kita cacar, muncul benjolan diwajah dan kita menggaruknya.
  • Rendahnya kadar kolagen dalam kulit - Bopeng bekas jerawat juga dapat disebabkan karena minimnya kolagen pada area tersebut ketika jerawat berangsur membaik. Kurangnya kolagen membuat jaringan kulit tidak cukup untuk menutupi area kulit yang meradang sehingga membuat tampilannya saat sembuh menjadi cekung.
  • Wajah jarang dibersihkan dengan benar - Ternyata membersihkan wajah menggunakan sabun muka saja tidak cukup. Anda juga harus melakukan scrubbing paling tidak seminggu sekali guna mengikis tumpukan sel kulit matinya. Sel kulit mati yang dibiarkan tertimbun di wajah dapat menjadi sarang yang nyaman bagi kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Bopeng dapat membuat penderitanya kurang percaya diri apalagi bagi para remaja. Karena jerawat umumnya terjadi pada masa remaja oleh karenanya sangat penting untuk mengetahui dari awal penyebab jerawat dan cara mengatasinya dengan benar sehingga tak beresiko menjadi banyak atau semakin parah.


loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails