Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

CARA MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT DENGAN OBAT APOTEK

http://mypotik.blogspot.com/2017/11/cara-mengatasi-hidung-tersumbat-dengan.html
CARA MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT DENGAN OBAT APOTEK

1. Vicks VapoRub

Vicks VapoRub merupakan produk dekongestan yang dapat dibeli di apotek. Bahan aktif balsam seperti kapur barus, minyak eucalyptus, dan mentol dapat menghilangkan hidung tersumbat. Anda tinggal menggosokkan balsam ini ke dada, punggung, dan tenggorokan sebelum tidur agar pernafasan lebih lega dan tidur lebih nyenyak. Jangan gunakan balsam ini untuk anak yang usianya masih di bawah 2 tahun.

Cara lain adalah dengan mendidihkan air, lalu setelah apinya mati, masukkan sedikit Vicks VapoRub ke dalamnya. Dekatkan hidung ke atas uap panasnya sambil menudungi kepala dengan handuk lebar, tutup mata, lalu hirup uapnya selama beberapa menit. Ulangi sebanyak yang diperlukan. Metode ini tidak untuk anak yang usianya 12 tahun ke bawah.

2. Minyak Eucalyptus

Berkat sifat dekongestan dan antiradangnya, minyak eucalyptus juga ampuh atasi hidung tersumbat serta batuk. Anda tinggal menambahkan 3-5 tetes minyak eucalyptus ke dalam air mendidih. Gunakan handuk untuk menutupi kepala dan hirup uap panasnya perlahan melalui hidung selama 2 menit saja. Tutup mata saat melakukannya 2 kali sehari.

Anda juga bisa membubuhkan 1-2 tetes minyak eucalyptus ke saputangan bersih (atau sarung bantal), lalu hirup aromanya. Saat mandi, tambahkan beberapa tetes minyak eucalyptus ke dalam air, lakukan sekali sehari.

3. Dekongestan

Dekongestan di apotek bisa muncul dalam bentuk semprot seperti naphazoline, oxymetazoline, maupun phenylephrine; atau pil seperti phenylephrine dan pseudoephedrine. Anda tinggal baca aturan pakainya, namun ingat, jangan minum lebih dari 1 minggu tanpa periksa ke dokter. Anda juga tidak disarankan mengunakan dekongestan semprot selama lebih dari 3 kali agar hidung tersumbat tak bertambah parah. Hindari memberikan dekongestan atau obat demam lain pada anak yang usianya masih di bawah 4 tahun.


4. Antihistamin

Jika alergi adalah penyebab hidung tersumbat, maka Anda perlu obat antialergi yang mengandung antihistamin. Kandungan ini juga bisa ditemui dalam obat demam.

5. Obat Pereda Rasa Sakit

Meski obat pereda rasa sakit seperti acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen tidak menghilangkan hidung tersumbat secara langsung, namun obat ini dapat meredakan sakit akibat tekanan pada sinus.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails