Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BERBAGAI CARA MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT

http://mypotik.blogspot.com/2017/11/cara-mengatasi-hidung-tersumbat-dengan_9.html
CARA MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT


Hidung tersumbat disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah, pembengkakan, serta iritasi yang terjadi akibat proses peradangan di rongga hidung. Keluhan ini kerap kali disertai dengan banyaknya ingus atau lendir, yang tentu saja menambah lengkap ketidaknyamanan. Sampai disini, siapapun pasti mengupayakan berbagai cara untuk menghilangkan hidung tersumbat. Namun, bagaimana cara yang paling efektif?

Produksi ingus atau lendir pada saat flu atau sejenisnya, sejatinya dilakukan tubuh sebagai upaya untuk mengusir agen penyakit atau penyebab masalah. Namun, apabila hal ini dirasa sangat mengganggu bahkan hidung tersumbat terus terjadi, maka kita harus mengatasinya dengan cara yang benar. Jangan salah, cara sembarangan dalam menghilangkan hidung tersumbat, justru malah akan memparah kondisinya.

Bagaimana hidung tersumbat bisa terjadi?

Mengetahui proses terjadinya suatu penyakit akan sangat bermanfaat dalam membantu pengobatan, termasuk masalah hidung tersumbat ini. Gangguan hidung tersumbat seringkali muncul akibat infeksi virus, misalnya pada common cold dan flu; akibat reaksi alergi, dan juga iritasi.

Semua penyebab di atas akan memicu reaksi peradangan yang menimbulkan berbagai gejala. Ketika radang terjadi, maka pembuluh darah di rongga hidung menjadi berukuran besar atau melebar, jaringan di sekitarnya pun menjadi membengkak hingga menutup aliran udara. Keluhan lain yang menyertai diantara; hidung terasa gatal yang memicu bersin-bersin, dan produksi lendir atau ingus menjadi lebih giat.

Umumnya kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya, namun bila hidung tersumbat tak kunjung sembuh dalam waktu 1 minggu, maka penyebabnya bisa jadi karena sinusitis akut, udara kering, perubahan hormon, asma, kehamilan, stres, gangguan tiroid, asap rokok, atau lainnya. Ada pula hidung tersumbat menahun, hal ini bisa terjadi akibat polip atau tumor. Untuk mengatasi hidung tersumbat seperti ini, maka Anda harus ke dokter.

Seperti apa hidung tersumbat yang bisa kita atasi sendiri di rumah?

Kita sepakat bahwa hidung tersumbat jelas bikin tak nyaman, terkhusus bagi anak-anak saat mereka tidur. Oleh karenanya, kondisi ini harus segera diatasi, sebab bila tidak, maka bisa muncul masalah kesehatan lainnya seperti infeksi telinga, insomnia, dan lain sebagainya.

Untungnya ada berbagai cara menghilangkan hidung tersumbat yang mudah dilakukan di rumah. Cara ini ditujukan untuk keluhan hidung mampet yang baru terjadi, atau baru beberapa hari Anda alami.

BACA JUGA:

Cara mengatasi hidung tersumbat di rumah:

1. Uap Panas

Menghirup uap panas merupakan cara menghilangkan hidung tersumbat yang cukup populer. Hal ini dikarenakan uap panas bekerja seperti ekspektoran alami sehingga dapat membersihkan sekaligus melumasi saluran pernafasan yang teriritasi.

Prakteknya mudah saja, tinggal didihkan sepanci air, tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus, lalu hirup uapnya selama 10 menit. Saat menghirup uap panas, lakukan 2-4 kali dalam sehari, dan beri jarak antara kepala dan airnya agar tak terlalu dekat. Jangan lupa hamparkan handuk di atas kepala untuk ‘menjebak’ uap panasnya. Menghirup uap dari humidifier atau air mandi panas juga dapat meredakan hidung tersumbat.

Meski sederhana dan tergolong alami, namun metode ini tidak disarankan untuk anak usia di bawah 12 tahun karena risiko luka bakar. Larangan serupa berlaku juga untuk ibu hamil, penderita hipertensi, gangguan jantung serta sistem saraf pusat.

2. Terapi Irigasi Hidung

Terapi ini menyertakan larutan garam yang juga efektif atasi hidung tersumbat. Saat melewati rongga hidung, larutan ini akan membilas ingus, serta penyebab iritasi sehingga pernafasan lebih lega.

Untuk menyiapkan larutan garamnya, masukkan 1 sdt garam tak beryodium (yodium dapat mengiritasi saluran hidung) ke dalam 2 cangkir air hangat. Lalu pilih salah satu dari 2 metode populer berikut untuk melakukan terapi iritasi.
Gunakan Neti pot – miringkan kepala ke belakang dan perlahan tuang larutan ke salah satu lubang hidung. Biarkan air keluar melalui lubang hidung satunya.
Pilihan lain adalah dengan menuangkan larutan garam ke telapak tangan yang sudah dicuci bersih, lalu hirup air tersebut melalui lubang hidung secara bergantian.

Terapkan terapi irigasi hidung ini 1-2 kali sehari selama beberapa hari.

3. Perhatikan jenis makanan

Mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai, jahe, dan bawang, juga bisa menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat. Begitu pula dengan sup ayam, makanan sumber omega-3, dan vitamin C yang dapat mendongkrak sistem imun tubuh. Sebaliknya, hindari mengonsumsi produk susu, gula, kentang, dan sayuran berzat tepung agar produksi ingus tidak bertambah.

4. Tinggikan Kepala

Seperti telah dijelaskan bahwa pelebaran pembuluh darah menjadi penyebab utama hidung tersumbat. Darah adalah cairan, tentu akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Jadi agar darah tidak banyak mengumpul di area hidung, tinggikan kepala saat berbaring. Cara sederhana ini akan membuat nyaman tidur Anda, karena terbebas dari hidung tersumbat.

5. Kompres Hangat

Mengaplikasikan kompres hangat ke lubang hidung dapat membantu melancarkan hidung tersumbat karena saluran nafas terbuka. Suhu hangat akan meringankan peradangan serta dapat mengencerkan lendir.

6. Minum Lebih Banyak Air

Air dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sekaligus membantu mengencerkan ingus sehingga lebih mudah keluar. Dengan demikian saluran udara di hidung bisa lebih cepat bersih.

7. Banyak Istirahat

Ketika hidung tersumbat, Anda juga mesti banyak istirahat agar tubuh cepat pulih. Saat malam, taruhlah beberapa bantal di bawah kepala agar proses bernafas lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan pada poin 4 di atas.


8. Jauhi Alergen


Beberapa kasus hidung tersumbat terjadi akibat proses alergi. Alergi tidak akan terjadi ketika seseorang menghindari penyebabnya (alergen). Mengenai alergen ini, setiap orang yang alergi memiliki pemicu khasnya tersendiri, mislanya debu, bulu hewan, dan lain-lain.

9. Olahraga Teratur

Olahraga teratur juga bisa mengobati hidung tersumbat dengan cepat dan alami. Namun sementara waktu, hindari berenang dalam kolam yang mengandung klorin karena zat ini dapat mengiritasi saluran hidung.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERBAGAI CARA MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner