Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

CARA MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT DENGAN RAMUAN HERBAL ALAMI

https://mypotik.blogspot.co.id/2017/11/cara-mengatasi-hidung-tersumbat-dengan_9.html
CARA MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT DENGAN RAMUAN HERBAL ALAMI

Selain kedua metode tadi, ada pula beberapa bahan alami yang disinyalir dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat. Beberapa di antaranya adalah:

1. Cuka Apel

Cuka apel merupakan obat alami terbaik untuk menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat. Sifat dekongestan alaminya mampu mencerna ingus dan melegakan hidung tersumbat. Selain itu, kandungan potasium dalam cuka apel dapat mengeringkan hidung berair. Anda dapat menghilangkan hidung tersumbat dengan cuka apel menggunakan resep berikut:

Campurkan 2 sdm cuka apel (pilih yang raw/ mentah dan belum difilter) dan 1 sdm madu ke dalam secangkir air. Minum larutan ini 2-3 kali sehari selama beberapa hari.
Tuang air dan cuka apel (perbandingan sama) dalam sebuah panci. Didihkan lalu hirup uapnya. Pastikan Anda menutup mata saat melakukannya agar tidak tersengat. Lakukan 2- kali sehari atau sebanyak yang diperlukan.

2. Bubuk Cabai

Bubuk cabai sangat efektif untuk menghilangkan hidung dan sinus yang tersumbat. Semua ini berkat kandungan capsaicinnya yang bekerja sebagai dekongestan alami. Selain itu, sensasi pedas dari cabai juga bisa melancarkan keluarnya ingus dan alergen dari sinus.

Anda tinggal menambahkan ½ sdt bubuk cabai ke dalam 1 sdm madu, lalu konsumsi itu beberapa kali sehari. Pilihan lain adalah dengan mencelupkan sedikit ujung cotton bud ke dalam bubuk cabai, lalu perlahan masukkan itu ke lubang hidung guna merangsang terjadinya bersin. Meski nantinya mungkin ada sensasi terbakar, namun itu akan segera hilang bersamaan dengan ingus yang keluar. Lakukan 2-3 kali sehari.


3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antivirus, antibakteri, dan antijamur sehingga dapat melawan infeksi pernafasan penyebab hidung tersumbat. Selain itu, bawang putih juga bisa mengontrol produksi ingus yang berlebih serta mencegah infeksi. Hal itu karena bawang putih merupakan pendongkrak kekebalan tubuh alami, maka otomatis bahan alami ini dapat mempercepat kesembuhan. Caranya:
Didihkan 2-3 siung bawang putih dalam 1 cangkir air. Anda juga boleh menambahkan ½ sdt bubuk kunyit. Minum 2 kali sehari hingga sembuh.
Makan bawang putih segar langsung.
Konsumsi suplemen bawang putih secara teratur juga bisa mencegah sekaligus meredakan hidung tersumbat. Namun untuk ini, Anda wajib berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

4. Jahe

Jahe mengandung antioksidan yang dapat menghalangi sekresi lendir/ ingus serta mempertahankan motilitas cilia hidung agar tetap normal. Di samping minum 2-3 cangkir teh jahe setiap hari, Anda juga dapat langsung mengunyah jahe mentah dengan garam beberapa kali sehari. Cara lain adalah dengan makan permen jahe yang banyak dijual di toko.

5. Tomat

Ketika jus tomat dipadukan dengan bawang putih, lemon, dan bubuk cabai, maka campuran ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara membuat teh tomat pedas adalah dengan mendidihkan 1 cangkir jus tomat bersama 2 siung bawang putih cincang, 2-3 sdt air perasan lemon, ½ sdt saus sambal (atau ¼ sdt bubuk cabai), dan sedikit garam laut. Minum teh pelan-pelan selagi panas sebanyak 2 kali sehari selama beberapa hari.

6. Bubuk Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit yang merupakan sumber antioksidan, antiradang, dan antibakteri, mampu mengurangi bengkak serta radang di saluran napas. Selain itu, kunyit juga dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh.

Panaskan segelas susu, tambahkan 1 sdt bubuk kunyit ke dalamnya, lalu didihkan lagi dengan api kecil selama 5 menit. Tuang ke dalam cangkir, tambahkan sedikit madu mentah, lalu minum susu kunyit ini 2 kali sehari untuk mempercepat kesembuhan. Alternatif lain adalah dengan mencampurkan 2 sdm jus kunyit, 1 sdm air lemon, 1 sdm madu, dan sedikit bubuk cabai. Minum campuran ini 1-2 kali sehari.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails