Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

CARA MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK

Sekarang ini sudah banyak orangtua yang menyadari betapa pentingnya pendidikan seks untuk anak. Tetapi para orangtua juga merasa bingung bagaimana caranya menanamkan pendidikan seks kepada anak mereka.

Kunci utama dalam memberikan pendidikan seks dini pada anak adalah komunikasi serta penyampaian yang tepat. Tips berikut bisa membantu Anda.

1. Ubah pandangan atau paradigma bahwa seks bukanlah hal yang tabu untuk dibicarakan. Biasakan bicara terbuka antar keluarga termasuk membicarakan seks.

2. Jelaskan secara ilmiah dan alamiah masalah seks pada anak, apabila anak Anda bertanya, jawablah dengan bahasa yang layak untuk didengar. Jangan sampai anak Anda malu, apalagi takut untuk bertanya. Jadi persiapkanlah jawaban yang tepat sebelum mengajaknya berdiskusi.

3. Ajarkan persoalan seks dari segi moral, norma, ilmiah dan agama agar anak dapat memahami seks dengan benar.

4. Pakailah istilah atau sebutan yang jelas dan tepat untuk menyebut organ-organ genital. Misalnya menggunakan istilah vagina dan penis.

5. Sesuaikan penjelasan mengenai seks berdasarkan usia dan tingkat pemahaman anak.

6. Batasi penjelasan atau jawaban hanya pada pertanyaan anak saja, tidak perlu melebarkan terlalu jauh topik pembicaraan.

7. Peka terhadap pertanyaan kritis anak Anda, bahkan apabila anak bertanya soal mimpi basah atau masturbasi. Katakan itu hal yang wajar terjadi dalam usia puber.

detik
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner