Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Anak 8 Tahun Kena Penyakit Ganas, Terlihat Seperti Nenek 80 Umur Tahun



Sungguh memprihatinkan dan mengenaskan melihat nasib anak perempuan yang masih berusia 8 tahun ini, karena sebuah penyakit yang aneh dan ganas Diaz nama anak perempuan yang berasal dari Cajamarca Peru ini harus menjalani hidupnya dengan kesusahan.

Dikutip ruanghati.com dari kantor berita Cina Xinhua menyebutkan bahwa sejak lahir jantung Diaz sudah tidak bisa berfungsi normal, pandangan matanyapun demikian, salah satu matanya menderita kebutaan permanen sedang yang sisi lainnya menderita katarak. Selain itu Diaz juga menderita Osteoporosis (kerapuhan tulang). Menurut analisa kedokteran setempat salah satu penyebab kondisi ini adalah karena gizi buruk selama masa kandungan terutama kekurangan asam folat.

Namun dalam laporan lain disebutkan penyakit yang di derita oleh Aracely Diaz nama lengkap gadis cilik ini disebabkan karena mutasi gen, dimana kasus seperti ini sangat langka dan bisa terjadi 1 : 2 juta kelahiran. Ibu Diaz sendiri Elvia Rojas mengaku sangat heran kejadian yang menimpa putrinya mulai sejak usia balita ini.

Eva Klein, seorang ahli genetik dari Institut Kedokteran Geriatrik, mengatakan kasus Aracely ini kali kedua terjadi di Peru dan saat ini ada 50 anak di dunia dengan progeria semacam ini . Dia mengatakan bahwa kejahatan ini disajikan oleh mutasi gen pada lengan panjang kromosom 1.


Diaz gadis usia 8 tahun ini tampak seperti seorang nenek usia 80 tahunan


Dengan kondisi seperti ini Diaz yang usianya masih 8 tahun sudah terlihat sangat tua bahkan nyaris seperti seorang nenek nenek baik dari wajahnya dan kulitnya, kasihan sekali ya. Semoga Tuhan memberikan kasih sayang padanya dan memberikan jalan keluar yang terbaik baginya.



Penyakit menggerogoti Diaz yang masih 8 tahun ini




sumber :www.ruanghati.com
READ MORE - Selengkapnya

MOHA KOH MASIH TETAP HIDUP WALAU SEBUTIR PELURU ADA DI TUBUHNYA

Keberuntungan rupanya masih menghinggapi Moha Koh. Perempuan asal Singapura ini, tetap hidup, meski sebutir peluru masih bersarang di tubuhnya.
Peluru bersarang di antara tulang belakang dan hati perempuan pemilik klub malam ini.

Pada 1994, seseorang menembakkan dua peluru ketika Koh sedang menunggu elevator di Katong People Complex atau lebih dikenal sebagai Mal Katong.

Peluru pertama mengenai wajah dan yang kedua mendarat di tulang belakang, sehingga membuatnya lumpuh secara permanen.

Dokter menyatakan pelurunya sudah menghancurkan tulang belakangnya dan jika diambil dia hanya memiliki kesempatan hidup 5 persen.



Sejak saat itu Koh menggunakan kursi roda dan menahan sakit.

“Tidak ada yang menyadari saya kesakitan. Saya sudah beradaptasi dengan sakit selama belasan tahun ini,” tutur Koh dalam bahasa Mandarin, Minggu (30/5/2010).



sumber :http://solocybercity.wordpress.com
READ MORE - Selengkapnya

AMY FERGUSON, DI USIA 6 TAHUN SUDAH JALANI CANGKOK JANTUNG SEBANYAK 3 X



Di usianya yang ke 6, Amy Ferguson telah memiliki Jantung yang ketiga. Pada cangkok Jantung nya yang pertama, tubuhnya menolak yang mengarah pada usaha cangkok Jantung yang ketiga.

Prediksi beberapa dokter yang menyatakan bahwa kelangsungan hidup Amy tak akan lama, ternyata salah. Pada tahun 2006, Amy jatuh sakit dan para dokter memperkirakan usia Amy tak akan lebih dari 24 jam.

Dokter mendiagnosa Amy memiliki infeksi aorta yang menhancurkan Jantungnya. Amy menerima transplantasi/Cangkok di Rumah Sakit Great Ormond Street di London.


Battling through: Amy after her second heart transplant operation

Tapi, meskipun obat anti penolakan tubuh telah diberikan, dua tahun kemudian ia kembali ke rumah sakit yang sama, di mana ibunya mengatakan ia membutuhkan transplantasi lain.

Meskipun komplikasi parah, operasi sembilan jam sukses dan minggu lalu Amy kembali ke sekolah di Dublin. Saat ini Amy sudah sehat dan melakukan pelatihan untuk hari olahraga di sekolahnya dan bertekad untuk segera sembuh.



sumber :http://www.kagakribet.com
READ MORE - Selengkapnya

Pusar adalah suatu tanda lubang tertutup di atas perut, yang dibuat oleh sengaja ketika tali pusar dilepas dan dipotong dari perut bayi yang baru lahir agar terlepas dari plasenta ibunya. Semua makhluk mamalia yang berplasenta pasti akan mempunyai pusar. Pada hewan umumnya pusar hanya terlihat seperti garis tipis yang samar.

Kotoran pada kulit (daki / bolot ), meskipun setiap hari kita sudah mandi, kotoran ini tetap ada. Ini disebabkan karena sebenarnya daki itu bukan cuma kotoran. Setiap hari ada sel mati yang mengandung keratin gugur dari permukaan kulit dan minyak yang keluar, semua bercampur bersama kotoran, itulah yang menjadi daki. Sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada lubang pusar menjadi kotoran di sana. Tetapi kotoran pusar itu tidak boleh dibersihkan.

Kenapa lubang pusar tidak boleh dibersihkan?



Kulit yang terdapat pada pusar lebih tipis daripada kulit pada bagian tubuh yang lainnya. Jadi, jika kulit dianalogikan sebagai dinding kastil, pusar dianggap sebagai pintu gerbangnya. Ingatkah anda, dulu waktu anda masih dalam kandungan ibu, pusar menjadi penghubung antara ibu dan anak. Dan sekarang pintu itu sudah tertutup. Pintu merupakan titik lemah dari suatu kastil. Dan pintu ini harus senantiasa kita jaga, karena jika pintu ini anda rusak sendiri dengan mengorek-korek atau membersihkannya yang akan menyebabkan pintu retak, anda yang akan rugi sendiri.

Bagaimana tidak, anda telah membukakan jalan pada jutaan musuh yang telah menunggu di sekeliling kastil anda. Walaupun di balik kulit masih ada pertahanan lainnya (Antibodi, makrofag, dll), apa salahnya jika anda menjaganya, karena tidak ada yang bisa menjamin prajurit anda di balik dinding kastil akan menang atas serangan musuh.


sumber :KASKUS.US dan unic77.tk
READ MORE - Selengkapnya

TERNYATA BERPIKIR NEGATIF DAPAT MENINGKATKAN MEMORI OTAK


Dibawah ini kembali ada riset yang berusaha mengungkapkan salah satu dari sekian banyak misteri yang ada dalam perasaan (jiwa) manusia. Yaitu tentang Mood! Mood adalah manifestasi dari perasaan, seperti diketahui bahwasanya perasaan manusia itu meskipun banyak ahli yang memiliki teori untuk menjelaskannya, tetap saja masih merupakan misteri yang tersembunyi dan harus digali dan digali. Penelitian dari seorang professor dibawah ini hanyalah salah satunya saja dari penjelasan yang ada dalam jiwa manusia terutama yang berkaitan dengan misteri perasaan manusia!


Bahwa “Bad mood” (suasana hati yang lagi jelek) itu bisa benar-benar baik bagi anda? Setidaknya demikian klaim suatu studi di Benua Kangguru, Australia. Studi tersebut menemukan bahwa menjadi sedih membuat orang lebih mudah tertipu, sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk menilai orang lain dan juga meningkatkan memori.


Profesor Joseph Forgas


Penelitian yang ditulis oleh Joseph Forgas, seorang Profesor psikologi di University of New South Wales, menunjukkan bahwa orang-orang dalam suasana hati yang negative cenderung lebih kritis, mendapatkan perhatian lebih dari lingkungan mereka daripada orang-orang lebih bahagia, yaitu mereka yang lebih cenderung percaya apa saja terhadap apa saja yang dikatakan.


"Padahal tampaknya suasana hati positif untuk mempromosikan kreativitas, fleksibilitas, kerja sama, dan ketergantungan pada cara jalan pintas mental. Sedangkan suasana hati yang negatif memicu lebih dalam hal perhatian, hati-hati dalam berpikir sehingga memunculkan perhatian yang lebih besar kepada dunia luar," Kata Prof. Forgas.


Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kesedihan, dapat mempromosikan strategi pengolahan informasi yang paling cocok untuk menghadapi situasi yang lebih menuntut. Untuk penelitian ini, Profesor Forgas dan timnya melakukan beberapa percobaan yang dimulai dengan mendorong suasana hati gembira atau sedih dalam mata pelajaran mereka ampu melalui menonton film dan mengingat peristiwa positif dan negatif.


Dalam salah satu percobaan, bahagia dan sedih peserta (dalam mata pelajaran tersebut), diminta untuk menilai kebenaran mitos dan rumor perkotaan dan menemukan bahwa orang-orang dalam suasana hati yang negatif cenderung kurang percaya pernyataan-pernyataan disekitarnya.

Orang-orang dalam mood yang buruk juga kurang memungkinan untuk membuat “snap” keputusan berdasarkan prasangka ras maupun agama, dan mereka cenderung tidak membuat kesalahan ketika diminta untuk mengingat sebuah peristiwa yang mereka saksikan.

Penelitian ini juga menemukan bahwa orang-orang yang sedang sedih, menyatakan lebih baik dalam kasus yang mereka alami. Demikian yang diungkapkan peserta melalui argumen tertulis, sehingga Forgas menyimpulkan bahwa "suasana hati agak negatif sesungguhnya dapat mendorong kearah yang lebih konkret, akomodatif dan pada akhirnya lebih mensukseskan gaya komunikasi".

Mood Positif bukanlah hasrat yang universal. Orang-orang dalam suasana hati yang negatif tidak mudah menghakimi kesalahan, lebih tahan terhadap distorsi yang dilihat oleh mata serta menghasilkan kualitas tinggi, cenderung efektif memiliki pesan kreatif dan persuasif. Jadi tidak ada salahnya jika anda sesekali bepikiran negatif.





sumber :http://kodzan.blogspot.com
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL GEJALA DAN PENGOBATAN PEMBESARAN LIMPA

Limpa menghasilkan, memantau, menyimpan dan menghancurkan sel darah.
Limpa merupakan organ sebesar kepalan tinju yang lembut dan berongga-rongga, dan berwarna keunguan.
Limpa terdapat dibagian atas rongga perut, tepat dibawah lengkung tulang iga di sebelah kiri.

Limpa berfungsi sebagai 2 organ.
Bagian yang putih merupakan sistem kekebalan untuk melawan infeksi dan bagian yang merah bertugas membuang bahan-bahan yang tidak diperlukan dari dalam darah (misalnya sel darah merah yang rusak).

Sel darah putih tertentu (limfosit) menghasilkan antibodi pelindung dan memegang peranan penting dalam melawan infeksi.
Limfosit dapat dibentuk dan mengalami pematangan di dalam bagian putih limpa.

Bagian merah limpa mengandung sel darah putih lainnya (fagosit) yang mencerna bahan yang tidak diinginkan (misalnya bakteri atau sel yang rusak) dalam pembeluh darah.
Bagian merah memantau sel darah merah (menentukan sel yang abnormal atau terlalu tua atau sel yang mengalami kerusakan) dan menghancurkannya.
Karena itu, bagian merah ini kadang disebut sebagai kuburan sel darah merah.

Bagian merah juga berfungsi sebagai cadangan untuk elemen-elemen darah, terutama sel darah putih dan trombosit.
Pada banyak binatang, bagian merah ini melepasakan elen darah ke dalam darah sirkulasi pada saat tubuh memerlukannya; tetapi pada manusia pelepasan elemen ini bukan merupakan fungsi limpa yang penting.

Jika limpa diangkat melalui pembedahan (splenektomi), tubuh akan kehilangan beberapa kemampuannya untuk menghasilkan antibodi pelindung dan untuk membuang bakteri yang tidak diinginkan dari tubuh.
Sebagai akibatnya, kemampuan tubuh dalam melawan infeksi akan berkurang.
Tidak lama kemudian, organ lainnya (terutama hati) akan meningkatkan fungsinya dalam melawan infeksi untuk menggantikan kehilangan tersebut, sehingga peningkatan resiko terjadinya infeksi tidak akan berlangsung lama.

Jika limpa membesar (splenomegali), kemampuannya untuk menangkap dan menyimpan sel-sel darah akan meningkat.
Splenomegali dapat menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah, sel darah putih dan trombosit dalam sirkulasi.

Jika limpa yang membesar menangkap sejumlah besar sel darah yang abnormal, sel-sel ini akan menyumbat limpa dan mengganggu fungsinya.
Proses ini menyebabkan suatu lingkaran setan, yaitu semakin banyak sel yang terperangkap dalam limpa, maka limpa akan semakin membesar; semakin membesar limpa, maka akan semakin banyak sel yang terperangkap.

Jika limpa terlalu banyak membuang sel darah dari sirkulasi (hipersplenisme), bisa timbul sejumlah masalah, seperti:
- anemia (karena jumlah sel darah merah berkurang)
- sering mengalami infeksi (karena jumlah sel darah putih berkurang)
- kelainan perdarahan (karena trombosit berkurang).
Pada akhirnya limpa yang sangat membesar juga menangkan sel darah merah yang normal dan menghancurkannya bersama dengan sel-sel yang abnormal.


PENYEBAB
Penyebab pembesaran limpa:
Infeksi
- Hepatitis
- Mononukleosis infeksiosa
- Psitakosis
- Endokarditis bakterialis subakut
- Bruselosis
- Kala-azar
- Malaria
- Sifilis
- Tuberkulosis


Anemia
- Elliptositosis herediter
- Sferositosis herediter
- Penyakit sel sabit (terutama pada anak-anak)
- Thalassemia


Kanker darah dan penyakit proliferatif
- Penyakit Hodgkin dan limfoma lainnya
- Leukemia
- Mielofibrosis
- Polisitemia vera


Penyakit peradangan
- Amiloidosis
- Sindroma Felty
- Sarkoidosis
- Lupus eritematosus sistemik


Penyakit hati
- Sirosis


Penyakit penimbunan
- Penyakit Gaucher
- Penyakit Hand-Sch?ller-Christian
- Penyakit Lettere-Siwe
- Penyakit Niemann-Pick


Penyebab lain
- Kisata dalam limpa
- Penekanan terhadap vena dari limpa atau vena yang menuju ke hati
- Bekuan darah dalam vena dari limpa atau vena yang menuju ke hati.


GEJALA
Limpa yang membesar tidak menyebabkan banyak gejala, dan tidak satupun gejala yang menunjukkan penyebab membesarnya limpa.

Limpa yang membesar terletak di dekat lambung dan bisa menekan lambung, sehingga penderita bisa merasakan perutnya penuh meskipun baru makan sedikit makanan kecil atau bahkan belum makan apa-apa.

Penderita juga bisa merasakan nyeri perut atau nyeri punggung di daerah limpa, yang bisa menjalar ke bahu, terutama jika sebagian limpa tidak mendapatkan cukup darah dan mulai mati.

DIAGNOSA
Biasanya pada pemeriksaan fisik, seorang dokter dapat merasakan adanya pembesaran limpa.

Pembesaran limpa juga bisa terlihat pada foto rontgen perut.

Kadang diperlukan CT scan untuk menentukan besarnya limpa dan melihat adanya penekanan terhadap organ di sekitarnya.
MRI scan juga memberikan hasil yang sama dengan CT scan dan juga bisa mengikuti aliran darah yang melalui limpa.

Pemeriksaan penyaringan lainnya menggunakan partikel radioaktif yang ringan untuk mengukur besarnya limpa dan fungsinya serta untuk menentukan apakah terdapat penumpukan atau penghancuran sel darah dalam jumlah besar.

Pemeriksaan darah menunjukkan berkurangnya jumlah sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.
Pada pemeriksaan dibawah mikroskop, bentuk dan ukuran sel darah bisa memberikan petunjuk mengenai penyebab membesarnya limpa.

Pemeriksaan sumsum tulang dapat menemukan adanya kanker sel darah (misalnya leukemia atau limfoma) atau penumpukan bahan-bahan yang tidak diinginkan.

Pengukuran protein darah bisa membantu menyingkirkan beberapa keadaan, seperti multipel mieloma, amiloidosis, malaria, kala-azar, bruselosis, tuberkulosis dan sarkoidosis.

Kadar asam urat (produk sisa yang ditemukan dalam darah dan air kemih) dan kadar alkalin fosfatase (suatu enzim yang ditemukan pada beberapa sel darah) dalam leukosit, juga diukur untuk menentukan apakah terdapat leukemia atau limfoma.

Pemeriksaan fungsi hati membantu menentukan adanya kerusakan hati.


PENGOBATAN
Jika memnungkinkan, dilakukan pengobatan terhadap penyakit yang menyebabkan terjadinya pembesaran limpa.

Pengangkatan limpa melalui pembedahan jarang diperlukan dan bisa menyebabkan masalah, seperti kepekaan terhadap infeksi yang serius.
Tetapi pada keadaan tertentu resiko ini lebih baik dihadapi, yaitu jika:
  • limpa dengan sangat cepat menghancurkan sel darah merah sehingga terjadi anemia yang berat
  • cadangan sel darah putih dan trombosit sangat berkurang, sehingga mudah mengalami infeksi dan perdarahan
  • limpa sangat membesar sehingga menyebabkan nyeri atau menekan organ lainnya
  • limpa sangat membesar sehingga sebagian dari limpa mengalami perdarahan atau mati.

    Sebagai alternatif lain dari pembedahan, kadang dilakukan terapi penyinaran untuk memperkecil limpa.
MEDISCASTORE.COM
READ MORE - Selengkapnya

BAYI BERMATA SATU LAHIR DI ISRAEL

Beredar Foto seorang bayi dengan mata satu diberbagai media-media forum di internet, bayi yang diyakini lahir di Israel tersebut juga banyak menjadi perdebatan, karena sebagian diantara netters di forum,Hari ini i-dus.com bertemakan tentang”Lahirnya bayi dajjal di Israel ?. menyatakan bahwa bayi ini merupakan dajjal yang akan datang kedunia pada saat hari kiamat tidak lama lagi akan tiba.

Berikut adalah foto bayi bermata satu yang banyak menimbulkan pro dan kontra dikalangan netters dan menjadi ajang perdebatan dibeberapa forum-forum internet. lihat foto2 nya



apakah ini merupakan tanda2 datangnya hari kiamat?
yg bisa kita lakukan hanyalah beribadah krna kita tdak tahu kapan itu trjadi.

Sumber : http://budiantobjm.blogspot.com/
READ MORE - Selengkapnya

ANEMIA YANG DISEBABKAN OLEH PENDARAHAN

Anemia Karena Perdarahan Hebat adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pengangkut oksigen) yang disebabkan oleh perdarahan hebat.


PENYEBAB
Perdarahan hebat merupakan penyebab tersering dari anemia.
Jika kehilangan darah, tubuh dengan segera menarik cairan dari jaringan diluar pembuluh darah sebagai usaha untuk menjaga agar pembuluh darah tetap terisi.
Akibatnya darah menjadi lebih encer dan persentase sel darah merah berkurang.

Pada akhirnya, peningkatan pembentukan sel darah merah akan memperbaiki anemia.
Tetapi pada awalnya anemia bisa sangat berat, terutama jika timbul dengan segera karena kehilangan darah yang tiba-tiba, seperti yang terjadi pada:
- Kecelakaan
- Pembedahan
- Persalinan
- Pecahnya pembuluh darah.

Yang lebih sering terjadi adalah perdarahan menahun (terus menerus atau berulang-ulang), yang bisa terjadi pada berbagai bagian tubuh:
Perdarahan hidung dan wasir : jelas terlihat
Perdarahan pada tukak lambung dan usus kecil atau polip dan kanker usus besar) : mungkin tidak terlihat dengan jelas karena jumlah darahnya sedikit dan tidak tampak sebagai darah yang merah di dalam tinja; jenis perdarahan ini disebut perdarahan tersembunyi
Perdarahan karena tumor ginjal atau kandung kemih ; bisa menyebabkan ditemukannya darah dalam air kemih
Perdarahan menstruasi yang sangat banyak.



GEJALA
Hilangnya sejumlah besar darah secara mendadak dapat menyebabkan 2 masalah:
Tekanan darah menurun karena jumlah cairan di dalam pembuluh darah berkurang
Pasokan oksigen tubuh menurun karena jumlah sel darah merah yang mengangkut oksigen berkurang.
Kedua masalah tersebut bisa menyebabkan serangan jantung, stroke atau kematian.

Anemia yang disebabkan oleh perdarahan bisa bersifat ringan sampai berat, dan gejalanya bervariasi.
Anemia bisa tidak menimbulkan gejala atau bisa menyebabkan:
- pingsan
- pusing
- haus
- berkeringat
- denyut nadi yang lemah dan cepat
- pernafasan yang cepat.

Penderita sering mengalami pusing ketika duduk atau berdiri (hipotensi ortostatik).
Anemia juga bisa menyebabkan kelelahan yang luar biasa, sesak nafas, nyeri dada dan jika sangat berat bisa menyebabkan kematian.

Berat ringannya gejala ditentukan oleh kecepoatan hilangnya darah dari tubuh.
Jika darah hilang dalam waktu yang singkat (dalam beberapa jam atau kurang), kehilangan sepertiga dari volume darah tubuh bisa berakibat fatal.
Jika darah hilang lebih lambat (dalam beberapa hari, minggu atau lebih lama lagi), kehilangan sampai dua pertiga dari volumer darah tubuh bisa hanya menyebabkan kelelahan dan kelemahan atau tanpa gejala sama sekali.



PENGOBATAN
Pengobatan tergantung kepada kecepatan hilangnya darah dan beratnya anemia yang terjadi.

Satu-satunya pengobatan untuk kehilangan darah dalam waktu yang singkat atau anemia yang berat adalah transfusi sel darah merah.

Selain itu, sumber perdarahan harus ditemukan dan perdarahan harus dihentikan.

Jika darah hilang dalam waktu yang lebih lama atau anemia tidak terlalu berat, tubuh bisa menghasilkan sejumlah sel darah merah yang cukup untuk memperbaiki anemia tanpa harus menjalani transfusi.

Zat besi yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah juga hilang selama perdarahan.
Karena itu sebagian besar penderita anemia juga mendapatkan tambahan zat besi, biasanya dalam bentuk tablet.

READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL LEUKEMIA MIELOID AKUT

Leukemia Mieloid (mielositik, mielogenous, mieloblastik, mielomonositik, LMA) Akut adalah penyakit yang bisa berakibat fatal, dimana mielosit (yang dalam keadaan normal berkembang menjadi granulosit) berubah menjadi ganas dan dengan segera akan menggantikan sel-sel normal di sumsum tulang.

Leukemia ini bisa menyerang segala usia, tetapi paling sering terjadi pada dewasa.

Sel-sel leukemik tertimbun di dalam sumsum tulang, menghancurkan dan menggantikan sel-sel yang menghasilkan sel darah yang normal.
Sel kanker ini kemudian dilepaskan ke dalam aliran darah dan berpindah ke organ lainnya, dimana mereka melanjutkan pertumbuhannya dan membelah diri.
Mereka bisa membentuk tumor kecil (kloroma) di dalam atau tepat dibawah kulit dan bisa menyebabkan meningitis, anemia, gagal hati, gagal ginjal dan kerusakan organ lainnya.


PENYEBAB
Pemaparan terhadap radiasi (penyinaran) dosis tinggi dan penggunaan beberapa obat kemoterapi antikanker akan meningkatkan kemungkinan terjadinya LMA.


GEJALA
Gejala pertama biasanya terjadi karena sumsum tulang gagal menghasilkan sel darah yang normal dalam jumlah yang memadai.
Gejalanya berupa:
- lemah
- sesak nafas
- infeksi
- perdarahan
- demam.

Gejala lainnya adalah sakit kepala, muntah, gelisah dan nyeri tulang dan sendi.


DIAGNOSA
Hitung jenis darah merupakan bukti pertama bahwa seseorang menderita leukemia.

Sel darah putih muda (sel blast) akan terlihat dalam sediaan darah yang diperiksa dibawah mikroskop.

Biopsi sumsum tulang hampir selalu dilakukan untuk memperkuat diagnosis dan menentukan jenis leukemia.




PENGOBATAN
Tujuan pengobatan adalah menghancurkan semua sel leukemik sehingga penyakit bisa dikendalikan.
LMA hanya memberikan respon terhadap obat tertentu dan pengobatan seringkali membuat penderita lebih sakit sebelum mereka membaik. Penderita menjadi lebih sakit karena pengobatan menekan aktivitias sumsum tulang, sehingga jumlah sel darah putih semakin sedikit (terutama granulosit) dan hal ini menyebabkan penderita mudah mengalami infeksi.

Mungkin diperlukan transfusi sel darah merah dan trombosit.

Pada kemoterapi awal biasanya diberikan sitarabin (selama 7 hari) dan daunorubisin (selama 3 hari).
Kadang diberikan obat tambahan (misalnya tioguanin atau vinkristin) dan prednison.

Setelah tercapai remisi, diberikan kemoterapi tambahan (kemoterapi konsolidasi) beberapa minggu atau beberapa bulan setelah pengobatan awal.

Biasanya tidak diperlukan pengobatan untuk otak.
Pencangkokan tulang bisa dilakukan pada penderita yang tidak memberikan respon terhadap pengobatan dan pada penderita usia muda yang pada awalnya memberikan respon terhadap pengobatan.


PROGNOSIS

50-85% penderita LMA memberikan respons yang baik terhadap pengobatan.
20-40% penderita tidak lagi menunjukkan tanda-tanda leukemia dalam waktu 5 tahun setelah pengobatan; angka ini meningkat menjadi 40-50% pada penderita yang menjalani pencangkokan sumsum tulang.

Prognosis yang paling buruk ditemukan pada:
- penderita yang berusia diatas 50 tahun
- penderita yang menjalani kemoterapi dan terapi penyinaran untuk penyakit lain.
MEDICASTORE.COM
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL 12 PENYAKIT WANITA

Dalam booklet yang disajikan kartini terangkum 12 penyakit yang sering dialami wanita. Berikut yang perlu anda tahu :

  • Sistitis atau radang kandung kemih

    Gejalanya sering buang air kecil dan disertai rasa pedih

    Cara mencegahnya hindari menahan kencing dan bersihkan orang intim dengan air bersih serta seringlah berganti celana dalam

  • Anemia

    Gejalanya ditandai dengan keadaan atau kondisi lesu, lelah, letih, lemah, kurang bersemangat dan pucat

    Cara mencegahnya perbanya makan sayur-sayuran yang mengandung zat besi seperti daun singkong, bayam, sawi hijau , kangkung dan kacang panjang

  • Keputihan

    Gejalanya ditandai dengan keluarnya cairan putih dari organ kewanitaan yang berwarna kuning kehijauan, lengket, berbau dan gatal.

    Cara mencegahnya usahakan organ kewanitaan selalu dalam keadaan kering sebelum berpakaian dan gunakan pakaian dalam kering yang menyerap keringat

  • Frigiditas
    Ditandai dengan kondisi wanita yang tetap “dingin” sekalipun mendapat rangsangan hebat. Keadaan ini membuat wanita tidak dapat menikmati hubungan intim

    Cara mengatasi konsultasi kepada psikiater dana jalani terapi untuk meredakan frigiditas

  • Osteoporosis

    Biasanya dialami oleh wanita pasca menopause akibat berkurangnya hormom estrogen. Menurunnya kepadatan tulang membuat tulang mudah keropos

    Cara mencegahnya jalan kaki secara tertaut dengan kecepatan 4,5 km / per jam selama 50 menit, 5 kali seminggu dan perbanyak konsumsi kalsium

  • Kandungan turun

    Penyebabnya dasar panggul yang lemah atau sering melahirkan

    Cara mencegah jangan memaksa mengejan saat BAB dan hindari mengangkat barang yang terlalu berat

  • Stress

    Penyebabnya tekanan atau masalah yang bertubi-tubi dalam waktu lama membuat seseorang menjadi stress

    Cara menanggulangi bicarakan kesulitan dengan orang terdekat untuk meringankan beban batin dan lupakan masalah untuk sementara waktu setelah itu atasi dengan tenang

  • Premenstruasi sindrom

    Gejalanya muncul menjelang menstruasi, seperti sakit perut, pusing, payudara bengkak, badan lesu, mudah marah, nafsu makan menurun dan kaki terasa berat

    Cara meminimalisir timbulnya keluhan yakni beberapa hari menjelang menstruasi kurangi konsumsi garam dan soda. Juga lakukan diet untuk menurunkan berat badan dan olah raga rutin

  • Amenorea

    Wanita usia subur akan mendapat haid secara teratur setiap bulan. Namun terkadang ada yang 3 bulan atau lebih baru mendapat haid. Siklus haid yang tidak normal disebut amenorea

    Penyebabnya, menyusui, kontrasepsi & menopause

    Cara mengatasi tergantung penyebabnya. Jika kegemukan, turunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal

  • Migraine

    Factor pemicu, seperti stress, cokelat, kopi, tidur berlebihan atau kurang tidur, kurang makan, perubahan cuaca atau tekanan udara, emosi berlebihan, bau menyengat, asap rokok, menjelang atau saat haid.

    Migrain bisa diatasi dengan obat sakit kepala biasa atau istirahat

  • Kanker payudara

    Cara pencegahan hindari stress, makanan berlemak, merokok dan minuman beralkohol. Perbanyak sayur, buah-biahan dan olah raga

  • Penurunan trombosit pada ITP

    kelainan pada sel pembekuan darah. Ditandai dengan bintik merah pada kulit hingga ruam kebiruan. Pemicu kekambuhan adalah kecapekan dan stress

    pencegahan hindari kecapekan. Bila sudah terasa letih sebaiknya istirahat. Juga hindari stres
READ MORE - Selengkapnya

CARA TRADISIONAL MENGOBATI AMANDEL

Amandel atau tonsil merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Tonsil berfungsi mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh melalui mulut, hidung, dan kerongkongan, oleh karena itu tidak jarang tonsil mengalami peradangan.

Peradangan pada tonsil disebut dengan tonsilitis, penyakit ini merupakan salah satu gangguan THT (Telinga Hidung & Tenggorokan). Tonsilitis dapat bersifat akut atau kronis. Bentuk akut yang tidak parah biasanya berlangsung sekitar 4-6 hari, dan umumnya menyerang anak-anak pada usia 5-10 tahun. Sedangkan radang amandel/tonsil yang kronis terjadi secara berulang-ulang dan berlangsung lama. Pembesaran tonsil/amandel bisa sangat besar sehingga tonsil kiri dan kanan saling bertemu dan dapat mengganggu jalan pernapasan. Peradangan tonsil yang akut ataupun pembengkakan tonsil yang tidak terlalu besar dan tidak menghalangi jalan pernapasan, serta tidak menimbulkan komplikasi tidak perlu dilakukan pembedahan/operasi, karena tonsil yang terbuat dari jaringan getah bening dapat berfungsi mencegah tubuh agar tidak terkena penyakit yang berhubungan dengan infeksi. Untuk perawatan dan pengobatannya dilakukan beberapa langkah sebagai berikut :
  • Diusahakan untuk minum banyak air atau cairan seperti sari buah, terutama selama demam.
  • Jangan minum es, sirop, es krim, makanan dan minuman yang didinginkan, gorengan, makanan awetan yang diasinkan, dan manisan.
  • Berkumur air garam hangat 3-4 kali sehari.
  • Menaruh kompres hangat pada leher setiap hari.
  • diberikan terapi antibiotik (atas petunjuk dokter) apabila ada infeksi bakteri dan untuk mencegah komplikasi.
Berikut ini beberapa contoh ramuan tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk radang amandel (tonsilitis) :
  • Bubuk sambiloto sebanyak 3 - 4,5 gram diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum hangat-hangat. Atau 30 gram sambiloto segar/15 gram yang kering, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya ditambahkan 200 cc jus buah nanas, diaduk, lalu diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali minum 200 cc. (untuk tonsilitis akut)
  • 2 buah mengkudu/pace matang + 20 gram kunyit, dicuci dan dihaluskan, disaring dan diambil airnya, tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis, dan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum. Lakukan 2-3 kali sehari. (untuk tonsilitis akut).
  • 30 gram benalu jeruk nipis atau benalu teh + 30 gram temu putih + 10 gram sambiloto kering + 20 gram kunyit, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum untuk dua kali sehari, setiap kali minum 200 cc. (Untuk tonsilitis kronis dengan pembesaran tonsil yang agak besar).
  • 10 lembar daun cocor bebek dihaluskan atau dijus, airnya digunakan untuk berkumur di tenggorokan. Lakukan 2-3 kali sehari.
  • 30-60 gram akar kembang pukul empat dijus, airnya digunakan untuk berkumur di tenggorokan, lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT ANEMIA AKIBAT KEKURANGAN ZAT BESI

Anemia Karena Kekurangan Zat Besi adalah suatu keadaan dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pengangkut oksigen) dalam sel darah berada dibawah normal, yang disebabkan karena kekurangan zat besi.

Beberapa zat gizi diperlukan dalam pembentukan sel darah merah.
Yang paling penting adalah zat besi, vitamin B12 dan asam folat; tetapi tubuh juga memerlukan sejumlah kecil vitamin C, riboflavin dan tembaga serta keseimbangan hormon, terutama eritropoietin (hormon yang merangsang pembentukan sel darah merah).

Tanpa zat gizi dan hormon tersebut, pembentukan sel darah merah akan berjalan lambat dan tidak mencukupi, dan selnya bisa memiliki kelainan bentuk dan tidak mampu mengangkut oksigen sebagaimana mestinya.
Penyakit kronik juga bisa menyebabkan berkurangnya pembentukan sel darah merah.

Asupan normal zat besi biasanya tidak dapat menggantikan kehilangan zat besi karena perdarahan kronik dan tubuh hanya memiliki sejumlah kecil cadangan zat besi.
Sebagai akibatnya, kehilangan zat besi harus digantikan dengan tambahan zat besi.
Janin yang sedang berkembang menggunakan zat besi, karena itu wanita hamil juga memerlukan tambahan zat besi.

Makanan rata-rata mengandung sekitar 6 mgram zat besi setiap 1.000 kalori, sehingga rata-rata orang mengkonsumsi zat besi sekitar 10-12 mgram/hari.
Sumber yang paling baik adalah daging.

Serat sayuran, fosfat, kulit padi (bekatul) dan antasid mengurangi penyerapan zat besi dengan cara mengikatnya.
Vitamin C merupakan satu-satunya unsur makanan yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi.
Tubuh menyerap sekitar 1-2 mgram zat besi dari makanan setiap harinya, yang secara kasar sama degnan jumlah zat besi yang dibuang dari tubuh setiap harinya.

Terjadinya anemia karena kekurangan zat besi.

Anemia karena kekurangan zat besi biasanya terjadi secara bertahap, melalui beberapa stadium.
Gejalanya baru timbul pada stadium lanjut.
Stadium 1.
Kehilangan zat besi melebihi asupannya, sehingga menghabiskan cadangan dalam tubuh, terutama di sumsum tulang.
Kadar ferritin (protein yang menampung zat besi) dalam darah berkurang secara progresif.

Stadium 2.
Cadangan besi yang telah berkurang tidak dapat memenuhi kebutuhan untuk pembentukan se darah merah, sehingga sel darah merah yang dihasilkan jumlahnya lebih sedikit.

Stadium 3.
Mulai terjadi anemia.
Pada awal stadium ini, sel darah merah tampak normal, tetapi jumlahnya lebih sedikit.
Kadar hemoglogin dan hematokrit menurun.

Stadium 4.
Sumsum tulang berusaha untuk menggantikan kekurangan zat besi dengan mempercepat pembelahan sel dan menghasilkan sel darah merah dengan ukuran yang sangat kecil (mikrositik), yang khas untuk anemia karena kekurangan zat besi.

Stadium 5.
Dengan semakin memburuknya kekurangan zat besi dan anemia, maka akan timbul gejala-gejala karena kekurangan zat besi dan gejala-gejala karena anemia semakin memburuk.



PENYEBAB
Tubuh mendaur ulang zat besi, yaitu ketika sel darah merah mati, zat besi di dalamnya dikembalikan ke sumsum tulang untuk digunakan kembali oleh sel darah merah yang baru.

Tubuh kehilangan sejumlah besar zat besi hanya ketika sel darah merah hilang karena perdarahan dan menyebabkan kekurangan zat besi.
Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab terbanyak dari anemia dan satu-satunya penyebab kekurangan zat besi pada dewasa adalah perdarahan.

Makanan yang mengandung sedikit zat besi bisa menyebabkan kekurangan pada bayi dan anak kecil, yang memerlukan lebih banyak zat besi untuk pertumbuhannya.

Pada pria dan wanit pasca menopause, kekurangan zat besi biasanya menunjukkan adanya perdarahan pada saluran pencernaan.
Pada wanita pre-menopause, kekurangn zat besi bisa disebabkan oleh perdarahan menstruasi bulanan.


GEJALA
Anemia pada akhirnya menyebabkan kelelahan, sesak nafas, kurang tenaga dan gejala lainnya.

Kekurangan zat besi memiliki gejala sendiri, yaitu:
- Pika : suatu keinginan memakan zat yang bukan makanan seperti es batu, kotoran atau kanji
- Glositis : iritasi lidah
- Keilosis : bibir pecah-pecah
- Koilonikia : kuku jari tangan pecah-pecah dan bentuknya seperti sendok.


DIAGNOSA
Pemeriksaan darah digunakan untuk mendiagnosis anemia.
Biasanya penderita anemia diperiksa untuk mengetahui kekurangan zat besi.

Kadar zat besi bisa diukur dalam darah.
Kadar zat besi dan transferin (protein pengangkut zat besi yang berada diluar sel darah merah) diukur dan dibandingkan.
Jika kurang dari 10% transferin yang terisi dengan zat besi, maka kemungkinan terjadi kekurangan zat besi.

Tetapi pemeriksaan yang paling sensitif untuk kekurangan zat besi adalah pengukuran kadar ferritin (protein yang menampung zat besi).
Kadar ferritin yang rendah menunjukkan kekurangan zat besi.
Tetapi kadang kadar ferritin normal atau tinggi walaupun terdapat kekurangan zat besi karena feritin kadarnya bisa meningkat pada kerusakan hati, peradangan, infeksi atau kanker.

Kadang diperlukan pemeriksaan yang lebih memuaskan untuk menegakkan diagnosis.
Pemeriksan yang paling khusus adalah pemeriksaan sumsum tulang, dimana contoh dari sel diperiksa dibawah mikroskop untuk menentukan kandungan zat besinya.


PENGOBATAN
Langkah pertama adalah menentukan sumber dan menghentikan perdarahan, karena perdarahan merupakan penyebab paling sering dari kekurangan zat besi.

Mungkin diperlukan obat-obatan atau pembedahan untuk:
- mengendalikan perdarahan menstruasi yang sangat banyak
- memperbaiki tukak yang mengalami perdarahan
- mengangkat polip dari usus besar
- mengatasi perdarahan dari ginjal.

Biasanya juga diberikan tambahan zat besi.
Sebagian besar tablet zat besi mengandung ferosulfat, besi glukonat atau suatu polisakarida.

Tablet besi akan diserap dengan maksimal jika diminum 30 menit sebelum makan.
Biasanya cukup diberikan 1 tablet/hari, kadang diperlukan 2 tablet.

Kemampuan usus untuk menyerap zat besi adalah terbatas, karena itu pemberian zat besi dalam dosis yang lebih besar adalah sia-sia dan kemungkinan akan menyebabkan gangguan pencernaan dan sembelit.
Zat besi hampir selalu menyebabkan tinja menjadi berwarna hitam, dan ini adalah efek samping yang normal dan tidak berbahaya.

Biasanya diperlukan waktu 3-6 minggu untuk memperbaiki anemia karena kekurangan zat besi, meskipun perdarahan telah berhenti.
Jika anemia sudah berhasil diperbaiki, penderita harus melanjutkan minum tablet besi selama 6 bulan untuk mengembalikan cadangan tubuh.
Pemeriksaan darah biasanya dilakukan secara rutin untuk meyakinkan bahwa pasokan zat besi mencukupi dan perdarahan telah berhenti.

Kadang zat besi harus diberikan melalui suntikan.
Hal ini dilakukan pada penderita yang tidak dapat mentoleransi tablet besi atau penderita yang terus menerus kehilangan sejumlah besar darah karena perdarahan yang berkelanjutan.
Waktu penyembuhan dari anemia yang diobati dengan tablet besi maupun suntikan adalah sama.


PENCEGAHAN
Lebih banyak mengkonsumsi daging, hati dan kuning telur; juga tepung, roti dan gandum yang telah diperkaya dengan zat besi.

Jika makanan sehari-hari sedikit mengandung zat besi, maka harus diberikan tablet besi.
SUMBER :MEDICASTORE.COM
READ MORE - Selengkapnya

RAHASIA HARUMNYA AROMATHERAPY

Dimasa sekarang siapa sih yang tidak tahu atau kenal dengan yang namanya Aromatherapy ? Selain mengharumkan ruangan dan tubuh anda, aromatherapy juga dikenal sebagai terapi pengobatan alternatif yang menggunakan essential oil atau sari minyak murni yang biasanya berasal dari intisari tumbuhan dan herbal.

Ada yang cara penggunannya dengan mencampurkan essence dan air lalu dididihkan diatas tungku kecil, ada juga yang berupa batang dupa, lilin wangi, kemasan spray praktis atau bahkan ada yang sudah di proses dalam produk-produk perawatan kulit tubuh.

Ternyata aromatherapy ini sudah populer sejak tahun 1928. Pencetusnya adalah Rene Maurice Gattefosse dari Perancis. Saat perang dunia II, minyak essential banyak digunakan untuk pengobatan karena sulitnya memperoleh antibiotik pada zaman penuh kekalutan itu. Sari minyak ini efektif menyembuhkan karena mengandung bahan kimia asli dari tumbuhan berupa zat antiseptik seperti fenol, alcohol, dan molekul lainnya. Demikian penelitian yang dilakukan oleh Chamberlain pada tahun 1887.

Sari minyak ini diperoleh dari penyulingan baik dari bunga, akar, batang maupun daun herbal tersebut, tergantung mana yang berkhasiat unggul. Untuk memperoleh sekitar satu sendok makan essential oil mawar diperlukan 100 kg bunga mawar untuk diproses. Tak heran jika kemudian minyak aromatherapy dijual mahal di pasaran. Namun jika menimbang manfaatnya secara medikal, harga seakan menjadi pertimbangan kedua.

Aromatherapy dapat mengurangi stres, menenangkan pikiran dan membangkitkan semangat dan gairah. Bahkan ada yang dipercaya dapat membersihkan racun dalam tubuh, dan untuk lebih detailnya dapat dilihat dibawah ini.

Citronella

Mengurangi ketegangan, meredakan hidung tersumbat, mengatasi insomnia, dengkur dan migrain.

Eucalyptus (Kayu Putih )

Melegakan pernafasan, meringankan masalah hidung sensitif, bronchitis, asma, batuk, pilek, demam dan flu.

Lavender

Memudahkan tidur, meredakan kegelisahan, mengatasi depresi, mengurangi perasaan ketegangan.

Green Tea

Memperbaiki sistem peredaran darah, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru-paru. Juga memperlambat proses penuaan.

Sandalwood (Cendana )

Menghilangkan rasa cemas dan aromanya sangat bermanfaat untuk meditasi.

Rose ( bunga Mawar)

Menciptakan suasana romantis dan penuh gairah, memperbaiki metabolisme dan sistem peredaran darah, menyeimbangkan hormon, meringankan kepekaan kulit sensitif dan alergi.

Ylang-Ylang (Bunga Kenanga )

Meringankan tekanan darah tinggi, mengeluarkan sebum pada kulit. PeppermintAroma yang menyegarkan, membangkitkan suasana, mengurangi sakit perut, ketegangan, dan menyembuhkan sakit kepala.

Chammomile

Menenangkan dan mengakhiri stres serta menyenyakkan tidur.

Dandellion

Mengobati sakit sendi, masalah ginjal dan kantung kemih, hepatitis, penyaringan darah dan mengatasi masalah pencernaan. Juga efektif menyembuhkan sengatan lebah.

Thyme

Membantu pencegahan flu, demam, detoksifikasi racun dan mencegah infeksi, meredekan hidung tersumbat dan alergi sinus.

Lotus ( Bunga Teratai )

Meningkatkan vitalitas, dan konsentrasi, mengurangi panas dalam, meningkatkan fungsi limpa dan ginjal.

Patchouli

Meningkatkan gairah dan semangat, meningkatkan sensualitas, memberi efek menenangkan, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Basil

Mengurangi sakit kepala dan migrain serta meningkatkan konsentrasi.

Green Apple

Menyembuhkan mabuk dan diare, menguatkan sistem pencernaan, menjernihkan pikiran, meringankan gejala panas dalam.

Black Pepper

Aroma yang tajam namun berkhasiat mengurangi rasa sakit pada otot. LemonMengurangi stres dan anti depresi, meningkatkan mood dan merelakskan pikiran serta memberi perasaan segar.

Vanilla

Aromanya yang lembut dan hangat mampu menenangkan pikiran

Jasmine

Berfungsi sebagai aphrosidiac sensual untuk merangsang dan menciptakan suasana romantis

Strawberry

Meningkatkan selera makan, mengurangi penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kanker. Nah sekarang anda sudah bisa memilih mana jenis aromatherapy yang cocok untuk untuk anda.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MENGATASI DAN MENGOBATI KEBOTAKAN

Bila kerontokan disebabkan oleh hormon, kasusnya akan rumit. FDA (biro pengawasan obat dan makanan AS) hanya meluluskan minoxidil dan finasteride untuk mengatasi kebotakan.Kedua obat ini menghambat kerja hormon androgen serta mengandung VEGF (Vassoendhothelial growth factor) yang berfungi meningkatkan jumlah dan ukuran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah ke kepala. VEGF juga memacu pertumbuhan folikel baru yang sehat. Pengobatan ini harus dilakukan secara kontinyu selama beberapa bulan dan namun begitu dihentikan maka pertumbuhan rambut baru akan terhenti dan akan kembali pada kondisi semula alias botak

> Terlalu banyak mikir atau tekanan, bisa jadi penyebab lain rambut rontok, tipsnya anda harus kurangi beban pikiran dengan refreshing dan harus sempatkan istirahat barang sejenak bila sedang sibuk bekerja sekalipun, coba selingin dengan melihat yang hijau2 atau biru, katanya warna ini bisa bikin segar dan menghilangkan stress.

> Menganjurkan mengonsumsi protein dari ikan, telur, dan daging ayam. Kopi dan rokok harus dibatasi.

> Cream bath bisa membantu mengatasi problem kerontokan asalkan pijitannya dilakukan dengan pelan-pelan. Tidak bertenaga.

> Untuk rambut yang tergolong berminyak, disarankan krim yang terbuat dari lidah buaya atau seledri dan ginseng untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Sedangkan untuk rambut normal atau yang cenderung kering, disarankan krim yang terbuat dari kemiri atau avokad dan ginseng. Jika salah pilih, rambut malah bisa rusak.

> Lakukan olahraga yang mengutamakan kekuatan jantung seperti aerobik dan joging. Kegiatan ini akan memacu jantung untuk memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh sehingga nutrisi hingga ke daerah akar rambut lebih cepat

> Dan rahasia pertumbuhan rambut lainnya adalah tidur dan istirahat yang cukup. Untuk tumbuh rambut membutuhkan tidur selama 7-9 jam. Jadi tidak sulit kan untuk mendapatkan rambut sehat anda kembali? Selamat mencoba
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT KRONIS SERING MENYEBABKAN ANEMIA

Penyakit kronis sering menyebabkan anemia, terutama pada penderita usia lanjut.
Keadaan-keadaan seperti infeksi, peradangan dan kanker, menekan pembentukan sel darah merah di sumsum tulang.

Karena cadangan zat besi di dalam tulang tidak dapat digunakan oleh sel darah merah yang baru, maka anemia ini sering disebut anemia anemia penggunaan ulang zat besi.


Adapun yang menyebabkan adalah:
Pada semua penderita, infeksi (bahkan infeksi yang ringan) dan peradangan (misalnya artritis dan tendinitis) menghambat pembentukan sel darah merah dalam sumsum tulang, sehingga jumlah sel darah merah berkurang.
Tetapi keadaan tersebut baru akan menimbulkan anemia jika sifatnya berat atau berlangsung dalam waktu yang lama (kronik).


Gejalanya
Karena anemia jenis ini berkembang secara perlahan dan biasanya ringan, anemia ini biasanya tidak menimbulkan gejala.

Kalaupun timbul gejala, biasanya merupakan akibat dari penyakit kroniknya, bukan karena anemianya.


DIAGNOSA PENYAKIT
Pemeriksaan laboratorium bisa menentukan bahwa penyebab dari anemia adalah penyakit kronik, tetapi hal ini tidak dapat memperkuat diagnosis.
Karena itu yang pertama kali dilakukan adalah menyingkirkan penyebab anemia lainnya, seperti perdarahan hebat atau kekurangan zat besi.

Semakin berat penyakitnya, maka akan semakin berat anemia yang terjadi; tetapi anemia karena penyakit kronik jarang yang menjadi sangat berat:
  • Hematokrit (persentase sel darah merah dalam darah) jarang sampai dibawah 25% (pada pria normal 45-52%, pada wanita normal 37-48%)
  • Hemoglobin (jumlah protein pengangkut oksigen dalam sel darah merah) jarang sampai dibawah 8 gram/dL (normal 13-18 gram/dL).

PENGOBATAN YANG DILAKUKAN
Tidak ada pengobatan khusus untuk anemia jenis ini, sehingga pengobatan ditujukan kepada penyakit kronik penyebabnya.

Mengkonsumsi tambahan zat besi tidak banyak membantu.

Jika anemia menjadi berat, mungkin diperlukan transfusi atau eritropoietin (hormon yang merangsang pembentukan sel darah merah di sumsum tulang).


PENCEGAHAN ANEMIA
Dengan mengobati penyakit kroniknya, maka bisa dicegah terjadinya anemia.

Penyakit Crohn sulit diobati, sehingga penderitanya bisa mengalami anemia yang hilang timbul, tergantung keadaan penderita.

READ MORE - Selengkapnya

APA ITU PENYAKIT ATRESIA BILIER

Atresia Bilier adalah suatu keadaan dimana saluran empedu tidak terbentuk atau tidak berkembang secara normal.

Fungsi dari sistem empedu adalah membuang limbah metabolik dari hati dan mengangkut garam empedu yang diperlukan untuk mencerna lemak di dalam usus halus.
Pada atresia bilier terjadi penyumbatan aliran empedu dari hati ke kandung empedu. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan hati dan sirosis hati, yang jika tidak diobati bisa berakibat fatal.


Adapun yang menjadi penyebab penyakit Atresia Bilier adalah :
karena adanya perkembangan abnormal dari saluran empedu di dalam maupun diluar hati. Tetapi penyebab terjadinya gangguan perkembangan saluran empedu ini tidak diketahui.
Atresia bilier ditemukan pada 1 dari 15.000 kelahiran.


Yang menjadi gejala-gejalanya adalah :
Gejala biasanya timbul dalam waktu 2 minggu setelah lahir, yaitu berupa:
- air kemih bayi berwarna gelap
- tinja berwarna pucat
- kulit berwarna kuning
- berat badan tidak bertambah atau penambahan berat badan berlangsung lambat
- hati membesar.

Pada saat usia bayi mencapai 2-3 bulan, akan timbul gejala berikut:
- gangguan pertumbuhan
- gatal-gatal
- rewel
- tekanan darah tinggi pada vena porta (pembuluh darah yang mengangkut darah dari lambung, usus dan limpa ke hati).


DIAGNOSA
  • Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.
  • Pada pemeriksaan perut, hati teraba membesar.

Pemeriksaan yang biasa dilakukan:

  • Pemeriksaan darah (terdapat peningkatan kadar bilirubin)
  • USG perut
  • Rontgen perut (tampak hati membesar)
  • Kolangiogram
  • Biopsi hati
  • Laparotomi (biasanya dilakukan sebelum bayi berumur 2 bulan).

Cara Pengobatannya :
Prosedur yang terbaik adalah mengganti saluran empedu yang mengalirkan empedu ke usus. Tetapi prosedur ini hanya mungkin dilakukan pada 5-10% penderita.

Untuk melompati atresia bilier dan langsung menghubungkan hati dengan usus halus, dilakukan pembedahan yang disebut prosedur Kasai.
Pembedahan akan berhasil jika dilakukan sebelum bayi berusia 8 minggu.
Biasanya pembedahan ini hanya merupakan pengobatan sementara dan pada akhirnya perlu dilakukan pencangkokan hati.




medicastore.com

READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT SKIZOFRENIA

Penyakit Skizofrenia atau Schizophrenia artinya kepribadian yang terpecah, antara pikiran, perasaan dan perilaku. Dalam artian apa yang dilakukan tidak sesuai dengan pikiran dan perasaanya. Secara spesifik skizofrenia adalah orang yang mengalami gangguan emosi, pikiran dan perilaku.

Penyakit ini ditemukan awal abad 18 oleh Benedict Morer. Dia menemukan orang yang seperti lupa segalanya, bersikap kekanak-kanakan. Namun penyakit itu baru diberi nama skizofrenia oleh Eugen bleuber 20 tahun kemudian.

Adakalanya orang yang mengalami gejala awal skizofrenia justru tidak menyadari dirinya. Skizofrenia memiliki penyebab multifactor. Bias karena unsure genetic, lingkungan dan pengaruh psikososial.

Krisi financial seperti itu potensial menimbulkan skizofrenia. Mengapa demikian?kehilangan pekerjaan, usaha bangkrut, hingga rumah tangga yang tercerai berai bias menjadi pemicunya. Skizofrenia ini ada 42 penyebabnya. Intinya kapan seseorang tertekan, ketika harapanya tidak sesuai dengan kenyataan maka dia akan terkena.

Setidaknya ada tiga fase skizofrenia. Fase pertama disebut Vrodromal atau fase diam. Dimana pada fase ini seseorang yang tertekan mulai melamun, merenung sendiri. Diam terpaku. Tidak mau berbicara pada siapapun bahkan seolah-olah dia melihat sesuatu yang tidak tampak. Pada tahap ini seseorang sebenarnya bias sembuh sempurna. Asalkan mendapatkan dukungan dari orang lain, seperti teman, sahabat dan keluarga. Pengobatan medis juga dibutuhkan.

Namun jika terus dibiarkan maka seseorang akan memasuki fase Aktif. Gejala diam mulai menghilang tapi sudah berbicara sendiri. Kalaupun diajak berkomunikasi, bicaranya tidak nyambung. Seseorang pada fase aktif skizofrenia juga biasanya akan berteriak-teriak, marah-marah. Rasa takut juga mendera. Rasa curiga pada orang lain.

Pada fase aktif seseorang melakukan sesuatu tanpa disadari. Seseorang jadi sombong, takabur, merasa hanya dirinya yang harus diutamakan. Selalu ingin dipuji.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT LIVER DAN OBAT TRADISIONAL

Salah satu pengobatan medik dan tradisional itu dimanfaatkan dalam penyembuhan berbagai penyakit. Diantara beberapa penyakit yang dapat disembuhkan melalui pengobatan tradisional (herbal) adalah penyakit Liver.

Penyebab penyakit liver, itu biasanya karena Virus, Jamur beracun, bakteri yang meracuni liver, alkohol,dan lain sebagainya.

Ada berbagai macam virus yang meracuni liver diantaranya adalah:
  1. Virus Hepatitis A (tidak berbahaya meskipun dengan gejala yang hebat, SGOT SGPT tinggi disertai kuning (billirubin yang tinggi).
    Media penularan untuk Hep A, melalui makanan/cairan yang terkontaminasi virus.

  2. Virus hepatitis B (berbahaya meskipun dengan gejala awal yang ringan SGOT SGPT meningkat/ sedikit melebihi normal, bisa dicheck melalui pemeriksaan HbSAg (penyakit)
    HbSAb( kekebalan).
    Media penularan Hep B, melalui berciuman, makan bersama2 dalam satu piring, tatoo, jarum suntik bekas, dan tranfusi darah tercemar.

  3. Virus Hepatitis C (Berbahaya karena lebih dari separuh kasusnya menyebabkan kerusakan hati/liver (acites, cirrhosis) diketahui dengan memeriksakan HCV. Dan masih banyak lagi jenis virus hepatitis yang jarang dijumpai.
    Media penularan Hepatitis C, melaui produk darah, seperti tranfusi, tatto, jarum suntik bekas.

Solusi yang dapat diberikan pada tulisan ini adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis tumbuhan herbal, dimana jenis tumbuhan ini bisa menyembuhkan penyakit liver. Seperti tulisan saya diatas, penyakit liver dapat diakibatkan oleh beberapa virus yang diantaranya virus Hepatitis A, B, dan C.


Secara umum ramuan ini buat penyakit liver, ramuannya adalah sebagai berikut :


Temulawak 50gr (segar) atau 20gr (kering)
Buah Mengkudu 2 buah (matang)
Antanan/Pegagan 30-60gr (segar) atau 15gr (kering)
Biang Kunyit 30gr (segar) atau 10gr (kering)

Cara pembuatan :
Semua bahan-bahan dibersihkan, masak dengan 3-4 gelas air bersih sehingga tinggal 2 gelas air rebusan. Minumlah air rebusan ini 2 kali sehari. Untuk besok harinya bisa di ulang kembali sampai penyakit liver tersebut sembuh. Untuk penyakit liver karena virus hepatitis A, B dan C harus dengan pemeriksaan dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah penyebab liver tersebut. Untuk bahan pengobatannya bisa di informasikan kemudian, atau bisa mereplay tulisan ini sebagai tanda permintaan bahan yang dibutuhkan.

semoga lekas sembuh.

READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL JENIS-JENIS KANKER PAYUDARA

Ada beberapa jenis kanker payudara, tetapi yang paling sering adalah dua jenis: ductal carcionoma dan lobular carcinoma. Ductal carcinoma adalah kanker yang muncul di ductus atau jaringan pipa yang mengangkut susu di dalam payudara. Lobular carcinoma adalah kanker yang terdapat di lobulus atau kelenjar pembuat susu. Kanker yang tidak menyebar di luar ductus atau lobulus disebut in-situ yang artinya “di tempat”. Bila sudah menyebar maka disebut invasif atau infiltratif.

Ductal Carcinoma
Pada ductal carcinoma in-situ kanker hanya berada di sepanjang saluran ASI. Pada stadium ini, hampir 100% penderita kanker masih bisa disembuhkan. Cara termudah untuk mengidentifikasi ductal carcinoma in- situ adalah dengan mamogram secara berkala/tahunan. Anda juga bisa memeriksanya sendiri dengan teknik yang disebut SADARI (memeriksa payudara sendiri).

Bila dibiarkan, ductal carcinoma akhirnya menyebar ke jaringan sekitarnya. Dinding saluran ASI akhirnya menipis dan pecah, lalu kanker pun menyebar. Penyebaran bisa terbatas di sekitar asal kanker, tetapi dapat juga ke seluruh tubuh (bermetastase) melalui sirkulasi darah. Penyebaran terutama ke kelenjar limfa di ketiak dan organ lainnya seperti tulang, liver dan paru-paru. Sekitar 70% kanker payudara adalah ductal carcinoma invasif.

Lobular Carcinoma
Pada lobular carcinoma in- situ (disebut juga lobular neoplasia), kanker masih belum menembus dinding lobulus. Lobular carcinoma invasif berpotensi metastase dan menyebar ke bagian tubuh lainnya, dimulai dari jaringan lemak payudara. Sekitar 10-15% kanker payudara adalah lobular carcinoma invasif. Kanker jenis ini tidak selalu menimbulkan benjolan, tetapi hanya membuat jaringan yang terkena menebal sehingga dapat sulit terdeteksi.

Penyakit Paget
Jenis kanker payudara yang paling jarang adalah kanker puting susu, dikenal sebagai penyakit Paget. Penyebaran kanker ini dimulai dari ductus dan menyebar ke kulit di sekeliling puting dan areola (lingkaran hitam di sekeliling puting). Kulit di sekeliling puting seringkali terasa kasar, berbintik, memerah dan mengeluarkan darah. Pasien akan merasa gatal dan panas.Ada beberapa jenis kanker payudara, tetapi yang paling sering adalah dua jenis: ductal carcionoma dan lobular carcinoma. Ductal carcinoma adalah kanker yang muncul di ductus atau jaringan pipa yang mengangkut susu di dalam payudara. Lobular carcinoma adalah kanker yang terdapat di lobulus atau kelenjar pembuat susu. Kanker yang tidak menyebar di luar ductus atau lobulus disebut in-situ yang artinya “di tempat”. Bila sudah menyebar maka disebut invasif atau infiltratif.

Ductal Carcinoma
Pada ductal carcinoma in-situ kanker hanya berada di sepanjang saluran ASI. Pada stadium ini, hampir 100% penderita kanker masih bisa disembuhkan. Cara termudah untuk mengidentifikasi ductal carcinoma in- situ adalah dengan mamogram secara berkala/tahunan. Anda juga bisa memeriksanya sendiri dengan teknik yang disebut SADARI (memeriksa payudara sendiri).

Bila dibiarkan, ductal carcinoma akhirnya menyebar ke jaringan sekitarnya. Dinding saluran ASI akhirnya menipis dan pecah, lalu kanker pun menyebar. Penyebaran bisa terbatas di sekitar asal kanker, tetapi dapat juga ke seluruh tubuh (bermetastase) melalui sirkulasi darah. Penyebaran terutama ke kelenjar limfa di ketiak dan organ lainnya seperti tulang, liver dan paru-paru. Sekitar 70% kanker payudara adalah ductal carcinoma invasif.

Lobular Carcinoma
Pada lobular carcinoma in- situ (disebut juga lobular neoplasia), kanker masih belum menembus dinding lobulus. Lobular carcinoma invasif berpotensi metastase dan menyebar ke bagian tubuh lainnya, dimulai dari jaringan lemak payudara. Sekitar 10-15% kanker payudara adalah lobular carcinoma invasif. Kanker jenis ini tidak selalu menimbulkan benjolan, tetapi hanya membuat jaringan yang terkena menebal sehingga dapat sulit terdeteksi.

Penyakit Paget
Jenis kanker payudara yang paling jarang adalah kanker puting susu, dikenal sebagai penyakit Paget. Penyebaran kanker ini dimulai dari ductus dan menyebar ke kulit di sekeliling puting dan areola (lingkaran hitam di sekeliling puting). Kulit di sekeliling puting seringkali terasa kasar, berbintik, memerah dan mengeluarkan darah. Pasien akan merasa gatal dan panas.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT LEUKIMIA GEJALA DAN PENCEGAHANNYA

Zaman sekarang banyak dikenal berbagai penyakit yang aneh-aneh, tidak seperti zaman dahulu dan penyakitnya pun tidak sebanyak yang kita ketahui sekarang ini. Untuk penyembuhan berbagai penyakit bisa dikatakan dapat diatasi dengan meramu berbagai tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar rumah.

Pada tulisan ini dibahas cara mengenal dan mengetahui obat yang mengidap kanker darah (leukimia). Penyakit ini dikenal karena sudah memakan korban yang begitu banyak dan zaman sekarang sangat ditakuti karena bila mengidap penyakit ini, pengobatannya sangat mahal karena harus cuci darah setiap minggunya.

Pertama kita akan membahas dan mengenal gejala awal kanker darah (leukimia) baik dari segi aktivitasnya. Penyakit leukimia merusak sel-sel darah putih atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai white blood cell (WBC). Dengan pengenalan dan penanganan dini, kesempatan untuk sembuh dari penyakit ini akan lebih baik. Berikut ini adalah gejala-gejala awal yang perlu kita ketahui :
  1. Kita sering merasa lelah? karena peningkatan produksi sel-sel darah putih mengakibatkan penyerapan energi yang besar dari tubuh.(harus perhatikan jika kita beraktifitas)
  2. Kontrol apakah berat badan Anda terus berkurang? Perhatikan makan dengan porsi seperti biasanya, dan apakah pakaian Anda semakin longgar? Ingat bahwa leukimia menyebabkan berat badan berkurang, karena peningkatan produksi sel darah putih menyerap banyak kalori tubuh Anda. (Perhatikan juga pakaian yang dikenakan, jangan terlalu cuek dikira sedang diet)
  3. Perhatikan dan rasakan frekuensi sakit kepala/pusing apakah sering merasakan hal tersebut? Kejadian ini sering membuat kita bingung. Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal kemungkinan meresap ke sistem syaraf pusat.
  4. Keluar darah? mimisan atau muncul lebam-lebam di beberapa bagian tubuh? Hal ini merupakan gejala umum penyakit leukimia. Disamping itu muncul bintik-bintik merah pada bagian tubuh, yang merupakan gejala umum leukimia yang lain, terkait dengan limpa dan pembengkakan hati.
  5. Perhatikan dan periksa kepucatan Anda. Apakah anda kecerahan dan kebinaran wajah Anda mulai redup? Hal ini juga merupakan gejala umum leukimia. Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal mendesak sel darah merah, sehingga membuat seperti kurang darah.
  6. Periksalah kelenjar getah bening Anda. Ini perlu pemeriksaan oleh dokter untuk memeriksa di bawah ketiak atau tenggorokan atas Anda. Apakah Anda merasakan benjolan atau semacam pembengkakan di sana? Pembengkakan gejala getah bening merupakan gejala penyakit leukemia.
  7. Apakah Anda pernah mendapati infeksi ringan namun tak kunjung sembuh? Walaupun tubuh Anda terus memproduksi sel darah putih, sebagai anti body tubuh anda terhadap infeksi., namun sel-sel darah putih yang diproduksi dari tubuh seseorang yang terkena leukimia tidak sempurna dan tidak dapat melindungi tubuh Anda.
  8. Ini penting sekali : periksalah limpa Anda dengan cara berbaring di tempat tidur, letakkan telapak tangan Anda pada perut sebelah kiri, di bawah tulang rusuk. Rasakan apakah ada benjolan-benjolan kecil disana. Hal ini termasuk gejala leukimia.
  9. Apakah Anda sering berkeringat di malam hari disertai nyeri pada tulang dan perut mual/kembung. Kejadian ini hampir sama dengan gejala Thypus, waspadailah, karena tanda-tanda tersebut merupakan gejala leukimia.

Nah, tadi sudah kita bahas mengenai gejala awal dari leukimia si “kanker darah”, sekarang kita bahas lagi apakah penanganan yang harus kita lakukan? Menurut Marylin Kwan, dari University of California, Berkely. Mengatakan bahwa ada pengurangan resiko kanker sekitar 50%.” Jika pemberian jeruk (orange) dan pisang (banana) secara rutin dapat mengurangi resiko leukimia..waw...dengan makan buah ini? makan jeruk atau jus jeruk dan pisang 4 sampai 6 kali dalam sepekan menunjukkan pengurangan resiko kanker, apalagi suka makan buah-buahan tersebut, pasti leukimia akan jauh dari kita.Sebelum atau sudah ada gejala leukimia hendaknya disarankan memakan buah-buahan tersebut!

Menurut nilai gizi yang ada pada pisang dan jeruk diperkirakan karena mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan. Gunanya mengurangi kerusakan DNA dan menghentikan proses tumbuhnya kanker. Pisang juga kaya akan kalium. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kalium dapat menstabilkan DNA dan mengurangi angka mutasi.

Untuk informasi selanjutnya bahwa ternyata kunyit juga dilaporkan dapat mencegah kanker, apakah ini benar?tentu, karena menurut para ahli kunyit atau curcurma adalah tanaman herbal yang sangat banyak fungsinya untuk pengobatan. Demikian dan terimakasih.

READ MORE - Selengkapnya

OBAT HERBAL CHINA UNTUK REMATIK

PENGOBATAN herbal dari China bisa membantu meredakan gejala-gejala rematik arthritis (RA). Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari National Institutes of Health menemukan, obat herbal China ripterygium wilfordii Hook F (TwHF) atau yang dikenal juga dengan nama lei gong teng atau thunder god vine terbukti bisa membantu mengurangi rasa sakit pada sekelompok pasien yang ditangani dengan tanaman obat ini. Mereka yang menggunakan ekstrak akar tanaman herbal ini, menurut peneliti, mengalami pengurangan gejala-gejala RA yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sulfasalazine, obat antiperadangan.

Rematik arthritis merupakan penyakit peradangan kronis yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada persendian. RA juga memicu kerusakan persendian. menurut peneliti, belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan gangguan ini sepenuhnya. Pengobatan yang tersedia juga didisain hanya untuk meredakan gejala-gejala dan gangguan gerak yang dipicu oleh penyakit ini. Selain itu, terapi-terapi yang tersedia terbukti menimbulkan berbagai efek samping sehingga pasien biasanya memilih berhenti dan mencari pengobatan alternatif.

Gejala Perbaikan

Dalam studi yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine ini, para peneliti membandingkan manfaat dan efek samping pengobatan dengan thunder god vine dan obat antiperadangan yang biasanya digunakan untuk menangani RA.

Peneliti melibatkan 121 penderita RA. Partisipan ini secara acak diberikan 60 gram ekstrak herbal 3 kali sehari atau 1 gram obat antiperadangan sulfasalizine 2 kali sehari selama 24 minggu. Hampir setengah partisipan berhenti sebelum menyelesaikan masa studi. Tetapi setelah 24 minggu pengobatan peneliti menemukan, mereka yang menerima ekstrak herbal mengalami perbaikan gejala 20% lebih tinggi dibandingkan mereka yang menggunakan obat antiperadangan."Penilaian ini didasarkan pada ukuran-ukuran standar gejala RA," tutur salah seorang peneliti Raphaela Goldbach-Mansky, MD, MHS, seperti dikutip situs webmd.

Studi ini, menurut Mansky, masih terlalu singkat untuk melihat apakah thunder god vine juga membantu memperlambat perkembangan kerusakan persendian akibat RA. Tetapi jika studi-studi selanjutnya membuktikan hal yang sama dengan jumlah partisipan yang lebih banyak, terang dia, maka thunder god vine bisa menjadi salah satu pilihan pengobatan alami RA yang terjangkau.
sumber:mediaindonesia.com
READ MORE - Selengkapnya

CARA TRADISIONAL MENGOBATI MASUK ANGIN

Masuk angin dapat disebabkan oleh kehujanan, kurang tidur, terkena angin malam, dan perut kosong atau pencernaan terganggu. Biasanya Masuk angin merupakan gejala dari adanya penyakit lain seperti influenza, gangguan pencernaan atau malaria. Masuk angin merupakan gangguan umum yang dapat terjadi pada setiap orang.
Gejala masuk angin adalah
perut kembung, kepala pusing, berkeringat dingin, dan lain-lain. Biasanya masuk angin juga di iringi rasa mual dan terasa pahit jika lidah mengecap makanan.
Adapun Pengobatan untuk masuk angin adalah :
  1. Ramuan Obat Tradisional 1 : 200
    gram ubi merah ( dikupas dan di potong- potong), 15 gram jahe merah/jahe biasa, 1
    butir biji pala (dimemarkan), 5 butir cengkeh, 10 butir kapulaga, 1 ibu jari kayu manis, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan air secukupnya. Tunggu hingga airnya hangat lalu diminum dan ubinya dimakan. Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari. Ramuan
  2. Obat Tradisional 2 : 25
    gram kencur, 15 gram jahe, dan 3 butir kapulaga direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum. Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
  3. Ramuan Obat Tradisional 3 : 2
    pilah daun pepaya dicuci bersih lalu direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum. Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
  4. Ramuan Obat Tradisional 4 : 80
    gram daun lidah buaya, 15 gram jahe, 20 gram kencur, dan 25 gram temu lawak direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc kemudian diminum selagi hangat. Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.
  5. Ramuan Obat Tradisional 5 : Rebus dalam 600 ml air bahan yang terdiri dari : 30 gram lengkuas yang telah diiris-iris, 20 gram jahe yang telah diiris-iris, 2 batang serai, 10 butir cengkih, 6 butir kapulaga, dan gula aren secukupnya. Rebus hingga tersisa 300 ml, lalu saring. Pemakaian : Minum hangat- hangat, 2 kali sehari. Ramuan
  6. Obat Tradisional 6 : Rebus bahan-bahan yang terdiri dari : 25 gram lempuyang yang telah diiris- iris, 25
    gram bangle, 5 gram pala yang telah ditumbuk halus, dan 1 sendok teh lada yang telah ditumbuk halus. Bahan direbus dalam 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Pemakaian : Minum hangat- hangat, 2 kali sehari.
  7. Ramuan Obat Tradisional 7 : Siapkan bahan yang terdiri dari : 5 buah cabai jawa, 10 gram daun mint, 10 gram kulit jeruk purut, 25 gram temulawak. Bahan-bahan direbus dengan 600 ml air, hingga tersisa 300 ml air lalu disaring Pemakaian : minum hangat- hangat, 2 kali sehari
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN TRADISIONAL DENGAN DAUN SALAM

Daun salam (Syzygium polyanthum) sudah lama terkenal sebagai bumbu penyedap di ragam kuliner bangsa indonesia. Selain itu, ada juga khasiat daun salam dalam hal pengobatan alami seperti:
  • Diare Cuci 15 lembar daun salam segar.... Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus

  • Kencing manis Cuci 7-15 lembar daun salam segar.... lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus sebelum makan. Lakukan sehari 2 kali.

  • Menurunkan kadar kolesterol tinggi Cuci 10-15 lembar daun salam segar.... lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus di malam hari. Lakukan setiap hari.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi Cuci 7-10 lembar daun salam..... lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas.

  • Maag Cuci bersih 15-20 lembar daun salam segar. Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.

  • Mabuk alkohol...Cuci 1 genggam buah salam masak, lalu tumbuk sampai halus. Peras dan saring, air yang terkumpul diminum sekaligus.

  • Kudis..... gatal-gatalUntuk pengobatan luar, cukup ambil daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya. Cuci bersih, lalu giling halus sampai menjad adonan seperti bubur. Balurkan ke tempat yang gatal, kemudian dibalut.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT YANG MEMILIKI BIAYA TERBANYAK

Tiap tahunnya biaya pengobatan hampir semua penyakit semakin meningkat. Tapi diantara semua jenis penyakit itu ada yang biayanya amat mahal. Hindari 10 penyakit ini jika tidak ingin jatuh miskin.

Seperti dikutip dari Forbes, ada 10 penyakit dengan biaya termahal di Amerika Serikat.

1. Penyakit mental
Peningkatan biaya per tahun 6 persen. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai US$ 142,2 miliar.

Penyakit mental diantaranya yaitu Alzheimer, Parkinson, Schizoprenia, depresi dan lainnya. Perkembangan obat terkini dan proses penyembuhan yang lama membuat penyakit ini menjadi penyakit dengan biaya pengobatan termahal diantara semua penyakit yang ada.

2. Penyakit jantung
Peningkatan biaya per tahun 5 persen. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai US$ 123,1 miliar.

Penyakit jantung masih menjadi penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Hal ini disebabkan semakin banyak orang yang merokok dan meningkatnya pola hidup tidak sehat seperti makanan berkolesterol tinggi dan jarangnya olahraga.

3. Trauma
Peningkatan biaya per tahun 6 persen. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai US$ 100,2 miliar.

Biaya pengobatan orang yang terkena trauma terus meningkat karena tiap kasus berbeda-beda cara pengobatannya. Selain itu alat-alat untuk mendiagnosis penyakit ini seperti Computed tomography scans cukup mahal harganya.

4. Kanker
Peningkatan biaya per tahun 7 persen. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai US$ 99,4 miliar.

Kanker dengan biaya pengobatan termahal adalah kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker prostat. Kunci dari menghindari penyakit ini adalah dengan menghindari merokok dan menjaga asupan makanan yang sehat.

5. Penyakit paru-paru
Peningkatan biaya per tahun 6 persen. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai US$ 64,6 miliar.
Yang termasuk penyakit paru-paru diantaranya asma, emphysema (pembengkakan atau radang paru-paru) dan penyakit Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) lainnya.

6. Hipertensi (tekanan darah tinggi)
Peningkatan biaya per tahun 9 persen. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai US$ 50,2 miliar.

Penyakit ini membutuhkan biaya yang cukup besar karena banyak dokter yang memberi obat dalam jumlah yang tak tanggung-tanggung pada pasiennya. Kualitas obat juga menentukan harganya. Jika saja obat hipertensi dibuat generiknya mungkin biaya penyakit ini bisa ditekan.

7. Osteoarthritis (radang sendi/rematik)
Peningkatan biaya per tahun 8 persen. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai US$ 48 miliar.

Obesitas dan ukuran pinggang yang membesar adalah faktor yang memperbesar risiko penyakit ini. Obat-obatan mahal seperti Vioxx dan Celebrex yang muncul pada awal tahun 2000 menambah mahal biaya penyembuhan penyakit radang sendi ini. Pada tahun 2004, Vioxx ditarik dari pasaran karena memicu risiko serangan jantung.

8. Sakit punggung
Peningkatan biaya per tahun 9 persen. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai US$ 40,1 miliar.

Pengeluaran untuk penyakit ini banyak dihabiskan untuk operasi. Ada juga obat-obatan mahal yang bersifat narcotic (membius) untuk mengatasi penyakit ini. Namun sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association mengatakan bahwa semua pengobatan mahal itu tidak membuat seseorang lebih baik.

9. Penyakit ginjal
Peningkatan biaya per tahun 13 persen. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai US$ 35,9 miliar.

Penemuan teknik dialisis untuk penderita penyakit ginjal membuat penanganan penyakit ini mahal. Teknik dialisis adalah teknologi pertama yang sangat mahal dalam menangani penyakit ginjal.

10. Diabetes
Peningkatan biaya per tahun 8 persen. Total ongkos penanganan penyakit ini di Amerika telah mencapai US$ 35,8 triliun.

Hampir 24 juta orang Amerika terkena diabetes dan pemicunya tertingginya adalah obesitas. Penyakit diabetes bisa memicu penyakit-penyakit lainnya seperti jantung dan kanker. Namun karena penyakit-penyakit itu sudah berbeda lagi pengobatannya, maka penyakit diabetes sendiri tidak memakan biaya yang lebih tinggi dari penyakit jantung atau kanker.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN TERBARU TERHADAP JANTUNG KORONER

Benar-benar informasi pengobatan jantung koroner terbaru dan terkini. Selama ini orang hanya tahu pengobatan untuk jantung koroner adalah dengan cara operasi by-pass, menggunakan stent (cincin kawat) dan balon. Tapi kini ada alternatif lain yaitu dengan melakukan balon yang di dalamnya ada obat (drug eluted baloon/DEB).

Pada intinya semua pengobatan yang ada untuk jantung koroner berfungsi untuk memperlebar jalur arteri (pembuluh darah) sehingga aliran darah bisa kembali lancar. Dengan metode DEB, maka pembuluh darah bisa melebar kembali dengan bantuan balon dan obat (paclitaxel) yang terkandung di dalamnya, obat ini akan terserap dengan cepat dan mencegah timbulnya kerak baru.

"Angka kekambuhan jika menggunakan balon saja sebesar 30 sampai 50 persen, dengan menggunakan stent sebesar 15 sampai 20 persen sedangkan jika menggunakan DEB maka angka kekambuhannya hanya 1 digit sekitar 5 persen saja ," kata Prof. Dr. dr Teguh Santoso, SpPD, KKV, SpJP, FIHA, FACC, FESC dalam acara seminar pengobatan penyakit jantung koroner dengan teknik 'Sequent Please', di RS Medistra, Jakarta.

Jika menggunakan DEB, balon yang dimasukkan dengan menggunakan kateter akan mengembang selama 30 detik di daerah pembuluh darah yang menyempit lalu obat yang ada di dalamnya akan meresap ke pembuluh darah. Dalam waktu 10 detik obat akan terdistribusi di pembuluh darah. Teknik ini tidak menimbulkan efek samping ataupun peradangan dan obat pengencer darah yang harus dikonsumsi pasien hanya 3 bulan saja.

"Jika menggunakan stent, waktu rilisnya lama dan dosis obat yang digunakan sedikit. Sedangkan dengan DEB waktu yang butuhkan lebih cepat dan dosis obatnya bisa lebih besar," ujar Martin Unverdorben, Medical Doctor dan Corporate Vice President Scientific Affairs BBraun.

Teguh mengungkapkan di Asia kasus yang banyak terjadi adalah adanya penyumbatan pembuluh darah kecil dan untuk mengatasinya paling efektif jika menggunakan teknik DEB. Karena stent terkecil berukuran 2,25 mm saja dan tidak bisa menjangkau semua daerah pembuluh darah seperti percabangan atau daerah pembuluh darah yang panjang.

Selain itu jika menggunakan stent tidak semua bagian terpapar obat, seperti pada celah-celah stent tidak terdapat obat sehingga memungkinkan timbulnya kerak kembali. Sedangkan pada DEB distribusi obat merata dan tidak meninggalkan apapun di dalam pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya trombosis (pembekuan darah).

"Biasanya jika setelah 6 bulan semua berjalan dengan baik dan tidak ada masalah, maka seterusnya juga akan tetap baik," ujar dokter yang mendapat gelar Doktor dan Profesor dari FKUI ini.

Pengobatan untuk penyakit jantung koroner bersifat 'spot treatment', artinya semua pasien yang telah mendapatkan pengobatan harus melakukan perubahan gaya hidup atau perilakunya agar tidak terjadi penyempitan kembali di tempat lain. Salah satunya adalah dengan berhenti merokok, karena penderita jantung koroner di bawah usia 40 tahun hampir semuanya adalah perokok.
READ MORE - Selengkapnya

MENGAPA BISA TERJADI KEMATIAN MENDADAK

Mendengar judul di atas mungkin sedikit banyak dari kita akan langsung terbayang dengan pertanyaan spontan ”Mengapa bisa?” Akan tetapi, adakah di antara kita yang secara detail atau kalau tidak bisa secara garis besar mengetahui gejala awal penyebab kematian yang tanpa diduga-duga itu? Jawabannya mungkin Ya dan Tidak. Ya, karena mengetahuinya melalui mitos atau pun ilmiah dari segi medis. Tidak, karena memang tidak mau tahu atau tidak mengetahuinya sama sekali. Kita tidak akan membahas gejala kematian dengan menjadikan mitos sebagai indikatornya tetapi gejalanya dari segi medis.

Kematian mendadak pada umumnya disebabkan oleh kelainan jantung. Jantung merupakan organ vital makhluk hidup yang terutama berperan dalam menyuplai oksigen bagi tubuh untuk proses metabolisme dalam darah. Ketika jantung berhenti berdenyut suplai oksigen pun terhenti dan dapat menyebabkan pingsan bahkan kematian bila berlangsung relatif lama. Salah satu penyebabnya adalah sindrom QT panjang yang berkaitan dengan sistem kerja elektrik jantung. Bila sistem ini terganggu - disebabkan karena sel-sel jantung memiliki defek pada jalur-jalur ionnya - maka irama jantung akan terganggu dan mempengaruhi aliran darah ke otak. Seperti yang telah dijelaskan, apabila suplai darah ke otak kurang dari yang dibutuhkan, bahkan terhenti sama sekali, akan mengakibatkan hilangnya kesadaran dari sang korban. Kondisi ini berakibat fatal jika kemudian penderita tidak kunjung sadar dan akhirnya meninggal secara mendadak.

Gejala awal penyakit ini sangat sulit dideteksi sehingga dibutuhkan pengobatan yang lebih dini dan serius dalam menanganinya. Si penderita seringkali memiliki kondisi kesehatan yang baik sebelum diketahui mengidap penyakit ini. Setelah mendapatkan pemeriksaan medis baru dapat diketahui ia terserang sindrom ganas ini. Elektrokardiografi (EKG) merupakan alat yang dapat mengamati aktivitas bioelektrik jantung sehingga sering digunakan untuk mendeteksi sindrom ini. Kelainan genetik, penggunaan obat-obatan dan gangguan elektrolit jantung diduga merupakan beberapa penyebabnya walaupun belum diketahui dengan pasti faktor utamanya. Oleh karena itu, para ahli medis biasanya mendeteksi sindrom ini melalui riwayat keluarga penderita yang mati mendadak atau pingsan tanpa sebab yang pasti. Kurang lebih 60 persen penderita sindrom ini memiliki riwayat anggota keluarga yang menderita sindrom QT panjang, 30 persen diantaranya mengalami keluhan sering merasa gelap atau bahkan pingsan dan 10 persen disebabkan oleh faktor lainnya. Lebih parahnya lagi ternyata bukan mereka yang berusia lanjut yang rentan terhadap penyakit ini melainkan kaum anak-anak dan dewasa.

Pengobatan secara medis biasanya dilakukan dengan cara pemberian obat penghambat beta bila tidak menunjukkan perbaikan maka dilanjutkan dengan operasi ganglionektomi simpatetik atau pemasangan alat kejut jantung-ICD bila perlu dan pemasangan alat pacu jantung sebagai alternatif lainnya. Hal ini diharapkan dapat mengontrol sistem kerja bioelektrik jantung yang tidak normal. Jadi, bagi orang-orang yang merasa selama ini sering mengalami pingsan yang datang secara tiba-tiba maupun memiliki anggota keluarga yang menunjukkan kasus yang sama maka bersegeralah memeriksakannya ke dokter ahli jantung sebelum terlambat.
id.shvoong.com/int
READ MORE - Selengkapnya

Pemakai Viagra Beresiko Terganggu Pendengaran Hingga Tuli

Konsumsi viagra dan obat kuat lainnya, ternyata bukan tanpa risiko. Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Alabama di Birmingham, Inggris, pria yang mengonsumsi viagra atau obat kuat lainnya seperti cialis atau levitra, memiliki risiko tinggi kehilangan pendengaran dalam waktu lama.

Kesimpulan tersebut merujuk pada penelitian yang melibatkan 11.525 pria dan lebih dari 40 responden menjalani pengobatan. Hal itu terungkap dalam jurnal ‘Archives of Otolaryngology-Head and Neck Surgery’, edisi 18 Mei.

“Meskipun ada keterbatasan dalam penelitian ini, tapi adalah hal bijaksana untuk memperingatkan pasien tentang risiko dari pemakaian obat kuat ini. Salah satunya, tentang tanda dan gejala gangguan pendengaran, serta perlunya perhatian medis untuk mencegah potensi kerusakan permanen,” kata Gerald McGwin, salah seorang peneliti, yang juga profesor epidemilogi di University of Alabama, seperti dikutip dari NY Dailynews.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan hubungan sebab akibat secara langsung antara penggunaan obat kuat ini dengan risiko hilangnya pendengaran. Kesimpulan sementara menyatakan, tak hanya pria lebih tua atau di atas 60 tahun yang berisiko alami gangguan pendengaran, tapi hal ini juga bisa terjadi pada pria usia muda yang mengonsumsi viagra dan obat kuat lainnya. Sumber: Vivanews
READ MORE - Selengkapnya

SEHATKAN USUS BESAR DENGAN PSYLLIUM

SETIAP 100 gram psyllium mengandung 71 gram serat larut sementara oat dalam jumlah yang sama hanya mengandung 5 gram serat larut. Serat merupakan unsur penting bagi kesehaan. Serat membantu memperlancar pembuangan dan menjaga kebersihan dan kesehatan kolon. Kolon yang sehat merupakan salah satu kunci pertahaan melawan serangan patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Psyllium biasanya diolah dengan cara dikeringkan, dihaluskan dan dijual dalam bentuk tepung, kapsul atau tablet kunyah.

Cara kerja psyllium. Saat dicampur dengan air, sekam berserat dari biji psyllium akan membentuk gumpalan menyerupai gel yang menyerap kelebihan cairan dari usus halus dan menghasilkan tinja yang lebih besar dan halus. Cara ini bisa membantu mengatasi konstipasi karena membuat tinja bergerak lebih cepat. Anda bisa mengatasi masalah konstipasi dengan mengonsumsi 7.5 gram sekam psyllium, 1 atau 2 kali sehari. Anda bisa mengonsumsi dengan susu, jus atau air.

Manfaat sehat lainnya:

Serat psyllium menurunkan kadar kolesterol darah secara aman dan efektif. Perpaduan sereal yang diperkaya dengan psyllium dengan sereal whole-oat merupakan cara lain yang lebih efektif lagi. Serat larut dalam psyllium akan mengurangi penyerapan kolesterol darah dan asam empedu dari usus halus sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol darah. Perpaduan diet rendah lemak, rendah lemak-lemak jenuh dan kolesterol ditambah psyllium bisa mengurangi kadar kolesterol total hingga 4 persen dan kadar kolesterol jahat LDL hingga 7 persen.

Psyllium bantu mencegah batu empedu. Batu empedu merupakan substansi seperti kerikil yang terbentuk di kantung empedu. Air empedu merupakan cairan yang membantu tubuh mencerna lemak. Saat air empedu mengandung terlalu banyak kolesterol atau material lainnya, maka komponen tersebut bisa mengeras menjadi batu empedu. Batu empedu ini selanjutnya akan menghambat aliran normal air empedu dari kantung empedu, sehingga memicu rasa sakit.

Psyllium membantu menormalkan fungsi usus dari berbagai gangguan, termasuk konstipasi, diverticulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus. Meskipun tidak bisa menyembuhkan wasir sepenuhnya, serat psyllium membantu mengurangi iritasi dengan memperlancar aliran tinja di area yang sensitif. Begitu memasuki kolon, psyllium akan menghasilkan gumpalan menyerupai spons yang bekerja menyerap racun. Gumpalan psyllium menyerap kelebihan air dan mengembang, saat pecah maka akan menyerap sisa racun yang terperangkap di celah dalam usus. Gumpalan serat ini selanjutnya menstimulasi kontraksi yang perlu untuk gerakan usus dan mengeluarkan sampah.

Psyllium efektif mengatasi diare karena mampu menyerap cairan berlebih dari tinja yang encer. Serat psyllium membantu menurunkan berat badan. Dengan menyerap air, serat psyllium mengisi perut, membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, psyllium juga menunda pengosongan makanan dari lambung, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Psyllium membantu menstabilkan kadar glukosa dalam darah, sehingga bisa mengontrol keranjingan makan. Hasil studi, seperti dikutip situs womenfitness, menunjukkan bahwa pengidap diabetes yang mengonsumsi 2 takar psyllium sebelum makan mengalami pengurangan kadar glukosa darah yang signifikan. Partisipan yang menerima psyllium bisa mempertahankan kadar glukosa darah dari 11 persen hingga 19 persen lebih rendah dibandingkan partisipan yang menerima placebo (tidak mengandung psyllium). Studi yang sama menemukan, partisipan yang menerima psyllium memiliki kadar kolesterol 9 persen hingga 13 persen lebih rendah dibandingkan mereka yng tidak.

Saat digunakan sebagai suplemen, psyllium juga bermanfaat bagi pasien penderita kolitis ulseratif.

Para peneliti masih mencari tahu manfaat lain dari serat. Sebuah studi menemukan bahwa serat bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 52 persen.
READ MORE - Selengkapnya

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails